May 18, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Kerja Proxy Server

Cara Kerja Proxy Server 300x227 - Cara Kerja Proxy Server

Internet di kala saat ini menyediakan ruang untuk siapa pun. Ada bisnis, LSM, portal pemerintah, individu, biro pemasaran, dan banyak jenis organisasi dan individu yang lain. Internet juga memberi mereka beberapa tools luar biasa sehingga kamu selaku pengguna mampu mengembangkan keselamatan dan privasi. Nah disinilah letak pentingnya untuk mengenali cara kerja proxy server yang semuanya lengkap dibahas di postingan ini.

Daftar Isi

Cara Kerja Proxy Server

Cara Kerja Proxy Server 300x227 - Cara Kerja Proxy Server
Cara Kerja Proxy Server

Berbeda dengan database server yang digunakan untuk menyimpan data, proxy server bertugas untuk menyembunyikan IP asli suatu perangkat saat terhubung ke internet.

Proxy Server dan Fungsinya

Proxy server yaitu semacam gerbang antara perangkat pengguna dan website yang ingin kamu kanal contohnya aplikasi Discord. Perangkat ini menyembunyikan alamat IP orisinil sebuah perangkat. Hal yang umumnya terjadi ialah perangkat dan jaringannya akan mengirim usul saat mereka ingin mengakses situs web dan HTTP memvalidasinya dan kemudian pengguna dapat mengakses website tersebut.

Server proxy dapat memproses ajakan yang dibentuk oleh pengguna dan mampu menyembunyikan informasi sebenarnya dari pengguna. Aksi ini mampu memajukan privasi dan juga memungkinkan pengguna untuk mengakses situs yang mungkin tidak dapat diakses secara wajar .

Ada beberapa proxy server yang menawarkan kecepatan tinggi tetapi juga ada beberapa pilihan yang gratis yang biasaya lag. Sangat diusulkan kepada pengguna untuk memakai server yang memberi kinerja dan keamanan terbaik dalam jaringan mereka.

Dalam batasan fungsinya, proxy server sangat sering dipakai dan disenangi oleh banyak perusahaan multinasional untuk peran marketing online mereka. Cara kerja proxy server dapat menolong perusahaan ini dengan banyak hal seperti penandaan geografis konten pemasaran untuk perusahaan.

Jenis Proxy Server

Jika diklasifikasikan menurut cara kerja proxy server, maka jenis-jenis yang tersedia dikala ini berjumlah lebih dari 21 jenis proxy server. Namun untuk saat ini hanya tiga jenis yang umum digunakan di jagad internet.

Baca Juga:   Cara Kerja Rem Tromol Kendaraan Beroda Empat

Forward Proxy Server

Jenis proxy server ini umumnya digunakan dalam jaringan internal. Sebuah server proxy web akan bekerja secara berlainan dengan forward proxy server. Di sini, ketika ajakan diantaroleh klien untuk terhubung ke website tertentu untuk menjelajah atau tujuan lain, pilihan ini akan datang ke server proxy yang diteruskan apalagi dahulu.

Permintaan ini diharapkan untuk melalui forward proxy server. Kemudian akan diambil keputusan apakah permintaan klien akan berlanjut atau tidak. Jika ya, maka undangan koneksi akan eksklusif masuk ke server eksternal. Jenis server yang satu ini tidak akan menyaksikan alamat IP klien namun hanya melihat undangan koneksi yang diantardari forward proxy server.

Menggunakan server proxy jenis ini akan menciptakan tata cara menjadi lebih terencana dan sepenuhnya administratif untuk mengendalikan koneksi jaringan lokal. Asumsi terdekatnya ialah firewall atau perisai yang membantu eksekutif membatasi susukan ke sumber daya web yang tidak diinginkan atau berisiko untuk diaksess oleh klien jaringan internal. Jenis server proxy ini biasanya sering digunakan di sekolah dan universitas.

Reverse Proxy Server

Server proxy ini pastinya berlawanan dari forward proxy server. Jenis server ini beroperasi di sisi situs penyedia web yang berfungsi menyembunyikan alamat IP dari pengguna eksternal di dalam jaringan internal. Server proxy ini memiliki tanggung jawab untuk membuat keputusan apakah pengguna web akan dapat melihat konten website atau menggunakan layanan web tertentu atau tidak.

Ada sejumlah manfaat dari jenis server proxy ini. Reverser proxy server memperlihatkan keselamatan perhiasan ke server dan mempersulit peretas atau penjahat dunia maya dan yang lain untuk menyerang server internal. Selain itu, server ini juga bertindak selaku penyeimbang beban untuk berbagi data yang disimpan di antara server internal. Tugasnya juga menghalangi undangan koneksi yang berlebihan dan mempertahankan situs web atau layanan web tetap berjalan.

Opern Proxy Server

Server proxy jenis ini punya cara kerja yang memungkinkan penerusan seruan oleh pengguna internet. Di segi lain, cara kerja proxy server ini juga berfungsi dalam mendapatkan tanggapan dari website. Layaknya mail server, server ini menyembunyikan alamat IP asli pengguna dari web. Pengguna nantinya tidak membutuhkan otentikasi dan menangkal penyalahgunaan, malware, dan jerawat lainnya.

Baca Juga:   Cara Agar Hp Tidak Lag Dikala Bermain Game

Proxy Server Vs. VPN

Jika berkaca pada cara kerja proxy server, maka server jenis ini dan VPN (Virtual Private Network) punya cara kerja yang sungguh seperti. Keduanya memungkinkan klien untuk menyembunyikan alamat IP mereka, lokasi dan memungkinkan terusan ke website yang dibatasi.

Satu-satunya perbedaan yakni bahwa proxy server  tidak mengenkripsi kemudian lintas data pengguna sementara VPN melakukan hal tersebut. Perbedaan lainnya ialah tidak ada yang dapat melacak aktivitas pengguna VPN sedangkan aktivitas pengguna server proxy dapat dilacak.

Dalam banyak masalah, proxy server hanya bisa digunakan di level aplikasi saja sementara, VPN dapat berjalan di level operating system yang satu tingkat diatasnya. Secara keamanan, VPN juga termasuk jauh lebih kondusif daripada cara kerja proxy server.