May 19, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Kerja Reseller

Cara Kerja Reseller 300x200 - Cara Kerja Reseller

Menjadi reseller sekarang telah jadi opsi untuk banyak orang. Terutama dengan menjamurnya platform marketplace yang membuat lebih mudah pemasaran cross-platform. Di luar negeri, reseller identik dengan memasarkan kembali barang alias produk secondhand. Tapi di Indonesia, reseller punya definisi yang jauh berlawanan. Lantas, bagaimana cara kerja reseller di Tanah Air? Penasaran? Cek artikel ini sampai tamat.

Cara Kerja Reseller

Cara Kerja Reseller 300x200 - Cara Kerja Reseller
Cara Kerja Reseller

Model bisnis reseller lazimnya melibatkan proses pembelian barang dan lalu menjualnya dengan markup kepada pelanggan melalui platform dan etalase online seperti Tokopedia, Shopee dll. Banyak juga reseller yang menjual sendiri barang bekas milik mereka yang telah tidak dibutuhkan lagi.

Reselling adalah kesempatan bisnis yang cantik bagi orang-orang yang tidak memiliki waktu atau pengetahuan untuk memproduksi barang dagangan mereka sendiri, tetapi tetap, cara kerja reseller yang baik yakni mereka yang dapat mengidentifikasi barang-barang yang tersedia untuk dijual.

Potensi Keuntungan Menjadi Reseller

Jumlah yang mampu kau peroleh dari menjadi reseller akan tergantung pada bagaimana kamu mampu memasarkan kembali, dan berapa banyak waktu dan usaha yang kamu masukkan ke dalam model bisnis ini. Untuk individu yang memakai platform online dan memilih produk seperti MS Glow, maka penghasilannya akan sangat beragam. Namun, itu bukan memiliki arti angka yang ditemukan rendah ya.

Memaksimalkan penghasilan dikala menjadi reseller dimulai dengan mengenali cara kerja reseller dimana langkah pertamanya tiba dalam bentuk memilih item yang sempurna untuk dijual. Kabar baiknya adalah, pasaran reseller mempunyai jendela peluang yang sungguh fleksibel, sehingga kau dapat menentukan berapa banyak waktu, tenaga, dan uang yang kau curahkan untuk menyebarkan bisnis ini.

Cara Memulai Bisnis Reseller

Teliti dalam Memilih Apa yang Akan Kamu Jual

Kamu mampu mendatangi situs wholesale, atau menemukan barang-barang terkenal di platform online spesialis barang bekas. Kamu juga dapat membeli sampel pemasaran, dan program diskon waktu terbatas lainnya, atau menemukan barang diskon di pengecer.

Baca Juga:   Cara Kerja Lemari Es

Rute lain yakni dropship barang dari pengecer mancanegara seperti AliExpress. Atau, jika kamu ingin mengawali tanpa menginvestasikan uang, kamu mampu mnejadi reseller top up game yang modalnya sangat minimalis.

Pilih di mana Kamu akan Menjual

Platform yang kamu pilih untuk digunakan dan item yang kamu pilih untuk dijual akan berjalan beriringan untuk memutuskan proses cara kerja reseller mampu berlangsung tepat. Misalnya, bila kau ingin menjual tas desainer kelas atas, kamu mungkin perlu cari platform yang elegan.

Teliti Platform untuk Mempersempit Item Mana yang Paling Laku

Misalnya, jika kau menggunakan OLX untuk memasarkan kembali busana bermerek, ikuti beberapa aturan yang ada dan amati merek mana yang paling cepat terjual dan dengan harga tertinggi. Kamu juga mesti meneliti poin harga jual untuk memutuskan bagaimana memilih harga barang yang sempurna. Pertimbangan ini akan menolong kamu untuk memutuskan apa yang harus dibeli untuk dijual kembali berdasarkan apa yang mau memberi kau keuntungan tertinggi.

Dengan aplikasi tiga taktik ini, mengerti konsep cara kerja reseller harusnya bukan lagi dilema untuk kamu.

Apakah Legal untuk Menjadi Reseller?

Jawanam untuk pertanyaan di atas sangat tergantung pada produk yang ingin kamu jual. Biasanya, yaitu legal untuk berbelanja dan menjual kembali barang. Namun, ada beberapa pengecualian:

  1. Media digital
  2. Produk yang ditarik kembali
  3. Obat resep
  4. Hewan
  5. Tiket program

Ada juga beberapa duduk perkara hukum yang mesti diamati saat memasarkan kembali barang yang sudah kamu beli. Perhatikan bahwa jaminan apa pun yang menyertai produk ini akan batal dikala kau menjualnya ke konsumen gres. Kamu harus menyebutkan ini dalam deskripsi produk yang kamu jual.

Kedua, kamu dilarang memakai logo bermerek jualan atau foto berhak cipta atau media lain dari produsen orisinil tanpa izin. Dan pada akhirnya, ada potensi implikasi pajak. Tidak apa-apa sih untuk memasarkan barang dari lemari kau tanpa menciptakan keuntungan, namun jikalau kamu menjual kembali barang orang lain, kamu harus melaporkan apa yang kau dapatkan selaku keuntungan modal.

Baca Juga:   Cara Kerja Rfid

Kamu juga mesti membebankan pajak pemasaran atas barang yang kamu jual selain mengeluarkan uang pajak penjualan saat kau membelinya, kecuali bila kamu memiliki lisensi penjualan kembali.

Menjadi Reseller Berlisensi

Skema dalam cara kerja reseller pada dasarnya sangat gampang untuk dimengerti. Namun saat berhubungan dengan lisensi, kau harus pastikan bahwa kamu sudah menyanggupi semua aturan untuk menjadi reseller berlisensi. Secara biasa , lisensi penjualan kembali memiliki nama berlainan tergantung pada item yang hendak kau perdagangkan.

Pada umumnya, kamu membutuhkan lisensi ritel selain lisensi penjualan kembali untuk memasarkan suatu barang elektronik ke publik. Namun, di sini kamu tetap berperan selaku reseller dan bukan distributor.

Distributor berkolaborasi dengan produsen untuk melakukan pemasaran tangan pertama suatu produk, biasanya ke grosir atau pengecer dibandingkan dengan langsung ke pelanggan. Reseller, di sisi lain, berbelanja produk dari penyuplai dan pengecer mirip yang dilaksanakan pelanggan, dan kemudian menjualnya kembali ke publik.

close