May 16, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Kerja Mail Server

Cara Kerja Mail Server 300x175 - Cara Kerja Mail Server

Dari sudut pandang pengguna, mengirim email terlihat mudah. Tapi bergotong-royong, ada tata cara yang rumit yang memindahkan email dari pengirim hingga tiba di tujuan peserta. Dalam bagan cara kerja mail server, ada banyak bab yang bergerak dengan terlalu banyak faktor yang memengaruhi kesanggupan pengiriman email.

Cara Kerja Mail Server

Cara Kerja Mail Server 300x175 - Cara Kerja Mail Server
Cara Kerja Mail Server

Kalau kamu kesengsem ihwal cara bagaimana email dikirim dan ingin mengerti seluk-beluk komunikasi melalui email, atau kau cuma terpesona untuk mengetahui cara kerja server email, maka kau bisa mempelajari semua hal ihwal itu di postingan ini. Dan semuanya dimulai dari Protokol SMTP.

Apa itu Protokol SMTP?

Protokol SMTP yakni protokol pengiriman email. SMTP ialah singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol. Protokol ini intinya yakni seperangkat set perintah yang mengotentikasi dan mengarahkan transfer email.

SMTP Merupakan bab dari lapisan aplikasi Protokol TCP/IP. Protokol ini yakni protokol berorientasi koneksi yang menjamin pengantaran email. Saat kau mengirim email, suatu sesi akan terbuka antara mail server kamu dan server sasaran email. Protokol TCP/IP akan memastikan bahwa pengantaran email mampu terjadi jikalau alamat email tujuan telah benar dan masih ada.

SMTP kemudian akan memindahkan email kau ke jaringan yang lebih luas. Dalam tugas ini, protokol ini akan bekerja sama dengan koneksi yang disebut Mail/Message Transfer Agent (MTA) untuk mengantarpesan email kamu ke alamat email yang benar. MTA nantinya akan merutekan pesan antara server, situs, dan sistem email global.

Apa itu Mail Server?

Mail Server yaitu komputer atau aplikasi yang bertanggung jawab untuk mengirim email. Bagian ini berfungsi paling vital dalam memutuskan cara kerja mail server dengan mengikuti protokol SMTP. Mail server akan mendapatkan email dari klien email. Kemudian meneruskannya ke mail server lain dan menyampaikannya ke server email lainnya.

Pada dasarnya, mail server akan mengambil informasi yang dimilikinya dan memberikannya ke komputer lain, yang memungkinkannya memperoleh kotak masuk yang benar untuk pengiriman. Server ini juga hanya mampu mengantarkan email keluar. Sementara POP3 atau IMAP bertanggung jawab untuk mendapatkan email masuk. Singkatnya, server email dikategorikan menjadi dua; (1) server keluar (2) server masuk.

Baca Juga:   3 Cara Menampilkan Watermark Shot On Merek Hp Di Kamera Realme

Untuk tujuan artikel ini, kita hanya akan membicarakan rancangan yang terkait dengan server surat keluar, yang dikenal selaku mail server. Tujuan utama dari mail server yakni untuk mengirim, memberikan dan mendapatkan email keluar antara klien email dan penerima.

Secara teknis, mail server dan cara kerja database server sama. Seperti kebanyakan server, mail server memproses data untuk diantarke server lain, namun memiliki tujuan yang sangat spesifik untuk memproses data yang terkait dengan pengiriman, penerimaan, dan alokasi email.

Mekanisme Cara Kerja Mail Server

Ketika kau menggunakan layanan penyedia email gratis seperti Gmail, Hotmail, dll, alamat email kau akan memakai nama domain mereka dan pada gilirannya, mereka mengijinkan kamu untuk menggunakan mail server mereka. Kalau kamu menggunakan situs webmail kamu untuk membaca dan mengirim email, maka pengaturan server email yang mengarahkan email masuk dan keluar yakni mail server kau sendiri.

Namun, bila kamu ingin menggunakan klien email lokal mirip MS Outlook, Apple Mail, atau Mozilla Thunderbird untuk mengantaremail, kamu harus apalagi dulu memasukkan pengaturan mail ssaat kau menertibkan aplikasi klien email kau. Lantas pertanyaan terbesarnya, bagaimana cara kerja mail server sesungguhnya?

Perjalanan sebuah email dimulai dengan intensi ketika Anita ingin mengirim email ke Budi. Lalu..

  • Alamat email Anita ialah anitapermata@gmail.com.

  • Untuk menentukan Mozilla Thunderbird (aplikasi klien email Jane) dapat berkomunikasi dengan mail server Gmail, maka ia memasukkan pengaturan server email Gmail saat dia mengonfigurasi Mozilla Thunderbird.
  • Lalu Anita menulis email ke rekannya, Budi.
  • Setelah dia mengantaremail ke alamat emailnya budidua@outlook.com, Mozilla Thunderbid akan mengirimkan alamat email Budi, alamat emailnya, dan isi email ke mail server Gmail. Server email Jane menyaksikan bahwa ada pesan yang menanti pengiriman ke budidua@outlook.com.
  • Proses ini akan mengawali komunikasi dengan server email Outlook untuk memungkinkan pengantaran pesan ini dapat terjadi. Di sinilah SMTP berperan untuk memastikan cara kerja mail server.
  • Protokol SMTP nantinya akan mengontrol komunikasi antara dua server email ini. Dalam skenario ini, server email Anita akan berperan sebagai klien SMTP sementara server email Budi akan berperan selaku mail server.
Baca Juga:   Cara Kerja Kulkas

Potensi Perkembangan Cara Kerja Mail Server

Meski kedengarannya gampang, namun layaknya contoh kerja server FTP,  proses pengantaran email juga sungguh berlapis dan rumit. Perkembangan teknologi jaringan sudah memudahkan semuanya dan dalam waktu akrab, kamu mampu mengharapkan semuanya menjadi lebih baik. Bukan tidak mungkin, lama kelamaan email akan menjadi produk obselete yang tidak lagi biasa dipakai.

Dengan laju perkembangan teknologi jaringan yang telah super cepat, batas gres dalam perkembangan mail server sekarang sudah menjadi tidak berbatas.