May 18, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ngopi Santai

Cara Absen Di E-Learning

maxresdefault 2 200x112 - Cara Absen Di E-Learning

KichanHelp.com – Metode pembelajaran secara elektronik ini, banyak ditemui di kalangan kampus. Kalau di Sekolah Menengah ke Atas hingga dengan tingkatan SD, pada umumnya memakai dukungan dari Classroom. Buat kalian yang sudah menjadi seorang mahasiswa, wajib banget pahami bagaimana cara absen di elearning. Supaya, absensi atau nilai kehadiran kamu jadi tidak nol.

Pengajaran berbasis situs web tersebut, bisa kalian kanal melalui smartphone, PC, atau laptop. Akan namun, kamu mesti sempurna waktu. Pasalnya, kalau dosen telah menentukan berapa lama seorang mahasiswa mampu melakukan soal. Sistem mampu pribadi tertutup  secara otomatis, tanpa menunggu hingga user bisa menuntaskan soalnya. Artinya, harus amati waktu!

Untungnya, walaupun terasa sangat dikejar oleh waktu. Tenaga pengajar memiliki kuasa yang cukup besar untuk mampu berikan keringanan embel-embel bagi mahasiswanya. Oleh karena itu, kalian jangan eksklusif cemas. Siapa tahu kan, ada pergantian yang terjadi. Kemudian, user harus memakai NIM untuk nama pengguna. Kata sandi di elearning sendiri, bisa diganti.

Cara Absen di E-Learning

maxresdefault 2 200x112 - Cara Absen Di E-Learning
Cara Absen di E-Learning

 

Cara Absen di Elearning yang Telat

Buat kalian yang telah terbiasa di zona tenteram, dan seringkali lupa bila ketika itu ialah hari untuk masuk sekolah. Tenang, kau tetap mampu bermalas-malasan, asalkan ketika waktunya ulangan serta melaksanakan peran dijalankan secara mampu berdiri diatas kaki sendiri ya… Tips yang akan diterangkan berikut, cuma berlaku untuk pengisian ketidakhadiran di kelas saja. Bukan BOT yang bisa menjawab pertanyaan.

Cara mangkir di elearning yang terlambat, mampu kalian kerjakan melalui perangkat ponsel pintar. Tidak perlu menggunakan PC/ laptop. Caranya juga cukup praktis. Kalau penampilan di layar terlihat terpotong, kamu bisa klik titik tiga vertikal yang berada di pojok kanan paling atas. Lalu, tap Dekstop site sampai muncul tanda centang di samping tulisannya. Simak penjelasannya disini.

  • Tekan bagian paling atas di luar kotak (sembarang tempat) untuk mengaktifkan mode perubahannya
  • Kemudian, tekan tanda + tambahkan suatu kegiatan atau sumber data. Posisinya, berada di paling bawah sebelah kanan layar
  • Lanjutkan cara bolos elearning secara otomatis, dengan memasukkan judul bolos di kolom nama. Pengisian kolom di bawahnya, mampu diubahsuaikan keperluan kalian masing-masing
  • Selesai mengisi semua kolom tersebut, kalian bisa pindah ke proses selanjutnya. Yaitu, dengan pilih tombol “Simpan dan Kembali ke Kursus”
  • Lalu, pilih di bagian topik absensi pada matakuliah yang kalian ikuti
  • Layar akan menunjukkan penampilan untuk mengganti atau edit atau menambahkan ketidakhadiran di kelas dan mata kuliah tertentu  (Attendance for The Course)
  • Pada kolom session, tampak semua kolom isinya kosong. Lalu, kalian pilih “Add atau Tambahkan” untuk diarahkan ke performa selanjutnya
  • Klik atau centang “Create Multiple Sessions”, dan centang juga di bagian “Allow Student to Record Own Attandace”. Isi kolom session date, session end date, frequency
  • Di bagian opsi “Duration”, dan “Session Days” dapat kalian pastikan sendiri sesuai keperluan pembelajaran
  • Selesai lakukan edit di kolom session, kalian tinggal teruskan dengan pilih “Add Session”. Nanti, secara otomatis secara terencana sesuai dengan frekunsi yang telah diisi akan timbul kolom ketidakhadiran di waktu tersebut
  • Lihat prosesnya, sama mirip saat kalian belum menggunakan trik cara bolos di elearning yang sudah dijelaskan di atas
  • Nanti, akan tampak tanda yang beda dibandingkan ketika kalian lakukan secara manual
  • Kamu bisa pribadi mengubahnya di sajian setelan atau pengaturan mangkir (setting). Ganti akrnoym , nilai, serta informasi pada bab tersebut
  • Beres mengisi semua kolom. Kemudian, pilih tombol perbaharui atau “update”. Bisa juga dengan menambahkan keterangan lain pada kotak “Add
  • Selesai melaksanakan perubahan, diamkan sampai mahasiswa di mata kuliah tersebut dapat kerjakan absensi secara mampu berdiri diatas kaki sendiri.
Baca Juga:   Cara Isi Pulsa Melalui Atm Btn (Telkomsel, Indosat, Xl, Smartfren)

Cara Absen di Elearning Madrasah

Pembelajaran dengan rancangan teknologi atau yang lebih sering disebut dengan elearning ini, secara lazim diaplikasikan di dunia pendidikan. Termasuk juga, sekolah-sekolah madrasah yang notabengenya mengedepankan pelajaran sambil menjunjung tinggi nilai agama islam. Oleh sebab itu, siswa-siswi yang bersekolah di tempatnya mendapat julukan sebagai santri.

Terlepas dari apa yang diajarkan oleh sekolahan madrasah, dan julukan yang diberikan oleh penduduk bagi mereka yang berperan sebagai tenaga pengajar ataupun murid. Ada hal yang jauh lebih penting untuk diketahui. Ya, bagaimana cara absen di elearning madrasah. Perihal, caranya, kerap kali kamu akan memperoleh penampilan yang berlainan. Tergantung dari kampus.

Namun, sebagian besar caranya hampir mirip dengan apa yang telah diterangkan sebelumnya. Kali ini, hal yang mau dibahas masih seputar elearning. Hanya saja,  bukan pengertian atau trik untuk isi absensinya. Melainkan, apa saja manfaat yang bisa dinikmati oleh orang yang memakai sistem belajar berbasis teknologi tersebut. Berikut, penjelasan selengkapnya!

1. Model Belajar dengan Konsep Mandiri

Siapapun kalian, selama sudah terikat atau tergabung dengan lingkup sekolah. Pasti akan ada saatnya untuk mengikuti kegiatan belajar yang berdasarkan kurikulum saat itu. Kebetulan nih, kurikulumnya banyak yang lebih menuntut para siswa atau mahasiswa untuk mampu kerjakan pembuatan tugas secara mandiri. Artinya, tenaga pengajar mampu memberikan dasarnya saja.

Apakah kau berhasil atau tidak dalam mengerti, dan menjalankan tugas di kemudian hari. Hal tersebut, bukan tanggung jawab dari pihak pengajar. Melainkan, diri kalian sendiri. Loh kok begitu? Ya memang, soalnya kurikulum yang dibuat intinya ingin melihat siswa-siswi aktif di setiap mata pelajaran yang dirinya ikuti. Kalau tidak mengetahui, mesti bertanya.

2. Biaya yang Dikeluarkan Jauh Lebih Hemat

Kalau kita diskusikan soal budget yang dikeluarkan, pasti tanggapan dari pihak penyelenggara atau administrasi akan lebih memilih untuk melanjutkan budaya pembelajaran elearning. Ya, soalnya biaya yang dikeluarkan dalam pengoperasinnya tidak membesar. Dana yang ada mampu diakumulasikan secara efisien ke bab kemudahan ataupun sarana yang lain. Hemat deh…

Baca Juga:   Cara Transfer Kuota Telkomsel Nomor Lain

Pokoknya, apabila kalian kalkulasikan biaya yang dibutuhkan ketika pelajaran tatap tampang secara eksklusif dengan model elearning. Pasti, rupiah yang dikeluarkan bisa jauh lebih ekonomis bukan? Nah, itulah yang diperlukan oleh para pekerja administrasi. Sehingga, budget dapat ditingkatkan untuk keperluan yang lebih penting. Contoh, beasiswa atau perbaikan sarana.

3. Waktu Belajar yang Fleksibel

Selain itu, manfaat yang mampu dirasakan oleh para siswa atau mahasiswanya terletak di jam pembelajaran. Ini penting! Mengingat banyak orang yang mengambil kuliah di suatu universitas sambil melakukan pekerjaan. Artinya, di satu sisi mereka butuh untuk menuntut ilmu. Namun, di segi lain dirinya juga mesti mencari duit demi menyanggupi keperluan hidup.

Oleh sebab itu, waktu berguru yang fleksibel menggunakan tata cara elearning sungguh menenteng dampak kasatmata bagi mereka yang kesusahan membagi waktu dengan pekerjaan. Selain kita bisa temukan hal baiknya, ternyata ada juga negatif yang ditimbulkan. Tapi, tergantung dari kepribadian masing-masing. Beberapa diantaranya ada yang menyepelekan dan acuh tak hirau.

So, kalian mau jadi siswa yang tetap patuh walaupun tidak berhadapan langsung dengan para tenaga pengajar, atau malah sebaliknya. Ingat! Biaya pendidikan itu mahal loh.. jangan kamu sia-siakan ya.. Sudah paham kan cara mangkir di elearning? Sekian perjumpaan kita kali ini. Semoga bermanfaat. See you on the next topics. Bye bye!