May 19, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Melacak Mobil

Cara Melacak Mobil 300x200 - Cara Melacak Mobil

Bagaimana cara melacak mobil yang hilang biar cepat didapatkan? Ya, kendaraan beroda empat ialah barang glamor yang bernilai sungguh tinggi. Oleh karena itu, selain mesti merawatnya kita juga mesti menjaganya agar tidak hingga dicuri orang. Apalagi bagi Kamu yang menawarkan jasa sewa/rental mobil. Tentu saja Kamu harus telah melengkapinya dengan tata cara GPS.

Dengan melengkapi sistem GPS pada kendaraan beroda empat Kamu, tentu saja Kamu tak perlu cemas lagi untuk melakukan pelacakan keberadaan mobil tersebut. Jika telah kadung hilang, Kamu tetap mampu mengupayakan untuk mengenali keberadaannya melalui cara melacak kendaraan beroda empat.

Cara Melacak Mobil

Cara Melacak Mobil 300x200 - Cara Melacak Mobil
Melacak Mobil via GPS

Melacak Mobil yang Hilang

Setiap orang tentu akan merasa panik jikalau kehilangan benda berguna yang mereka miliki, apalagi bila kehilangan kendaraan beroda empat. Namun ketimbang cemas berlebihan tanpa menyelesaikan persoalan, seharusnya Kamu menjajal beberapa cara melacak mobil yang hilang berikut ini :

1. Melaporkan ke Polisi

Sebelum melanjutkan cara melacak kendaraan beroda empat, pastinya hal utama yang mesti Kamu lakukan adalah mesti melaporkan ke pihak polisi dengan secepatnya. Pihak kepolisian lazimnya akan langsung membuat laporan semoga bisa melakukan pelacakan kendaraan beroda empat secepat mungkin.

Dengan membuat laporan, pasti bisa menunjukkan potensi yang besar mendapatkan tunjangan dari pihak kepolisian selaku pihak yang mempunyai terusan kamera di area kemudian lintas. Lalu isu berharga di lapangan bisa diberikan secara eksklusif.

Sehingga, kesempatan kendaraan roda empat Kamu untuk ditemukan bisa lebih besar. Inilah pentingnya kenapa mesti melapor ke polisi pribadi sejak musibah kehilangan kendaraan beroda empat terjadi.

2. Menggunakan Plat Nomor Tanpa GPS

Sembari menunggu kabar dari pihak kepolisian, Kamu juga mampu berikhtiar mencari kendaraan beroda empat kesayanganmu menggunakan plat nomor. Seiring pertumbuhan teknologi, kini ada banyak situs web dan aplikasi yang bisa dipakai untuk melacak posisi kendaraan.

Baca Juga:   Admin Grup Whatsapp Ganti Nomor Apa Yang Hendak Terjadi?

Di samping itu, tak sedikit pula kita temui penyedia web layanan untuk melacak kendaraan yang makin meningkat . Kebanyakan situs tersebut sudah mengandalkan sistem GPS yang sudah terpasang di motor atau mobil Kamu.

Tapi tahukah Kamu ada situs web atau situs yang terkenal di golongan masyarakat khususnya Sumatera Barat, yaitu website melacak motor/kendaraan beroda empat yang hilang tanpa alat GPS. Inovasi ini telah diluncurkan pihak kepolisian tepatnya oleh Polres Payakumbuh, website ini sungguh membantu pemilik kendaraan yang sudah kehilangan kendaraannya.

Lewat situs web ini pihak kepolisian akan memberikan isu terkait kendaraan yang hilang. Jika Kamu ingin mengecek informasinya, silahkan kunjungi website di polrespayakumbuh.org.

Metode pelacakan ini bahu-membahu tidaklah susah, jika kamu telah berhasil memasuki situs resmi Polres Payakumbuh. Biasanya di pojok kanan bagian atas terdapat kolom penelusuran, inputkan saja info kendaraan penting seperti nomor mesin, nomor kendaraan dan sebagainya di kolom tersebut.

Apabila kendaraanmu ada di daerah tersebut, lazimnya akan pribadi timbul. Setelah itu, Kamu bisa menelepon kepolisian langsung. Namun tak perlu cemas, alasannya untuk mengambil kendaraan memang tidak akan dipungut ongkos sepeser pun. Tapi website ini hanya berlaku untuk area Sumatera Barat sementara waktu. Sedangkan untuk area lainnya bisa dicek pribadi lewat Polres setempat.

Memasang dan Melacak Mobil Dengan GPS Tracker

Seperti kita pahami bahwa kejahatan mampu datang kapan saja dan tidak pernah pandang bulu. Oleh karena itu, seharusnya Kamu melaksanakan persiapan terjadinya kehilangan mobil sebelum terjadi. Salah satunya dengan mempergunakan GPS Tracker.

1. Cara Instalasi GPS Tracker Mobil

Seiring pertumbuhan teknologi digital yang kian pesat, kini Kamu bisa mencicipi banyak manfaatnya sampai untuk kebutuhan faktor keamanan kendaraan. Melalui keberadaan GPS inilah, para pemilik kendaraan mampu selalu mengevaluasi keberadaan kendaraan ketika terjadi kehilangan. Sebelum melaksanakan cara melacak mobil, ketahui cara instalasi perangkat GPS tracker mobil terlebih dulu :

  • Silahkan menghubungkan hardware ke dalam catu daya.
  • Kamu mampu menggunakan aki atau baterai.
  • Jika memakai baterai, Kamu sebaiknya terus mengontrolnya.
  • Sedangkan kalau menggunakna aki, proses pemasangan lazimnya menjadi lebih rumit.
  • Silahkan sesuaikan keperluan.
  • Letakkan GPS kendaraan beroda empat di area yang tersembunyi.
  • Silahkan hubungkan alat GPS ke perangkat hpmu.
  • Daftarkan mobil Kamu ke server GPS.
  • Jika sudah terpasang, silahkan test drive.

Kamu dapat mencari server untuk mendaftar kendaraann semoga proses pelacakan menjadi lebih mudah. Seperti menambahkan nomor IMEI dan plat nomor mobil yang sudah dipasangkan oleh GPS Tracker.

Baca Juga:   Cara Membaca Not Balok

2. Melacak Mobil Dengan GPS Tracker

Jika Kamu sudah memasang GPS tracker kendaraan beroda empat, ada beberapa langkah cara melacak kendaraan beroda empat dengan alat GPS Tracker yang mampu dicoba. Tujuannya adalah agar software GPS tracker pada kendaraan dapat berfaedah lebih baik. Ini ia ulasannya :

  • Pertama-tama, tentukan perangkat GPS sudah terpasang pada kendaraan roda empat.
  • Unduh aplikasi GPS pribadi di perangkat ponsel pintar.
  • Kamu mampu mendaftarkan server apalagi dahulu.
  • Jika sudah, inputkan username berikut password-nya.
  • Silahkan pilih kendaraan yang telah Kamu daftarkan.
  • PIlih dan cari plat nomor kendaraan dan IMEI.
  • Ketuk di opsi “Plat Nomor” kendaraanmu.
  • Kamu pun akan mendapatkan informasi terkait mobilmu secara otomatis.
  • Adapun informasi ini umumnya perihal keadaan serta kendaraan beroda empat melaku.
  • Menariknya lagi, Kamu mampu mematikan mesin kendaraan.
  • Silahkan tekan off atau on saja.
  • Lalu Kamu pun akan menyaksikan riwayat lokasi kendaraan beroda empat.

Kecanggihan teknologi GPS tracker bisa membantumu melacak mobil atau kendaraan yang hilang. Oleh sebab itu, sangat direkomendasikan semoga Kmau terus mengaktifkan alat GPS di mobilmu. Tujuannya yaitu untuk berjaga-jaga biar keamanan mobilmu tetap terjaga.

3. Apa Saja Manfaat Memakai GPS Tracker di Mobil?

Agar Kamu lebih yakin memakai GPS tracker tentu saja mesti tahu faedah memakai GPS Tracker itu sendiri. Ada beberapa manfaat dan laba menggunakan GPS tracker yang mampu Kamu peroleh berikut :

  • Dapat menawarkan metode keamanan pada kendaraan dengan lebih baik. Sekaligus selaku antisipasi kehilangan pada kendaraan beroda empat.
  • Bisa mengetahui keadaan pada mesin kendaraan secara realtime.
  • Mengontrol penggunaan kendaraan dengan baik.
  • Dapat melacak keberadaan kendaraan roda empat.
  • Mengecek riwayat penggunaan kendaraah.
  • Dapat mematikan mesin mobil ketika lupa.

Manfaat utama pemakaian GPS tracker intinya adalah untuk memberikan metode keamanan yang tambahan. Apalagi Kamu juga bisa menertibkan penggunaan kendaraan jikalau kendaraan beroda empat tersebut sedang dibawa keluarga atau kerabat. Bahkan ini penting sekali bila Kamu menyewakan mobilmu. Dengan demikian Kamu mampu mengenali keadaan kendaraan beroda empat.

Baca Juga:   Tarik Tunai Tahapan Xpresi Lewat Teller Di Bank BCA

Cara Melacak Mobil Dengan Aplikasi Lainnya

Selain GPS tracker, Kamu juga mampu memanfaatkan aplikasi GPS lainnya mirip aplikasi ID track. Dimana aplikasi yang satu ini mempunyai fitur cukup lengkap seperti mampu melacak keberadaan motor atau kendaraan beroda empat, mematikan mesin mobil dalam jarak jauh maupun sebagainya. Apabila Kamu berminat menggunakan aplikasi ini, sayangnya Kamu mesti mengeluarkan budget dengan kisaran Rp. 700 ribu hingga Rp. 800 ribu.

Selain ID Track, Kamu juga mampu mencoba one stop GPS. Dimana aplikasi ini bisa dipakai untuk melacak lokasi kendaraan roda empat yang hilang. Jika ingin memakai aplikasi ini, Kamu juga perlu menyediakan anggaran 1 jutaan.

Itulah kiranya pembahasan perihal cara melacak kendaraan beroda empat baik memakai aplikasi maupun secara eksklusif dengan meminta santunan pihak yang berwenang. Semoga berfaedah!

close