Cara Daftar CIMB Sekuritas (CGS-CIMB) Online dan Offline Serta Fee Transaksinya - KichanHelp

Cara Daftar CIMB Sekuritas (CGS-CIMB) Online dan Offline Serta Fee Transaksinya

Bagikan:

KichanHelp.com – nama CIMB tentu gak asing dong di telinga kita semua. CIMB Group adalah konglomerasi raksasa keuangan terbesar kedua di Malaysia yang bergerak di bidang layanan keuangan.

Jaringan CIMB juga sangat luas. Gak cuma ada di Malaysia dan Indonesia saja, CIMB juga ada di Singapura, Thailand, Vietnam, China, Bahrain, Amerika Serikat, dan Britania Raya.

CIMB Sekuritas sudah mempunyai izin pialang saham yang diperoleh dari SK Badan Pengawas Pasar Modal (BAPEPAM) dengan No. KEP-92/PM/1992 dan izin penjamin emisi dengan No. KEP-93/PM/1992. Perusahaan yang sudah terdaftar dan diawasi OJK ini pun menyediakan sejumlah layanan seperti transaksi saham obligasi, dan pembiayaan investasi (transaksi margin dan REPO atau Repurchase Agreement).

Beberapa keunggulan yang ditawarkan CIMB Sekuritas mencakup:

  • Punya laporan riset tak terbatas dan rutin dipublikasikan. Bukan hanya untuk Indonesia, laporan riset yang disediakan CIMB Sekuritas pun mencakup kawasan ASEAN. Laporan-laporan ini juga dipublikasikan secara rutin dan komprehensif dengan materi-materi mencakup coverage per saham hingga perekonomian nasional.
  • Kemudahan dalam membuka rekening saham online. Sejumlah perusahaan broker masih membutuhkan waktu beberapa hari untuk membuka rekening saham online. Berbeda dengan CIMB Sekuritas yang dapat memprosesnya dalam waktu satu hari saja.
  • Menawarkan aplikasi trading di berbagai platform. CGS-CIMB Sekuritas iTrade – Online Share Trading merupakan aplikasi yang bisa Kamu akses di seluruh platform. Antara lain ponsel pintar, desktopweb browser, hingga sistem operasi seperti Windows, iOS, dan Android.
  • Menyediakan opsi Rekening Dana Nasabah di tiga bank besar. Kamu yang ingin menggunakan Rekening Dana Nasabah (RDN) bisa memilih salah satu dari tiga bank yang ditunjuk CIMB Sekuritas. Antara lain Bank Central Asia (BCA), Bank Mandiri, dan CIMB Niaga.
  • Nasabah bisa mengakses Smart Order. Nasabah CIMB Sekuritas akan memperoleh fasilitas Smart Order dengan dua opsi fitur. Di antaranya Stop Loss dan Take Profit untuk menjaga order yang sudah match pada hari tersebut untuk kemudian dijual dengan kerugian atau keuntungan.

Mendaftarkan diri menjadi nasabah CIMB Sekuritas bisa dilakukan secara offline maupun online. Akan tetapi, registrasi online lebih direkomendasikan kalau Kamu ingin cepat memakai layanan.

Baca Juga:   Sucor Sekuritas: Cara Daftar, Kelebihan, Fitur, dan Fee Transaksi

Ada dua cara untuk membuka rekening di CIMB Sekuritas, yaitu secara online dan offline.

Buka rekening CGS CIMB sekuritas online

Masuk ke https://register.cgs-cimb.co.id/ dan masukan email dan kata sandi. Setelah itu cek email yang dikirim CGS CIMB, dan klik “link aktivasi.” Setelah itu Kamu langsung diarahkan ke halaman login. Lakukan login dan mengisi formulir.

Isi formulir dan unggah foto dokumen-dokumen

Ada empat step pengisian formulir yang harus Kamu lalui di form registrasi yang harus diisi dengan data-data valid. Unggah formulir berupa foto KTP, NPWP, dan tkamu tangan basah.

Registrasi offline CIMB Sekuritas

Minta formulir pendaftaran dan isi

Datang ke kantor cabang CIMB Sekuritas terdekat, lalu mintalah formulir pendaftaran. Kamu juga bisa menelpon customer service mereka di 02129961800. Formulir itu akan dikirimkan ke rumah Kamu via pos.

Isi dokumen-dokumen tersebut dengan data terbaru. Jangan lupa untuk menyertakan dua lembar materai 6 ribu.

Siapkan dokumen-dokumen

Jangan lupa juga untuk menyiapkan dokumen-dokumen di bawah ini:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi halaman depan buku tabungan
  • ID card pegawai (jika karyawan)

Jika formulir pendaftaran sudah terisi serahkan ke petugas CIMB Sekuritas dan permohonan rekening Kamu akan segera diproses.

Tunggu Permohonan Diproses

Jika berkas-berkas dan dokumen yang kamu serahkan sudah cukup, maka proses pembukaan rekening efek dan rekening dana nasabah (RDN) tidak akan memakan waktu lama.

Setelah kamu menerima user ID dan password login ke aplikasi dari CIMB Sekuritas, segera masuk ke iTrade. Kamu bisa memilih untuk masuk lewat web browser, desktop, atau ponsel. Deposit awal untuk trading online di CIMB Sekuritas adalah Rp 1 juta.

Baca Juga:   Cara Daftar Trimegah Sekuritas, Lengkap Dengan Fitur dan Fee Transaksinya
Top up Dana ke Rekening Saham

Setelah membuka rekening saham, cara menabung saham selanjutnya adalah melakukan pengisian dana ke rekening saham Kamu untuk mendukung proses pembelian saham. Dana tersebut akan digunakan untuk membeli saham di bursa efek.

Setelah mengisi rekening dengan sejumlah dana, Kamu akan diberikan ID sebagai akses ke aplikasi jual beli saham di perangkat pintarmu.

Unduh Aplikasi Pembelian Saham

Setelah mendapatkan akses, Kamu harus mengunduh aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan sekuritas tempat Kamu membuka rekening. Biasanya aplikasi tersebut bisa dibuka melalui ponsel atau komputer.

Mulai Membeli Saham

Setelah memiliki aplikasi dan bisa masuk ke dalam akses Kamu, langkah menabung saham selanjutnya adalah melakukan transaksi. Pastikan Kamu sudah menetapkan saham yang ingin dibeli kemudian pilih beli atau ‘buy’ dan masukkan jumlah pembelian–minimal 1 lot atau 100 lembar.

Transaksi tidak bisa dilakukan setiap saat, pasar saham memiliki jadwal transaksi. Untuk Senin hingga Jumat, bursa saham dibuka mulai pukul 09:00 WIB sampai 12:00 WIB, kemudian 13:30 WIB hingga 16:15 WIB.

CGS-CIMB iTrade Aplikasi trading CGS CIMB Sekuritas

Seperti apa sih aplikasi trading CGS CIMB ini, apa saja spesifikasi dan fitur lain dari aplikasi ini? Yuk kita cari tahu lewat tabel di bawah sini.

Tiga fitur utama dari aplikasi ini adalah:

Advanced Chart

Ini merupakan fitur untuk melihat lebih detail dan beberapa model chart (grafik saham) yang tersedia seperti Bars, Candles, Hollow Candles, Haikin Ashi, Lin, Area, Baseline. Kamu dapat mengakses Chart Intraday dan Historical Chart. Banyak indikator seperti EMA Cross, Ichimoku Cloud, MACD, Stochastic RSI dll.

Stock Screener

Kamu dapat memilah saham-saham dipasar dengan menu Stock Screener berdasarkan indikator analisis teknikal.

Heat Map

Kamu dapat melihat kondisi pasar secara keseluruhan dengan menggunakan Heat Map. Saham-saham yang ditampilkan, dikelompokkan berdasarkan sektor.

Warna area saham menunjukkan perubahan harga pada hari itu dan luas area saham dapat dibandingkan berdasarkan Market Cap, Volume, Value, atau Frequency. Canggih kan!

Baca Juga:   Cara Daftar MNC Sekuritas Online ataupun Offline, Lengkap Dengan Fitur, Fee Transaksi dan Cara Depositnya

Nah selain fitur teknis di atas, kamu juga harus tahu dong sama minimum spesifikasi, fitur lain, dan di mana cara mengunduh aplikasi ini. Silahkan simak tabel di bawah sini.

Aplikasi CGS CIMB i-Trade Web Based Android iOS
Minimum spesifikasi Hardware minimum untuk aplikasi ini adalah, Pentium IV @ 1300MHz, 512MB RAM, resolution 1024 x 768, 56.6k Modem. O/S minimum Windows 2000 Professional dan Microsoft NET Framework 2.0. Direkomendasikan pakai

Chrome, Mozilla Firefox atau Safari.

Minimal sistem operasi Android Jelly Bean. Minimal sistem operasi iOS 8.
Fitur lain Bisa membuat sebuah daftar efek favorit Kamu hingga 20 jenis efek yang berbeda sesuai yang kamu inginkan Bisa diakses iPad dan Galaxy Tab. Tidak ada biaya market data Tidak ada biaya market data
Download https://www.itradecimb.co.id/download.aspx https://web.itrade.cgs-cimb.co.id/ Google Playstore App Store

Biaya deposit awal dan fee transaksi CGS CIMB Sekuritas

Deposit awal untuk akun trading online di CGS CIMB adalah Rp 1 juta. Sementara itu biaya transaksinya adalah 0,18 untuk beli dan 0,28 jual.

Kekurangan CGS CIMB Sekuritas

Sebagai calon nasabah dan investor saham, ada beberapa hal yang patut kamu soroti mengenai kekurangan CGS CIMB Sekuritas. Berikut ulasannya.

1. Fasilitas transaksi cross border sudah gak ada lagi

Fasilitas ini sejatinya adalah fasilitas kamulan dari CGS CIMB. Karena dengan ini, kamu bisa melakukan pembelian saham-saham perusahaan luar negeri seperti Apple, Google, Tesla, dan lainnya, pokoknya saham di delapan bursa efek negara lain. Seru kan!

Tapi sayangnya udah gak ada, kok bisa?

Menurut salah satu customer service CGS CIMB, penutupan layanan ini disebabkan karena ada peraturan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

2. Belum ada akun syariah

Buat kamu yang ingin membuka akun syariah, CGS CIMB belum menyediakan layanan ini deh. Saat dihubungi, mereka cuma bilang bahwa akun syariah baru akan mereka kembangkan.

Kalau memang tujuanmu pengin buka akun saham syariah dalam waktu dekat, belum bisa di CGS CIMB, melainkan harus pilih sekuritas lain ya.


Bagikan:
close