May 16, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Edit, Menambahkan Recovery Email dan Telepon di Akun Google – Gmail

Email Pemulihan Gmail - Cara Edit, Menambahkan Recovery Email dan Telepon di Akun Google – Gmail

Jika anda merasa akun Google yang dimiliki sangat penting maka pastikanlah anda telah menyertakan recovery email dan phone atau no HP pemulihan yang akan sangat memiliki kegunaan kalau sebuah ketika lupa password Gmail dan ingin meresetnya.

No HP pemulihan mungkin sering dianggap sepele namun hal ini baru terasa penting ketika kita lupa password email Gmail dan tidak dapat melaksanakan reset, ketika kita mengalami lupa sandi Gmail, Google akan menunjukkan pilihan untuk melakukan verifikasi via SMS atau alamat email alternatif.

Namun bila kamu tidak pernah menyertakan no telepon dan email pemulihan maka anda akan diminta untuk menyelesaikan pertanyaan yang membingungkan seperti sejak kapan menggunakan akun Google, kapan terakhir kali login, produk Google lain yang dipakai dan sebagainya.

Nomor ponsel akan digunakan untuk tujuan keselamatan, seperti menolong Anda masuk kembali ke akun bila Anda lupa sandi.

Cara Edit, Menambahkan Recovery Email dan No Telepon Pemulihan di Akun Google – Gmail

Berikut ialah cara untuk edit atau menambahkan pilihan pemulihan akun, dalam akun bahasa Indonesia dan Inggris.

  1. Buka halaman https://myaccount.google.com/
  2. Kemudian log in dengan username dan password anda.
  3. Pilih Masuk & keamanan (Sign-in & security) – kemudian pilih Masuk ke Google (Signing in to Google) lalu scroll hingga anda menyaksikan Opsi pemulihan akun (Account recovery options)Email Pemulihan Gmail - Cara Edit, Menambahkan Recovery Email dan Telepon di Akun Google – Gmail
  4. Pilih Email Pemulihan/Recovery Email lalu masukan alamat email alternatif anda, klik Selesai/Done.
  5. Untuk menyertakan no HP, pilih Telepon pemulihan/Recovery phone. Jika telah ada dan ingin diganti klik Edit. Jika gres silahkan langsung masukan no ponsel yang aktif.
  6. Selanjutnya pilih Verifikasi/Verify lalu pilih Dapatkan isyarat dan periksa SMS masuk, kemudian masukan arahan yang anda peroleh tersebut kemudian pilih Verifikasi, tamat. (lihat gambar dibawah)No HP Pemulihan Gmail - Cara Edit, Menambahkan Recovery Email dan Telepon di Akun Google – Gmail

 

Apa Manfaat Menambahkan No dan Email Pemulihan di Akun Google?

Satu faedah yang niscaya sesudah kita melakukan verifikasi no telepon pemulihan dan email alternatif yaitu saat kita lupa sandi akun email Google maka akan ada pilihan untuk melakukan reset password via SMS atau alamat email alternatif.

Baca Juga:   Cara Buat Pdf Di Iphone

Akibat Tidak Menambahkan Nomor HP / Recovery Email

Karena tidak ada pilihan lain untuk mampu memulihkan atau mengganti password Gmail, maka Google akan memperlihatkan pertanyaan yang saya yakin susah dijawab sebelum kita dapat reset kata sandi seperti : When was the last time you were able to sign in to your Google Account? (Required), Kapan terakhir kali Anda mampu masuk ke Akun Google? (Diperlukan), Kapan Anda membuat Akun Google? (Diperlukan) dan ujung-ujungnya saat data yang diberikan salah maka kita tidak mampu melaksanakan apa-apa lagi alasannya adalah akan menerima pesan :

“Informasi yang diberikan tidak cocok dengan catatan kami. Coba masuk dari lokasi yang lazimnya dipakai untuk masuk (contohnya, rumah atau kantor) dan isi info akun lagi.”

Tidak Bisa Reset Google - Cara Edit, Menambahkan Recovery Email dan Telepon di Akun Google – Gmail

Sangat mudah bukan edit atau menyertakan no telepon dan email pemulihan di akun Google, yang akan berguna untuk reset kata sandi bila sebuah dikala kita lupa password sehingga tidak perlu khawatir lagi anda tidak bisa memakai layanan Google mirip email Gmail, akun Google Play Store, Blogger dan lainnnya.

Berbeda dengan Yahoo mail yang memperbolehkan kita untuk mendaftarkan lebih dari 1 no HP maupun alamat email alternatif, Google cuma memperbolehkan kita menggunakan satu no HP dan satu alamat email pemulihan. Baca : Cara Memulihkan Akun Google Yang Lupa Password.