counter create hit

Cara Install Driver Precision Touchpad Windows 10 di MacBook (Dual Boot)

Bagikan:

Untuk mengaktifkan fitur gesture tiga jari dan empat jari pada touchpad MacBook yang dual boot dengan Windows 10 via Bootcamp kita membutuhkan driver yang bernama Precision Touchpad.

Driver ini belum masuk ke dalam database Bootcamp sehingga kita mesti menginstallnya dari sumber lain. Untungnya ketika ini telah ada developer yang menciptakan driver untuk mengaktifkan fitur Precision Touchpad di Windows 10.

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara install Windows 10 di Mac dengan memakai Bootcamp dan beberapa hal yang harus dilakukan setelahnya. Anda bisa melihatnya di sini:

  1. Cara install Windows 10 di Mac secara dual boot
  2. Remapping keyboard Mac di Windows 10
  3. Mengubah arah scrolling trackpad Mac di Windows 10

Mengapa mesti menginstall driver percision touchpad?

Saat menggunakan Windows 10 di Macbook hal pertama yang mau dirasakan yakni fungsi touchpad/trackpad yang menjadi sungguh terbatas.

Bukan belakang layar lagi jika Windows memang memiliki fitur touchpad yang tidak secanggih dan sepresisi macOS, jadi saat berpindah dari Mac ke Windows maka perbedaannya akan sungguh terasa.

Oleh karena itu kita memerlukan driver precision touchpad untuk mengatasinya. Precision touchpad sendiri ialah fitur terbaru yang cuma ada pada Windows 10, kehadirannya ditujukan untuk memaksimalkan fungsi touchpad pada laptop.

Dengan mengaktifkan fitur ini pengguna mampu memakai gesture tiga jari dan empat jari untuk akses cepat, berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain, berpindah desktop, mengakses notification center, penelusuran cepat, dan masih banyak lagi fungsi yang lain, mirip dengan fungsi gesture pada macOS.

Cara install driver precision touchpad Windows 10 di MacBook

1. Download driver

Pertama download file driver precision touchpad dari situs GitHub.

Download

Pilih release yang terbaru > pilih Drivers-amd64-ReleaseMSSigned.zip

cara install driver touchpad windows 10 macbook 1 - Cara Install Driver Precision Touchpad Windows 10 di MacBook (Dual Boot)

2. Ekstrak file driver ke dalam folder

File driver yang sudah didownload masih dalam format zip, kita mesti mengekstraknya apalagi dulu. Anda mampu memakai aplikasi archiver seperti 7zip (recommended).

Baca Juga:   5 Langkah Penting Sеbеlum Berganti Prоfеsi Versi Jooble

Caranya dengan klik kanan pada file driver > pilih 7-zip > pilih Extract to folder.

cara install driver touchpad windows 10 macbook 2 - Cara Install Driver Precision Touchpad Windows 10 di MacBook (Dual Boot)

3. Buka Device Manager

Selanjutnya buka program Device Manager dengan cara menekan tombol Start+R untuk menampilkan jendela Run > ketik devmgmt.msc > klik OK.

Bisa juga dengan klik pada tombol Start > ketik device manager > program Device Manager akan muncul di menu Start > klik satu kali untuk membukanya.

cara install driver touchpad windows 10 macbook 3 - Cara Install Driver Precision Touchpad Windows 10 di MacBook (Dual Boot)

4. Masuk ke device touchpad

Setelah program Device Manager terbuka peroleh device yang berjulukan Human Interface Device > klik pada tanda panah kecil yang ada di sampingnya untuk memperlihatkan semua device yang ada di dalamnya.

Di sana Anda akan menyaksikan ada sebuah device yang berjulukan Apple SPI Trackpad, inilah tempat kita akan menginstall driver precision touchpad.

cara install driver touchpad windows 10 macbook 4 - Cara Install Driver Precision Touchpad Windows 10 di MacBook (Dual Boot)

5. Install driver secara manual

Langkah berikutnya yaitu menginstall driver secara manual.

Klik kanan pada Apple SPI Trackpad > pilih Update driver.

cara install driver touchpad windows 10 macbook 5 - Cara Install Driver Precision Touchpad Windows 10 di MacBook (Dual Boot)

Kemudian pilih pada pilihan Browse my computer for drivers.

cara install driver touchpad windows 10 macbook 6 - Cara Install Driver Precision Touchpad Windows 10 di MacBook (Dual Boot)

Selanjutnya klik pada tombol Browse > pilih folder driver yang tadi sudah diekstrak > klik OK > klik Next.

cara install driver touchpad windows 10 macbook 7 - Cara Install Driver Precision Touchpad Windows 10 di MacBook (Dual Boot)

6. Restart MacBook

Sampai di sini kita telah sukses menginstall driver precision touchpad Windows 10 di MacBook. Selanjutnya restart MacBook Anda supaya driver bisa melakukan pekerjaan dengan sempurna.

Tutorial penggunakan precision touchpad

Setelah tamat mengisntall driver, berikutnya kita tinggal melaksanakan penyesuaian pada touchpad.

Masuk ke hidangan Settings > Devices > Touchpad

Di bab paling atas Anda bisa menyesuaikan kecepatan kursor dengan memindah slider pada hidangan Change cursor speed. Silakan diatur sesuai selera sampai menemukan yang dirasa paling pas.

Jika ingin membiarkan touchpad tetap hidup ketika memakai mouse maka centang pada pilihan Leave touchpad on when a mouse is connected.

cara install driver touchpad windows 10 macbook 8 - Cara Install Driver Precision Touchpad Windows 10 di MacBook (Dual Boot)

Selanjutnya yakni mengontrol fungsi Taps.

Pada pilihan Touchpad sensitivity pilih Medium Sensitivity.

Fitur tap bisa Anda matikan atau aktifkan sesuai impian, berikut ini fitur tap yang tersedia beserta fungsinya.

  • Tap with a single finger to single-click > tap dengan satu jari untuk klik
  • Tap with two fingers to right-click > tap dengan dua jari untuk klik kanan
  • Tap twice and drag to multi-select > tap dua kali kemudian seret untuk blok dan seleksi
  • Press the lower right corner of the touchpad to right-click > klik pada sudut kanan bawah trackpad untuk klik kanan
Baca Juga:   Cara Menghilangkan “Service Battery” di Macbook Pro & Air
cara install driver touchpad windows 10 macbook 9 - Cara Install Driver Precision Touchpad Windows 10 di MacBook (Dual Boot)

Selanjutnya yaitu mengendalikan fungsi gesture tiga jari dan empat jari.

Swipe dengan gesture tiga jari ke arah atas, kanan, kiri, dan bawah mampu dikelola untuk menawarkan perintah yang berlainan-beda.

Pengaturan default pada precision touchpad untuk gesture tiga jari ialah:

  • Swipe tiga jari ke atas untuk Multitasking view (memperlihatkan semua aplikasi/jendela aktif)
  • Swipe tiga jari ke bawah untuk Show desktop (minimize semua jendela aktif)
  • Swipe tiga jari ke kanan untuk Switch apps (berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain ke arah kanan)
  • Swipe tiga jari ke kiri untuk Switch apps (berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain ke arah kiri)
cara install driver touchpad windows 10 macbook 10 - Cara Install Driver Precision Touchpad Windows 10 di MacBook (Dual Boot)

Pengaturan default pada precision touchpad untuk gesture empat jari:

  • Swipe empat jari ke atas dan ke bawah sama dengan gesture tiga jari ke atas dan ke bawah
  • Swipe empat jari ke kanan dan ke kiri berfungsi untuk berpindah desktop
cara install driver touchpad windows 10 macbook 11 - Cara Install Driver Precision Touchpad Windows 10 di MacBook (Dual Boot)

Pengaturan gesture tiga jari dan empat jari ini mampu Anda ubah sendiri sesuai selera. Caranya dengan masuk ke hidangan Advanced gesture configuration yang ada di bagian bawah.

Masih ada banyak fungsi yang lain yang bisa dipakai dengan gesture touchpad, silakan Anda coba sendiri sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Itulah cara install dan memakai precision touchpad Windows 10 di MacBook. Selamat menjajal dan semoga postingan ini mampu menolong.


Bagikan:
close