counter create hit

Cara Login, Scan QR Code dan Penjelasan Warna Indikator di Aplikasi PeduliLindungi

Bagikan:

KichanHelp.com – Pandemi memang masih belum berakhir, namun saat ini ada sejumlah cara yang sudah mulai dilakukan agar kita bisa mulai bangkit dan hidup berdampingan bersama virus corona. Salah satu cara terpenting adalah dengan melakukan vaksinasi COVID-19. Apakah Kamu sudah melakukan vaksin? Jangan ditunda-tunda ya!

Nah, semakin banyaknya orang yang sudah melakukan vaksin dan seiring berkurangnya tingkat kasus positif COVID-19, pemerintah pun mulai kembali membuka beberapa mal, restoran, dan pusat perbelanjaan. Uji coba pembukaan mal ini dilakukan di wilayah PPKM level 4.  Kapasitas pengunjung pun dibatasi maksimal 25%. Anak berusia di bawah 12 tahun dan orang tua berusia 70 tahun ke atas dilarang untuk masuk mal.

Untuk bisa masuk ke mal, ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan yaitu pengunjung harus sudah divaksin, menunjukan sertifikat vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi, serta scan barcode yang ada di pintu masuk mal melalui aplikasi tersebut.

Cara Membuat Akun di Aplikasi PeduliLindungi

  • Buka aplikasi PeduliLindungi lewat smartphone Kamu (Android/iOS) dan pastikan fitur GPS sudah diaktifkan
  • Isi nama lengkap dan nomor HP Kamu di kolom yang tersedia
  • Kamu akan menerima kode OTP yang dikirimkan melalui SMS
  • Buka kembali aplikasi PeduliLindungi, kemudian masukkan kode OTP tersebut di kolom yang tersedia
  • Setelah selesai membuat akun, Kamu akan menjumpai halaman utama (berkamu)

Cara Scan QR Code di Aplikasi PeduliLindungi untuk Keluar Masuk Mal

  1. Buka aplikasi PeduliLindungi yang sudah di-download di smartphone Kamu
  2. Login menggunakan data pribadi yang diminta seperti email atau nomor telepon yang digunakan saat mendaftar vaksinasi (jika sudah, lewati langkah ini)
  3. Di halaman utama aplikasi PeduliLindungi, terdapat menu Scan QR Code di bagian atas peta. Setelah itu, tekan dan kemudian scan QR Code yang ada di pintu masuk mal. Lalu, klik Check-In.
  4. Setelah melakukan scan QR Code, akan keluar tiket check in yang menunjukkan warna tertentu. Warna hijau boleh masuk, warna kuning akan diverifikasi ulang, dan warna merah tidak akan diizinkan masuk. Tunjukkan hasil scan QR Code Kamu kepada petugas penjaga mal.
  5. Saat keluar mal, jangan lupa untuk melakukan scan QR Code untuk check-out. Hal ini dilakukan agar Kamu bisa masuk ke gedung lainnya.
Baca Juga:   Beli Pulsa Di Mytelkomsel Untuk Nomor Telkomsel Lain, Caranya?

Daftar Warna Indikasi Hasil Scan QR Code

  1. Warna hijau: menunjukkan bahwa Kamu sudah vaksin dua kali, tidak dalam status positif Covid-19, dan tidak melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19
  2. Warna kuning: menunjukkan bahwa Kamu baru mendapatkan vaksinasi dosis pertama
  3. Warna merah: menunjukkan bahwa Kamu belum pernah divaksin, sedang dalam kondisi positif Covid-19, atau telah melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19

Cara Download Sertifikat Vaksinasi Covid-19 di Aplikasi PeduliLindungi

  1. Pastikan Kamu sudah menginstall aplikasi PeduliLindungi di smartphone Kamu
  2. Login di aplikasi PeduliLindungi dengan nomor HP atau email Kamu (jika sudah, lewati langkah ini)
  3. Pada halaman utama aplikasi, klik Akun di bagian kanan atas
  4. Pilih Sertifikat Vaksin
  5. Lalu, klik Nama Kamu untuk memunculkan sertifikat vaksin
  6. Pilih sertifikat yang ingin Kamu download
  7. Kemudian klik Unduh Sertifikat untuk menyimpan sertifikat vaksin Covid-19

Untuk bisa masuk ke mal atau fasilitas umum lainnya yang mengharuskan Kamu untuk memperlihatkan sertifikat vaksin, pastikan data vaksinasi Kamu sudah tercatat di dalam aplikasi PeduliLindungi. Jika belum, Kamu bisa menghubungi hotline Kementerian Kesehatan di 119 atau email sertifikat@pedulilindungi.id untuk dilakukan upload data.

Patut Kamu ketahui, saat berada di dalam mal, restoran, atau tempat umum lainnya pengunjung juga tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kamu tetap wajib menggunakan masker, menjaga jarak minimal 1,5 meter, dan rajin mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer. Ingat, virus corona masih ada di sekitar kita. So, jangan sampai Kamu lalai dan melonggarkan protokol kesehatan ya. Yuk, terus jaga kesehatan!


Bagikan:
close