May 19, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Kerja Septic Tank

Cara Kerja Septic Tank 300x168 - Cara Kerja Septic Tank

Septic tank mungkin buat beberapa orang ialah rancangan yang sungguh gila. Tetapi, memutuskan cara kerja septic tank tetap berjalan tepat akan menjadi tugas yang sungguh penting dalam proses mempertahankan rumah tetap bersih.

Cara Kerja Septic Tank

Cara Kerja Septic Tank 300x168 - Cara Kerja Septic Tank
Cara Kerja Septic Tank

Kalau kau kebetulan tinggal di apartemen yang terhubung ke jalan masuk pembuangan air limbah, kemungkinannya kamu mungkin tidak pernah mendengar ihwal septic tank apalagi tahu apa itu septic tank. Tapi hening alasannya artikel ini akan merinci apa itu septic tank dan bagaimana cara kerjanya. Plus, cara kerjanya tidak sesulit cara kerja penangkal petir kok!

Apa Itu Septic Tank?

Septic tank ialah tangki sedimentasi bawah air yang digunakan untuk pengolahan air limbah lewat proses dekomposisi biologis dan drainase. Septic tank memakai proses alami & teknologi yang sudah terbukti untuk mengolah air limbah dari pipa rumah tangga yang dihasilkan oleh kamar mandi, kanal pembuangan dapur, dan binatu.

Sistem tangki septik ini mempunyai rancangan yang relatif sederhana. Kunci dari cara kerja septic tank ialah wadah kedap air bawah tanah yang yang dibuat dari fiber glass, plastik atau beton. Kompartemen di septic tank lazimnya berbentuk T outlet untuk menghalangi lumpur dan buih meninggalkan tangki dan mengalir ke area saluran pembuangan.

Sistem septic tank adalah jenis fasilitas pembuangan limbah onsite sederhana dan cuma menawarkan treatment dasar kepada limbah. Dalam waktu yang usang, mau tidak mau kamu harus menyedot limbah tersebut untuk di-treatment ke level berikutnya.

Skema Cara Kerja Septic Tank

Kunci dari fungsi septic tank makin krusial pada rumah yang mempunyai drainase yang buruk atau tidak terhubung ke jaringan air limbah. Tanpa adanya koneksi pribadi septic tank akan memungkinkan pembuangan air limbah yang lebih aman.

Komponen ini akan melakukan pekerjaan dengan menghimpun kotoran dan air limbah dalam satu tangki di bawah tanah yang besar yang sebagian besar masih digunakan di banyak daerah di Indonesia.

Baca Juga:   Cara Kerja Load Balancing

Septic tank yang dipasang di bawah tanah lazimnya berjarak 50 meter dari rumah tangga. Tangki ini lazimnya terdiri dari dua ruang kompartemen dan satu tangki yang mendapatkan air limbah dari pipa kanal masuk.

Bagi mereka yang tinggal di perkotaan, septic tank tidak diperlukan alasannya air limbah akan dimuat dan dikerjakan dengan tata cara pembuangan kotoran secara pribadi. Biasanya, perusahaan air setempat akan memelihara & mengurus prosesini.

Sebuah sistem cara kerja septic tank akan memungkinkan setiap rumah untuk menggunakan akomodasi air seperti biasa. Namun, ada langkah-langkah pencegahan perhiasan yang perlu dipatuhi. Salah satu yang terpenting adalah pemeliharaan rutin septic tank yang akan sangat diharapkan.

Pemilik rumah dengan tangki ini memiliki peran tambahan untuk memastikan tangki mereka tidak mempunyai pengaruh pada lingkungan setempat. Misalnya, jika susukan pembuangan keunggulan beban balasan terlampau banyak cairan yang bisa menciptakan banjir dan menimbulkan limbah mengalir ke permukaan tanah.

Cara Kerja Septic Tank

Pada banyak konfigurasi, septic tank akan “mencerna” materi organik sembari memisahkan bahan yang dapat mengapung (misalnya, minyak dan lemak) serta padatan dari air limbah. Sebuah septic tank yang bagus akan dihubungkan dengan dua pipa untuk inlet dan outlet.

Pipa inlet akan digunakan untuk mengangkut air limbah dari rumah dan menampungnya di septic tank. Cairan ini akan disimpan di sini cukup usang sehingga limbah padat dan cair perlu dipisahkan satu sama lain. Pipa kedua yakni pipa outlet yang umum disebut bidang drainase. Pipa ini akan memindahkan air limbah yang sudah diproses sebelumnya dari septic tank dan menyebarkannya secara merata ke tanah dan anutan air.

Ketika air limbah sudah dikumpulkan sesudah beberapa saat, proses ini akan dimulai dengan memisahkan menjadi 3 lapisan. Lapisan atas ialah minyak dan lemak dan semua yang mengapung di atas caira limbah. Lapisan tengah berisi air limbah bareng dengan partikel limbah. Lapisan ketiga dan bawah berisikan partikel yang lebih berat dari air dan membentuk lapisan lumpur.

Baca Juga:   Cara Kerja Sales

Bakteri di dalam tangki akan bertugas untuk memecah limbah padat, yang lalu memungkinkan cairan untuk memisah dan mengalir dengan gampang.

Apa yang tersisa di bab bawah tangki yaitu apa yang perlu dihilangkan secara terjadwal sebagai bagian dari perawatan bersiklus. Inilah salah satu alasan mengapa septic tank yakni cuma ialah bentuk dasar dari pembuatan limbah.

Proses Langkah-demi-Langkah Cara Kerja Septic Tank

  1. Air yang ditarik oleh pompa air jet di dapur, kamar mandi dll akan mengalir lewat satu pipa drainase utama yang mengarah ke septic tank.
  2. Di bawah tanah septic tank memulai proses menahan air limbah. Tangki ini perlu menahan limbah cukup usang sehingga padatan mampu mengendap di bawah, sementara minyak dan lemak mengapung ke atas.
  3. Setelah proses ini air limbah cair kemudian akan mampu keluar dari tangki ke jalan masuk pembuangan.
  4. Air limbah ini dibuang lewat pipa ke permukaan berpori yang memungkinkan air limbah untuk menyaring lewat tanah.
  5. Tanah menerima, mengolah, dan berbagi air limbah ketika meresap melalui tanah yang akhirnya dibuang ke air tanah.
  6. Terakhir, air limbah akan meresap ke dalam tanah yang secara alami menetralisir kuman coliform, virus, dan zat yang berbahaya.
close