May 22, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Melepas Aki Kendaraan Beroda Empat

Cara Melepas Aki Mobil 300x168 - Cara Melepas Aki Kendaraan Beroda Empat

Bagaimana sebaiknya cara melepas aki mobil dengan aman? Ya, aki yaitu bagian yang mampu dikatakan penting bagi sebuah kendaraan, salah satunya kendaraan beroda empat. Terganggunya penampilan aki pasti mampu menghambat akselerasi kendaraan itu sendiri. Untuk mengubah aki, Kamu dapat melakukannya di bengkel terdekat. Hanya saja, ongkos yang mesti Kamu keluarkan tentu saja tidak murah. Selain itu, bantu-membantu proses melepas aki mobil juga tidaklah susah asalkan kamu mengetahui caranya yang benar.

Selagi urutan membuka aki dengan benar, maka proses melepas aki serta menggantinya aki menggunakan aki baru dapat dikerjakan tanpa menggunakan perlindungan montro. Sehingga pastikan untuk mengganti aki mobil dengan rutin.

Tanda Aki Mobil Harus Segera Diganti

Sebelum cara melepas aki kendaraan beroda empat untuk menggantinya dengan yang gres, Kamu harus tahu gejala aki mobilmu sudah harus diganti. Karena ini penting sekali semoga menciptakan aki kendaraan beroda empat tetap prima.

1. Mobil Susah Distarter

Salah satu gejala aki pada kendaraanmu rusak dan perlu diganti ialah umumnya ditunjukkan oleh mobil yang merepotkan distarter. Biasanya hal ini terjadi baik dikala kondisi mesin panas, ataupun acuh taacuh.

Jika sekali dua kali mobil distarter eksklusif menyala mungkin hal biasa, tapi bila harus menstarternya sampai lebih dari 3 kali gres menyala seharusnya segera cek akinya.

2. Meredupnya Lampu Mobile

Gejala lain dari aki kendaraan beroda empat mesti segera diganti selain sulit distrarter yaitu cahaya lampu kendaraan beroda empat telah meredup. Ini pastinya menjadi tanda-tanda berpengaruh bahwa daya yang didistribusikan dari aki tak mampu memasok power pada lampu kendaraan beroda empat tersebut.

Baca Juga:   8 Cara Mengatasi Layar Lcd Hp Bergaris Horizontal Atau Vertikal Warna-Warni

Jika kondisi lampu pada kendaraan beroda empat meredup dan Kamu sudah sering mengalaminya, maka besar kemungkinan bila ada dilema yang terjadi pada aki mobilmu. Bisa jadi, kondisi aki mobilmu rusak dan telah waktunya mesti diganti dengan aki baru.

Untuk memastikan, sebaiknya bawa mobil eksklusif ke bengkel khusus untuk aki agar dilaksanakan pengecekan atau pemeriksaan lebih detai. Sehingga letak masalahnya dapat diketahui.

3. Sistem Kelistrikan Pada Interior Mobil Mulai Terganggu

Gejala yang menunjukan aki kendaraan beroda empat harus diganti yang lain adalah sistem kelistrikan interior mobil sudah terusik atau tidak lancar sebagaimana mestinya. Ini pastinya tidak mampu dilepaskan kepada pengaruh kedaan aki tersebut yang sudah tak lagi bisa memasok tenaga atau daya di metode kelistrikan interiornya.

Cara Melepas Aki Mobil

Cara Melepas Aki Mobil 300x168 - Cara Melepas Aki Kendaraan Beroda Empat
Panduan Melepas Aki Mobil

Bagaimana Melepas Aki Mobil Dengan Benar?

Untuk melepas aki pada kendaraan roda empatmu, pasti harus mengikuti urutan yang benar. Adapun tutorial yang Kami bagikan di sini sangat lengkap, mulai dari persiapan alat hingga pelepasan aki itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut :

1. Mempersiapkan Alat yang Dibutuhkan

Persiapkan alat-alat yang diperlukan untuk melepas aki. Biasanya Kamu akan memerlukan kunci pas dengan nomor 10 dan 12, obeng minus dan tang. Di samping itu, pastikan pula menawarkan aki baru selaku pengganti aki yang usang.

Kamu harus tahu bahwa ada 2 jenis aki kendaraan beroda empat yang biasa digunakan, adalah aki kering dan aki berair. Pada aki berair, Kamu harus mengisinya terlebih dahulu dengan air zuur sebelum pemasangan sampai indikator optimal. Lalu tunggu selama 10 menit. Sementara tipe aki kering sendiri mampu dipasang secara eksklusif tanpa mesti menanti.

2. Kunci Kontak Harus Dalam Kondisi Mati

Cara melepas aki kendaraan beroda empat berikutnya kalau peralatan yang diperlukan sudah dipersiapkan, sebaiknya Kamu harus mematikan kunci kontak terlebih dahulu. Jika perlu, semestinya lepas kunci kontak untuk menghindari pintu terkunci otomatis. Di samping itu, ketika kunci kendaraan beroda empat dalam keadaan on atau menyala, kemungkinan besar mampu mengakibatkan percikan. Kondisi ini pastinya bisa sangat berbahaya.

Baca Juga:   Cara Hilangkan Baret Kendaraan Beroda Empat

3. Membuka Terminal Aki

Setelah memutuskan kunci kondal dalam kondisi off, Kamu mampu membuka terminal aki. Langkah-langkahnya yakni lepas baut, kabel dan klem pada kutub negatifnya lebih dulu. Sebab kalau tanpa sengaja Kamu menjatuhkan peralatan lalu perihal bagian kutup kasatmata dapat rawan menyebabkan korsleting atau arus pendek.

Akan tetapi bila kutub negatif dilepaskan terlebih dahulu, secara otomatis Kamu menciptakan relasi listrik dalam mesin mobil menjadi mati secara keseluruhan. Jadi saat ada alat yang terjatuh secara tiba-tiba sekalipun, maka tidak akan terjadi dilema serius. Oleh sebab itu, sebaiknya pastikan melepas seluruh unsur aki dalam kutub negatifnya apalagi dahulu, kemudian lanjutkan ke kutub positifnya.

4. Mulai Mengangkat Aki Mobil

Cara melepas aki mobil selanjutnya, Kamu bisa mulai mengangkat aki mobilmu. Pastikan untuk mengangkatnya dalam posisi tegak lurus, serta berhati-hati. Tujuannya yakni biar air pada aki tidak akan tumpah. Karena akan berbahaya jika cairan aki mobil hingga tumpah dapat membahayakan komponen-unsur yang terdapat dalam mesin mobil.

5. Membersihkan Komponen yang Berkarat

Kamu bisa melaksanakan pencucian pada klem dan kabel pada aki mobil. Bisa saja ditemukan abu kotoran dan Kamu bisa menghilangkannya. Untuk menetralisir karat Kamu bisa menggunakan cairan berbasis anti karat. Cukup dengan menggosokkan cairan tersebut ke komponmen yang berkarat secara pelan-pelan hingga higienis.

Tentu saja pencucian tersebut sungguh penting. Sebab kotoran atau karat pada klem maupun kabel mampu menjadi isolator. Selain itu bisa saja kotoran dan karat menjadi penghambat anutan listrik.

6. Memasang Aki Baru

Cara memasang aki kendaraan beroda empat selanjutnya yakni tinggal pasang saja aki baru mobilmu. Untuk memasang aki yang baru bahu-membahu kebalikan proses dari melepas aki yang lama. Kamu bisa menyimpan aki gres di tempatnya secara tegak lurus. Setelah itu, pasang kabel ke dalam kutub atau katup positifnya lebih dahulu. Selanjutnya gres bisa memasang kabel di kutub negatifnya.

Adapun pemasangan kabel positif di awal seperti ini mampu menghindari percikan bunga api berbahaya. Kemudian Kamu tinggal memutuskan seluruh kabel maupun klem terkunci. Untuk mengetesnya, nyalakan kendaraanmu. Apabila mobilmu sudah menyala, ini artinya aki baru telah sukses dipasang dengan baik.

Baca Juga:   Cara Hitung Kredit Kendaraan Beroda Empat

Ini Alasan Kenapa Harus Melepas Katup Negatif Pada Aki Terlebih Dahulu

Dalam panduan cara melepas aki mobil di atas sesungguhnya sudah kita singgung alasannya, namun untuk sungguh-sungguh memastikanmu. Berikut kenapa harus melepas katup negatif terlebih dulu saat melepas aki kendaraan beroda empat.

1. Ada 2 Katup Aki Mobil

Pada aki kendaraan beroda empat akan tampak2 katup di dalamnya, yaitu katup kasatmata dan katup negatif. Biasanya pada beberapa aki kedua katup tersebut akan diberi tanda. Katup konkret berwarna merah, sementara katup negatif ditandai berwarna hitam. Di samping itu, bantu-membantu Kamu juga mampu membedakan antara katup negatif dan katup aktual dengan mengecek tanda “-” atau “+” yang lazimnya ada di akrab kedua katup tersebut.

2. Mengendurkan Baut Pengikat Pada Kepala Aki

Jika sudah mengetahui katup negatif dan katup nyata, langkah selanjutnya yakni dengan mencabut bagian katup negatif. Kamu bisa mengendurkan baut pengikat pada kepala aki dan tarik katup negatif hingga terlepas. Jika telah, tinggal mencabut katup positifnya.

3. Semua Bodi Mobil Terbebas Arus Masa

Katup negatif harus apalagi dahulu dicabut biar menangkal terjadinya arus pendek alias korsleting. Jika katup negatif telah dicabut pada kepala aki, semua bodi mobil pun terbebas dengan arus negatif atau arus kala pada aki.

Itulah ulasan lengkap perihal cara melepas aki mobil dan memasangnya dengan baik sekaligus gejala yang mengharuskanmu mengganti aki mobil dengan yang baru. Semoga berguna!

close