May 20, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Kerja Limit Switch

cara kerja limit switch 300x164 - Cara Kerja Limit Switch

Komponen listrik berisikan banyak alat yang semuanya mempunyai fungsinya masing-masing. Kalau dalam postingan sebelumnya kita telah membicarakan cara kerja relay, sekarang artikel ini akan menjelaskan unsur penting kelistrikan lainnnya. Pertanyaan besar yang mau dijawab postingan ini ialah bagaimana sebenarnya cara kerja limit switch?

Cara Kerja Limit Switch

cara kerja limit switch 300x164 - Cara Kerja Limit Switch
cara kerja limit switch

Limit switch ialah perangkat elektronik-mekanis yang digunakan untuk mengantarsinyal listrik menurut interaksi fisik. Komponen ini lazimnya dipakai untuk mendeteksi keberadaan objek, sehingga memungkinkan sistem untuk mengambil tindakan yang diharapkan dan dibutuhkan.

Peran Vital Limit Switch Sehari-Hari

Limit Switch dapat ditemukan di sejumlah perangkat sehari-hari. Cara kerja limit switch yang mudah membuat bagian ini biasa dipakai dalam gelombang mikro untuk menyelidiki apakah pintu sudah ditutup sebelum operasi dapat diizinkan.

Komponen kecil ini juga lazimnya dipakai di elevator untuk menginformasikan metode bahwa kabin sudah meraih lantai yang dikehendaki. Bahkan, limit switch juga digunakan di tutup mesin basuh sebagai pemberi izin untuk memulai siklus pencucian.

Peran penting cara kerja limit switch bahkan menjadi tak terhitung jumlahnya dikala kita berbicara dalam ranah kelistrikan di pabrik. Alata ini digunakan sebagai perangkat kendali dan perangkat keselamatan untuk aneka macam mesin dan juga personel yang mengoperasikannya.

Dalam nyaris semua masalah, limit switch akan mengantarsinyal digital ke sistem kontrol. Berdasarkan perangkat keras dan perangkat lunak yang terkait dengan sakelar tersebut, sistem mampu mengambil tindakan yang tepat.

Mengapa Keberadaan Limit Switch Penting?

Limit switch yakni pilihan termurah untuk membuat relasi antara domain fisik dan kelistrikan. Alat ini sengaja telah dikembangkan dalam beberapa dekade yang lalu dan telah diadopsi secara massal dalam penggunaannya secara signifikan alasannya menurunkan ongkos operasional.

Dengan demikian, limit switch memainkan tugas penting dalam manufaktur alasannya kesederhanaan dan biaya rendah. Kemampuannya untuk menyesuaikan diri dengan banyak sekali jenis power supply juga jadi nilai lebih lain yang sungguh diperhitungkan di dunia manufaktur.

Baca Juga:   Cara Kerja Gps Mobil

Contoh Cara Kerja Limit Switch di Dunia Industri

Berbeda dengan flow switch yang tidak memutus koneksi listrik, limit switch punya peran yang sungguh krusial dalam dunia industri. Beberapa kegunaannya yang lazim ditemui saat ini diantaranya adalah:

Mendeteksi & Menghitung Produk

Saat produk menekan limit switch, sinyal dikirim ke tata cara kendali. Melalui nalar PLC sederhana, pengguna dapat menghitung berapa kali produk melewati limit switch dan menampilkan angka tersebut untuk operator.

Keselamatan Personil

Limit switch mampu dipakai untuk mendeteksi pembukaan pelindung keamanan yang pada akhirnay dapat menghentikan dan mematikan daya mesin. Jika pelindung dibuka selama operasi, mesin akan berhenti. Jika pelindung dibuka dikala mesin berhenti, limit switch mampu menangkal mesin untuk hidup. Dalam kedua masalah tersebut, limit switch dapa dipakai untuk melindungi operator dari potensi bahaya.

Keamanan Alat Berat

Komponen ini juga dapat digunakan untuk melindungi alat berat dari kerusakan yang tidak disengaja. Hal ini termasuk bagian yang merupakan bagian dari changeover (perkakas ujung lengan), bagian yang mampu aus seiring waktu (kopling motor) dan bagian yang dapat menghancurkan orang lain jika gagal melakukan pekerjaan dengan tepat (roda gigi, poros, dll.).

Prinsip Cara Kerja Limit Switch

Seperti dibahas di atas, limit switch digunakan untuk menerjemahkan pergantian keadaan mekanis menjadi sinyal listrik. Lantas, bantu-membantu bagaimana perangkat mampu benar-benar mencapai hal ini? Padahal limit switch yaitu perangkat sederhana.

Initinya ada pada tuas yang digunakan untuk menutup kontak di dalam sakelar ini. Ketika kontak ditutup, sinyal listrik akan dengan mudah lewat. Operasi mekanis pada limit switch sebenarnya sanagt mirip dengan sakelar lampu. Namun, ada embel-embel satu pegas untuk mengembalikan sakelar batas ke posisi semula.

Parameter kritis dari limit switch yakni pada titik mana beliau menutup kontak di dalamnya. Parameter ini akan beraneka ragam antara jenis dan juga merek. Penting untuk memverifikasi lembar data untuk mengkonfirmasi posisi ini. Hal ini akan krusial karena dapat menghipnotis rancangan sistem yang mau mempergunakan limit switch.

Baca Juga:   Cara Menampilkan Artikel Instagram Di Halaman Website

Perkembangan Micro Limit Switch

Micro limit switch, atau sakelar mikro, ialah jenis limit switch lain yang umum ditemukan di sirkuit kendali. Sakelar ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan pilihan standarnya yang memungkinkannya dipasang di ruang sempit yang umumnya tidak mampu diakses oleh sakelar lain.

Sakelar jenis ini lazimnya mempunyai pendorong pencetus yang hanya perlu menempuh jarak kecil untuk mengakibatkan urutan kontak. Plunger aktivis sering didapatkan di bab atas sakelar mikro dan mesti ditekan dalam jumlah yang sudah ditentukan sebelum dapat diaktifkan.

Sedikit gerakan pada limit switch jenis ini dapat mengganti posisi kontak karena mekanisme pegas yang menyebabkan kontak yang dapat bergerak terputus di antara posisi bergantian. Sakelar mikro ini mampu dirancang dengan banyak sekali lengan pengaktif yang berlainan, dan memiliki kontak dengan peringkat listrik yang biasanya sekitar 250 volt arus bolak-balik dan antara 10 hingga 15 ampere (amp).

close