May 22, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Kredit Motor Di Pegadaian

Cara Kredit Motor di Pegadaian 300x166 - Cara Kredit Motor Di Pegadaian

Motor banyak diseleksi alasannya menunjukkan alat transportasi paling efisien dan tercepat sebab terbebas dar yang namanya macet. Meskipun harga jual motor bisa dikatakan cukup mahal, namun tak menutup kemungkinan banyak orang kesengsem memilikinya. Bahkan ada yang rela mengambil pembiayaan sepeda motor dengan cara kredit. Salah satunya yaitu cara kredit motor di Pegadaian.

Sekarang ini memang ada banyak perusahaan atau lembaga pembiayaan untuk kredit motor, inilah yang menciptakan banyak orang untuk menerima motor dengan mudah. Salah satu lembaga kredit motor terpercaya yakni Pegadaian. Jika selama ini Pegadaian cuma dikenal selaku perusahaan BUMN yang melayani jasa gadai, kini Kamu juga bisa memanfaatkannya untuk membeli motor secara kredit.

Jika Kamu terpesona berbelanja motor secara kredit di Pegadaian, Kamu mampu mencoba layanan Pegadaian Amanah selaku produk dukungan syariah khusus untuk layanan pembelian motor, baik bagi pebisnis micro, profesional dan karyawan.

Alasan Memilih Kredit Motor di Pegadaian

Jika ketimbang kredit motor melalui leasing, seperti FIF, WOM, Adira atau lainnya, sebearnya kredit motor dengan Pegadaian Amanah sungguh dianjurkan. Sebab Kamu akan mendapatkan banyak laba melalui banyaknya kelebihan Pegadaian Amanah :

  • Prosedur pengajuan cicilan motor melalui Pegadaian dapat dilakukan dengan segera dan gampang.
  • Pegadaian menyediakan jangka waktu kredit mulai dari cicilan 12 bulan sampai60 bulan.
  • DP yang dibutuhkan untuk cicilan motor lewat Pegadaian Amanah biasanya sangat murah, cuma sekitar 10% dari total kendaraan.
  • Memakai prinsip syariah berdasarkan pedoman Islam, akibatnya proses cicilan lebih adil serta amanah.
  • Angsuran tetap dan biaya manajemen terjangkau.
  • Program Pegadaian Amanah sudah tersedia di seluruh kantor unit Pegadaian.
Baca Juga:   Cara Transfer Bank Neo Ke Btn, Gratis Ongkos Admin?

Bunga Kredit Kendaraan Bermotor di Pegadaian

Uang paras atau DP yang diperlukan dalam proses kredit motor lewat Pegadaian senilai 10% dari total harga motor. Akan namun, jikalau Kamu membayar DP lebih tinggi dari 10%, nominal cicilan angsuran per bulannya menjadi lebih kecil.

Di samping itu, cicilan motor melalui Pegadaian memungkinkan pemohon dapat menentukan tenor angsuran mulai dari 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan sampai 36 kali cicilan per bulan. Dimana kian Kamu menentukan tenor cicilan, maka akan semakin rendah pula ongkos cicilan perbulannya.

Sementara untuk DP serta tenor cicilan, alangkah baiknya menyesuaikan budget yang Kamu miliki. Kaprikornus jangan sampai memaksakan dirimu untuk mengambil uang tampang dan tenor cicilan yang besar, karena bisa berakibat fatal untuk keadaan keuangan di periode mendatang.

Pegadaian Syariah juga tidak menetapkan bunga. Namun selaku gantinya, para nasabah cukup melaksanakan pembayaran biaya untuk pemeliharaan barang atau mu’nah dengan nilai 0,9% dari harga kendaraan. Selain itu, ongkos tersebut akan dibayarkan setiap bulan selama waktu angsuran kendaraan berjalan.

Cara Kredit Motor di Pegadaian

Cara Kredit Motor di Pegadaian 300x166 - Cara Kredit Motor Di Pegadaian
Tahapan Cara Beli Motor Kredit di Pegadaian Syariah

Syarat Kredit Motor di Pegadaian Syariah

Adapun alasna kenapa kredit motor melalui Pegadaian Syariah yakni dikarenakan menggunakan prinsip syariah. JIka Kamu beragama Islam, alangkah baiknya memilih cara kredit motor di Pegadaian Syariah biar terhindar dari Riba.

Selain itu, standar cicilan motor di Pegadaian juga tidak ribet dan mudah. Adapun syaratnya ialah selaku berikut :

  • Pemohon yaitu pegawai tetap yang minimal era kerjanya selama 2 tahun. Dimana tolok ukur tersebut berlaku untuk pegawai tetap, baik di pemerintah swasta atau pemerintah.
  • Menyediakan fotokopi KTP pasangan (Suami/Istri).
  • Melampirkan fotokopi KK.
  • Menyertakan slip honor selama 2 bulan terakhir.
  • Melengkapi fotokopi SK pengangkatan karyawan tetap atua pegawai.
  • Mengisi sekaligus menandatangani formulir pengajuan aplikasi kredit di Amanah Pegadaian.
  • Melakukan pembayaran DP yang telah disepakati dengan sekurang-kurangnyajumlah DP 10% dari nilai kendaraan.
  • Pemohon harus menandatangani akad kredit Amanah.

Tahapan Cara Pengajuan Kredit Motor di Pegadaian

Bisa ditarik kesimpulan bahwa tolok ukur kredit motor di lembaga Pegadaian berlainan dari kredit motor perusahaan leasing. Karena pemohon mesti menandatangani kesepakatan kontrakkredit Amanah sebagai syarat wajib kredit motor syariah. Jika telah mengetahui syarat cara kredit motor di Pegadiaan, Kamu tingal melakukan tahapan pengajuan kredit motor lewat Pegadaian Syariah diantaranya :

Baca Juga:   Cara Mengganti Pin Atm

1. Lengkapi Dokumen yang Dibutuhkan

Cara kredit motor di Pegadaian Syariah pertama yang mesti diamati adalah dengan cara melengkapi kriteria dan dokumen guna memperlancar pengajuan pembelian motor secara kredit. Adapun dokumen yang harus Kamu lengkapi adalah fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi KTP dan dokumen-dokumen lainnya.

Selain itu, untuk karyawan swasta wajib melampirkan surat rekomendasi atasan. Tujuannya selaku bukti jikalau calon peserta kredit yaitu bekerja selaku pegawai perusahaan tersebut.

2. Pegawai Tetap

Syarat cara kredit motor di Pegadaian ialah pemohon yaitu karyawan tetap atau telah bekerja di sebuah perusahaan atau instansi minimal selama 2 tahun. Ini tetnu saja bisa menjadi pendapatPegadaian terkait kemampuan mengeluarkan uang cicilan ke depannya.

3. Usia Pemohon Minimal 21 Tahun

Jika ingin menjadi nasabah kredit motor di forum Pegadaian, biasanya menetapkan kriteria usia minima. Minimal mesti berusia 21 tahun, usia tersebut mampu dikatakan telah matang untuk mengajukan kredit.  Adapun optimal usia dari pengkredit ialah 70 tahun, ini artinya dikala pemohon memasukiusia tersebut telah menyelesaikan angsuran motor.

4. Mempunyai Tempat Tinggal

Cara kredit motor di Pegadaian Syariah lainnya yakni pemohon wajib harus mempunyai daerah tinggal jelas sebagai kriteria mengajukan kredit sepeda motor. Tujuannya yakni untuk memudahkan pihak perusahaan untuk memproses pengajuan kredit sekaligus untuk mengantisipasi bila pemohon mengalami macet atau memiliki hambatan membayar cicilan bulanan.

5. Melakukan Pengisian Formulir

Jika semua syarat di atas sudah terpenuhi, Kamu tinggal mengisi formulir aplikasi pengajuan yang tersedia di Pegadaian. Adapun tujuan formulir tersebut yaitu selaku bukti jikalau Kamu sungguh-sungguh merasa yakin mengajukan cicilan motor sekaligus telah terdaftar selaku pemohon.

Melalui formulir pendaftaran tersebut, sungguh membuat lebih mudah pengajuan cicilan dan waktu pencairan untuk kredit motor lebih singkat.

Kesalahan Saat Membeli Motor Secara Kredit

Sebagai materi pertimbangan, semestinya sebelum melaksanakan cara kredit motor di Pegadaian Syariah, ada beberapa kesalahan yang mesti dikesampingkan saat membeli motor secara kredit :

1. Tidak Memperhitungkan Kondisi Finansial

Sebelum memutuskan mengambil cicilan motor, Kamu harus mengenali keadaan finansialmu guna menghindari beberapa hal yang tak diinginkan. Umumnya, agar mampu mengitung keuangan atau kesanggupan finansial sendiri memerlukan 3 hal paling dasar diantaranya logika, penyusunan rencana keuangan dan seni. Merencanakan keuangan memerlukan nalar agar mampu direalisasikan.

Baca Juga:   Cara Memperbesar Ram Laptop

Sementara, seni diperlukan untuk pembuatan planning keuangan. Ini artinya planning keuangan setiap orang pasti akan berbeda antara satu dengan lainnya.

2. Tanpa Asuransi Kendaraan

Kessalahan berikutnya adalah tidak menggunakan asuransi. Tidak sedikit orang berpendapat jikalau produk asuransi kendaraan bermotor yaitu biaya tambahan yang dianggap tidak perlu serta hanya memperbesar pengeluaran. Anggapan ini tentu saja keliru.

Ketika Kamu menambahkan asuransi, memang ongkos cicilannya menjadi lebih tinggi dibandingkan tidak memakainya. Namun jikalau Kamu mengansuransikan motor mampu memberikan laba tersendiri. Karena Kamu menjadi lebih nyaman dan kondusif ketika terjadi hal-hal yang tidak Kamu harapkan. Baik itu kecelakaan maupun kehilangan motor.

3. Jangka Waktu Cicilan Terlalu Panjang

Tenor atau jangka waktu cicilan yang panjang bisa membuat ongkos kredit memang semakin ringan. Walaupun tak terasa memberatkan, tetapi mengambil kredit jangka panjang bahu-membahu bisa merugikan. Di lain hal, tata cara ini juga membuatmu mesti mengeluarkan uang pembelian motor lebih mahal.

Itulah cara kredit motor di Pegadaian Syariah yang mampu Kamu ikuti dan beberapa kesalahan yang harus dikesampingkan ketika mengkredit motor. Semoga berguna!

close