May 23, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Melihat History Youtube Yang Telah Dihapus

Cara Melihat History Youtube yang Dihapus 300x157 - Cara Melihat History Youtube Yang Telah Dihapus

Bagaimana cara menyaksikan history Youtube yang sudah dihapus? Sebagian besar dari kita tentu saja sering menghabiskan banyak waktu untuk menonton video setiap harinya di Youtube. Namun suatu waktu, mungkin Kamu ingin menghapus list video yang telah Kamu tonton beserta riwayat penelusuran.

Sebenarnya ada beberapa cara sederhana yang mampu dikerjakan untuk meniadakan riwayat tontonan sekaligus pencarian Youtube Kamu, di android, iOS, Mac dan PC. Jika ingin menghapus riwayat pencarian lewat desktop, Kamu tinggal membuka Youtube. Selanjutnya bisa beralih pada akunmu, kemudian pilih pilihan yang ada di samping kiri atas lalu pilih history tontonan.

Mengenal History Youtube

Youtube ternyata membedakan jenis riwayat pencarian sekaligus kegiatan menonton video ke dalam 2 jenis.

Jenis yang pertama adalah Youtube Search History, dari sini Kamu dapat melihat maupun menghapus apapun yang Kamu cari sebelumnya di Youtube. Caranya dengan mengecek histori penelusuran.

Sedangkan yang kedua adalah Youtube Watch History mempunyai fungsi mempermudah penemuan konten video yang Kamu tonton. Selain itu, history youtube ini juga digunakan dalam merekomendasikan konten video yang akan Kamu tonton sesuai riwayat penelusuranmu.

Umumnya ada dua pilihan yang ada, diantaranya Clear Watch history, yakni fitur yang dipakai untuk mengosongkan history tontonan sebelumnya. Kemudian ada Pause Watch History, artinya setiap konten video yang ditonton tidak akan ditampilkan pada riwayat. Selain itu, tidak akan dipakai untuk memperbesar anjuran video.

Cara Melihat History Youtube yang Sudah Dihapus

Cara Melihat History Youtube yang Dihapus 300x157 - Cara Melihat History Youtube Yang Telah Dihapus
Melihat History Youtube yang Sudah Dihapus

Melihat History Youtube yang Sudah Dihapus

Jika Kamu sudah mengenal History Youtube, sekarang bisa melanjutkan pembahasan cara melihat history Youtube yang telah dihapus. Dari sini, Kamu mampu menyaksikan daftar konten video yang sudah pernah ditonton sebelumnya meskipun sudah dihapus. Berikut ulasannya :

Baca Juga:   Cara Live Streaming Di Youtube

1. Tutorial History Youtube yang Sudah Dihapus Lewat Opsi Pengaturan di Android

Langkah yang pertama adalah melihat riwayat Youtube di sajian setelan atau pengaturan yang terdapat di aplikasi Youtube. Adapun caranya sebagai berikut :

  • Kamu bisa membuka pilihan Pengaturan pada hp androidmu. Jika ingin melaksanakan tutorial ini, pastikan perangkat android yang Kamu miliki telah masuk ke akun Google sama seperti akun yang digunakan untuk masuk ke Youtube.
  • Setelah itu, Kamu mampu melanjutkan untuk mengakses opsi “Google”.
  • Lalu ketuk pada pilihan “Kelola Akun Google” di Google yang terkoneksi pada akun Youtube sebelumnya.
  • Di halaman selanjutnya, Kamu mampu memasuki pilihan “Data & personalisasi” di atas penampilan.
  • Gulir ke bawah, kemudian ketuk “Aktivitas Saya”.
  • Selanjutnya Kamu akan langsung dibawa menuju halaman baru untuk menunjukkan acara apa saja yang dilaksanakan melalui akun Google. Tak terkecuali dalam menampilkan history pencarian dan tontonan videomu di Youtube yang terkoneksi pada akun tersebut.

2. Tutorial History Youtube yang Sudah Dihapus Melalui Google Chrome

Cara menyaksikan history Youtube yang sudah dihapus selanjutnya yaitu bisa dikerjakan lewat Google Chrome di laptop atau PC. Jika Kamu memakai browser atau peramban Chrome, maka Kamu mampu mengevaluasi history yang dihapus pada Youtube lewat akun Google milikmu. Adapun panduannya adalah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan buka web browser atau peramban Google Chrome.
  • Pastikan Kamu sudah masuk ke akun Google di Google Chrome.
  • Selanjutnya Kamu mampu membuka Google Account, terletak di samping kanan layar yang terdapat foto profil Google Account milikmu.
  • Setelah itu tekan “Manage your Google Account”.
  • Lalu tentukan Google Account Kamu yang terbuka yakni akun yang sudah terhubung pada akun Youtube-mu.
  • Kamu bisa menentukan pilihan “Data & Personalization” di samping kiri. Kemudian pilih “My Activity” tepat di layarsamping kiri pada bab bawah opsi “Activity and Timeline”.
  • Sesudah terbuka, Kamu bisa mengevaluasi riwayat aktivitas terakhirmu pada Youtube. Umumnya dibagi berdasarkan waktu, mulai dari waktu kemarin, bulan kemudian, ahad kemudian hingga 3 bulan yang lalu.
Baca Juga:   Cara Bayar Cc Mnc

3. Tutorial History Youtube yang Sudah Dihapus Melalui Gmail

Langkah cara melihat history Youtube yang sudah dihapus selanjutnya adalah kalau Kamu tidak memakai peramban Google Chrome, maka mampu melihat riwayat Youtube di akun Gmail. Adapun caranya sungguh gampang, Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Pertama-tama, silahkan buka browser atau peramban, Kamu mampu menggunakan Chrome maupun browser lainnya.
  • Selanjutnya buka gmail.com.
  • Kamu bisa membuka opsi Google Account yang ada di Gmail pada samping kanan layar yang terdapat gamba profil Gmailmu.
  • Setelah itu, tekan “Manage Your Google Account”.
  • Jika sudah, tentukan Google Account yang terbuka adalah akun yang terkoneksi pada akun Youtube-mu.
  • Kemudian pilih opsi “Data & Personalization” di samping kiri.
  • Kamu bisa menentukan “My Activity” di samping kiri bab bawah pada pilihan “Activity and Timeline”.
  • Jika sudah, Kamu mampu menyaksikan riwayat kegiatan terakhir pada platform Youtube. Umumnya terbagi ke dalam opsi waktu, mulai dari kemarin, lalu ahad lalu, hingga 3 bulan kemudian.
  • Apabila hostory-mu terhapus secara datang-datang dan bukan disebabkan oleh metode perangkat gadgetmu, maka bisa saja channel Youtube-mu yang bermasalah.

4. Tutorial History Youtube yang Sudah Dihapus Melalui Wayback Machine

Mesin Wayback atau arsip web ialah salah satu situs web yang mampu membuatmu melihat tampilan pada situs web yang lain, tak terkecuali menyaksikan konten video di Youtube di kala kemudian sebelum dihapus. Caranya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan copy alamat konten video platform Youtube yang sudah dihapus.
  • Silahkan buka website Wayback Machine, dan paste atau tempelkan alamat video Youtube tersebut. Nmaun jangan lupa, Kamu seharusnya menghapusnya lebih dahulu.
  • Tekan di snapshot yang ada dan cek alhasil.

Dari sini Kamu mampu memeriksa performa penuh pada snapshot atau website tetapi tidak mampu memutar video. Adapun berita yang tersedia di Wayback Machine sendiri hanya berupa gambar dan teks. Wayback Machine juga dapat diaplikasikan bagi semua website. Kamu pun bisa mengarsipkan halaman situs web penting lewat Wayback Machine ini.

Baca Juga:   Cara Mengganti Nama Channel Youtube

5. Menghubungi Pengunggah Video

Cara melihat history Youtube yang telah dihapus ini sebetulnya tidak simpel kalau dibandingkan cara di atas. Namun jikalau Kamu ingat persis orang atau akun yang menugnggah konten video yang kamu maksud, tak ada salahnya menjajal menghubungi pengunggah dan meminta copy atua salinan konten video bila sangat mendesak. Biasanya pembuat Youtube yang aktif akan meninggalkan berita kontak yang mampu dihubungi di halaman channel Youtube mereka.

Di samping itu, terkadang akun sosial media mereka juga mudah ditemukan serta dihubungi. Apabila Kamu menjumpai konten video yang penting sekali, maka disarankan mengunduh video sekaligus menyimpannya. Tapi Kamu harus ingat bahwa ada beberapa video tertentu yang tidak mampu di download secara bebas dengan alasan terkait hak cipta.

Nah, itulah 5 cara menyaksikan history Youtube yang telah dihapus yang bisa Kamu coba jika Kamu ingin menyaksikan konten video menarik yang ternyata telah dihapus. Semoga cara di atas berfaedah dan selamat mencoba!

close