May 18, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Kerja Pompa Air Otomatis

Cara Kerja Pompa Air Otomatis 300x169 - Cara Kerja Pompa Air Otomatis

Biarpun nyaris di semua rumah ada, cara kerja pompa air otomatis masih jadi belakang layar untuk beberapa orang. Padahal, bila dipikir-pikir, salah satu alat elektro rumahan ini sungguh krusial perannya untuk menentukan alur air dari PDAM ke tempat tinggal. Nah, alasannya kiprahnya inilah, postingan ini akan membahas semua sisi teknikal dari pompa air otomatis.

Cara Kerja Pompa Air Otomatis

Cara Kerja Pompa Air Otomatis 300x169 - Cara Kerja Pompa Air Otomatis
Cara Kerja Pompa Air Otomatis

Terlepas mereknya, pompa air otomatis mempunyai sirkuit pengatur ketinggian air dan ialah struktur teknis yang sederhana. Tergantung pada level air di tangki, alat ini akan mampu secara otomatis menghidupkan dan mematikan pompa.

Kelebihan Pompa Air Otomatis

Kelebihan terbesar dari rangkaian pengontrol level pompa air otomatis ini yakni kemampuannya untuk secara otomatis mengatur pompa air tanpa campur tangan pengguna. Inti dari rangkaian driver pompa ini ialah IC NE 555 yang juga tergolong dalam unsur relay penting dalam pompa air otomatis.

Pompa air otomatis memiliki konstruksi yang mirip dengan pompa air biasa, namun dengan beberapa adaptasi dan komplemen khusus yang terpasang. Desainnya berisikan dua sensor ketinggian air, satu terpasang di bab atas dan yang lainnya di bab bawah.

Bagaimana Pengatur Level Pompa Air Otomatis Beroperasi?

Kita tahu sifat dari power supply IC timer 555 yaitu daya keluarannya yang tinggi saat tegangan pada pin kedua (pin pemicu) kurang dari 1/3 Vcc. Dengan fitur ini, sketsa cara kerja pompa air otomatis akan dapat mereset IC dengan memperlihatkan tegangan rendah pada pin keempat (reset pin).

Dalam konstruksi ini, 3 baris dari IC akan direndam dalam tangki air. Proses ini akan mampu memilih dua level air – bawah (rendah) dan atas (atas). Salah satu kabel atau probe yakni dari Vcc akan terhubung ke pin pemicu IC 555, koneksi ini akan menertibkan tegangan pada pin kedua dikala Vcc tertutup air.

Baca Juga:   Cara Kerja Tunjangan Online

Saat ketinggian air turun, pin kedua tidak lagi terendam air, yang menyebabkan tegangan pada pin pemicu turun di bawah Vcc. Kemudian daya keluaran 555 akan menjadi tinggi. Output ini akan diumpankan ke transistor yang memberi energi pada koil relay dan menyalakan unit pompa air.

Sirkuit Driver Pompa Air Otomatis

Seperti yang telah diterangkan di atas, kunci dari cara kerja pompa air otomatis ada pada sirkuit driver terpelajar yang duduk di dalam IC. Untuk menjelaskannnya akan susah tetapi coba fikirkan dua probe rujukan “A” dan “B” di dalam tangki, di mana “A” ialah probe batas bawah dan “B” yaitu probe batas atas. Sementara itu, catu daya 12 V DC akan diumpankan ke probe C, yang membatasi jumlah minimum air yang selalu disimpan di dalam tangki.

Batas bawah “A” akan terhubung ke basis transistor pertama yang kolektornya akan terhubung ke sumber daya 12V dan emitornya terhubung ke RL1. Relai RL1 nantinya akan terhubung ke pin 13 NAND N3.

Demikian pula, probe batas tinggi “B” akan terhubung ke basis transistor kedua yang kolektornya akan terhubung ke catu daya 12V, dan emitornya terhubung ke pin 1 dan 2 dari gerbang dan ground NAND N1 lewat resistor.

Pin keluaran 4 dari NAND N2 akan terhubung ke pin 12 dari NAND N3. Output N3 akan dihubungkan ke pin input 6 N2 dan basis transistor melalui resistor. Pada hasilnya, motor di dalam pompa air otomatis akan dikendalikan oleh relai yang terhubung ke emitor transistor ketiga.

Prinsip Kerja Rangkaian Pompa Air Otomatis

Berbeda dengan sirkuit driver yang jadi kunci cara kerja pompa air otomatis, prinsip kerja unsur dalam alat ini mempunyai tingkat reservasi yang tinggi. Contohnya, bila reservoir diisi di bawah probe A, transistor pertama dan kedua tidak akan konduktif dan output akan menjadi tinggi. Output dengan daya yang tinggi ini akan menggerakkan relay yang pada akhirnya menggerakkan mesin dan mulai memompa air ke dalam tangki. Secara lazim, prinsip ini sama dengan cara kerja jet pump tolok ukur.

Baca Juga:   Bayar Tokopedia Pakai LinkAja Terbaru Begini Caranya

Ketika tangki penuh di atas probe A namun di bawah probe B, air di dalam tangki akan menawarkan tegangan dasar untuk menggerakkan transistor pertama, dan relay untuk mempertahankan pin 13 N3 tetap tinggi. Namun, air di dalam tangki tidak akan menyuplai tegangan dasar ke transistor kedua. Proses ini akan berjalan aman, dan akal yang dibangun di sekitar gerbang NAND N1 dan N2 akan terus menyuplai tegangan rendah ke pin 12 gerbang N3. Efek karenanya ialah efisiensi mesin yang tetap tinggi tetapi tetap terus memompa air ke dalam tangki.

Lain halnya ketika tangki penuh dan menutup probe B. Air di dalam tangki akan terus menyuplai tegangan dasar ke transistor pertama dan relay akan memberi energi untuk mengontrol pin 13 gerbang N3 ke daya tinggi. Pada saat yang serupa, air dalam tangki juga akan menawarkan tegangan dasar untuk menggerakkan transistor kedua. Akhir dari proses ini yaitu penghentian pasokan air dengan mematikan motor.