counter create hit

Cara Cek Umkm

Bagikan:

Program BPUM atau Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro Tahun 2022 akan disalurkan kembali oleh pemerintah. Dibuka semenjak bulan April 2022 namun masih butuh konfirmasi lebih lanjut terkait waktu yang tepat dalam pencairan dananya. Namun, penduduk sudah mampu lakukan cara cek UMKM lewat situs resmi Bank BRI BPUM. Pastikan namamu terdaftar!

Sebelum memasuki hari Raya Idulfitri Idul Fitri, pengecekan untuk penerimaan BPUM dapat dilaksanakan secara online. Caranya, dengan saluran ke laman eform.bri.co.id. Adapun sasarannya sendiri mencapai 12 juta akseptor bagi mereka yang tergolong tolok ukur menerima BLT. Ini, menjadi langkah besar untuk membantu perbaiki perekonomian di Indonesia. UMKM maju.

Besar anggaran APBN yang sudah diputuskan oleh pemerintah, kurang lebih sekitar Rp 455,62 triliun. Uang tersebut, akan disalurkan ke dalam 3 gelombang tidak sekaligus. Dimana, dana di gelombang pertamanya untuk mengatasi problem kesehatan di tanah air. Lalu, yang kedua dipakai dalam lingkup derma kepada penduduk . Serta, perbaikan finansial.

Cara Cek UMKM

login eformbricoid bpum umkm 24 juta 200x112 - Cara Cek Umkm
Cara Cek UMKM

Cara Cek UMKM BRI

Alokasi yang diberikan untuk gelombang pertama, telah terasa semenjak kehadiran vaksin gratis di banyak sekali daerah. Metode penanganan supaya penyakit Covid-19 di Indonesia mampu mereda, memang sudah cukup membuahkan hasil yang konkret. Terlihat, dari banyakanya kegiatan di luar ruangan oleh penduduk . Selain itu, cakupan yang lain ialah perawatan hingga perpajakan.

Lanjut lagi di gelombang kedua, dimana ditujukan untuk menawarkan tunjangan kepada penduduk . Jumlah nominal dananya, meraih Rp 154,76 triliun. Penyalurannya, dijalankan lewat program BLT Desa, JKP atau Jaminan Kehilangan Pekerjaan, antisipasi perluasan perlinsos, serta bansos (PKH, sembako). Tahun kemudian 2021, perpanjangan cair sampai 5 bulan.

Cara cek UMKM BRI kala terbaru Tahun 2022. Bantu pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah semakin maju. Sebelum kalian fokus mengetahui proses pencairan dananya. Hal yang lebih penting yang lain yaitu melaksanakan konfirmasi nama dari akseptor BLT UMKM. Proses selengkapnya, simak di bawah ini:

Baca Juga:   Cara Log Out Telegram Web

  1. Masuk ke laman browser, kemudian ketik di kolom penelusuran eform.bri.co.id
  2. Klik pilihan menu “Cek Data BPUM”
  3. Lengkapi NIK sesuai dengan KTP kalian
  4. Tunggu beberapa dikala, sampai metode memberikan kode verifikasi. Isi di kolom sebelahnya untuk lakukan verifikasi
  5. Lanjutkan dengan pilih tombol “Proses Inquiry”
  6. Beralih ke halaman berikutnya, layar akan menerangkan informasipemilik NIK tersebut apakah dirinya yakni salah satu akseptor perlindungan atau tidak.
  7. Proses pengecekan sudah simpulan.

Besar nominal yang nantinya akan diterima oleh masing-masing akseptor BPUM 2022, adalah sekitar Rp 600.000 per individu. Berlaku untuk 12 juta orang lebih peserta. Di gelombang ketiga, dananya mencapai Rp 178,32 triliun. Alokasi dari pembagian, terkonsentrasi dalam lingkup pemulihan finansial. Selain itu, bidang ICT, pertolongan bagi UMKM, serta ketahanan pangan.

Syarat-Syarat Penerima BPUM 2022

Berdasarkan referensi dari persyaratan yang telah dilakukan pada BLT UMKM 2021, berikut adalah beberapa standar yang harus diperhatikan untuk mendapatkan pertolongan dana tersebut. diantaranya:

  1. Merupakan seorang WNI atau Warga Negara Indonesia
  2. E-KTP orisinil
  3. Bukan bagian dari pegawai BUMN ataupun BUMD. Termasuk juga, Aparatur Sipil Negara sampai anggota pertahanan negara seperti Tentara Nasional Indonesia atau Polri
  4. Menjalankan perjuangan atau bisnis dalam skala mikro yang mampu dibuktikan keasliannya lewat surat nasehat sebagai calon akseptor dana BPUM dari pihak pengusulnya yakni BPUM sambil ditambahkan dengan lampiran
  5. Bebas dari cicilan kredit atau derma dalam bentuk KUR (Kredit Usaha Rakyat).

Cara Cek UMKM BNI

Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yang menjadi penanggung jawab atas penyaluran di berbagai kawasan bagi mereka yang terdaftar sebagai kandidat akseptor BPUM 2022. Kalian mampu mendapatkan nomor antrean secara online. Kemudian, nasabah dapat menentukan sendiri UKO atau Unit Kerja Operasional yang bertugas sebagai penyalur. Pastikan ada arahan verifikasi.

Kode verifikasi yang diterima oleh calon akseptor BLT UMKM 2022, mampu dimanfaatkan untuk menimbulkan nomor referensi. Dimana, nomor tersebut yang hendak kalian simpan dan digunakan selaku tanda bukti antrean online biar kamu mampu cairkan dananya di bank yang sudah dipilih. Silahkan datangi kantor cabang bank terdekat sesuai dengan agenda pilihanmu.

Baca Juga:   Cara Kirim Pesan Chat Line Dengan Fitur Rentang Waktu

Cara cek UMKM BNI, masih sukar untuk diakses buat kalian yang telah mengenali bahwa pembukaan bantuan dana BPUM 2022 telah dibuka sejak bulan April. Sayangnya, tidak seperti tahun kemudian. BNI belum menawarkan kepastian. Sehingga link masih belum tersedia dan masyarakat cuma mampu aksesnya melalui Bank BRI saja beberapa waktu. Coba cek sedikit demi sedikit.

  1. Masuk ke link berikut melalui browser perangkat kalian https://banpresbpum.id
  2. Lengkapi data dengan isi NIK atau Nomor Induk Kependudukan kalian dengan benar
  3. Pilih ikon “Cari”
  4. Halaman selanjutnya, akan memperlihatkan pemberitahuan terkait terdaftar atau tidaknya kalian di program BPUM 2022
  5. Proses pengecekan berhasil.

Alur  Pencairan Dana BPUM 2022

Setelah kalian mengetahui cara pengecekan di dua bank yang tergabung ke dalam BUMN. Hal selanjutnya yang perlu dipelajari adalah tahapan atau alur dari proses pencairan dana yang telah kamu dapatkan dari pemerintah. Dikutip dari Kompas.com. Berikut penjelasan selengkapnya:

  1. Lakukan pengecekan melalui link BPUM BNI yang sudah ditawarkan
  2. Bila terdaftar, lanjutkan ke tahap pencairan dana
  3. Silahkan kunjungi kantor cabang dari Bank BNI terdekat
  4. Sertakan berkas-berkas mirip surat proposal yang telah ditandatangi oleh petugas kelurahan sebagai tanda bukti tunjangan, bawa SKU (Surat Keterangan Usaha) asli, KTP, dan buku simpanan Bank BNI (jikalau ada)
  5. Lakukan penandatanganan diatas dokumen yang diserahkan oleh petugas bank
  6. Lampirkan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak atau SPTJM, dan atau kuasa penerimaan kepada dana Banpres BNI.

Tidak jauh berlainan tahapannya saat kalian ingin mencairkan melalui Bank BRI. Tapi, pada tahun sebelumnya, dimengerti jumlah dana yang dapat dicairkan meraih angka Rp 1,2 juta per orang. Memang, kali ini penerimanya sendiri semakin banyak dan bermacam-macam. Bahkan, para nelayan dan pelaku pedagang kaki lima juga berhak menerima dana bantuan BPUM tersebut.

Bantuan Langsung Tunai atau BLT Dana Desa di Tahun 2022, akan segera disalurkan terhadap masyarakat/warga di kawasan pedesaan yang termasuk klasifikasi miskin sampai yang tingkatan ekstrim kemiskinannya. Pencairannya, dilaksanaan serempak dengan penyaluran bansos,dan klasifikasi terkait yang masuk ke dalam gelombang kedua. Tapi, sebelum itu kalian mesti daftar.

Baca Juga:   Cara Aktivasi Mobile Banking Bni

  • Pendaftaran dikerjakan secara offline atau tatap paras
  • Datangi kantor kelurahan desa lokal
  • Lakukan registrasi ke para relawan penanganan Covid-19 yang sudah ditunjuk oleh ketua RT maupun RW
  • Lengkapi dokumen yang diserahkan oleh pihak petugas
  • Tunggu sampai petugas akhir kerjakan konfirmasi data

Langkah selanjutnya, kalian bisa cek daftar penerima pinjaman dana BPUM Desa 2022 lewat daring atau online. Tutorial selengkapnya dapat kau lihat diatas.

Sekian pembahasan perihal cara cek UMKM di kesempatan kali ini. Semoga berita yang sudah disampaikan dapat bermanfaat. Selamat beraktivitas, dan sehat selalu. See you on the next topics, enjoy your days, and bye bye!

 


Bagikan:
close