May 17, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Broker Saham

Cara Daftar dan Transaksi di Phillip Sekuritas (POEMS)

1638839515255 philip sekuritas indonesia - Cara Daftar dan Transaksi di Phillip Sekuritas (POEMS)

KichanHelp.com – Salah satu broker yang banyak dilirik oleh pegiat saham di Indonesia adalah Phillip Sekuritas yang memiliki platform POEMS. Berbeda dari Mandiri Sekuritas dan Indo Premier yang merupakan perusahaan sekuritas dan broker lokal, Phillip Sekuritas merupakan bagian dari jaringan global yang membawahi belasan negara.

Profil Phillip Sekuritas

Perusahaan sekuritas ini adalah bagian dari kelompok bisnis asal Singapura bernama PhillipCapital Group. Induk usaha ini didirikan pada 1975 dan telah bercokol di sejumlah negara Asia.

Kehadiran Phillip Capital Group di Indonesia tidak terlepas dari pembelian saham mayoritas PT Phillindo Santana Perkasa oleh Phillip Brokerage Pte Ltd pada 1994. Sejak 2003, perusahan resmi menggunakan nama PT Phillip Securities Indonesia.

Pada 2021, perusahaan menargetkan 250 ribu nasabah baru. Salah satu caranya dengan meningkatkan performa aplikasi trading andalan mereka, POEMS. Aplikasi ini menjadi super-apps pasar modal yang menjadi one stop solution bagi investor saham.

Cara Daftar Phillip Sekuritas

Ada dua cara yang bisa kamu tempuh untuk mendaftarkan diri di Phillip Sekuritas, yaitu melalui website atau melalui gerai investasi/Sekolah Pasar Modal (SPM). Prosesnya tidak jaduh berbeda dengan pembukaan rekening saham di broker lain.

Pendaftaran melalui website POEMS

Ini adalah cara pendaftaran yang lazim dan disarankan oleh Phillip Sekuritas. Umumnya nasabah trading Phillip bergabung melalui website POEMS. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka laman pendaftaran di website resmi POEMS: www.poems.co.id/Home/OpenAccount.
  • Pilih tipe akun yang akan kamu gunakan: Reguler atau Syariah.
  • Isi formulir yang ada di laman pendaftaran dengan lengkap.
  • Phillip Sekuritas akan mengirimi kamu email berisi berkas PDF yang merupakan ringkasan dari formulir yang telah kamu isi sebelumnya.
  • Download berkas PDF tersebut, cetak, lalu baca dengan saksama. Jika kamu telah setuju, tempelkan materai Rp 10.000 dan bubuhkan tanda tangan Anda di atasnya.
  • Siapkan berkas-berkas fisik berikut: fotokopi KTP, NPWP, dan halaman depan buku tabungan (dari bank yang didukung oleh Phillip Sekuritas). Khusus mahasiswa, lampirkan juga fotokopi KTM.
  • Masukkan berkas formulir yang telah kamu tanda tangani dan berkas-berkas wajib lainnya ke amplop, lalu kirim via pos ke alamat: PT Phillip Sekuritas Indonesia – ANZ Tower Lantai 23B, Jln. Jenderal Sudirman Kav 33A Jakarta.
  • Setelah menerima dan memeriksa berkas-berkas yang kamu kirimkan, Phillip Sekuritas akan memverifikasi melalui telepon atau email. Pastikan keduanya aktif.
  • Setelah proses verifikasi selesai, Phillip Sekuritas akan memproses penerbitan rekening saham kamu. Username dan password untuk mengakses aplikasi POEMS akan dikirim melalui email.
Baca Juga:   Cara Lengkap Mendaftar dan Transaksi di BIONS BNI Sekuritas

Dari pengalaman pendaftaran yang kami lakukan, akun berhasil dikonfirmasi oleh pihak Phillip Sekuritas dalam waktu kurang dari 1 minggu.

Pendaftaran melalui gerai investasi/Sekolah Pasar Modal

Selain mendaftar melalui website, kamu juga bisa bergabung dengan Phillip Sekuritas melalui Sekolah Pasar Modal atau Sekolah Pasar Modal Syariah yang diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia. Berikut langkah-langkahnya:

  • Registrasi ke Sekolah Pasar Modal.
  • Pilih Phillip Sekuritas sebagai perusahaan sekuritas tempat kamu membuka rekening saham.
  • Transfer sejumlah yang ditentukan ke Phillip Sekuritas, yang nantinya akan dikonversikan sebagai modal awal.
  • Isi formulir pendaftaran secara online. Jangan lupa cantumkan SPM sebagai tempat kamu mengenal Phillip Sekuritas.
  • Cetak formulir pendaftaran kamu lalu tanda tangani.
  • Kirim formulir pendaftaran bersama fotokopi KTP, NPWP, halaman depan rekening tabungan, dan KTM (khusus mahasiswa).
  • Pihak Phillip Sekuritas akan menghubungi kamu melalui video call untuk verifikasi. Berdasarkan pengalaman beberapa pengguna, verifikasi ini mengharuskan kamu memegang KTP di depan kamera dengan pose tegak, agar wajah dan keterangan di KTP jelas terlihat.
  • Tunggu konfirmasi penerbitan rekening dana nasabah serta username dan password.

Kelebihan Phillip Sekuritas

Beda sekuritas, beda juga kelebihannya. Apa saja sih yang menjadi keunggulan Phillip Sekuritas ketimbang rival-rivalnya?

1. Aplikasi trading aman

Aplikasi trading terbilang aman. Mereka menggunakan fitur finger print untuk login ke akun milik investor atau trader.

Selain itu, mereka juga punya fitur Smart SAFE yang tujuannya adalah menyimpan pending order saham selama 30 hari. 

Sementara itu fitur Smart Plan bisa berguna buat nabung saham secara berkala. Khusus untuk aplikasi tradingnya kita akan bahas di poin selanjutnya ya.

2. Pilihan rekening dana nasabah ada lima

Pilihan akun di Phillip Sekuritas ada dua yaitu akun reguler dan yang kedua adalah akun syariah. Nah, khusus untuk akun syariah, rekening dana nasabah atau RDN-nya adalah bank syariah.

Buat kamu yang belum tahu apa itu RDN. RDN adalah rekening atas nama nasabah yang dibuka perantara perdagangan efek (perusahaan sekuritas) pada bank yang yang telah melakukan perjanjian kerja sama dengan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). 

Baca Juga:   Cara Daftar Mirae Asset Online, Terbaru!

Intinya, uang yang kamu deposit tidak akan dipegang Phillip Sekuritas, tetapi ditempatkan di bank. Menurut undang-undang yang berlaku, RDN memang wajib dimiliki pelaku transaksi di pasar modal.

Khusus untuk sekuritas ini, pilihan banknya banyak lho. Berikut ini daftarnya.

  • Bank Central Asia (BCA)
  • BCA Syariah (khusus akun syariah)
  • Bank Mandiri
  • Bank Permata
  • Bank Sinarmas

3. Ada fitur mahasiswa

Nah, ini salah satu kelebihannya Phillip Sekuritas. Khusus buat mahasiswa yang mau nabung saham, deposit awalnya bisa Rp 100 ribu lho. Lebih murah, bukan? Pakai uang jajan juga bisa. Namun, untuk nasabah atau investor reguler, deposit fee yang disyaratkan adalah Rp 500 ribu. 

4. Bisa beli reksadana juga

Aplikasi trading milik sekuritas ini juga bisa dimanfaatkan untuk beli reksadana secara online lho. Untuk membeli reksadana, klik saja menu PROFUNDS. Ada kurang lebih 128 reksadana yang bisa kamu beli lewat PROFUNDS.

5. Pelayanannya oke

Sekuritas ini terbilang cukup baik dalam hal merespons para nasabah atau investornya. Kamu bahkan bisa menggunakan fitur chat di website-nya. Sementara itu, customer care-nya juga cukup tanggap. 

6. Sering mengadakan edukasi

Sekuritas ini ternyata cukup aktif dalam mengadakan edukasi dalam bentuk webinar. Edukasi ini biasanya dilakukan tiga kali seminggu pukul 08.00 pagi selama 30 menit.

Mekanisme Pembelian dan Penjualan Saham di POEMS

Berikut langkah-langkah untuk melakukan pembelian saham di aplikasi POEMS:

  • Masuk ke menu Buy/Sell yang ada pada kategori Trade.
  • Untuk melakukan pencarian saham spesifik, langsung masukkan kode saham pada kolom pencarian, lalu klik Search.
  • Kamu juga bisa menyortir daftar saham berdasarkan tipe saham, range harga, dan sektor saham. Bisa juga diurutkan berdasarkan alfabet, harga tertinggi, maupun harga terendah.
  • Setelah menentukan saham yang akan kamu beli, klik tombol Buy untuk masuk ke form order.
  • Masukkan harga yang kamu inginkan pada kolom Price (tanpa satuan Rp), lalu masukkan jumlah saham yang akan kamu beli pada kolom Quantity (dalam lots).
  • Jika sudah yakin, klik Buy.
  • Kamu akan dibawa pada laman konfirmasi. Pada halaman ini akan diinformasikan harga per lot, jumlah lot, dan nominal dana yang akan dibayarkan. Tekan Submit jika semuanya sudah benar.
  • Klik tombol OK, dan order kamu sudah masuk dalam antrian bursa.
Baca Juga:   Sucor Sekuritas: Cara Daftar, Kelebihan, Fitur, dan Fee Transaksi

Sedangkan jika ingin melakukan penjualan saham di Phillip Sekuritas, ini langkah-langkah yang perlu kamu lakukan:

  • Masuk ke menu Portfolio untuk melihat daftar saham yang kamu miliki.
  • Pilih saham yang akan dijual, klik tombol Sell untuk masuk ke laman form.
  • Masukkan harga pada kolom Price dan jumlah saham yang akan kamu jual pada kolom Quantity.
  • Jika sudah yakin, klik Sell.
  • Laman konfirmasi akan muncul, menginformasikan harga per lot, jumlah lot, dan nominal dana yang akan kamu terima. Tekan Submit jika sudah benar.
  • Klik tombol OK untuk menutup informasi penjualan, dan order kamu sudah masuk dalam antrian bursa.

Aplikasi trading Phillip Sekuritas

Perusahaan punya dua aplikasi trading. Pertama, POEMS yang digunakan di smartphone serta web dan kedua adalah Protrader untuk desktop.

1. POEMS: aplikasi trading Phillip Sekuritas untuk mobile dan web based

Sama seperti aplikasi trading di sekuritas lain, Phillip’s Online Electronic Mart System (POEMS) juga menyediakan demo account yang bisa kamu gunakan untuk simulasi trading. 

Uangnya tentu pakai uang bohongan ya, bukan beneran.

Untuk web based, POEMS bisa digunakan untuk platform Windows ataupun Mac.

Salah satu fitur dari POEMS adalah SMARTSafe yang bisa membantu meminimalkan kerugian para investor. Mereka juga menyediakan fitur stock screener, charts, dan lain sebagainya.

Oh ya, khusus untuk aplikasi POEMS di ponsel, mereka sudah dilengkapi teknologi SSL 128-bit encryption. 

2. POEMS Desktop atau Protrader: aplikasi trading Phillip Sekuritas untuk desktop

Salah satu keunggulan Protrader adalah penampakan aplikasinya yang sangat komprehensif. Wajar saja, ini adalah aplikasi untuk desktop. 

Fiturnya tentu harus mumpuni banget agar penggunanya bisa memonitor harga saham dengan baik. Di sini kamu juga bisa memanfaatkan fitur free trial untuk simulasi trading saham.