counter create hit

Cara Investasi Emas Di Shopee

Bagikan:

Emas yakni salah satu instrumen investasi yang banyak dicari ketika krisis mirip pandemi covid19 saat ini. Alasannya logam mulia ini yakni komoditas yang mampu dijadikan alat tukar dan penyimpan nilai di seluruh dunia sehingga relatif lebih kondusif terhadap inflasi.

Saat ini setiap orang bisa berinvestasi emas dengan cara yang lebih mudah. Sebab, beberapa lembaga distributor emas resmi mirip Pegadaian dan Bank kini telah melakukan pekerjaan sama dengan aplikasi online marketplace sehingga pengguna aplikasi tersebut bisa berinvestasi emas dengan tanpa pindah ke aplikasi atau lembaga yang lain. 

Salah satu aplikasi online marketplace tersebut ialah Shopee. Dengan demikian, pengguna salah satu aplikasi marketplace terbesar di Indonesia ini mampu membeli logam mulia ini dengan tanpa mengunduh aplikasi lainnya tergolong aplikasi Pegadaian digital. Berikut ini cara investasi emas di aplikasi ini:

Apakah Investasi Emas di Shopee Termasuk Aman?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, investasi atau fitur simpanan emas di Shopee ialah hasil kerjasama perusahaan e-commerce tersebut dengan PT Pegadaian persero, salah satu distributor emas yang legal di Indonesia. 

Lebih dari itu, koordinasi di antara kedua perusahaan ini juga diawasi oleh OJK. Dengan demikian, boleh dikatakan investasi emas di aplikasi ini tergolong aman dan bisa dijadikan sebagai salah satu portofolio investasi. 

Syarat Investasi Emas di Shopee

Menurut laman resmi Shopee, terdapat beberapa syarat untuk investasi emas di aplikasi ini. Syarat-syarat tersebut yaitu:

  1. Sudah memiliki akun Shopee atau Shopeepay. Sebab, data-data pada akun tersebut akan diberikan oleh pihak Shopee ke pegadaian untuk pembukaan rekening.
  2. Pengguna harus registrasi offline ke kantor pegadaian terdekat apalagi dulu optimal pada tanggal 18 pada bulan dikala si pengguna menciptakan tabungan emas. Apabila pada tanggal tersebut pengguna belum juga pendaftaran offline, maka rekening simpanan emas miliknya akan langsung ditutup dan semua saldonya akan ditransfer ke rekening bank pengguna setelah diiris biaya penutupan rekening sebanyak Rp. 30.000. 
  3. Pengguna bisa mulai berinvestasi sebesar Rp. 500 rupiah pada transaksi pertama. Setelah itu, minimal pembelian logam mulia ini pada transaksi selanjutnya yakni sebesar Rp. 5000. Besaran emas yang akan diperoleh pengguna tergantung dengan harganya di pasaran ketika pengguna tersebut membelinya. 
  4. Pengguna cuma mampu membeli emas sebanyak 20 kali dalam satu hari. Hal ini ditujukan untuk argumentasi keselamatan. 
  5. Melakukan transfer emas ke sesama pengguna Shopee minimal sebanyak 0,01 gram dan optimal sebanyak 100 gram. 
  6. Pengguna wajib memiliki saldo yang tidak mampu ditarik (threshold) sebanyak 0,05 gram. 
  7. Tabungan emas cuma mampu ditarik (dicairkan) bila tabungan tersebut sudah terkumpul sebanyak 1 gram.
Baca Juga:   Aplikasi Untuk Pengaktifan Hotspot Wifi Di Smartphone Android

Cara Investasi Emas di Shopee

Setelah memenuhi standar di atas, berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuka simpanan emas di Shopee:

  1. Buka aplikasi Shopee Anda dan login. Pastikan Anda login menggunakan akun yang tepat dengan data KTP Anda karena untuk membuka rekening tabungan emas di pegadaian, Anda memerlukan data dari KTP ini. 
  2. Pilih menu Pulsa, Tagihan dan Hiburan.
  3. Pilih hidangan simpanan emas. 
  4. Pilih menu beli. 
  5. Isi form yang tersedia dengan baik dan benar.
  6. Proses pembayaran.
  7. Apabila proses pembayaran sukses, saldo simpanan akan pribadi masuk ke akun Anda. 

Cara Menjual Tabungan Emas di Shopee

Cara menjual simpanan emas di aplikasi ini terbilang gampang. Anda tinggal melakukan beberapa langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Shopee Anda dan login. 
  2. Pilih menu Pulsa, Tagihan dan Hiburan.
  3. Pilih menu jual. Menjual emas di aplikasi ini mampu dilaksanakan dalam satuan gram maupun rupiah. 
  4. Isi nama dan nomor rekening bank. Pastikan nama pemilik rekening bank sesuai dengan nama akun Shopee Anda. Sebab, pihak Shopee berhak membatalkan transaksi jual Anda apabila nama pemilik rekening bank dengan pemilik Shopee tidak cocok.
  5. Setelah proses final, dana hasil penjualan simpanan emas Anda bisa pribadi masuk ke rekening bank. 

Keuntungan Tabungan Emas di Shopee

Dari segi instrumen, logam mulia ini yakni salah satu instrumen investasi yang disebut safe haven atau instrumen investasi dengan tingkat risiko terendah. Maka dari itu, tidak heran jikalau instrumen investasi ini banyak diincar oleh para investor terutama di kurun krisis mirip ini. 

Dari sisi keuntungannya, berikut ini faedah nabung emas di Shopee:

1. Fleksibel

Keuntungan yang pertama dari nabung emas di aplikasi ini yakni fleksibilitas. Sebab, pengguna bisa berbelanja logam mulia ini dari manapun dan kapanpun. Selain itu jika sudah mencapai 1 gram mampu dicairkan ke aneka macam rekening bank. Dengan demikian, simpanan ini cocok untuk dijadikan tempat dana darurat

2. Aman

Kelebihan lain dari simpanan emas di shopee ialah aman alasannya adalah aplikasi ini berhubungan dengan PT. Pegadaian Persero. Belum lagi fakta bahwa shopee yakni salah satu perusahaan e-commerce paling besar di Indonesia dan Asia Tenggara. Ini artinya, jikalau tabungan emas Anda secara tiba-tiba lenyap, Anda mampu mengajukan klaim ke pihak pegadaian atau aplikasi shopee sekaligus.

Baca Juga:   17 Pola Hampers Lebaran Yang Unik, Sederhana, Dan Terjangkau

3. Transparan

Meskipun tidak memiliki fluktuasi harga yang tajam seperti saham atau reksa dana, pergerakan harga logam ini cukup transparan. Pengguna tinggal membuka situs web resmi pegadaian atau logammulia.com untuk mengecek pergerakan harga emas. Harga logam mulia ini biasanya akan selalu update saban hari senin-jumat pukul 11.00 WIB. 

4. Bisa dicairkan ke dalam bentuk emas batangan

Kelebihan terakhir dari investasi logam mulia ini di shopee yaitu tabungan di aplikasi ini mampu dicairkan ke dalam bentuk emas batangan. Tidak mirip aplikasi yang lain, Anda tidak hanya bisa mencairkan simpanan emas ke dalam bentuk batangan dari merek Antam, namun Anda juga mampu mencairkannya ke dalam bentuk emas batangan merek lain mirip UBS atau Galeri 24.

Hanya saja, terdapat perbedaan harga buyback antara ketiga merek tersebut. Hal ini alasannya harga emas di Indonesia mengacu pada pergerakan harga emas Antam. Dengan demikian, ada kemungkinan jumlah duit yang Anda peroleh tidak cocok dengan jumlah nominal yang tertera di aplikasi jika Anda memilih untuk mencairkan simpanan logam mulia ini dalam bentuk emas batangan dari merek lain. 


Bagikan:
close