fbpx

Cara Investasi Logam Mulia

Bagikan:

Dengan berkembangnya zaman kian kuat terhadap teladan pikir penduduk saat ini, salah satunya ialah dengan banyaknya orang yang menyadari pentingnya investasi. Cara investasi logam mulia tergolong salah satu sistem dari sekian investasi yang dipilih. Karena sifat logam mulia yang tidak besar lengan berkuasa kepada nilai inflasi negara.

Salah satu logam mulia yang sering dijadikan instrumen investasi adalah emas. Alasan lain kenapa logam mulia ini banyak diseleksi yaitu alasannya nilainya yang selalu naik dan jarang terjadi penurunan meskipun perekonomian negara sedang kurang baik. Hanya saja, dengan ketersediaan sumber daya alam yang makin menipis sebagai sumber penghasil emas, tentu saja membuat nilainya makin tinggi tiap tahun.

Maka dari itu, ada beberapa kiat dan cara investasi logam mulia selaku opsi investasi yang dapat dicoba sebagai sistem penyimpanan aset dengan nilai yang makin tinggi di abad depan. Apabila Kamu memiliki sedikit duit yang masih belum terpakai, dibandingkan mesti menghabiskannya untuk keperluan yang tak begitu penting, tentu saja Kamu dapat mengalokasikannya dengan berinvestasi emas.

Cara Investasi Logam Mulia

Cara Investasi Logam Mulia 300x156 - Cara Investasi Logam Mulia
Berinvestasi Logam Mulia Mudah

Berinvestasi Logam Mulia Emas

Jika ingin berinvestasi logam mulia, maka investasi yang paling tepat yaitu bentuk emas batagan atau emas 24 karat. Sebaiknya jangan pilih yang berbentuk tambahan. Alasannya, alasannya suplemen cenderung lebih sukar untuk dijual. Belum lagi, Kamu akan dikenakan lebih banyak kepingan kalau emas dibentuk komplemen.

Ada beberapa opsi cara investasi logam mulia emas yang mampu Kamu coba, berikut ini :

1. Investasi Emas Dengan Membeli Emas di Toko Emas

Cara investasi logam mulia yang pertama ialah, Kamu dapat mengunjungi pusat jual beli emas atau toko emas terkemuka. Setiap kota lazimnya terdapat pusat perdagangan emas sendiri. Membeli emas di sentra perdagangan emas memiliki banyak keuntungan, diantarnaya relatif lebih aman dengan penjagaan yang cukup ketat saat pembelian, selain itu juga menawarkan banyak pilihan. Makara Kamu mampu membandingkan harganya.

Baca Juga:   Bank Jago Vs Blu By BCA, Mana Yang Terbaik?

2. Investasi Emas Dengan Pembelian Emas di Toko Galeri 23 Pegadaian

Lembaga Pegadaian meluncurkan layanan toko emas online yang bernama Galeri24. Kamu bisa masuk ke website resmi Galeri24, silahkan pilih jenis logam mulia yang Kamu kehendaki. Kemudian lakukan pembayaran lewat sistem transfer. Cara berinvestasi emas logam mulia ini sama persis ketika Kamu berbelanja online di marketplace.

Pasalnya Galeri24 tersebut akan mengantarkan produk logam mulia pesananmu lewat kurir. Namun jangan khawatir Kamu akan kehilangan emas yang sudah dipesan alasannya pengantaran akan diasuransikan langsung oleh pihak Galeri24 menggunakan segel khusus.

Namun untuk berbelanja emas fisik, umumnya ada beberapa hambatan yang dihadapi berikut ini :

  • Harus mempunyai tempat penyimpanan, umumnya untuk penyimpanan emas fisik bisa dijalankan di safe deposit box agar lebih kondusif. Hanya saja Kamu mesti membayar sewa SDB.
  • Emas palsu, mungkin kita dahulu jarang mendengar produk emas palsu, tetapi kini peredaran emas imitasi meman bukan isapan jempol semata. Walaupun kita dapat mencegahnya dengan melakukan pembelian emas fisik di toko yang telah terpercaya. Jadi, pastikan Kamu mengetahui ciri-ciri emas artifisial vs orisinil.
  • Resiko membawa emas dari toko emas ke daerah penyimpanan. Dalam hal ini, Kamu mesti waspada alasannya adalah mampu saja terjadi resiko kehilangan atau kecurian selama perjalanan.
  • Memiliki toko pemanis ini pastinya tidak mampu dicicil, jadi hraus melaksanakan pembelian berjumlah minimum. Dengan kata lain, Kamu harus melakuka pembayaran secara cash. Jadi sulit untuk menabung emas.
  • Lamu mesti mengeluarkan ongkos penyimpanan emas secara kondusif, dengan menyewa SDB di perbankan.

3. Investasi Emas di Pegadaian Tabungan

Berinvestasi logam mulia emas juga dapat dilakukan melalui “Pegadaian Digital”, dengan akomodasi simpanan emas. Adapun cara kerja dari simpanan emas di Pegadaian ialah selaku berikut ini :

  • Pertama-tama silahkan download dan install Pegadaian Digital di Hpmu.
  • Lakukan pengisian form akun untuk Tabungan Emas Digital.
  • Silahkan tiba ke unit Pegadaian jikalau ingin memberikan KTP berikut melakukan tanda tangan pada formulir pembukaan rekening.
  • Setelah itu, rekening tabungan emasmu aktif.
  • Silahkan beli emas lewat aplikasi Pegadaian secara online.
  • Logam mulia yang dibeli akan tercatat pada aplikasi Pegadaian.
Baca Juga:   5 Aplikasi Bandar Detector Saham Terbaik (2022)

Umumnya emas yang ada di aplikasi mampu diambil fisiknya bila Kamu meminta pihak Pegadaian untuk mencetaknya, berikut ongkos pemanis sesuai ketentuan.

Dengan berinvestasi logam mulia emas di Pegadaian Tabungan ini, pastinya proses pemasaran emas yang dijalankan menjadi lebih gampang. Kamu cukup menunjukkan perintah untuk memasarkan emas pada aplikasi. Setelah itu selang beberapa lama duit akan eksklusif masuk ke akun rekening bank-mu. Adapun minimal investasi simpanan emas di sini mulai dari hanya Rp. 5.000 saja.

4. Investasi Emas Online

Layanan cara investasi logam mulia ini memang gres ada sekitar 5 tahunan, dimana Kamu melaksanakan pembelian kemudian menabung emas di aplikasi online. Kenapa disebut menabung? Sebab Kamu mampu melaksanakan pembelian emas berjumlah kecil, sesudah terkumpul sekitar 1gram minimum, gres kemudian Kamu mampu mencetaknya.

Melalui teknologi fintech ini, cara investasi emas online mampu dibilang lebih terjangkau, kondusif dan mudah. Kamu juga akan menerima sejumlah manfaatnya berikut ini :

  • Penjualan dan pembelian emas lebih gampang sebab dilaksanakan lewat aplikasi, tanpa harus keluar rumah.
  • Terhindar dari yang namanya resiko emas palsu, alasannya pencetakan emas fisik biasanya dilakukan di kawasan yang sudah berizin resmi, baik itu Pegadaian maupun Antam.
  • Resiko kehilangannya minim sekali, emas yang Kamu beli akan langsung disimpan pada tempat penyimpanan emas online.
  • Lebih mudah menjual emas, duit hasil pemasaran akan eksklusif ditransfer ke rekening tabunganmu.
  • Minimum investasi emas online yang dilaksanakan sangat terjangkau. Karena Kamu bisa memulai dari nominal Rp. 5.000 saja.
  • Bentuk fisik emas mampu diambil bila diharapkan dengan cara meminta mencetak emas. Biasanya akan ada biaya yang dikenakan, hanya saja cukup terjangkau.

5. Investasi Emas di GoJek GoInvestasi

Walaupun sedikit telat, tetapi Gojek tidak mau ketinggalan menyediakan layanan investasi emas eksklusif dari platform mereka, berjulukan GoInvestasi. Dimana Gojek sudah bekerjasama dengan pihak Pluang PG yang berjangka dan berlisensi dari Bappebti.

Jika Kamu memiliki akun Gojek dapat membuka akun rekeing tabungan emas melalui pembelian di GoPay dan memasarkan emas kembali dengan hasil penjualan yang hendak dikembalikan pada saldo akun GoPay.

Baca Juga:   Apa Itu Efek Compounding Dalam Investasi Dan Mengapa Penting

Berikut cara investasi logam mulia di GoInvestasi Gojek :

  • Silahkan buka menu GoInvestasi yang ada di Gojek.
  • Selanjutnya pilih apakah Kamu ingin memasarkan atau berbelanja emas.
  • Inputkan jumlah nominalnya dalam bentuk rupiah maupun emas.
  • Ketuk “Jual Sekarang” atau “Beli Sekarang”.
  • Silahkan lihat pada halaman pembayaran, lalu konfirmasikan informasinya dengan benar. Selanjutnya cek menggunakan GoPay.
  • Selamat, sekarang Kamu telah sukses menginvestasikan dana yang Kamu miliki dengan menentukan emas.

Nah, itulah beberapa cara investasi logam mulia yang bisa Kamu coba dan pilih salah satunya. Selain GoInvestasi, Kamu juga mampu menjajal cara investasi emas di Tokopedia dengan cara yang tak jauh berlawanan!

 

 

 


Bagikan: