counter create hit

Cara Kerja Ipal

Bagikan:

Air limbah hasil aktivitas industri, perumahan/rumah tangga, rumah sakit, akivitas pertanian dan sebagainya ialah salah satu faktor berpeluang kepada pencemaran air. Apabila limbah tersebut tidak diatur secara optimal, bisa membahayakan kesehatan lingkungan sekitar. Selain itu, dikarenakan limbah memiliki kandungan senyawa kimia, organik, biologi dan mikroorganisme patogen tentu bisa mengakibatkan pencemaran. Inilah kenapa dibutuhkan cara kerja IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah).

Apa Itu IPAL?

Instalasi Pengolahan Air Limbah atau IPAL ialah sebuah struktur yang didesain untuk pembuangan limbah kimiawi, biologis dan air. Sehingga memungkinkan air tidak berbahaya dan mampu digunakan kembali untuk aktivitas yang lain. Adapun limbah air ini biasanya dihasilkan berdasarkan acara industri, baik itu berbentukindustri pertambangan, rumah sakit, perkantoran, limbah rumah tangga, pertanian sampai yang yang lain.

Tidak sedikit pemilik usaha maupun kegiatan lain yang menghasilkan limbah namun para pelakunya kebanyakan  belum memahami perihal pengolahan limbah. Inilah yang menciptakan mereka membuangnya begitu saja tanpa pengolahan dengan baik, sehingga mengakibatkan ekosistem di sekitarnya ikut terdampak.

Fungsi Instalasi Pengolahan Air Limbah

Sebelum membicarakan cara kerja IPAL, Kamu tentu harus paham bagaimana manfaat dan fungsi dari IPAL itu sendiri, berikut ini :

1. Menghasilkan Air yang Lebih Bersih

Dengan mengolah air limbah yang sudah melalui berbagai proses penyaringan dengan ketat, membuat air limbah yang tadinya tidak pantas pakai menjadi tidak berbahaya dan lebih higienis. Sehingga air tersebut bisa dimanfaatkan kembali, contohnya untuk di recycle ke dalam proses industri kembali.

Baca Juga:   Cara Kerja Heat Exchanger

2. Memelihara Ekosistem

IPAL yang bagus bisa memiliki kegunaan untuk ekosistem yang ada di dalam air. Sehingga hal ini tentu saja tidak menghancurkan ekosistem. Di samping itu, air juga tidak akan membahayakan penduduk di sekitar yang masih memakainya untuk banyak sekali kegiatan, mirip sungai.

3. Menekan Biaya Produksi

Hasil air limbah industri yang sudah melewati penyaringan  ketat dan membuat air tersebut lebih higienis, mampu dipakai kembali dalam proses buatan dengan baik. Sehingga pemillik perjuangan tak perlu mengeluarkan modal lagi untuk pembelian air bersih. Hal tersebut dikarenakan telah mempunyai daerah untuk pembuatan air limbah agar bisa dipergunakan kembali.

4. Siklus Positif

Kenapa mampu memperlihatkan siklus positif? Karena seperti yang sudah kita bahassebelumnya, saat air limbah sudah diolah secara maksimal, kita bisa memanfaatkannya kembali untuk proses buatan. Air yang telah bersih dari kotoran dan racun, bisa dipakai oleh pabrik dalam proses produksi. Karenanya pabrik tak perlu khawatir lagi  sulit mendapatkan air bersih untuk bikinan.

Cara Kerja IPAL

Cara Kerja IPAL 300x169 - Cara Kerja Ipal
Bagaimana Cara IPAL Bekerja?

Bagaimana Cara IPAL Bekerja?

Sebenarnya cara kerja IPAL, sederhananya ialah dengan memisahkan partikel atau material penyebab pencemaran air higienis, dengan demikian air tersebut tidak mampu digunakan seperti sedia masa. Apabila air telah tercemar pastinya mampu menimbulkan aneka macam macam gangguan baik bagi badan manusia, tanaman, maupun hewan. Dalam skala lebih besarnya mampu saja menyebabkan resiko kematian.

Ada 2 cara kerja IPAL yang akan dibahas di sini, diantaranya IPAL untuk rumah sakit. Meskipun masih banyak instalasi atau aktivitas lain yang memerlukan IPAL, tetapi sektor inilah yang berkontribusi besar dalam memproduksi limbah cair yang potensial sebagai sumber pencemaran air selain industri. Berikut ulasannya!

Cara Kerja IPAL Puskesmas/Rumah Sakit

IPAL rumah sakit dirancang secara optimal semoga tata cara operasinya lebih gampang dengan ongkos operasional yang lebih hemat biaya. Dimana unit tersebut terdiri atas perangkat pendukung dan  perangkat utama. Untuk perangkat utama metode pengolahan sendiri terdiri atas unit pencamur statis atau static mixer, lalu bak antara, masuk ke bak koagulasi-flokulasi, dan lain sebagainya. Sementara perangkat penunjang sendiri dipasang guna mendukung metode operasi treatment, seperti penggunaan pompa air baku, tangki bahan kimia dan yang lain.

Baca Juga:   Cara Download Buku Di Issuu Via Hp Android & Iphone Gratis 100%

Untuk lebih jelasnya tentang cara kerja IPAL rumah sakit/Puskesmas, ialah sebagai berikut :

1. Pompa Air Baku

Pompa air baku umumnya menggunakan jenis sentrifugal yang berkapasitas maksimum untuk keperluan unit pembuatan. Dengan minimal daya dorong sekitar 40 meter dan daya tarik 9 meter. Adapun air baku ini berasal dari bab kolam final pada proses pengendapan hasil buangan dari limbah industri untuk pelapisan logam.

2. Pompa Dosing

Adalah peralatan yang dipakai untuk menginjeksi senyawa kimia, dalam hal ini PAC dan ferrosulfat lewat pengaturan konsentrasi dan laju pedoman tertentu. Tujuannya yaitu untuk pengaturan dosis senyawa kimia itu sendiri. Selain itu, fungsi penambahan materi kimia tersebut berperan sebagai oksidator.

3. Pencampur Statis

Pada perlengkapan ini, terjadi pencampuran zat-zat kimia sampai bersifat homogen lewat kecepatan pengadukan yang sudah diputuskan supaya menghindari terjadinya pecah flok.

4. Bak Koagulasi dan Flokulasi

Pada unit ini umumnya akan terjadi pemisahan antara padatan tersuspensi membentuk flok-flok lalu mengendap, sementara air mengalir secara overflow untuk dialirkan ke proses berikutnya.

5. Pompa Filter

Pada unit ini, pompa yang dipakai seperti seperti pompa pada air baku. Biasanya pompa tersebut mesti bisa melewati saringan multimedia, saringan penukar ion dan karbon aktif.

6. Saringan Multimedia

Air yang berasal dari kolam proses koagulasi dan flokulasi untuk selanjutnya dipompa memasuki  bagian unit penyaringan multimedia pada optimal tekanan 4 Bar. Saringan multimedia berkhasiat untuk menyaring partikel bertekstur berangasan dari air yang diolah. Biasanya unit filter ini dibuat berbentuk silinder dari material fiberglas. Dilengkapi oleh keran multi purpose, akhirnya bisa dijalankan proses pencucian balik secara sederhana. Ketinggian filter dibentuk dengan ukuran 120 cm dengan diameter 30 cm.

Adapun media penyaring dalam unit ini yang digunakan berbentuk mangan zeolit dan pasir silika. Unit filter tersebut juga dibuat secara khusus, untuk memudahkan proses operasional dan maintenance. Melalui unit ini, kadar mangan dan besi, serta logam-logam yang terlarut pada air bisa dikurangi hingga kandungannya sesuai persyaratan air minum.

7. Penyaring Karbon Aktif

Cara kerja IPAL rumah sakit yang lain adalah unit penyaring ini khusus diaplikasikan untuk menetralisir logam berat, warna, busuk dan beberpaa pengotor organik yang yang lain. Bentuk dan ukuran unit ini dibuat sama seperti unit penyaring yang yang lain. Adapun media yang dpakai adalah karbon aktif butiran atau granular berskala sekitar 1-2,5 mm. Selain itu juga menggunakan media penunjang berupa pasir silika di bagian dasarnya.

Baca Juga:   Cara Cek Layar Iphone

8. Saringan Untuk Menukar Ion

Dalam tahapan pertukaran ion, magnesium dan kalsium ditukar menjadi sodium. Adapu pertukaran tersebut berjalan dengan melalaikan air sadah menuju unggun butiran dari material tertentu yang berkemampuan untuk menukarkan ion. Sementara bahan untuk menukar ion awalnya menggunakan materi dari alam, mirip zeolit. Untuk lebih efektif semestinya bahan greensand ini mesti diproses terlebih dahulu sebelumnya.

Selain itu, digunakan pula zeolit sintetis dari condentation polymer dan sulphonated coals. Bahan-bahan tersebut sekarang ini sudah diganti menggunakan material yang efektif seperti resin penukar ion. Adapun resin ini biasanya berupa partikel cross linked polystyrene. Jika resin telah mengalami bosan, resin tersebut kemudian diregenerasi. Caranya dengan melupakan larutan NaCL pekat atau garam dapur pekat ke unggun resin yang telah jenuh. Dalam regenerasi akan terjadi reaksi kimia kebalikannya, ialah terjadi pelepasan magnesium dan kalsium dari resin, dan digantikan oleh sodium yang berasal dari larutan garam.

9. Jaringan Perpipaan

Cara kerja IPAL rumah sakit berikutnya adalah pada tata cara jaringan  perpipaan. Ada 4 bab yang terdapat dalam unit ini, diantaranya jaringan air masuk atau inlet, air hasil olahan atau jaringan outlet, jaringan senyawa kimia pada pompa dosing serta jaringan pipa untuk pembuangan air pembersihan. Unit ini telah dilengkapi oleh keran-keran dengan ukuran yang menyesuaikan ukuran perpipaan. Sebagian besar memakai diameter sebesar 1 inchi.

10. Tangki Senyawa Kimia

Tahapan cara kerja IPAL rumah sakit berikutnya yaitu apda tangki materi kimia. Dimana tangki ini terdiri atas 2 buah tangki berbentuk fiberglass yang mempunyai masing-masing volume sebesar 30 liter. Adapun zat-zat kimia tersebut berbentukPAC dan ferrosulfat. Fungsi materi kimia ini ialah selaku zat oksidator.

Itulah 10 tahapan cara kerja IPAL rumah sakit atau puskesmas yang sering dikerjakan oleh industri pengolahan air limbah. Sebenarnya kurang lebih proses mekanisme kerja IPAL nyaris sama untuk semua industri. Namun yang membedakannya yaitu kandungan limbah yang terdapat pada limbah cair industri itu sendiri, serta bahan yang dipakai untuk treatment air limbah.


Bagikan:
close