May 20, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Kerja Mosfet

Cara Kerja Mosfet 300x200 - Cara Kerja Mosfet

Ada lumayan banyak unsur kelistrikan yang mungkin sangat membingungkan. Dari load cell sampai power supply punya fungsinya sendiri. Tapi apa kau pernah mendengar mosfet? Belum? Jangan cemas, dalam postingan ini, kita akan membicarakan dasar-dasar, prinsip cara kerja MOSFET, dan bagaimana kau dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari!

Cara Kerja Mosfet

Cara Kerja Mosfet 300x200 - Cara Kerja Mosfet
Cara Kerja Mosfet

MOSFET ialah abreviasi dari Metal Oxide Semiconductor Field Effect Transistor. Pada MOSFET, bab MOS berkaitan dengan struktur transistor, sedangkan bagian FET berhubungan dengan cara kerjanya. Komponen ini juga dikenal selaku IGFET (Transistor Efek Medan Gerbang Terisolasi). Namun di dunia digital, ukuran MOSFET terlalu kecil sehingga miliaran di antaranya mampu tergabung dalam satu chip.

Untuk ketika ini cuma ada dua tipe dasar mosfet:

  1. Enhancement-MOSFET
  2. Depletion-MOSFET

Khusus untuk postingan ini, kami akan menerangkan tipe yang paling terkenal, Enhancement-MOSFET atau E-MOSFET.

Struktur Dasar MOSFET

Terlepas dari jenisnya, layaknya relay dan transistor konvensional lainnya, MOSFET juga yang dibuat dari bahan semikonduktor mirip silikon. Dalam bentuknya yang murni, semikonduktor ini memiliki konduktivitas listrik yang sangat minim yang membuat cara kerja MOSFET biasanya disangsikan.

Namun, saat dimasukkan sejumlah komponen lain yang terkontrol ke dalam materi semikonduktor, konduktivitasnya akan berkembangtajam. Prosedur penambahan ini disebut doping dan komponen yang ditambahkan ini biasa disebut dopan.

Silikon murni tidak akan mempunyai elektron bebas, dan sebab itu konduktivitasnya sangat minim; namun, dikala telah disertakan bagian lain maka silikon murni akan memiliki elektron ekstra yang pada jadinya berdampakan pada meningkatnya konduktivitas bahan tersebut secara dramatis.

Proses ini dikenal selaku doping tipe-N dan sungguh lazim untuk diaplikasikan pada alat-alat kelistrikan level tinggi seperti kendaraan beroda empat listrik dan panel surya. Terkadang, silikon murni ini juga menerima treatment pengotor dengan elektron yang lebih minim, dan proses ini diketahui sebagai doping tipe-P.

Ketika konsentrasi bagian pemanis lebih rendah maka tingkat doping lazimnya dikatakan rendah atau ringan. Sebaliknya, jika suplemen ini lebih tinggi maka doping disebut tinggi atau berat. Nah lantas apa relevansinya dengan cara kerja MOSFET?

Baca Juga:   6 Aplikasi Terbaru Belajar Bermain Gitar Di Hp Android Hingga Handal

Jawabannya yaitu jikalau kau mengolesi silikon dengan dua wilayah n yang sungguh terdoping maka kau akan akan mendapatkan struktur dasar MOSFET. Perlu juga untuk dicatat bahwa, bahkan di daerah P, ada sungguh sedikit elektron bebas yang bisa menghantarkan listrik. Ini semua sebab tiap sampungan antara area P dan N di dalam MOSFET akan memiliki simpang bebas.

Setiap kali sambungan P-N terbentuk di MOSFET, kelebihan elektron di kawasan N akan memiliki kecenderungan untuk menempati lubang di tempat P. Artinya batas sambungan P-N akan secara alami menjadi area bebas elektron atau disebut kawasan deplesi. Konfigurasi inilah yang menciptakan MOSFET menjadi sangat ideal untuk digabungkan dengan chip serta unsur yang lain.

Prinsip Cara Kerja MOSFET via Power Supply

Setelah paham benar wacana struktur MOSFET, sekarang saatnya menjelaskan prinsip sel daya yang melintasi MOSFET. Di persimpangan P-N segi kanan, elektron akan tertarik ke sisi kasatmata sel dan arus akan dipindahkan. Singkatnya, lebar daerah di sisi kanan akan meningkat alasannya adalah sumber daya ini berarti bahwa tidak akan ada aliran elektron melalui MOSFET.

Dalam setup ini, MOSFET tidak akan berfungsi yang pada jadinya akan melanjutkan arus ke unsur berikutnya. Aliran elektron di MOSFET bekerjsama menggunakan teknik sederhana yang sama persi dengan kerja kapasitor.

Di dalam kapasitor, kau akan menerima dua pelat logam paralel yang dipisahkan oleh isolator. Ketika kau menerapkan sumber daya DC di area ini, terminal aktual akan mempesona elektron di pelat logam dan elektron akan terakumulasi di pelat logam lainnya. Akumulasi muatan ini akan menciptakan medan listrik di antara pelat.  Nah, prinsip yang serupa juga berlaku untuk cara kerja MOSFET.

Aplikasi MOSFET di Dunia Modern

Pada tahap ini kamu pasti sudah tahu jikalau MOSFET digunakan untuk mengganti atau memperkuat tegangan di dalam sirkuit, namun, apa saja aplikasinya di kehidupan positif?

  • Kontrol lampu jalan dengan intensitas otomatis
  • Komponen radio jarak jauh seperti kapal, helikopter, dan drone
  • Torsi motor dan kontrol kecepatan kendaraan
  • Lingkungan kendali industri dan robotika
Baca Juga:   Cara Kerja Saham

Pada dasarnya, aplikasi MOSFET mampu didapatkan di banyak sekali proyek listrik dan elektronika yang dapat dengan gampang dibangun saat ini dengan mikrokontroler. Makara jelas bahwa pertumbuhan MOSFET akan sangat berkaitan dengan kecepatan pembangunan teknologi di dunia dikala ini.

Perkembangan MOSFET mungkin akan sangat kecil dampaknya di dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun saat bagian kecil ini bertemu dengan sirkuit yang sempurna, aplikasinya akan sangat penting dalam menertibkan kecepatan sirkulasi data yang pada dikala ini masih sangat tergantung dengan bagian kelistrikan.

close