May 17, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Live Streaming Di Youtube

Cara Live Streaming di Youtube 300x180 - Cara Live Streaming Di Youtube

Banyak orang yang mencari gosip tentang cara live streaming di Youtube alasannya adalah ada banyak laba yang mampu ditemukan dengan streaming di Youtube. Salah satunya yakni bisa memonetisasi Youtube. Tapi, bagi Kamu yang belum pernah mungkin penasaran bagaimana memakai salah satu fitur unggulan dari Youtube tersebut.

Live streaming Youtube termasuk salah satu fitur yang mampu dimanfaatkan untuk dapat berinteraksi bersama penonton secara live alias real time. Kamu bisa mendapatkan fitur ini di aplikasi atau situs Youtube, caranya klik ikon berbentuk kamera. Selanjutnya Kamu akan mendapatkan tampilan hidangan bertuliskan “Live Streaming”.

Apa Saja Keuntungan Live Streaming di Youtube?

Sebelum kita lanjut ke cara live streaming di Youtube, ada beberapa laba memakai fitur yang satu ini di Youtube, diantaranya :

1. Memonetisasi Youtube

Keuntungan utama melakukan live streaming di platform Youtube ialah dapat memonetisasi Youtube itu sendiri. Adapun monetisasi yang bisa dipakai dapat berupa super chat, langganan channel, dan iklan.

2. Bisa Berinteraksi Langsung Bersama Penonton

Saat Kamu melaksanakan live streaming, Youtube menunjukkan fitur berupa live chat. Melalui fitur ini, para penonton dapat bertanya secara pribadi sekaligus langsung dijawab. Selain itu, cara ini juga memungkinkanmu untuk mampu menjual produk.

Persyaratan Live Streaming Youtube

Sebelumnya ada beberapa standar kalau ingin melakukan live streaming di Youtube. Pastikan channel Youtube-mu sudah diverifikasi, sudah memiliki minimal sebanyak 1000 subscriber dan tidak memiliki pembatasan fitur live streaming selama 90 hari terakhir.

Baca Juga:   Cara Reset Password Gmail

Namun Kamu tak perlu cemas, sebab patokan di atas biasanya cuma berlaku ketika Kamu melakukan streaming menggunakan HP. Sementara bila melalui laptop umumnya menggunakan webcam, sehingga tidak butuhlagi menyanggupi tolok ukur yang sudah disebutkan di atas. Namun yang pasti, Kamu mesti menentukan akunmu dalam kondisi yang terverifikasi.

Apa Saja Alat yang Dibutuhkan Untuk Live Streaming di Youtube?

Untuk mengawali cara live streaming di Youtube, pastikan Kamu sudah merencanakan beberapa peralatan yang diharapkan dikala streaming. Berikut penjelasannya :

1. Laptop/PC

Kebanyakan laptop  menawarkan mikrofon dan webcam. Sementara bagi para pengguna PC lazimnya tidak tersedia, jadi Kamu harus mempersiapkannya.

2. Smartphone

Jika Kamu ingin melakukan live streaming di Hp tentu saja mesti mempersiapkan perangkat ponsel pintar.

3. Mikrofon

Harga mikrofon sendiri masih terjangkau, Kamu cuma membutuhkan modal RP. 200 ribuan sudah bisa menerima mikrofon yang cukup anggun kualitasnya.

4. Webcam

Webcam untuk live streaming biasanya dibanderol dengan harga Rp. 300 ribu ke atas. Kamu mampu mendapatkannya di salah satu marketplace pilihanmu.

5. Green Screen

Fungsi dari background berwarna hijau atau green screen tersebut ialah biar yang terlihat ketika live streaming hanya orang saja, sementara latar belakang pada orang tersebut diganti oleh penampilan game.

6. Headset Gaming

Jika Kamu ingin melakukan live streaming, tentu saja membutuhkan headset khusus gaming. Harganya lazimnya mulai dari RP. 125 ribuan, dan Kamu sudah mampu memiliki headset.

7. Koneksi Internet

Tentu saja poin ini tidak kalah penting, karena untuk melakukan live streaming Kamu mesti memiliki kuota internet. Namun pertanyaannya, berapa besar kecepatan saluran internet untuk melaksanakan streaming di Youtube? Tentu saja kian besar kecepatan internet akan makin baik, tetapi dengan paket cuma sebesar 10Mbps saja untuk 1 perangkat yang digunakan live streaming telah cukup.

8. Pencahayaan atau Lampu

Untuk gaming, umumnya live streaming akan dilaksanakan secara indoor di dalam ruangan. Karena itulah, Kamu membutuhkan pencahayaan atau lampu yang berkualita baik. Adapun penggunaan lampu rata-rata menggunakan RingLight 26.

Baca Juga:   Cara Melihat History Youtube Yang Telah Dihapus

9. Aplikasi Editing Video

Agar Kamu mampu mengedit latar belakang hijau agar nantinya diganti dengan tampilan game, maka Kamu memerlukan software editing video mirip Adobe Premiere Pro atau Filmora.

Cara Live Streaming di Youtube

Cara Live Streaming di Youtube 300x180 - Cara Live Streaming Di Youtube
Melakukan Live Streaming di Youtube

Melakukan Live Streaming di Youtube

Seperti kita ketahui, OBS (Open Broadcast Software) ialah salah satu software untuk penunjang live streaming. Software ini sesungguhnya memiliki karakteristik open source, karenanya mampu dipakai oleh siapapun untuk mempermudah pekerjaannya. Selain OBS, bergotong-royong Kamu bisa menggunakan aplikas lainnya seperti Vmix atau Xsplit misalnya. Tapi yang hendak kita bahas di sini yaitu cara live streaming di Youtube tanpa menggunakan OBS dan dengan OBS.

1. Cara Melakukan Live Streaming di Youtube Tanpa OBS

Namun untuk cara live streaming di Youtube ini, Kita bisa menjajal tanpa memakai OBS apalagi dahulu. Seperti apa langkah-langkahnya? Simak tutorialnya berikut :

  • Silahkan buka dan masuk ke akun channel Youtube-mu.
  • Ketuk ikon kamera yang terletak di pojok bab atas.
  • Lalu tekan “Live Streaming”. Apabila Kamu baru melaksanakan streaming pertama kali, silahkan tunggu hingga 24 jam lamanya agar layanan live streaming mampu diaktifkan.
  • Jika Kamu ingin memulai live streaming, silahkan ketuk “MULAI”.
  • Selanjutnya Kamu akan diminta menentukan, apakah menggunakan aplikasi/software streaming atau webcam bawaan. Bagi pemula mampu menjajal tanpa aplikasi dengan menentukan opsi webcam bawaan lalu klik “MULAI”.
  • Silahkan isi judul, deskripsi live streaming dan pilih kategori konten  apakah untuk cukup umur atau belum dewasa.
  • Klik “Next” atau “Selanjutnya”.
  • Silahkan klik “Selesai” untuk menyelesaikan live streaming di Youtube.

2. Cara Melakukan Live Streaming di Youtube Dengan OBS

Jika Kamu ingin memakai aplikas OBS untuk membantumu melakukan live streaming di Youtube, maka Kamu bisa mencoba langkah-langkahnya berikut ini :

  • Silahkan unduh terlebih dahulu OBS Studio.
  • Setelah itu, ketuk ikon kamera di ujung atas.
  • Jika telah, pilih “Live Streaming”.
  • Lalu isi deskripsi, judul, monetisasi, thumbnail, jadwal dan kategori konten yang Kamu buat.
  • Ketuk “Buat Streaming”.
  • Selanjutnya buka OBS Studio App.
  • Lalu pilih opsi settings dan pilih lagi stream.
  • Pada pilihan Stream key, tinggal copy paste pada laman Youtube Studio.
  • Ketuk Start Streaming.

Melalui santunan software Live Streaming baik itu OBS, Vmix dan Xsplit, maka ketika streaming video akan jarang buffering.

Kenapa Tidak Bisa Melakukan Streaming di Youtube?

Ada beberapa penyebab atau alasan tidak mampu melaksanakan streaming. Mulai dari tidak menyanggupi ketentuan dan terkena pembatasan fitur live streaming. Berikut penjelasan lengkapnya :

Baca Juga:   Cara Live Streaming Youtube Tanpa 1000 Subscriber

1. Alasan Tidak Memenuhi Ketentuan dan Syarat

Seperti sudah diterangkan di atas sebelumnya bahwa untuk melakukan streaming harus menggunakan iPhone atau Hp android, dengan setidaknya channel Youtube-mu telah memiliki 1.000 subscriber minimal.

2. Pembatasan Live Streaming

Kamu tidak dapat melaksanakan streaming di Youtube manapun pada 1 akun, jika akun Youtube-mu mengalami pembatasan. Biasanya Youtube akan menunjukkan notifikasi bahwa jalan masuk fitur live streaming di Youtube-mu telah dibatasi. Adapun penyebab terjadinya pembatasan ini adalah bisa dikatakan oleh pelanggaran hak cipta dan mendapat teguran pemikiran dari komunitas.

Itulah beberapa peraturan supaya live streaming yang Kamu kerjakan di Youtube mampu dikerjakan dengan tanpa hambatan tanpa kendala. Selain  dari pihak Youtube sendiri, Kamu harus menentukan koneksi internetmu stabil, sehingga proses live streaming  berlangsung tanpa hambatan apapun. Semoga ulasan cara live streaming di Youtube mirip yang sudah dijelaskan di atas berguna, selamat menjajal !