counter create hit

Cara Import Barang Dari China

Bagikan:

Banyak dari kita yang umumnya akan memilih untuk mengimpor barang dari luar negeri dan tujuan utama untuk dikala ini yaitu China. Tapi sebelum kamu melakukannya, sangat penting untuk mengerti sepenuhnya cara kerja proses pengimporan; ongkos aksesori apa yang diperlukan, kerangka waktu pengiriman, dll. Singkatnya, kau mesti tahu betul cara import barang dari China secara luar dalam sebelum melaksanakan hal ini.

Cara Import Barang dari China

Cara Import Barang dari China 300x168 - Cara Import Barang Dari China
Cara Import Barang dari China

Bagi banyak seller newbie, pengalaman import barang dari China terdengar mirip mimpi buruk yang hendak tidak mau mesti dilalui. Namun pada kenyataannya, proses ini sama sekali tidak rumit asalkan kau sudah mengenali dasar-dasar di balik proses impor – pembayaran, pengiriman, pajak, dan bea cukai. Nah dalam postingan ini, kau akan mencoba membahas sebagian besar faktor terpenting dalam proses pengimporan barang dari China.

Definisi Cara Import Barang dari China

Secara biasa , mengimpor berarti kau berbelanja barang dari penyedia di luar negara daerah kamu tinggal. Eits namun, hal ini tidak berlaku pada negara-negara Uni Eropa sebab barang di benua biru tersebtu mampu dipindahkan dengan bebas ke seluruh negara UE tanpa mengeluarkan uang bea impor atau PPN pelengkap. Tapi bagi kita yang tinggal di Asia Tenggara, mengimpor barang dari China atau Amerika Serikat akan membutuhkan biaya, jadi mari kita diskusikan secara mendetail.

Konsep Pengiriman Import Barang dari China

Kalau kamu pernah tahu cara hitung kredit mobil, kamu mungkin akan pribadi paham skema metode dan ongkos pengiriman import barang dari China. Perlu kamu tahu bahwa ongkos pengiriman akan menyantap persentase paling besar dari total ongkos produk kamu, jadi akan sangat krusial untuk selalu menekannya serendah mungkin. Sebagai fatwa biasa , makin besar pesanan kau, maka semakin rendah biaya pengantaran per item yang akan kau bayar.

Baca Juga:   Cara Cek Ongkir

Contohnya, kamu tidak butuhbaca cara import barang dari China ini jikalau kau hanya mau mengimpor sepasang sepatu tidak bermerek dari China karena ongkos pengirimannya akan jauh lebih besar daripada ongkos produk itu sendiri. Singkatnya, volume yaitu kunci utama dalam memotong biaya pengantaran namun tidak juga berarti kamu mesti mengawali dengan memesan satu kontainer penuh!

Metode Pengiriman Import Barang dari China

Berbeda dengan proses cek pengiriman barang di Indonesia yang termasuk singkat, mekanisme import barang dari China akan memakan waktu yang jauh lebih usang. Setidaknya ada empat metode pengantaran paling populer yang mampu kau pakai untuk mengimpor barang dari China:

Pos Reguler

Opsi ini kemungkinan besar akan “memaksa” kau untuk memakai jasa China Post yang dapat memakan waktu sampai 6 minggu untuk tiba. Parahnya lagi, kamu tidak akan dapat melakukan pelacakan online alasannya adalah memang tidak ditawarkan. Plus, kamu cuma mengantarbarang untuk paket di bawah 2kg. Jika memungkinkan, sebisa mungkin hindari penggunaan jasa ini untuk pengiriman apa pun alasannya adalah waktu pengiriman yang terlalu usang.

Perusahaan Courier

Pengiriman dengan jasa kurir ini akan menjadi metode yang paling cocok bagi kebanyakan orang yang baru mengawali perjuangan. Tapi khusus untuk mereka yang bermaksud berdagang barang-barang kecil dan ringan. Saat ini sebagian besar perushaan courier hanya membutuhkan 5-10 hari kerja untuk tiba di Indonesia. Kamu juga mungkin akan perlu mengeluarkan dana yang lumaya sekitar Rp 90.000-an per kilo.

Pengangkutan Udara

Opsi ini yakni yang paling ideal untuk kamu yang sudah punya konsumen steady. Meski waktu pengantaran import barang dari China akan bermacam-macam dari satu perusahaan ke perusahaan yang lain, namun secara umum opsi ini menyantap waktu berkisar antara 5 sampai 10 hari. Biaya memang termasuk murah ialah Rp 30.000-an per kilo untuk minimal 100 kg tetapi kau akan dihadapkan dengan tugas extra dalam bentuk dokumentasi barang dan ongkos bea cukai.

Pengangkutan Laut

Last but not least, ialah sistem pengiriman paling populer yang dipakai oleh perusahaan besar untuk mengimpor barang dari China. Biaya per kilo untuk jasa transportasi bahari sangat rendah tetapi sisi negatifnya adalah waktu pengiriman yang super lama. Bergantung pada di mana kamu Anda berada, opsi ini biasanya akan memakan waktu sekitar 30 sampai 40 hari.

Baca Juga:   Cara Pasang Aki Mobil

Seperti halnya pilihan pengangkutan udara, kau harus mengurus dokumentasi, bea cukai, dan pengiriman barang dari pelabuhan ke rumah atau gudang kamu.

Mengapa Harus Import Barang dari China?

Inti dari proses bisnis kasarnya adalah mencari cara mengkalkulasikan laba sebesar-besarnya. Tapi ketergantungan akan import barang dari China pasti akan jadi potensi duduk perkara gres untuk ke depannya. Memang sih, secara mikro, perekonomian rakyat akan menguntungkan karena berbelanja barang yang lebih hemat biaya. Tapi, dari segi makro-nya, kasian pasti para produsen setempat yang mesti selalu dinomorduakan hanya alasannya adalah produknya sedikit lebih mahal.

Karenanya, selaku epilog, section ini ditulis dengan impian untuk mulai melihat kembali keputusan berbelanja barang. Sebisa mungkin gunakan produk setempat meski harganya lebih mahal sedikit. Selain itu, image mutu yang minor juga masih melekat bersahabat pada barang import dari China. Yakin masih mau?

Cek Juga 12 Artikel Rekomendasi Kami : 


Bagikan:
close