May 20, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Kerja Sales

Cara Kerja Sales 300x159 - Cara Kerja Sales

Terlepas apakah kamu seorang pemilik perusahaan atau bagian dari tim marketing yang berniat memasarkan produk baru atau menawarkan layanan, sales ialah lini terdepan dalam mendorong pertumbuhan perusahaan. Inilah mengapa artikel ini akan mengupas tajam semua indikator tentang cara kerja sales. Cekidot!

Cara Kerja Sales

Cara Kerja Sales 300x159 - Cara Kerja Sales
Cara Kerja Sales

Dalam suatu perusahaan, salah satu bagian yang paling terkenal yaitu tim pemasaran atau sales. Bagian ini ialah sekelompok front-liners yang berinteraksi dengan pelanggan dan melakukan penjualan untuk perusahaan. Kaprikornus masuk akal rasanya jika memeriksa prinsip kerja sales bisa dijadikan kriteria performa perusahaan.

Apa itu Tim Sales?

Sales yaitu departemen yang bertanggung jawab untuk menyanggupi tujuan penjualan suatu organisasi. Dipimpin oleh manajer penjualan, departemen ini terdiri dari perwakilan penjualan, spesialis sales, dan perwakilan layanan pelanggan yang bekerja bersama-sama untuk menyanggupi tujuan pemasaran harian, bulanan, triwulanan, dan tahunan.

Personil di departemen ini mesti konsentrasi pada kuantitas penjualan, akuisisi dan retensi konsumen, serta pertumbuhan bisnis. Seorang sales biasanya tidak melakukan pekerjaan sendiri, dan cukup lumrah untuk menyaksikan anggota tim sales sampai ratusan orang tergantung pada ukuran perusahaan. Departemen ini juga menjadi salah satu kunci terdepan dalam memastikan proyeki keuntungan perusahaan tetap aman.

Apa Peran Departemen Sales?

Melirk cara kerja sales, departemen pemasaran ini memiliki tanggungjawab dalam sejumlah peran yang pastinya akan berbeda di tiap organisasi. Namun berikut ialah beberapa tugas yang paling umum yang dibebankan pada sales:

Manajer

Manajer di departemen sales akan memantau dan membimbing tim sales — memberdayakan dan melatih anggota tim baru, mendorong peningkatan pemasaran, mengurus budget, menetapkan target pemasaran, memeriksa kinerja tim, dan menanggulangi problem terkait kinerja.

Representasi Pelanggan

Peran umum lainnya dalam departemen sales yaitu representasi pelanggan (atau layanan pelanggan). Fokus dari posisi ini yaitu mempertahankan pelanggan. Tim sales ini akan menjangkau konsumen yang sudah ada untuk memperbarui pemasaran dan menindaklanjuti transaksi sebelumnya.

Baca Juga:   Cara Kerja Kereta Maglev

Sales Spesialis

Berbeda dengan cara kerja MLM, departemen sales sungguh bergantung pada sales seorang ahli yang merupakan pakar terlatih di semua aspek produk atau layanan.

Ketika seorang pelanggan mempunyai pertanyaan yang sulit atau problem yang kompleks, seorang tenaga sales mampu menyampaikannya kepada sales seorang ahli, yang kemudian mampu membantu mereka menuntaskan problem apapun yang berhubungan dengan produk. Area ini biasanya jadi kekuatan utama dalam memastikan cara kerja sales telah berlangsung sempurna.

Tips Peningkatan Performa Cara Kerja Sales

Ada banyak aspek yang perlu diperhitungkan ketika ingin membangun penampilan sales yang solid. Namun itu bukan alasan bagi kau selaku pemilik usaha untuk melupakan beberapa tips berikut ini.

Tentukan Tingkat Presisi Sales

Sebelum memposting lowongan pekerjaan, kau perlu memilih target untuk sales kamu. Apakah kamu ingin pemasaran langsung terlepas dari strategi penjualan, atau apakah kau ingin tenaga sales menyebarkan korelasi jangka panjang dengan konsumen untuk menciptakan siklus penjualan yang lebih usang? Selanjutnya, kau juga mesti menjawab beberapa pertanyaan mirip:

  1. Apakah ada produk atau layanan tertentu yang diprioritaskan di atas produk lain?
  2. Haruskah sales memasarkan apa pun yang mereka mampu?
  3. Apakah kamu ingin sales fokus pada audiens tertentu?
  4. Apakah kau ingin sales bekerja dari pintu ke pintu atau terlibat dengan konsumen melalui telepon atau email?

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, kamu akan menerima pemahaman yang lebih baik ihwal kesanggupan departemen sales yang perlu kamu bangun.

Pilih Skala yang Tepat

Departemen sales mampu berisikan beberapa orang atau ratusan karyawan dengan tugas yang berbeda, tergantung pada ukuran perusahaan. Pastikan untuk memilih ukuran dan kebutuhan perusahaan kamu sebelum melankah jauh dalam merekrut pekerja sales.

Kalau kamu mempunyai bisnis dalam skala kecil, pikirkan untuk hanya mempekerjakan satu sales yang dapat melakukan peran berdasarkan prospek calon konsumen. Seiring kemajuan bisnis, kau mampu terus memberdayakan lebih banyak peran dalam departemen ini sembari menentukan cara kerja sales sudah berlangsung dengan baik.

Detil Proses Perekrutan

Baca Juga:   Cara Kerja Lampu Led

Setelah memilih skala dan target tim sales, kau nda mampu mengawali proses perekrutan. Jika kamu menambahkan manajer ke dalam departemen, fikirkan untuk memberdayakan posisi ini terlebih dulu sehingga mereka dapat menolong kau merekrut dan melatih anggota sales lainnya.

Untuk mulai merekrut, cari karyawan saat ini secara internal yang mungkin cocok untuk posisi sales. Kelebihannya adalah sebab karyawan ini telah terbiasa dengan bisnis, budaya, dan produk, sehingga lebih gampang untuk melatih mereka yang baru dalam posisi ini.

Kamu juga dapat meminta rujukan terhadap karyawan, kolega, dan sahabat untuk menemukan sosok yang tepat atau beriklan ke perguruan tinggi tinggi setempat untuk menarik minat fresh graduate.

Siapkan Pelatihan Sales

Biarpun kau sudah memberdayakan tenaga sales yang sempurna untuk perusahaan, kamu masih perlu mencurahkan waktu untuk melatih mereka. Setiap perusahaan melaksanakan pendekatan sales dengan cara yang unik sehingga karyawan baru mesti lebih dahulu mengetahui nilai, budaya, dan harapan serta sasaran perusahaan secara keseluruhan.

close