Cara Melacak Eksistensi Seseorang Melalui Whatsapp - KichanHelp

Cara Melacak Eksistensi Seseorang Melalui Whatsapp

Bagikan:

Saat ada kontak yang tidak dikenal di WhatsApp yang datang-datang saja mengantarkan chat misalnya. Lalu Kamu ingin mengetahui eksistensi atau lokasi orang tersebut, maka Kamu mampu menjajal cara melacak keberadaan seseorang lewat WhatsApp. Sebenarnya cara ini juga bisa dilaksanakan kalau Kamu ingin melacak orang terdekat.

Pasalnya, hanya berbekal aplikasi WhatsApp Kamu kini telah bisa melacak lokasi keberadaan seseorang dengan gampang. Kamu bisa mencoba cara melacak eksistensi seseorang melalui Whatsapp dengan panduan berikut!

Cara Melacak Keberadaan Seseorang Melalui WhatsApp

Cara Melacak Keberadaan Seseorang Melalui WhatsApp 300x150 - Cara Melacak Eksistensi Seseorang Melalui Whatsapp
Melacka Keberadaan Seseorang Melalui WhatsApp

Melacak Keberadaan Seseorang via WhatsApp

Selain melacak orang tak dikenal, kita kadang kala concern dengan eksistensi orang yang kita sayangi, baik itu adik, kakak, pacar atau suami/istri. Dengan menggunakan WhatsApp, Kamu dapat mengetahui keberadaan mereka secara realtime. Jika Kamu ingin tau, berikut cara melacak keberadaan seseorang melalui WhatsApp di bawah ini!

1.  Tutorial Melacak Nomor WhatsApp yang Tidak Kamu Kenal

Adapun cara melacak keberadaan seseorang lewat WhatsApp yang pertama adalah, Kamu harus menyimpan kontak WA orang yang mau Kamu lacak keberadaannya apalagi dahulu. Kamu harus ingat bahwa cara ini berlaku hanya apabila nomor hp tersebut memiliki akun WA, dengan begitu Kamu mampu melihat nama beserta datanya.

Bagi yang penasaran dengan caranya, silahkan simak ulasan lengkapnya di bawah ini :

  • Apabila Kamu dihubungi oleh nomor biasa, seharusnya simpan nomor hp tersebut ke dalam kontak ponsel apalagi dulu.
  • Lalu buka aplikasi WA lalu cari kontak dan bila memperoleh akun WhatsApp-nya, silahkan klik akun WA tersebut.
  • Se;anjutnya Kamu bisa melihat nama pada kontak WA di “About and Phone Number” kalau pemilik memperlihatkan namanya di profil WhatsApp.
Baca Juga:   Cara Ubah Nada Notifikasi Chatting Line Dengan Lagu Di Android

Jadi mampu ditarik kesimpulan bahwa untuk melacak eksistensi seseorang yang gres Kamu kenal atau bahkan tidak dikenal via nomor WhatsApp sendiri akan sukar dilakukan. Kamu cuma mampu melihat nama kontak dan nomornya saja di kontak WhatsApp yang ada.

Kalaupun mungkin bisa dicek lewat status orang tersebut, biasanya nomor kontak WA Kamu mesti disimpan oleh orang tersebut. Baru Kamu mampu menyaksikan statusnya dan memeriksa keberadaannya.

2. Tutorial Melacak Keberadaan Seseorang Melalui Live Location WhatsApp

Cara melacak keberadaan seseorang melalui WhatsApp ini mampu Kamu coba dan mampu betul-betul bekerja. Maksud dari melacak di sini tentunya berlainan dari menyadap. Karena maksudnya yaitu memonitor keberadaan akun WhatsApp yang sudah berteman denganmu. Dengan kata lain mirip melacak adik, saudara, abang, pacar atau suami/istri.

Untuk mengenali keberadaan lokasi seseorang dengan cara real time, tentu saja Kamu wajib meminta izin orang yang ingin Kamu cari lewat fitur WhatsApp Live Location. Adapun cara mengaktifkan live location di WhatsApp sendiri sangat mudah, diantaranya :

  • Pertama-tama silahnya nyalakan aplikasi WhatsApp Kamu lalu pilih orang atau grup yang ingin Kamu berikan lokasi terkini atau live location. Jika telah, ketuk paperclip di bawah dan pilih lokasi. Jika ingin membagikan pilihan live location, Kamu cuma perlu memilih opsi “Berbagi lokasi terkini”.
  • Setelah itu, Kamu mampu menentukan lamanya waktu live location di WhatsApp sekaligus mengisi pesan yang akan disampaikan.
  • Cara ketiga, silahkan tekan tombol send jikalau ingin mengirimkan link lokasi Kamu. Kamu harus tahu bahwa lokasi Kamu akan berganti jika Kamu berubah posisi. Dimana pengantaran fitur live location ini secara otomatis akan terhenti jika durasi waktunya sudah habis. Kamu juga dapat mengentikannya dengan menentukan “Berhenti Berbagi”.

3. Tutorial Melacak Keberadaan Seseorang Melalui WhatsApp via GPS

Kamu juga dapat mencoba cara melacak eksistensi seseorang lewat WhatsApp via GPS. Kamu bisa mempergunakan Google Maps dalam hal ini. Untuk itu, silahkan ikuti tutorialnya :

  • Silahkan buka Google Maps.
  • Pastikan semoga hp sudah terhubung pada jaringan internet lebih dahulu.
  • Kamu bisa mengendalikan koneksi internet berdasarkan time based.
  • Sebaiknya jangan mengendalikan jaringan internet sesuai jumlah data internet yang dipakai.
  • Ketuk di sajian option setelah aplikasi Google Maps Kamu terbuka.
  • Silahkan masuk ke opsi Friend List atau Daftar Teman.
  • Kamu mampu memperbesar  Add Friend atau Tambah Teman.
  • Kemudian undang seseorang yang hendak Kamu lacak posisinya.
  • Silahkan tunggu sampai seseorang yang mau diketahui posisinya sudah menerima seruan.
  • Ketuk di kontak target atau orang yang hendak dilacak.
  • Tunggu aplikasi Google Maps berhasil melacak nomor ponsel yang sudah ditargetkan.
Baca Juga:   Cara Merawat Kucing Kecil

4. Tutorial Melacak Keberadaan Seseorang Melalui WhatsApp dengan WhatsApp Web

Cara melacak keberadaan seseorang lewat WhatsApp lainnya yaitu bisa dikerjakan lewat WhatsApp Web. WhatsApp Web ialah mediator untuk menegcek eksistensi seseorang lewat alamat Ip pengguna WA.

Adapun caranya, tinggal melaksanakan chattingan melalui WhatsApp web. Setelah itu, tentukan Kamu telah menutup semua aplikasi hp yang sedang berjalan di background. Jika kebingungan, Kamu mampu memasuki task manager lalu tutup semuanya saja.

Setelah itu, silahkan buka command prompt, kemudian silahkan ketikan nestat-an. Selanjutnya akan muncul aneka macam info, termasuk IP pengguna WA web itu sendiri. Baik itu, sahabat Kamu sendiri atau orang lain.

Lalu jangan lupa catat IP Addres yang muncul pada CMD tersebut pribadi di kertas Kamu. Sesudah Kamu mencatat atau menulisnya, langkah terakhir yang bisa dilakukan ialah mendatangi link http://www.ip-adress.com/ip_tracer/.

Link tersebut di atas berguna untuk melacak eksistensi seseorang lewat IP Address yang dipakai seseorang dengan mudah dan cepat.Bagaimana, sangat mudah bukan?

Sebenarnya cara yang paling ampuh untuk melacak keberadaan seseorang diantara keempat cara di atas ialah lewat fitur live location, dengan menggunakan layanan “Berbagi Lokasi Terkini” di WhatsApp.

Persyaratan yang Diperlukan Untuk Memakai Fitur Live Location di WhatsApp

Untuk memanfaatkan layanan pelacakan lokasi di WA, ada standar yang wajib Kamu penuhi. Adapun persyaratannya ialah sebagai berikut :

  • Kedua pihak atau akun WhatsApp terkait mesti saling mengetahui perihal pembagian lokasi. Sehingga tidak ada seorangpun yang mampu menyalaghgunakannya.
  • Kamu dapat melaksanakan pelacakan posisi seseorang ketika mereka sudah membagikan lokasi eksistensi mereka dengan sadar di akunmu.
  • Durasi pelacakan untuk lokasi di WhatsApp sendiri sudah dikontrol pihak yang telah membaginya dan umumnya terbatas optimal selama 8 jam.

Kelebihan Fitur Live Location di WhatsApp

Meskipun ada keterbatasan, namun layanan pelacakan lokasi di aplikasi WhatsApp memiliki beberapa keunggulan. Namun yang utama yaitu fitur tersebut harus mengedepankan transparansi dan kesepakatan. Karena pengguna tak akan dapat melacak seseorang membisu-diam.

Selain itu, pembagian lokasi biasanya cuma dapat dikerjakan pemilik akun. Sama halnya dengan durasi pembagian lokasi itu sendiri. Sehingga, kemungkinan terjadinya penyalahgunaan fitur tersebut dapat diminimalkan. Keamanan dan privasi pengguna pun mampu tersadar.

Baca Juga:   Cara Membuat Link Invite Whatsapp

Di samping itu, live location di WhatsApp lazimnya bekerja dengan maksimal tanpa hambatan. Melalui fitur ini, kamu mampu menyaksikan pergerakan akun WhatsApp yang dilacak dari satu lokasi ke lokasi yang lain dengan mudah dan lancar.

Demikianlah ulasan wacana cara melacak eksistensi seseorang melalui WhatsApp dengan mudah. Semoga berguna!


Bagikan:
close