May 18, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Konsumsi Garam Himalaya

Cara Konsumsi Garam Himalaya 300x168 - Cara Konsumsi Garam Himalaya

Garam himalaya sekarang menjadi opsi orang banyak. Garam ini bantu-membantu berasal dari kawasan Khewra Salt Mine, sebagai tambang garam ternama dan kedua terbesar di dunia terletak di negara Pakistan dan berada tepat di jarak 1,5 km di bawah kedalaman Pegunungan Himalaya. Banyak pihak-pihak yang menyebut bila garam himalaya yaitu garam termurni, alasannya adalah tidak lewat proses pengerjaan berlebihan. Lalu, bagaimana bergotong-royong cara konsumsi garam himalaya?

Tentang Garam Himalaya

Sebelum kita membahas cara konsumsi garam himalaya, ada beberapa hal yang harus dikenali terkait garam himalaya ini.  Berbeda dari garam umumyang mempunyai kandungan zat kimia tertentu berkhasiat untuk penegahan terjadinya penggumpalan. Inilah yang mengakibatkan kandungan mineral pada garam himalaya menjadi lebih terjaga. Selain itu, beberapa sumber mengungkapkan kalau garam himalaya memiliki kandungan sebanyak 84 tipe mineral berlawanan.

Menariknya lagi, garam himalaya terlihat berlainan dari segi warnanya. Pasalnya garam himalaya yang orisinil memiliki warna merah muda alami tanpa komplemen zat pewarna pada zat besi yang terkandung di dalamnya. Di samping itu, jenis garam ini juga mempunyai kandungan mineral yang lainnya baik berupa kalsium, potasium, yodium, magnesium, selenium, kalium dan seng.

Cara Konsumsi Garam Himalaya

Cara Konsumsi Garam Himalaya 300x168 - Cara Konsumsi Garam Himalaya
Mengonsumsi Garam Himalaya

Mengonsumsi Garam Himalaya

Garam himalaya disebut-sebut merupakan salah satu materi kuliner yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Meskipun demikian, bukan mempunyai arti kita bisa mengonsumsinya secara bebas dalam jumlah takaran yang banyak. Justru jika mengonsumsi garam himalaya secara berlebihan bisa menawarkan imbas jelek bagi badan Kamu. Lalu, bagaimana cara konsumsi garam himalaya dengan benar?

Sebenarnya jumlah harian dianjutkan mengonsumsi garam jenis ini yakni sebanyak 6 gram atau 2.400 mg sodium. Dimana takaran tersebut sama dengan 1 sdt dan cara konsumsi garam himalaya ini khusus bagi orang cukup umur. Sementara bagi anak-anak, jumlah takarannya tentu lebih minim.

Baca Juga:   Cara Menghitung Defisit Kalori

Jika Kamu memiliki kondisi tertentu, sebaiknya konsultasikan cara konsumsi garam himalaya ke dokter. Hal tersebut juga berlaku bagi ibu menyusui dan ibu hamil.

Tips Konsumsi Garam Himalaya

Manfaat garam himalaya memang cukup banyak, baik bagi keperluan non diet atau diet. Namun sebelumnya Kamu pasti harus mengetahui cara konsumsi garam himalaya apalagi dahulu. Secar aumumnya, kita mampu mengolah masakan memakai garam himalaya seperti umumdengan menggunakan garma himalaya untuk menggantikan garam dapur. Garam ini bisa digunakan untuk beraneka jenis kuliner, entah itu untuk rebusan, tumisan, aneka oven mampu memakai garam himalaya.

Sebelumnya tumbuh halus garam himalaya terlebih dahulu seperti pada garam meja biasa, alasannya adalah lazimnya garam himalaya ini dijual berupa kristal besar. Dimana ukuran kristal pada garam tersebut memilih jumlah kita membutuhkannya. Semakin halus garam himalaya, tentu saja kita membutuhkannya lebih minim pada makanannya.

Dalam 1 sdt garam apapun yang telah digiling hingga halus, akan terkandung natriu sebanyak 2.300 mg, sedangkan 1 sdt garam bergairah yang berskala kristal mempunyai kandungan natrium sekitar 2.000 mg. Kaprikornus sesuai dengan cara konsumsi garam himalaya di atas, bahwa konsumsi garam seharusnya 1 sdt saja per hari untuk yang ditumbuk secara halus. Untuk lebih jelasnya dan semoga lebih kondusif, silahkan cek label kemasan garam himalaya terlebih dahulu.

Cara Memakai Garam Himalaya

Selain cara konsumsi garam himalaya, Kamu juga mesti mengenali beberapa cara penggunaan garam himalaya. Berikut ulasannya :

1. Untuk Terapi : Mandi Larutan Air Garam Himalaya

Saat mandi, lazimnya air yang ada dalam kulit ikut menguap. Sedangkan dengan mandi menggunakan garam himalaya dapat membuat kandungan mineral pada garam diserap baik oleh kulit sedangkan racun/toksin akan dilepaskan ke air mandi.

Kamu tinggal memasukkan 2 cangkir garam himalaya pada kolam berisi air hangat. Lalu berendam di dalamnya selama sekitar 15-20 menit. Sesudah mandi, Kamu mampu beristirahat selama 30 menit. Dengan mandi air garam himalaya mampu menciptakan kulitmu menjadi lebih sehat dan lembab.

2. Toner Wajah Dengan Garam Himalaya

Kamu mampu menyertakan 2 sdt garam himalaya pada 1/2 cangkir air. Silahkan masukkan pada wadah plastik atau ke dalam gelas, kemudian kocok hingga larut. Garam ini nantinya berperan sebagai antiseptik alami untuk dijadikan toner bagi kulit paras berminyak.

Baca Juga:   Cara Top Up Dana Via Transfer Bank (Bca) 2022

Di samping itu, garam himalaya juga mampu menahan dan mempesona air, sehingga bisa dijadikan pelembab alami dan berkhasiat untuk kulit kering. Selain itu, toner garam himalaya juga dapat dijadikan selaku detoks alami mengingat kandungan seperti natrium, kalium, magnesium, dan ion-ion di dalamnya bisa membantu mengeluarkan toksin/racun dari dalam kulit.

3. Garam Himalaya Untuk Obat Kumur

Kamu mampu membuat larutan dari garam himalaya, caranya dengan mengisi sebanyak 1/4 gelas garam lalu tambahkan air matang ke dalamnya. Diamkan larutan tersebut semalaman. Apabila Kamu memakainya untuk dijadikan obat kumur, sebaiknya ambil larutan ini sebanyak 1 sdt lalu campurkan dengan air sedikit saja pada gelas lain.

Manfaat Garam Himalaya Bagi Kesehatan

Setelah mengenali cara konsumsi garam himalaya, berikut ini ada beberapa faedah garam himalaya bagi kesehatan, diantaranya :

1. Menyeimbangkan Kadar pH Dalam Tubuh

Di dalam garam himalaya terkandung natrium yang diharapkan badan insan. Dimana kandungan natrium pada garam himalaya baik untuk menetrapkan sekaligus menyeimbangkan kadar pH pada tubuh. Dengan takaran yang cocok, garam himalaya mampu menekan asam lambung sekaligus menghalangi terjadinya mual dan kembung.

Jika kadar pH di dalam badan sepadan, maka sistem imunitas tubuh pun menjadi meningkat. Alhasil Kamu tidak akan mudah sakit. Bagi penderita maag, dengan menyertakan kandungan garam himalaya ke dalam kuliner adalah langkah paling sempurna. Selain itu, garam himalaya diklaim baik untuk memperkuat sendi, tulang sekaligus membersihkan organ ginjal.

2. Menambah Asupan Elektrolit

Alih-alih membeli minuman elektrolit, Kamu juga bisa mempergunakan garam himalaya sebagai alternatifnya. Dalam hal ini, elektro dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh. Jika kadarcarian dalam tubu baik, maka Kamu pun tidak akan lemas serta menciptakan kerja otot menjadi semakin maksimal.

Bagi yang gemar berolahraga, garam ini juga dapat diandalkan sebelum Kamu melakukannya. Silahkan konsumsi garam himalaya sesudah dan sebelum berolahraga agar kadar elektrolit yang ada dalam tubuh tetap sebanding.

3. Sebagai Obat Kanker

Ion klorida dan sodium dalam garam himalaya terbukti dapat memperlambat perkembangan sel-sel kanker. Jika disantap dengan baik, Kamu dapat menegah penyakit kanker pribadi dari pusatnya. Namun untuk masalah ini, bergotong-royong masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Akan tetapi, ilmuan Austria sendiri telah menyebarkan penelitian wacana garam himalaya yang dapat dijadikan selaku obat untuk kanker darah dan payudara.

Baca Juga:   Cara Menetralisir Ngantuk Saat Kerja

4. Sebagai Asupan Mineral Dalam Tubuh

Garam himalaya mempunyai kandungan mineral sungguh kaya. Dengan garam  ini Kamu akan mendapatkan kalsium, kalium, zat besi, magnesium dan welirang cukup dengan mengonsumsinya saja. Paling tidak, terdapat 80 macam mineral yang terdapat didalamnya. Tapi, untuk kadarnya sendiri hanya terdapat 2% dengan sisanya adalah mineral lain. Maka dari itu, Kamu harus mengonsumsi atau menggabungkan mineral yang lain guna mencukupi kebutuhan dalam badan.

Itulah beberapa cara konsumsi garam himalaya dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh yang wajib Kamu ketahui. Semoga berfaedah!