counter create hit

Cara Melakukan Pekerjaan Di Luar Negeri

Bagikan:

Siapa sih yang tak mau bercita-cita menerima pekerjaan di luar negeri? Mungkin hampir semua orang ingin mencoba mengadu nasib di mancanegara, dengan alasan penghasilan terjamin sekaligus dapat menambah pengalaman di negeri orang. Jika demikian, Kamu wajib baca info cara melakukan pekerjaan di mancanegara lewat postingan ini!

Bekerja di luar negeri memang menawarkan Kamu lebih banyak pengalaman serta situasi baru, sehingga kariermu lebih meningkat . Mengingat luar negeri sangat luas cakupannya, mungkin kamu mampu menentukan pekerjaan selaun menyesuaikan passion-mu, juga mampu memilih negara yang hendak kamu tinggali selama melakukan pekerjaan disana. Bisa saja dengan menentukan cara bekerja di Jepang atau negara yang lain.

Banyak sekali usulan negara yang bisa kau tinggali untuk menerima pekerjaan di sana. Akan tetapi, seluruhnya kembali pada dirimu sendiri untuk memilih negara sesuai impian.

Perbedaan TKI Legal dan Ilegal

Istilah lain bagi warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri disebut dengan TKI (Tenaga Kerja Indonesia). Bagi seseorang yang mau bekerja di mancanegara ada 2 status yang mau senantiasa menempel, ialah berstatus legal dan illegal.

Menjadi TKI legal yaitu keputusan yang sempurna, alasannya adalah dengan memiliki dokumen yang resmi, Kamu akan menerima banyak fasilitas yang Kamu butuhkan. Terutama mendapat bantuan pemerintah jikalau terjadi sesuatu di negara tempatmu melakukan pekerjaan . Meskipun demikian, ada sejumlah kriteria kerja di luar negeri yang mesti dipenuhi.

Berbeda dengan TKI Ilegal, dimana kamu tidak mempunyai dokumen resmi, sehingga sungguh kecil kemungkinan Kamu akan menerima bantuan dari pihak pemerintah. Lebih parahnya lagi, Kamu tidak menjinjing dokumen-dokumen penting saat bekerja di luar negeri sebab pekerjaan yang Kamu peroleh bersifat tidak resmi dari distributor yang tak bertanggung jawab.

Baca Juga:   Cara Kerja Ac

Oleh alasannya adalah itu, biar lebih aman ketika bekerja di mancanegara, alangkah lebih baiknya untuk mengikuti cara melakukan pekerjaan di mancanegara melalui Depnaker. Tentu saja Lembaga pemerintah ini sudah tak peru disangsikan lagi kredibilitasnya, sehingga Kamu akan mendapatkan dukungan sarat selama bekerja di luar negeri.

Cara Bekerja di Luar Negeri

Cara Bekerja di Luar Negeri - Cara Melakukan Pekerjaan  Di Luar Negeri
Panduan Cara Bekerja di Luar Negeri

Panduan Cara Bekerja di Luar Negeri Lewat Depnaker

Ada beberapa alur cara melakukan pekerjaan di mancanegara melalui Depnaker atau Disnaker yang harus dipenuhi. Untuk lebih jelasnya, ini ia ulasannya :

1. Tahap Pendaftaran

Ini merupakan tahapan pertama cara bekerja di mancanegara, jikalau Kamu sudah mantap ingin melakukan pekerjaan menjadi TKI. Kamu bisa menerima isu seputar lowongan pekerjaan di luar negeri sesuai dengan ijazah yang kamu miliki. Adapun gosip pekerjaan mampu kau peroleh lewat lembaga-forum dibawah ini :

  • Melalui Depnaker sebagai lembaga tinggi dalam kepemerintahan yang bertugas mengurusi ketenagakerjaan.
  • Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) yang ada di setiap kabupaten/kota.
  • Kantor Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI) yang ada di setiap provinsi.
  • BKLN (Bursa Kerja Luar Negeri) yang ad di setiap kabupoaten/kota.
  • KBBM (Kelompok Berlatih CTKI Berbasis Masyarakat) yang ada di setiap kabupaten/kota, dan
  • Organisasi penduduk mirip Lembaga Swadaya Masyarakat yang senantiasa siap membantu kamu untuk mengurusi semua patokan ke luar negeri.

2. Persyaratan Dokumen

Untuk melakukan registrasi, tentunya kau juga mesti menenteng dokumen-dokumen pelangkapnya yang tentu saja akan dimintai oleh Lembaga resmi di atas, diantaranya :

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan memperlihatkan bahwa usia kau saat mendaftar paling tidak minimal berusia 18 tahun.
  • Akta kelahiran berupa fotokopi.
  • Surat informasi sehat yang memperlihatkan bahwa kau sedang dalam kondisi sehat dan siap untuk melakukan pekerjaan .
  • Surat ijin dari keluarga. Jika kamu telah berkeluarga maka mesti ada surat ijin dari suami/istri. Atau jika belum berkeluarg maka surat ijin mesti dikeluarkan oleh orangtua/wali.
  • Kartu registrasi pencari kerja (KPPK) atau yang biasa disebut dengan kartu kuning, dan
  • Ijazah sekolah terakhir.
Baca Juga:   Cara Hitung Kredit Kendaraan Beroda Empat

3. Tahapan Rekrutmen dan Pra Pendaftaran

Jika kamu telah menyanggupi semua persyarata berbentukkelengkapan dokumen dan dinyatakan mampu melakukan pekerjaan di mancanegara. Maka tahapan cara melakukan pekerjaan di mancanegara selanjutnya yaitu forum yang berwenang akan mengundangmu untuk menghadiri penyuluhan tentang beberapa job order yang tersedia.

Yang perlu kau lakukan yakni memilih pekerjaan yang tepat dengan ijazah terakhir kamu. Misalnya saja, di Disnakertrans akan banyak menunjukkan lowongan pekerjaan di mancanegara mulai dari lulusan Sekolah Menengan Atas sampai lulusan S1.

Setelah menentukan pekerjan mana yang dirasa cocok, nantinya kamu akan dipanggil kembali oleh pihak penyelenggara. Baru kemudian menghadiri acara seleksi minat dan bakat untuk memastikan keyakinanmu memilih pekerjaan sesuai dengan keinginan.

Jika kau lulus seleksi, maka pihak perusahaan yang kamu pilih tersebut akan segera menghubungimu. Selanjutnya mereka akan memberikan perjanjian penempatan kerja kepadamu sebagai kandidat karyawan.

Apabila kau mendapatkan isi dari kesepakatanpenempatan yang ditawarkan oleh perusahaan. Maka langkah berikutnya ialah hanya perlu menandatangani kontrakpenempatan tersebut dengan dikenali oleh lembaga penyelenggara.

Mungkin untuk beberapa perusahaan yang berhubungan dengan lembaga penyelenggara akan menyelenggarakan serangkaian pendidikan dan training terlebih dulu terkait job description. Pelatihan dan Pendidikan ini juga bertujuan untuk memperdalam kemampuan berbahasa inggris kandidat pekerja. Dengan begitu, Kamu wajib mengikuti acara tersebut sebelum berangkat ke negara tujuan.

Namun untuk beberapa kasus, ada juga yang eksklusif diberangkatkan ke mancanegara. Dengan catatan, pihak penyelenggara sebelumnya meminta sertifikat TOEFL selaku persyaratan perhiasan dari pencari lowongan kerja.

4. Tahap Pemberangkatan

Bagi kamu yang telah mengikuti tahapan-tahapan diatas, maka cara bekerja di mancanegara tahap berikutnya adalah pemberangkatan dari negara asal ke negara tujuan. Sebelumnya kau juga akan diberikan dokumen penting lainnya seperti :

  • Visa dan paspor.
  • Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTLN).
  • Surat ijin kerja.
  • Kartu asuransi.
  • Kontrak kerja dan kontrakpenempatan.

Kamu yang baru pertama kali berangkat ke mancanegara tak perlu galau dan cemas. Sebab kalau masih terikat dengan pihak penyelenggara, maka kau akan terus dibantu hingga proses keberangkatan bahkan sampai ketibaan di negara tujuan.

Baca Juga:   Cara Kerja Online Shop

Nantinya kamu akan diantar ke bandara dan akan memproses dokumen keberangkatan dengan segera. Diantaranya berbentuktiket pesawat, kartu naik pesawat, kartu kedatangan/kartu keberangkatan, hingga melakukan check in barang di bagasi.

Setelah kau berangkat , maka pihak penyelenggara akan mengumumkan terkait keberangkatanmu kepada distributor yang sudah berada di negara tujuan. Kamu tidak butuhcuriga kalau dikala kedatanganmu nantinya langsung disambut oleh bule, alasannya mereka merupakan biro resmi yang melakukan pekerjaan sama dengan Depnaker di Indonesia.

3. Tiba di Negara Tujuan

Alur cara bekerja di mancanegara melalui Depnaker yang terakhir ialah ketibaan di negara tujuan. Setibanya di negara tujuan, kamu akan secepatnya di daftarkan oleh distributor tersebut ke KBRI/KJRI setempat dengan tujuan pendataan. Sebab proses ini sungguh penting untuk menghemat terjadinya persoalan di negara tersebut.

Selain itu, kamu juga harus mempunyai nomor lain yang mampu dihubungi untuk antisipasi terjadinya sesuatu yang menimpa kamu ketika sedang bekerja atu diluar kerja.

Di setiap negara mempunyai aturan tersendiri tentang orang gila yang baru sampai di negaranya. Mungkin saja kamu diwajibkan untuk melakukan tes kesehatan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kau tidak menjinjing penyakit menular berbahaya, atau ada juga yang tidak memberlakukannya.

Setelah itu, kamu akan diarahkan ke perusahaan pilihanmu dikala mendafttar di Indonesia. Untuk berikutnya, Kamu bisa melakukan pekerjaan sesuai job description dengan kesepakatan kerja yang sudah di sepakati.

Demikianlah 5 tahapan alur cara melakukan pekerjaan di luar negeri lewat Depnaker yang wajib dilewati satu persatu biar Kamu mampu menjadi TKI legal yang dilindungi negara. Semoga membantu!

 


Bagikan:
close