counter create hit

Cara Dongkrak Mobil

Bagikan:

Bagaimana cara dongkrak mobil? Peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk mendongkrak mobil? Apakah kita mampu mendongkrak mobil dengan seorang diri?

Untuk sebagian pemilik mobil, pastinya mereka telah mesti apalagi dulu mempersiapkan perlengkapan yang diperlukan, untuk berjaga-jaga saat Mungkin keadaan kendaraan beroda empat mereka berada dalam situasi yang tak terduga. Misalnya seperti pecah ban, kerusakan pada velg, atau bahkan keadaan mobil tak inginmenyala.

Itulah sebabnya Tak jarang pemilik kendaraan beroda empat menenteng seluruh keperluan, ataupun perlengkapan untuk memperbaiki kerusakan tersebut di dalam bagian belakang mobil. Biasanya peralatan yang dibawa ialah kunci pas, kunci T, ban serep atau ban cadangan, kabel untuk melaksanakan jumper saat kendaraan beroda empat mati, dan juga dongkrak.

Biasanya perlengkapan tersebut disimpan dalam sebuah box khusus, yang memang diperuntukkan untuk memperbaiki mobil, saat terjadi dilema yang tak terduga. Oleh sebab itu penting untuk kita mengetahui fungsi-fungsi dan juga kegunaan dari peralatan yang kita bawa.

Dan yang paling penting yaitu kita memahami cara membongkar dan juga memasang, bagian yang mungkin rusak atau mesti diganti pada mobil. Sebab dengan begitu tentunya kita bisa menangani dilema yang tak terduga, saat mungkin berada di jalan dan jauh dari bengkel kendaraan beroda empat.

Salah satu hal yang penting untuk dikenali adalah, cara memakai dongkrak. Sebagaimana kita tahu fungsi dongkrak sendiri kerap digunakan para pemilik kendaraan beroda empat, dikala roda atau ban mobil mengalami kerusakan mirip bocor atau ban pecah.

Maka dari itulah fungsi dongkrak ini, berkhasiat untuk mengangkat kendaraan beroda empat agar nantinya pengendara mampu mengubah ban yang mengalami kerusakan tadi, dengan ban yang gres. Oleh sebab itulah kita wajib menjinjing dongkrak dan juga ban serep, selaku persiapan kalau terjadi dilema yang tak terduga.

Oleh karena itu kali ini kita akan membicarakan lebih lanjut wacana cara dongkrak kendaraan beroda empat, apalagi untuk para pengendara yang mungkin saja belum memahami cara penggunaannya.

Cara Dongkrak Mobil

Cara Dongkrak Mobil - Cara Dongkrak Mobil
Mendongkrak Mobil

Langkah1: Siapkan peralatan yang diperlukan

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf di atas, kita harus apalagi dulu memiliki perlengkapan mirip kunci-kunci, yang nantinya memiliki kegunaan untuk membuka baut pada ban yang mau diganti. Selain itu pastinya kita tak lupa mesti merencanakan dongkrak serta juga ban serep, sebagai pengganti ban yang rusak.

Untuk ukuran kunci yang harus disediakan cukup beragam, mulai dari ukuran 14, 19, ataupun 22. Semua tergantung dari ukuran baut velg atau ban yang ada pada kendaraan beroda empat. Karena tiap kendaraan beroda empat sendiri akan memiliki ukuran baut yang berbeda-beda.

Langkah2: Posisikan dongkrak di bawah mobil

Setelah antisipasi kunci dijalankan, maka kita mampu meletakkan dongkrak di bagian bawah atau kolong mobil. Nah disinilah kita mesti mengetahui posisi yang sempurna. Misalkan kerusakan pada ban terjadi di bab kanan, maka dari itu kita bisa meletakkan dongkrak di bab kolong mobil, dengan agak memindah ke bagian kanan.

Langkah3: Kencangkan tuas pada dongkrak

Sebagaimana kita tahu, cara kerja dari dongkrak sendiri ialah mengangkat dan juga menahan beban mirip mobil. Nah disinilah kita mesti memakai tuas yang biasanya ada pada dongkrak, untuk memperlihatkan gaya dorong untuk nantinya dongkrak akan menahan mobil, dan memudahkan pengguna untuk mengubah kafetaria.

Setelah tuas dirasa kencang, maka kita mampu menekan tuas tersebut hingga mobil terangkat sedikit. Jangan lupa untuk menarik tuas rem tangan, biar kendaraan beroda empat tidak bergerak, dan pastikan juga kalian berada di jalanan yang datar.

Barulah kita mampu mengunci tuas pada dongkrak, biar dongkrak tidak menurun, dan melepaskan gaya tahan dongkrak. Untuk mengencangkannya kalian bisa menahan tuas tersebut, atau mengencangkannya dengan kunci pas.

Baca Juga:   Cara Bayar Pajak Motor Atas Nama Orang Lain

Langkah4: Buka baut pada ban

Setelah dirasa dongkrak telah mengangkat kendaraan beroda empat, maka berikutnya kita tinggal membuka baut yang ada pada velg atau ban mobil. Seperti biasa, kita mampu menggunakan kunci pas, kunci shok, atau bahkan kunci kolong. Namun untuk memudahkan, kalian direkomendasikan memakai kunci shok.

Lepas baut pada ban yang mau diganti, sesudah itu lepaskan velg dan juga ban dari as kendaraan beroda empat. Setelah itu simpan ban yang rusak tadi, ke dalam bab bagasi belakang, atau bahkan cover dari ban serep.

Langkah5: Pasang ban baru atau ban serep

Selanjutnya ialah, kita tinggal memasang ban serep yang telah kita persiapkan sebelumnya, untuk menggantikan ban yang rusak. Cara pemasangannya juga tak jauh berlainan mirip pada saat melepasnya. Pastikan posisi ban sudah benar, kemudian lalu Kencangkan baut yang dilepas tadi, dengan memakai kunci shok hingga betul-betul kencang.

Jika Mungkin kalian tidak menjinjing ban serep, kalian mampu menelepon layanan bengkel online mirip go auto dari go-jek, untuk meminta mereka mendatangi kalian, dan melakukan perbaikan pada ban yang mengalami kerusakan. Namun tentunya akan ada biaya yang mesti dikeluarkan.

Langkah6: Turunkan tuas dongkrak secara perlahan

Setelah ban terpasang, langkah terakhir ialah kita tinggal menurunkan dongkrak tadi. Nah disini kalian mampu menurunkan dongkrak, dengan kembali menaik turunkan tuas dongkrak, sampai dongkrak turun, dan kendaraan beroda empat kembali berpijak seperti biasa.

Setelah itu ambil dongkrak yang ada di kolong mobil, dan simpan kembali ke kawasan semula, dan jangan lupa untuk melepas tuas yang sebelumnya kita Kencangkan dengan memakai kunci.

Cara di atas tadi tak cuma sekedar mengajarkan kalian untuk menggunakan dongkrak saja, melainkan juga Bagaimana cara mengganti ban dengan memakai dongkrak. Karena intinya fungsi dongkrak sendiri kerap dipakai ketika mobil mengalami kerusakan pada ban.

Apabila kalian tidak sempat atau tidak mempunyai persiapan berupa kunci dan juga dongkrak, kalian mampu meminta tunjangan terhadap pengendara mobil lain untuk meminjam dongkrak.

Baca Juga:   Cara Jumper Kendaraan Beroda Empat

Atau jika mungkin kerusakan atau persoalan pada ban terjadi di jalan tol, kalian mampu menelepon pihak tol untuk tiba dan menolong kalian untuk melakukan penggantian ban yang rusak dengan yang gres, atau mungkin melakukan towing, atau menderek kendaraan beroda empat kalian sampai hingga ke bengkel atau kawasan servis terdekat.

Oleh sebab itu, menjinjing peralatan dan juga peralatan mirip kunci-kunci dan juga dongkrak serta ban serep, cara menjadi salah satu langkah terbaik dan juga antisipasi, ketika menghadapi kondisi yang tak diduga-duga.

Maka dari itu tentukan dikala Mungkin kalian akan melaksanakan perjalanan jauh, kalian sudah menyiapkan seluruhnya dengan baik dan lengkap. Untuk menyingkir dari kondisi yang tak diinginkan dikala berada di jalan raya.

Jangan lupa untuk menepi, apabila mobil mengalami kerusakan. Usahakan kalian Memberi signal berupa lampu sein, ataupun lampu hazard yang bisa dihidupkan lewat dashboard kendaraan beroda empat, sebagai tanda kalau kalian sedang berada dalam kondisi darurat atau membutuhkan pertolongan.

Sebagai epilog itulah beberapa cara dongkrak kendaraan beroda empat yang bisa kalian gunakan, lebih untuk kamu yang belum mengetahui cara menggunakan dongkrak. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang bagus untukmu, dan supaya berguna.


Bagikan:
close