Cara Daftar RHB Sekuritas, Kelebihan, Fee dan Fasilitasnya - KichanHelp

Cara Daftar RHB Sekuritas, Kelebihan, Fee dan Fasilitasnya

Bagikan:

KichanHelp.com – Bagi Kamu yang sedang mencari pihak terpercaya untuk berinvestasi saham, maka RHB Tradesmart adalah pilihan yang tepat. RHB Tradesmart adalah produk dari PT RHB Sekuritas Indonesia sebelum berganti nama dari PT OSK Nusadana Securities Indonesia, yang merupakan salah satu sekuritas yang paling kokoh di Indonesia. Pada tahun 2008, perusahaan ini diakuisisi oleh OSK Investment Bank (OSKIB), yang kemudian diakuisisi oleh RHB Capital Berhad pada November 2012 dan kemudian bergabung dengan RHB Investment Bank (RHBIB) pada April 2013.

Salah satu bukti kredibilitas dan komitmen PT RHB Sekuritas Indonesia adalah dengan tercatatnya perusahaan sebagai salah satu perusahaan efek / sekuritas yang memiliki nilai Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) yang menempati kelompok atas dibandingkan perusahaan efek / sekuritas anggota Bursa Efek Indonesia lainnya, sehingga dengan komitmen yang tinggi Manajemen berkeyakinan bahwa perusahaan akan memberikan pelayanan terbaiknya di Indonesia.

Setelah mengenal lebih jauh tentang RHB Sekuritas Indonesia, ketahui juga cara membuka akun RHB Tradesmart untuk investasi saham online berikut ini. Setelah registrasi, Kamu bisa mengakses akun milik Kamu melalui aplikasi yang ada di smartphone atau melalui desktop application.

Kelebihan Buka Akun Saham di RHB Sekuritas Indonesia

Apa sih keunggulan RHB Sekuritas Indonesia? Secara garis besar, berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

  1. Deposit awal di RHB Sekuritas Indonesia hanya Rp100 ribu aja

Deposit awal untuk menabung saham lewat RHB Sekuritas memang sangat terjangkau. Mau tahu berapa? Rp100 ribu saja.

Memang sih, kalau mau dibandingkan siapa yang termurah ya lebih murah IndoPremier Sekuritas karena mereka gak memberlakukan minimal deposit. Bahkan, Rp10 ribu pun bisa.

Tapi mbok ya jangan kebangetan banget pelitnya kalau buat investasi.

Rp100 ribu untuk berinvestasi itu kecil banget lho. Setidaknya gunakan saja 10 persen dari total penghasilanmu per bulan untuk nabung saham.

  1. Rekening dana nasabah di tiga pilihan bank
Baca Juga:   Cara Mendaftar dan Transaksi di Ajaib Sekuritas

Semua investor yang memiliki rekening efek di RHB Sekuritas Indonesia, bisa membuka rekening dana nasabah (RDN) untuk transaksi saham di tiga bank pilihan. Bank-bank itu antara lain adalah:

  • Bank Central Asia (BCA)
  • Bank Permata
  • Bank Panin
  1. Fasilitas margin (utang) cukup menarik

Dengan menggunakan fasilitas margin, kita bisa berutang dulu ke sekuritas untuk membeli saham yang kita inginkan. Intinya, gak perlu top up RDN dulu.

Fasilitas margin di RHB Sekuritas ini diberikan dengan limit transaksi hingga dua kali nilai jaminan. Lantas, bunga utang kamu untuk pembelian saham lewat margin ini adalah 18 persen per tahun, tanpa jatuh tempo.

Tentunya selama rasio marginnya adalah 65 persen dari total margin.

Contohnya:

Michael memiliki dana sebesar Rp 200 juta di RDN yang bisa dia gunakan untuk membeli saham. Namun sayangnya, uang Michael gak cukup untuk membeli saham incarannya dalam jumlah yang dia mau.

Sementara itu, Michael meminta fasilitas margin ke perusahaan sekuritasnya hingga dia bisa membeli saham dengan batas limit Rp400 juta, karena di RHB Sekuritas, limit transaksi dengan margin itu bisa mencapai dua kali nilai jaminan.

Untuk akun Margin di RHB, minimal depositnya adalah Rp200 juta. So, Rp200 juta x 2 = Rp400 juta.

Nah, satu kebijakan yang berlaku di RHB sekuritas adalah jika margin yang diajukan adalah 65 persen dari nilai jaminan, ata

Tahapan Cara Membuka Akun RHB Tradesmart:

  1. Unduh Aplikasi

Untuk memudahkan aktivitas investasi saham online Kamu, terlebih dahulu Kamu perlu mengunduh aplikasi RHB Tradesmart. Bagi Kamu yang menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android, Kamu bisa mengunduh aplikasi RHB Tradesmart di Google Play Store. Sedangkan, bagi para pengguna smartphone dengan sistem operasi iOs, bisa langsung mengunduh aplikasi ini yang sudah tersedia di App Store.

  1. Buat Akun

Sebelum bertransaksi dan melakukan investasi saham online melalui aplikasi RHB Tradesmart, Kamu perlu untuk membuat akun. Lakukan registrasi dengan melengkapi formulir data diri dan scan tanpa pengenal (KTP/SIM) melalui kamera smartphone yang ada di aplikasi RHB Tradesmart yang sudah Kamu unduh atau di situs resmi RHB Tradesmart yaitu rhbtradesmart.co.id.

  1. Mendapatkan User ID dan Password
Baca Juga:   Cara Mendaftar Indopremier Sekuritas, Serta Penjelasan Tentang Produk, Fee, dan Fiturnya

Jika seluruh data sudah dilengkapi, maka Kamu harus melakukan registrasi dengan cara membuka email yang sudah didaftarkan saat mengisi formulir untuk mengetahui user ID dan kata sandi (password) dari akun yang Kamu miliki.

  1. Verifikasi dari RHB Sekuritas

Data diri yang sudah Kamu berikan ke PT RHB Sekuritas Indonesia melalui formulir online yang Kamu isi sebelumnya, akan diverifikasi oleh pihak dari RHB Sekuritas. Yang melakukan verifikasi ini adalah call center.

Jadi, nantinya Kamu akan dihubungi oleh call center ke nomor yang juga dicantumkan pada formulir online pada saat registrasi. Proses verifikasi akan dilakukan secara paralel (beriringan) dengan proses untuk nomor dan kode investor dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan Rekening Dana Investor (RDN).

  1. Menunggu Hasil RDN dan Investor ID

Pada saat proses verifikasi oleh pihak RHB Sekuritas, RDN dan Investor ID Kamu juga secara paralel diurus. Setelah dokumen diterima oleh KSEI dan data terverifikasi, maka selanjutnya RDN dan Investor ID akan dikirim ke email.

  1. Investasi Sekarang!

Jika Kamu sudah mendapatkan RDN dan Investor ID, Kamu sudah bisa mulai berinvestasi. Lakukan pengisian (top up RDN melalui berbagai channel yang tersedia) dan Kamu bisa memulai nabung saham.

Seluruh nasabah yang memiliki rekening efek di RHB Sekuritas Indonesia harus membuka Rekening Dana Nasabah (RDN) di salah satu bank antara Bank BCA, Bank Permata, dan Bank Panin. Setoran awal atau penambahan dana dapat disetorkan ke rekening RDN tersebut.

Jika sudah memiliki akun, untuk transaksi selanjutnya Kamu bisa mengisi username dan password di kolom yang tersedia. Gunakan fitur view password untuk menunjukkan password ketika log in dan mencegah salah penulisan password. Perhatikan penggunaan capslock pada keyboard karena dapat memengaruhi validasi dari password Kamu.

Agar tidak perlu login berulang kali, beri tanda centang kolom remember me sehingga username Kamu akan muncul secara otomatis pada login berikutnya. Jika sewaktu-waktu Kamu lupa password dan trading pin, Kamu bisa memulihkannya dengan bantuan fitur recovery here.

Setelah berhasil login dengan memasukkan username dan password, Kamu langsung memilih server option. Pada bagian ini dilih server live jika Kamu memilih fasilitas Online Trading saat proses pendaftaran. Selain itu pilih server DEMO.

Baca Juga:   Cara Lengkap Mendaftar dan Transaksi di BIONS BNI Sekuritas

RHB Tradesmart, aplikasi trading RHB Sekuritas

Nah ini dia aplikasi trading andalanlan RHB. Aplikasi ini memiliki fitur bernama ARO (Assisted Robo Optimization). Fitur apa ini?

Intinya, ARO akan berperan membantu trader dan investor untuk mengambil keputusan dalam transaksi saham secara real time.

Fitur ARO akan memberikan analisis teknikal dan strategi investasi. Tentunya analisis ini dilakukan otomatis dengan menggunakan data real time lho ya.

Intinya, RHB Tradesmart with ARO akan menyediakan opsi ARO Signal, ARO Library serta Real Time Notification untuk transaksi.

ARO Signal

Opsi ini akan menginformasikan ke investor soal saham apa yang menarik untuk dibeli dan dijual.

ARO Library

ARO Library berisi indikator dan parameter tambahan mengenai saham-saham pilihan yang bisa membantu pengambilan keputusan transaksi.

Real Time Notification

Kalau yang ini, adalah informasi data harga saham secara real time. Dijamin datanya terus update!

Oh ya, RHB Tradesmart ini juga hadir dalam dua versi lho. Pertama adalah yang reguler, dan satu lagi yang syariah. Semuanya sudah tersedia baik untuk android dan iOS.

Berapa fee beli dan jual saham RHB Sekuritas Indonesia?

Oh iya, dari tadi lupa dibahas nih. Berapa ya fee atau biaya transaksi untuk beli atau jual saham lewat RHB Sekuritas Indonesia?

Jawabannya adalah, fee beli sebesar 0,15 persen dan fee jual sebesar 0,25 persen dari nilai transaksi saham kamu. Cukup terjangkau bukan?

Itulah beberapa hal yang bisa kamu pelajari terlebih dulu sebelum membuka akun saham di RHB Sekuritas. Intinya, fitur di aplikasinya memang bisa kamu manfaatkan untuk mengambil keputusan untuk membeli atau menjual saham.

Buat investor pemula, fitur ini tentunya akan sangat berguna untuk belajar analisa teknikal. Namun bagi investor yang sudah berpengalaman, fitur ARO tentu bisa jadi second opinion.

Gak perlu mantengin layar monitor terus untuk cek kondisi pasar. ARO bakal bekerja untuk memudahkan proses trading saham kamu.


Bagikan:
close