May 18, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Kompres Video Di Laptop

Cara Kompres Video di Laptop 300x169 - Cara Kompres Video Di Laptop

Tahukah Kamu bagaimana cara kompres video di laptop? Terkadang menentukan file video berukuran besar cukup menyulitkan dikala menguggah atau menyimpannya di media umum. Baik itu Facebook video, Youtube, dan sebaginya. Jika kecepatan saluran internetmu tinggi tentu tidak duduk perkara. Namun bagaimana jika koneksi internet ditempatmu lambat? Hal ini tentu sangat menyebalkan.

Sebagai solusinya, Kamu haru mengompres video tersebut di laptop biar dapat dengan gampang di upload  ke sosial media. Meskpun memperkecil ukuran video, namun kualitas video yang dihasilkan tetap dipertaankan. Cara kompres video di laptop, mampu dikerjakan baik dengan aplikasi ataupun tanpa aplikasi.

Cara Kompres Video di Laptop

Cara Kompres Video di Laptop 300x169 - Cara Kompres Video Di Laptop
Cara Memperkecil Ukuran Video di Laptop

Memperkecil Ukuran Video di Laptop Secara Online

Ada beberapa platform online yang masuk ke dalam cara kompres video di laptop. Berikut ini beberapa situs online yang dipakai untuk mengecilkan ukuran video, diantaranya :

1. Cara Memperkecil Ukuran Video Menggunakan Videosmaller.com

Salah satu platform online yang mampu dipakai untuk mengecilkan ukuran video ialah videosmaller.com. Kamu cuma membutuhkan web browser saja untuk mampu mengecilkan ukuran pada video

Videosmaller menawarkan beberapa fitur, mirip tingkat kompresi yang rendah namun mutu videonya tetap terbaik. Dapat melaksanakan pengaturan skala video, apakah bisa diperkecil atau disesuaikan dengan file aslinya. Di samping itu juga, Kamu bisa meniadakan audio pada video memakai Videosmaller.

Untuk menggunakan videosmaller ke dalam cara kompres video di laptop, adalah sebagai berikut :

  • Buka situs web videosmaller.com.
  • Tekan browser file dikala memilih file di laptop atau komputermu.
  • Silahkan sesuaikan pengaturan kompres video di bawahnya sesuai keperluan.
  • Tekan unggah video bila ingin mengawali kompes video, lalu tunggu sampai tamat.
  • Unduh video yang telah Kamu kompres melalui link yang ada di layar.
Baca Juga:   Cara Menyembunyikan Subscriber

2. Cara Memperkecil Ukuran Video Menggunakan Ezgif.com

Kamu juga mampu memakai situs ezgif.com untuk mengompres video di laptop secara online. Website ini mempunyai fitur cukup lengkap. Kamu mampu menggunakannya untuk memperkecil size video di laptop dengan cara di bawah ini :

  • Silahkan buka web ezgif.com.
  • Pilih berkas video yang mau dikompress dengan mengakses browse file.
  • Selanjutnya Kamu akan langsung diarahkan menuju halaman beru berisi pengaturan resolusi video.
  • Silahkan tekan resize pada video.
  • Kamu tinggal mengunduh video hasil kompresan tersebut.

3. Cara Memperkecil Ukuran Video Menggunakan aconvert.com

aconvert.com ialah salah satu website yang bisa diandalkan dalam cara kompres video di laptop. Aconvert menyediakan berbagai macam pilihan fitur untuk kompres. Di samping mampu mengompres video secara online, situs web ini juga menawarkan layanan kompres onine untuk dokumen, file pdf, archive, audio, image, ebook dan masih banyak lagi.

Ada beberapa fitur yang ditawarkan aconvert, mirip mendukung berbagai macam  file, berupa MPG, AVI, WMV, MKV, AVI, MP4, dan lain sebagainya. Di samping itu, Kamu harus mampu mengganti frame rate dan bitnya.

Adapun untuk berkas sumbernya, Kamu mampu mengunggah dari tempat penyimpanan setempat, berkas video online biasanya hanya dengan cara memasukkan link google drive, video maupn dropbox. Berikut beberapa cara kompres video di laptop, diantaranya :

  • Pertama-tama silahkan buka website aconvert.com.
  • Lalu tekan convert video secara online.
  • Pilih berkas dari dropbox, drive, link situs web maupun di tempat penyimpanan lokal.
  • Pada kolom options, Kamu mampu mengubah change sieframe rate atau bitrate utnuk memperkecil size ukuran video.
  • Sesudah itu, atur ukuran video menurut kebutuhan, dimana dengan ukuran yang makin kecil secara otomatis kualitas video pun akan makin menurun. Akan namun, hasil kompres video yang diperoleh ukurannya menjadi makin kecil.
  • Setelah itu, pilih convert now lalu tunggu hingga akhir.
  • Ketuk download untuk mengunduh dan menyimpannya ke PC-mu.

Dengan semua kemudahannya, cara kompres video di laptop online tentu saja menghidangkan beberapa kelebihan. Kelebihan tersebut diantaranya seperti tidak memerlukan perangkat khusus atau aplikasi aksesori dan cuma menggunakan browser serta mudah dijalankan. Sementara kelemahan cara ini adalah memerlukan koneksi internet.

Baca Juga:   Cara Mengembalikan File Tiba-Datang Hiland Di Hp Android

Memperkecil Ukuran Video di Laptop Memakai Aplikasi

Selain cara kompres video di laptop secara online,  Kamu juga bisa menggunakan aplikasi untuk mengompres video di PC.  Berikkut ulasannya :

4. Cara Memperkecil Ukuran Video di Laptop Dengan Freemake

Aplikasi Freemake yakni aplikasi untuk editing dan resize ukuran video secara gratis melalui aneka macam macam fitur lengkap. Aplikasi yang satu ini mendukung aneka macam pilihan format video. Selain itu, Freemake juga memiliki performa sungguh sederhana dan sungguh gampang digunakan. Kamu mampu memakai Freemake untuk memperkecil ukuran video sekaligus mengompres aneka macam jenis file lain, baik itu foto maupun audio.

Adapun cara kompres video di laptop dengan Freemake yakni selaku berikut :

  • Langkah pertama, silahkan unduh dan pasang Freemake Video Converter pada laptop atau PC milikmu.
  • Selanjutnya buka dan lakukan aplikasi, kemudian impor video tertentu yang ingin Kamu kompres ukurannya. Caranya yaitu dengan mengklik “File” kemudian “Pilih Video”, kemudian ketuk “Open”.
  • Jika sudah terimpor, Kamu tinggal memilih format video sesuai impian, atau mampu juga dengan memilih MP4 sebagai format outputnya.
  • Selanjutnya Kamu akan ditampilkan jendela baru. Pada bagian preset, silahkan pilih “custom”. Lalu tentukan media penyimpanan video dari hasil kompresi yang telah dilakukan.
  • Sebelum mengkonversi, jika video yang Kamu hasilkan ukurannya masih besar, Kamu mampu mengubahnya dengan cara ketuk “video size”.
  • Setelah itu, akan muncul pop up tentang limit output size. Tinggal pastikan saja ukuran sesuai keinginan berupa MB. Selanjutnya klik OK, dan klik convert jika telah sesuai.
  • Tunggu hingga kompres video akhir dilakukan.

5. Memperkecil Ukuran Video di Laptop Dengan Handbrake

Apa itu Handbrake? Aplikasi ini juga tergolong program koverter video di laptop yang mampu diterapkan di aneka macam jenis platform, mulai dari Windows 64 bit, Windows 32 bit, Mac OS, dan Linux.

Bagi perangkat yang mempunyai spesifikasi minimal, Kamu tak perlu cemas untuk mengunduh aplikasi Handbrake di laptop. Hal ini dikarenakan aplikasi Handbrake cukup ringan dikerjakan. Selain itu juga aplikasi ini telah mendukung aneka macam jenis format video.

Baca Juga:   Cara Naik Eskalator

Adapun cara kompres video di laptop memakai Handbrake, berikut ini :

  • Pertama-tama, silahkan unduh dan pasang Handbrake di laptop/PC milikmu.
  • Buka dan jalankan aplikasinya, lalu pilih video untuk dikompres.
  • Ketuk browse lalu tentukan folder media penyimpanan untuk hasil video yang dikompres tadi.
  • Selanjutnya atur settingan video di preset. Silahkan pilih Normal, lalu di dalam output setting, Kamu tinggal menentukan MP4.
  • Supaya mutu videonya tak menyusut, silahkan centang dalam pilihan web optimized.
  • Di tab picture, Kamu mampu memilih resolusi video. Lalu di tab video Kamu mampu memillih H.264 di video encoder.
  • Jika sudah selesai melaksanakan pengaturan video, ketuk Start Encode kalau ingin memulai kompres.
  • Silahkan tunggu hingga kompres video selesai, kemudian lihat akhirnya.

Demikianlah ulasan cara kompres video di laptop baik secara online tanpa aplikasi maupun secara offline dengan aplikasi. Kamu tinggal pilih, mana yang paling tepat dan sesuai kebutuhan!