fbpx

Cara Klaim Token Listrik Gratis

Bagikan:

Bagaimana cara klaim token listrik gratis? Ya, ketika ini Pemerintah Indonesia memang sedang gencar-gencarnya memperlihatkan subsidi token listrik. Subsidi listrik gratis diberikan kepada pelanggan atau pemilik rumah yang menggunaka listrik 450 VA. Sementara bagi pengguna listrik sebesar 900 VA menerima subsidi gratis 50%-nya saja.

Hal ini tentu saja menunjukkan angin segar, hususnya untuk warga yang kurang mampu. Kaprikornus tidak akan disibukkan oleh biaya tagihan listrik sampai 3 bulan penuh. Maka dari itu, bagi  pengguna listrik yang dimaksudkan di atas wajib mengetahui cara klaim token listrik gratis untuk menerima manfaatnya.

Cara Mengetahui Pelanggan Non Subsidi atau Subsidi

Sebenarnya ada 2 opsi cara yang dapat dikerjakan untuk mengetahui status pelangganmu, apakah Kamu tergolong ke dalam pelanggan non subsidi atau subsidi. Salah satunya yakni dengan melihat struk pembelian atau pembayaran pulsa listrik terakhir. Selanjutnya Kamu mampu memeriksa melalui web www.pln.co.id.

Adapun pada cara kedua, Kamu mampu mendatangi link PLN apalagi dulu. Jika telah terbuka, langkah berikutnya tinggal menginputkan ID konsumen atau nomor meteran di tab “Identita Pelanggan” lalu tekan “Cari”. Silahkan tunggu beberapa lama hingga Kamu muncuk kotak obrolan. Pada kotak dialog ini umumnya akan terdapat info apakah Kamu termasuk pelanggan subsidi atau non subsidi.

Cara Klaim Token Listrik Gratis

Cara Klaim Token Listrik Gratis 300x169 - Cara Klaim Token Listrik Gratis
Mengklaim Token Listrik Gratis

Mendapatkan Token Listrik Gratis dari PLN

Seperti kita ketahui, ada 2 tipe pelanggan PLN sekarang ini yaitu pelanggan pascabayar dan prabayar. Pelanggan pascabayar biasa disebut sebagai pelanggan yang melaksanakan pembayaran tagihan listrik bulanan. Ini artinya, konsumen ini mesti memakai listrik di rumahnya apalagi dulu, baru kemudian melakukan pembayaran tagihan menurut besarnya jumlah penggunaan.

Baca Juga:   Cara Cek Rekening Listrik

Dimana kebijakan subsidi token listrik yang diberikan pemerintah tersebut pastinya berlaku bagi kedua tipe pelanggan tersebut. Para pelanggan pascabayar pastinya akan menerima subsidi dengan cara tidak akan mendapatkan tagihan hingga 3 bulan lamanya bagi pengguna daya 450 VA. Sementara bagi pengguna 900 VA sendiri tetap menerima tagihan cuma 50%-nya saja.

Lalu, bagaimana dengan pengguna listrik prabayar, apakah harus melakukan pembelian token listrik lebih dulu? Bagi pengguna token listrik, Pemerintah memperlihatkan token listrik gratis sesuai pemakaian optimal sampai 3 bulan terakhir. Namun untuk menerimanya Kami wajib mengikuti prosedur yang telah ditetapkan PLN.

Sebenarnya untuk cara klaim token listrik gratis sendiri sangat mudah, Kamu mampu melakukannya eksklusif melalui web PLN atau WhatsApp. Akan tetapi, sebelumnya Kamu mesti perhatikan beberapa hal berikut :

  • Bagi pelanggan dengan daya listrik sebesar 450 VA menerima subsidi listrik penuh dari pemerintah
  • Subsidi bagi pengguna listrik 900 VA biasanya hanya berlaku 50%-nya saja. Tapi, pengguna listrik ini memiliki 2 kategori, diantaranya subsidi (R1) atau mampu (R1M) yang dapat dikenali lewat struk tagihan pembayaran listrik PLN.
  • Pengguna listrik 900 VA dengan subsidi 50% cuma berhak bagi pengguna yang berkategori R1.

Mengklaim Token Gratis PLN

Jika Kamu ingin menerima token gratis PLN untuk pelanggan subsidi, maka ada 2 cara klaim token gratis PLN yang bisa Kamu coba. Berikut ini ulasannya :

1. Mengakses Web Resmi

Cara klaim token gratis PLN yang dapat dikerjakan pertama kali adalah dengan masuk ke website resmi PLN. Di pencarian Google, Kamu tinggal ketikkan saja link PLN berikut untuk memasuki laman web resmi PLN. Jika sudah masuk, Kamu tinggal memilih web layanan.

Selanjutnya ketuk menu pelanggan. Jika sudah masukkan nomor meteran atau ID di kolom yang tersedia. Sesudah itu, Kamu tinggal pastikan nomor yang sudah dimasukkan telah benar. Selanjutnya akan muncul subsidi token gratis di layar. Jika ingin menginputkan instruksi token, pakai ID konsumen seperti saat Kamu mendaftar pertama kali.

2. Memakai WhatsApp

WhatsApp bisa dikatakan sangat menolong proses chatting atau perpesanan. Kaprikornus masuk akal jika banyak orang menentukan aplikasi WhatsApp selaku solusi dan alternatif untuk chatting. Salah satunya memiliki kegunaan bagi cara klaim token gratis. Jika Kamu ingin menerima token via WhatsApp, caranya tinggal menelepon 08122123123.

Baca Juga:   Cara Cek Pln Gratis

Dengan otomatis, pesanmu akan eksklusif dibalas. Silahkan baca pesan dan ikuti kode yang diminta. Umumnya mereka meminta mengetikkan angka 1 untuk melanjutkan proses. Lalu, Kamu diminta melaksanakan pengisian nomor ID konsumen atau nomor KWh. Jika tokenmu sesuai syarat yang telah ditetapkan, Kamu pun telah bisa menggunakan token gratis tersebut.

Jika Kamu menggunakan daya 450 VA, tentu saja Kamu tak perlu lagi cemas soal pembayaran listrik. Sementara bagi pengguna daya 900, dapat menggunakan diskon 50%. Akan namun, bagi pemilik daya listrik lebih dari 900 VA, Kamu tidak mampu memperoleh potongan harga atau gratis token.

Cara Klaim Tagihan Listrik Bukan Token (Pascabayar)

Bagaimana untuk meteran yang bukan memakai tata cara token, melainkan dengan tata cara tagihan (pascabayar)? Untuk pelanggan yang menggunaka tata cara pelanggan, maka pihak PLN dengan otomatis tidak akan menagih pembayaran listrik.

Keuntungan Menggunakan Token Listrik

Selain cara klaim token listrik gratis, penggunaan token listrik bagi para pengguna listrik PLN juga memiliki keungulan tersebut. Dimana sebelum memakai listrik pada layanan ini, biasanya konsumen mesti melaksanakan pembelian pulsa atau voucher dengan jumlah tertentu.

Adapun jumlah nominal yang bisa dibeli sangat bervariasi tergantung dari keperluan masyarakat, dengan nominal mulai Rp. 20 ribuan. Sesudah itu, para konsumen akan memperoleh 20 digit nomor token yang nantinya harus dimasukkan pada Kwh Meter dan bernama Meter Prabayar.

Berikut beberapa keuntungan memakai token listrik kalau dibandingkan pelanggan pascabayar, diantaranya :

1. Sesuai Dengan Anggaran Belanja

Nominal pulsa listrik yang beraneka ragam menunjukkan keleluasaan untuk melaksanakan pembelian listrik sesuai kemampuan. Hanya dari Rp. 20 ribuan saja, para pelangan pun sudah mampu menikmati layanan listrik. Makara sangat sesuai bagi yang mempunyai anggaran terbatas.

2. Penggunaan Listrik Menjadi Terkendali

Sesuai dengan jargonnya “Listrik Pintar”, ialah pengguna listrik diajak lebih pintar sekaligus bijak untuk mengendalikan pemakaian listrik itu sendiri. Dimana metode prabayar lazimnya memungkinkan para pelanggan untuk memantau dan mengatur pemakaian listrik setiap waktu sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga:   Mau Beli Pulsa Pln Online Murah? Di Elevenia Saja

Di laya MPB, lazimnya akan tertera isu berupa gosip Kwh yan akan imasukkan dan yang telah terpakai, yang sedang digunakan dan sisa Kwh yang ada. Melalui hal tersebut, pelanggan pun lebih sadar banyaknya neergi listrik yang digunakan selama rentang waktu tertentu.

3. Lebih Disiplin Membayar Listrik

MPB memperlihatkan salah satu fitur berbentukpengingat alarm Kwh otomatis yang akan pribadi menyala ketika pulsa listrik sebentar lagi habis. Sehingga, Kamu tidak akan pernah lupa melakukan pembelian voucher listrik. Dengan menggunakan token listrik ini, Kamu menjadi lebih disiplin melakukan pembayaran listrik.

4. Terbebas dari Biaya Denda

Seperti kita ketahui, bahwa dengan memakai layanan listrik token, Kamu bisa melaksanakan pembayaran listrik dengan sempurna waktu. Alhasil sistem yang satu ini bisa membuatmu lebih disiplin seklaigus mendukung upaya pengurangan. Menariknya lagi, Kamu tidak akan dikenakan denda pelengkap yang disebabkan oleh keerlambatan pembayaran listrik.

Nah, itulah beberapa tahapan cara klaim token listrik gratis yang mampu Kamu coba. Semoga berguna!


Bagikan: