May 23, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Melihat Password Wifi Yang Sudah Terhubung

Cara Melihat Password Wifi yang Sudah Terhubung 300x200 - Cara Melihat Password Wifi Yang Sudah Terhubung

Bagaimana cara menyaksikan password wifi yang sudah terhubung? Kita tahu bahwa umumnya, saat laptop atau komputer kita terhubung ke wifi di modem atau rumah, maka password-nya secara otomatis telah tersimpan. Makara Kamu tak perlu lagi mesti mengetikkan kata kunci wifi tersebut untuk terkoneksi ke internet. Karena jarang mengetikkan kembali password inilah, membuat kita menjadi tidak mengingat password jaringan wifi yang pernah atau telah terhubung di laptop atau PC.

Cara Melihat Password Wifi yang Sudah Terhubung

Cara Melihat Password Wifi yang Sudah Terhubung 300x200 - Cara Melihat Password Wifi Yang Sudah Terhubung
Melihat Password Wifi yang Sudah Terhubung

Tutorial Melihat Password Wifi yang Terhubung di Windows

Jika Kamu mengakses wifi di komputer atau OS Windows, maka ada beberapa langkah cara menyaksikan password wifi yang telah terhubung di Windows. Berikut panduannya :

1. Mengakses Network and Sharing Center

Sebenarnya terdapat 2 sistem yang bisa diaplikasikan untuk mengetahui password wifi dengan langkah di bawah ini. Metode pertama yakni langsung menuju Control Panel, sedangkan yang kedua lewat ikon wifi yang ada di taskbar.

  • Untuk cara lewat Control Panel, maka pertama Kamu bisa menekan pilihan Windows+R secara berbarengan di keyboard. Lalu ketikkan goresan pena “Control Panel” lalu enter. Sementara lewat ikon wifi sendiri, klik kanan pada ikon tersebut dan pilih opsi “Open Network & Internet Settings”.
  • Selanjutnya pilih pilihan “Jaringan dan Internet” kemudian pilih lagi “Network and Sharing Center” lalu ketuk wifi yang terhubung.
  • Setelah itu, Kamu akan ditampilkan tab gres. Nah, pada tab inilah Kamu tinggal mengklik opsi “Wireless Properties”.
  • Sesudah itu, akan muncul tab baru kembali, pada tab tersebut silahkan pilih “Security” kemudian ceklis “Snow characters”. Selanjutnya akan terdapat notifikasi, dan Kamu tinggal klik yes untuk melanjutkan. Lalu password wifi pun eksklusif terlihat.
Baca Juga:   Cara Menerima Koin Di Dreame Gratis!

Bagi Kamu yang menggunakan ikon wifi, sehabis memasuki pilihan pengaturan tinggal memilih “Network and Sharing Center”. Kemudian pilih jaringan wifi yang terhubung lalu teruskan menggunakan langkah tersebut di atas.

2. Melalui Command Prompt

Cara melihat password wifi yang sudah terhubung berikutnya di PC atau windows ialah melalui Command Prompt atau CMD. Adapun langkah-langkahnya selaku berikut :

  • Caranya, bekerjsama nyaris sama yaitu langkah pertama cukup menekan tombol variasi antara Windows+R pada keyboard. Lalu ketik CMD, baru tekan enter atau Ok.
  • Jika tab CMD telah terbuka, Kamu mampu menciptakan aba-aba dengan mengetikkan tulisan “netsh wlan show profiles” pada tab tersebut kemudian tekan enter.
  • Sesudah itu, Kamu akan ditampilkan beberapa wifi yang telah pernah terkoneksi pada perangkatmu. Lalu pilih mna wifi yang mau Kamu ketahui password-nya. Adapun caranya tinggal ketik saja netsh wlan show profiles name=” nama profil” key=clear, kemudian enter. Misalnya, netsh wlan show profiles name=”Tp-Link13″ key=clear.
  • Apabila Kamu ingin mengetahui keberadaan kata sandi tersebut, tinggal gulir ke bawah kemudian cari opsi key content.

3. Melalui Pengaturan Router

Untuk mengenali password wifi yang sudah terhubung di Windows lainnya yakni dengan menggnakan pengaturan router. Melalui metode yang satu ini, Kamu akan menerima jalan masuk ke pengaturan wifimu lengkap. Kamu akan mendapatkan kontrol penuh untuk mengubah wifi, password wifi dan lebih banyak pengaturan yang lain.

Metode ini bahu-membahu memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri. Kamu harus tahu bahwa IP address default untuk masuk ke halaman pengaturan wifi Kamu yaitu 192.168.0.1 atau 102.168.1.1.

Jika alamat IP atau cara login yang disebutkan di atas tidak berfungsi, Kamu bisa menyaksikan stiker di bagian belakang router Kamu untuk mengetahui halaman login wifi beserta kata sandi dan nama pengguna.

  • Silahkan cari tahu alamat IP router atau modemmu. Kebanyakan di alamat 192.168.0.1 atau 192.168.1.1 dan buka dari web browser pilihanmu.
  • Masuk ke modem wifi Kamu. password akan dicetak di belakang router atau login default. Kamu bisa menggunakan username secara default dengan mengisinya “admin” dan password diisi dengan nama “admin”.
  • Jika telah masuk, Kamu akan menyaksikan beranda layar login dengan berbagai pilihan. Opsi ini umumnya akan beragam untuk setiap pabrikan router itu sendiri.
  • Temukan password wifi Kamu dengan membuka nirkabel. Lalu pilih frekuensi jaringanmu, misalnya saja di frekuensi 2,4 GHz.
  • Di bab bawah nirkabel silahkan pilih “Wireless Security”.
  • Di bawah halaman “Wireless Security” pada router Wifi Kamu, Kamu mampu memperoleh Wifi beserta password-nya.
Baca Juga:   Cara Mengubah Password Wifi Indihome

Tutorial Melihat Password Wifi yang Terhubung di Mac

Sama halnya dengan sistem Windows, pengguna Mac OS pun mampu menentukan 2 metod eyang dapat mengemban amanah. Adapun untuk mengetahuinya ialah selaku berikut :

4. Metode Pertama

  • Silahkan buka Keychain Access pada Finder.
  • Kemudian ketikkan Wifi di pilihan penelusuran pada Keychain Access.
  • Selanjutnya Kamu akan melihat tab gres, kemudian ceklis di goresan pena “Show Password”.
  • Jika ingin mengkonfirmasikan bahwa Kmau pemilik perangkat tersebut, berikutnya Kamu akan menerima konfirmasi melalui username beserta password.
  • Inputkan username berikut password-nya, kalau berhasil Kamu akan menyaksikan sandi wifi.

5. Metode Kedua

  • Pertama-tama, silahkan buka Terminal lewat Finder.
  • Lalu ketikkan pada perangkat : security find-generic-password-ga NAMA_Wifi
close