May 16, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Log Out Dari Gmail

Cara Logout dari Gmail 300x179 - Cara Log Out Dari Gmail

Dengan banyaknya layanan Google yang mengandalkan Gmail atau akun Google, menciptakan banyak orang dapat mengaksesnya di berbagai macam perangkat. Tak hanya dari perangkat ponsel pintar saja, tak sedikit pengguna Gmail berseliweran memakai perangkat komputer publik semisal warnet atau yang yang lain. Pastinya, akun Gmail berisi data-data private tersebut mampu disalahgunakan. Inilah pentingnya cara log out dari Gmail.

Kenapa Harus Keluar dari Akun Gmail?

Sebenarnya untuk masuk ke akun Gmail sangat gampang, meskipun pengawalan yang telah diterapkan cukup berbelit. Hanya saja untuk logout dari Gmail kerap kali banyak dianggap remeh para penggunanya.Sehingga banyak orang yang melewatkan cara log out dari Gmail. Lebih parahnya, walaupun pengguna sudah tahu cara untuk keluar dari Gmail, kadang kala kelupaan mengeluarkan akun Gmail tersebut eksklusif lewat perangkat yang juga diakses orang lain.

Ketika akun Gmailmu diakses orang lain, orang tersebut mampu saja dengan leluasa dapat menyaksikan inbox Gmail-mu. Apalagi jikalau pesan tersebut berisi info penting. Tak cuma mampu melihat isi percakapan di email bareng kenalanmu, pihak yang tidak bertanggung jawab juga mampu mengakses layanan transaksi keuangan serta layanan-layanan yang bersifat diam-diam atau penting yang lain. Oleh alasannya adalah itu, penting sekali mengetahui cara logout dari Gmail.

Cara Log Out dari Gmail

Cara Logout dari Gmail 300x179 - Cara Log Out Dari Gmail
Cara Keluar dari Gmail

Bagaimana Cara Keluar dari Gmail?

Akses menuju layanan Gmail di perangkat komputer dapat dijalankan lewat aplikasi Google Mail yang telah diinstal pada sistem operasi serta melalui browser atau perambatn baik di Mozilla Firefox, Google Chrome, maupun yang lainnya. Sehingga cara logout-nya juga harus disesuaikan dengan tata cara yang Kamu pakai untuk  dapat mengakses layanan Google Mail tersebut.

Baca Juga:   Cara Membuat Akun Paypal, Mendapatkan Pembayaran Tanpa Kartu Kredit

1. Cara Keluar dari Gmail di PC/Komputer

Jika Kamu menginstal aplikasi Google Mail di PC-mu, maka cara log out dari Gmail yang dapat Kamu kerjakan sangat gampang. Berikut ulasannya :

  • Silahkan ketuk atau klik di gambar akun Google Mail-mu yang biasanya terletak di samping kanan bab atas pada tampilan aplikasi Gmail. Gambar tersebut lazimnya memuat identitas atau paras yang diikuti oleh alamat atau nama akun Gmail milik pengguna.
  • Untuk selanjutnya, tinggal klik “Sign Out” jikalau Kamu ingin keluar dari akun Gmail di PC.

Kamu juga dapat menghapus akun-akun Google Mail yang sudah tersimpan pada aplikasi sekaligus. Adapun caranya nyaris sama mirip langkah-langkah di atas.

  • Ketuk atau klik di gambar akun Google Mail milikmu yang terletak di pojok, dan Kamu akan ditampilkan beberapa akun Gmail yang tersimpan lainnya. Silahkan klik gambar akun Gmail yang lain yang mau Kamu hapus aksesnya pada aplikasi Gmail di PC.
  • Jika telah menampilkan akun yang dimaksud, ketuk “Sign Out”.

2. Cara Keluar dari Gmail dari Browser di PC

Layanan Gmail pun dapat diakses langsung dari browser, entah itu diakses lewat bookmark, ekstensi atauupun speed dial dan add ons dalam aplikasi browser. Menariknya, cara untuk menggunakan Gmail sendiri cukup konsisten meskipun diakses lewat browser. Ini artinya, Kamu mampu menerapkan beberapa langkah yang serupa seperti yang sudah diterangkan sebelumnya untuk keluar dari Gmail melalui browser. Caranya tinggal cari gambar atau foto akun Gmailmu dan klik “Sign Out”.

3. Cara Keluar dari Gmail Secara Remote

Untuk masalah lain, mungkin Kamu baru ingat bahwa Kamu belum sempat keluar dari akun Gmail menggunakan perangkat komputer yan telah tak mampu dijangkau kembali. Maka dari itu, Kamu tetap mampu melaksanakan cara log out dari Gmail secara remote atau dalam jarak jauh semoga kanal menuju akun Gmailmu tetap kondusif. Berikut ulasannya :

  • Pertama-tama silahkan login menuju akun Gmail yang ada di perangkat PC-mu yang Kamu jangkau sekarang ini dengan gulir ke bawah hingga menemukan tombol “Details” di samping “Last Account Activity”.
  • Silahkan ketuk “Sign out all other web sessions” di jendela baru.
  • Selanjutnya akan mengakiri seluruh sesi yang sudah disimpan di seluruh perangkat yang lain di luar perangkat yang Kamu pakai ketika ini.
Baca Juga:   5 Sumbangan Online Pemerintah Terbaik, Telah Ada Izin Ojk

4. Mencabut Akses ke Akun Gmailmu

Sebenarnya tak ada cara keluar dari akun Gmail memakai akun utama pada perangkat android. Tapi, Kamu mampu mencegah perangkat untuk mengakses semua akun Google-mu, seperti Gmailmu. Hal ini sungguh penting dan berkhasiat saat Kamu kehilangan ponsel atau laptop atau lupa melakukan logout dari laptop teman contohnya. Berikut cara cabut terusan ke akun Gmail milikmu.

  • Pada komputer, silahkan buka akun Gmail milikmu.
  • Ketuk atau klik gambar profil Gmailmu yang berada di samping sudut kanan bagian atas pada halaman.
  • Klik  “Google Account”.
  • Silahkan peroleh opsi “Security”.
  • Gulir layar ke bawah pada “Your Device” dan masuk ke pilihan “manage device”.
  • Sentuh atau klik entri pada perangkat yang mau Kamu blokir jalan masuk ke akun Google Mail milikmu.
  • Di samping saluran akun, tekan tombol “remove” yang berwarna merah.
  • Ketuk “remove” untuk mengonfirmasi sekali lagi.

5. Cara Keluar Akun Google Mail Pada Aplikasi Mail di iPad dan iPhone

Jika Kamu ingin keluar akun Gmail di aplikasi mail yang terdapat pada iPad dan iPhone, silahkan ikuti tutorial di bawah ini :

  • Langkah pertama yang bisa Kamu lakukan yakni,  silahkan terusan pengaturan di aplikasi Pengaturan atau Settings baik di iPad maupun iPhone.
  • Jika sudah, selanjutnya masuk ke pilihan “Mail” lalu masuk ke “Accounts” dan pilih akun Gmail yang ingin di logout.
  • Setelah itu, silahkan tap di menu “Delete Account” atau Hapus Akun.
  • Selanjutnya, Kamu tinggal memeriksa aplikasi Mail kembali dan silahkan lihat kesannya.

Ada banyak pengguna iPhone yang menduga kalau tombol delete account atau hapus akun justru menghapus akun Gmail secara permanen, bergotong-royong ini tidak benar. Dimana fungsi dari Hapus Akun disini adalah untuk mengeluarkan atau logout akun Gmail di aplikasi Mail yang ada di iPad atau iPhone.

6. Cara Keluar dari Gmail Lewat Aplikasi Gmail di iPad dan iPhone

Untuk cara berikut ini terutama bagi Kamu yang hendak melaksanakan logout Gmail pada aplikasi Gmail yang ada di iPad dan iPhone. Simak ulasannya disini :

Baca Juga:   Cara Menghapus Akun Gmail Di Android

  • Silahkan buka aplikasi Google Mail yang sudah terpasang di iPad atau iPhone.
  • Selanjutnya, Kamu tinggal melakukan tap ikon pada akun Gmail-mu. Biasanya terletak di pojok kanan bagian atas pada layar.
  • Setelah itu, Kamu tinggal menentukan opsi “Kelola Akun Pada Perangkat Ini”.
  • Langkah berikutnya, tekan “Hapus dari perangkat ini”.

Apabila Kamu ingin menyertakan akun Gmail kembali pada aplikasi Gmail, Kamu tinggal masuk lagi ke pilihan kelola akun Gmail sebeumnya dan pilih opsi “Tambahkan Akun Lain”.

Demikianlah 6 cara log out dari Gmail lewat komputer dan smartphone beserta cara cabut terusan ke Gmail supaya lebih aman saat Kamu lupa mengeluarkan akun Gmailmu dari perangkat lain. Kamu bisa memilih salah satu cara di atas tergantung dari perangkat yang dipakai!