May 17, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Membaca Laporan Keuangan

Cara Membaca Laporan Keuangan 300x193 - Cara Membaca Laporan Keuangan

Laporan keuangan mampu dikatakan sebagai hasil selesai pada proses akuntansi. Melalui laporan keuangan ini, pemilik perusahaan, pihak administrasi, atau orang-orang yang berkepentingan mampu mengetahui keadaan finansial perusahaan. Inilah pentingnya mengetahui cara membaca laporan keuangan. Apalagi bagi seorang investor dalam pasar modal, dokumen yang mesti dibaca pertama kali yaitu laporan keuangan perusahaan.

Fungsi Laporan Keuangan

Laporan keuangan ini dapat menolong pihak manajer untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja keuangan. Dokumen ini juga dimanfaatkan oleh investor untuk menilai laba dan resiko atas investasi mereka. Tak cuma itu, pihak forum kredit memerlukan pembukuan keuangan untuk menentukan limit kredit. Sedangkan kreditor dapat menilai kelayakan derma atau kredit suatu bisnis berdasarkan pembukuan keuangan.

Di samping itu, laporan keuangan kerap dijadikan untuk membuat keputusan dalam buka usaha secara efektif dan akurat.

Apa Saja Jenis Laporan Keuangan?

Financial statement atau laporan keuangan merupakan catatna resmi atas aktivitas keuangan suatu bisnis. Biasanya laporan keuangan tersebut dibedakan ke dalam berbagai macam. Paling tidak terdapat 5 macam laporan keuangan, diantaranya laporan arus kas, laporan neraca, laporan keuntungan rugi, pergeseran ekuitas, dan laporan catatan keuangan.

Pada laporan keuangan, lazimnya informasi yang tersedia bisa berbentuk tabel maupun gambar yang dihidangkan dengan terperinci. Akan tetapi, perlu wawasan terkait keuangan yang luas biar  mampu mengetahui isi pembukuan keuangan itu sendiri.

Cara Membaca Laporan Keuangan

Cara Membaca Laporan Keuangan 300x193 - Cara Membaca Laporan Keuangan
Tutorial Membaca Laporan Keuangan

Tutorial Membaca Laporan Neraca Keuangan

Untuk mengetahui kondisi perusahaan, apakah beroperasi dengan baik atau tidak, maka Kamu bisa mencoba cara membaca laporan keuangan khusus untuk neraca keuangan.

Melalui neraca keuangan ini, Kamu akan menyaksikan jumlah kekayaan yang dimiliki perusahaan, mirip jumlah kas, piutang, bank dan sebagainya. Biasanya perusahaan cuma mampu beroperasi dengan tanpa hambatan bila mempunyai kas keuangan yang cukup dalam memenuhi keperluan aktivitas operasinal. Selain itu, perusahaan juga mesti menyanggupi beberapa kewajiban di bawah ini :

Baca Juga:   Cara Membaca Ukuran Ban Motor

  • Melakukan pembayaran dividen kepada investor.
  • Membayar hutang ke supplier, bank atau vendor.
  • Mempunyai persediaan materi baku yang akan dibuat atau berupa barang jadi yang nantinya dijual kembali.
  • Mempunyai kemudahan dan sarana yang cukup dalam menunjang kelangsungan kegiatan operasional perusahaan.

Melalui neraca keuangan ini, Kamu mampu menilai apakah seluruh persediaan dan kewajiban atau aset usaha dalam posisi yang masih terpenuhi ataukah tidak. Karenanya mampu merefleksikan nilai dari kekayaan perusahaan itu sendiri.

Dalam cara membaca laporan keuangan untuk neraca, terdiri atas 3 unsur diantaranya :

1. Aset

Biasanya aset meliputi seluruh nilai yang dimiliki perusahaan. Aset ini merujuk pada sumber ekonomi perusahaan yang dapat memberikan manfaat di era mendatang dan jumlah saldo debit normal. Adapun yang termasuk aset lazimnya terdiri atas persediaan, piutang usaha, aset tetap, biaya yang dibayar dimuka dan aset yang tak berwujud.

2. Kewajiban atau Utang

Hutang atau kewajiban yaitu pembayaran yang biasanya ditangguhkan hingga masa waktu tertentu sesuai kesepakatan dengan pihak lain. Karenanya hutang ini wajib dilunasi sebelum masuk waktu jatuh tempo. Adapun kewajiban atau hutang umumnya terdiri atas utang non usaha, utang pajak dan utang perjuangan.

3. Modal

Modal atau ekuitas yaitu kekayaan perusahaan yang lazimnya dijadikan sumber keuangan yang utama sebelum menerima keuntungan dan pendapatan dari produk maupun jasa yang telah dihasilkan. Ekuitas ini terdiri atas modal disetor serta laba/rugi yang diperoleh perusahaan.

Laba ditahan adalah keuntungan/keuntungan yang dimiliki perusahaanmu. Agar pembukuan keuangan perusahaan lebih rapi, sebaiknya dilarang menggunakan saldo laba atau keuntungan perusahaan untuk kebutuhan pribadi.

Tutorial Laporan Keuangan Laba Rugi

Cara membaca pembukuan keuangan berikutnya adalah pembukuan keuangan laba rugi. Mengingat Kamu yaitu orang yang membutuhkan isu tentang keuangan perusahaan atau justru sebagai pemilik perusahaan, ada beberapa hal yang perlu dimengerti berikut :

  • Ketahui, apakah perusahaanmu di bulan atau tahun ini mengalami untung atau justru merugi? Ketahui alasan kenapa perusahaanmu merugi!
  • Pastikan operasional perusahaan sudah berjalan efisien dengan mengecek, apakah ongkos operasionalnya dipakai dengan baik atau boros?
  • Angka penghasilan tinggi, tapi angka labanya kecil? Ketahui karena!
  • Nilai penjualan rendah, namun kenapa laporan laba rugi memperlihatkan angkanya minus atau rugi?
Baca Juga:   Cara Membaca Portofolio Saham

Jika tingkat penjualan rendah umumnya acara produksinya juga akan ikut rendah, alhasil tidak akan menjadikan kerugian.

Semua pertanyaan di atas,  dapat Kamu peroleh jawabnnya di laporan laba rugi selaku dasar untuk mengenali untung maupun ruginya perusahaan selama satu abad.

Dalam cara membaca laporan keuangan laba rugi ini, Kamu harus mengamati beberapa hal berikut :

  • Bandingkan penghasilan dengan HPP (Harga Penjualan Pokok).
  • Amati pendapatan dan beban perusahaan, lalu bandingkan lagi dengan era yang sebelumnya.
  • Kamu harus mencermati setiap akun dalam beban dan pendapatan, lalu cek saldo setiap akunnya. Entah itu pada pasiva atau aktiva.

Dengan mengawasi laporan keuangan keuntungan rugi perusahaan, dapat membantumu mengenali keadaan perusahaan. Melakukan analisa laba rugi juga sungguh berguna untuk kelancaran bisnis. Kamu mampu mengecek kinerja usahamu sesuai dengan laporan laba rugi lewat perkiraan rasio profitabilitas.

Tutorial Membaca Laporan Arus Kas Perusahaan

Modal yang dimiliki perusahaan menunjukkan peningkatan cukup besar, tetapi kenapa tidak mempunyai dividen untuk dibagikan terhadap investor?

Pertanyaan di atas umumnya timbul ketika Kamu merasa jika modal pemilik sebenarnya cukup besar namun tidak ada dividen yang mampu dibagikan ke investor. Karenanya di sini Kamu harus mengevaluasi laporan arus kas.

Dalam laporan arus kas keuangan, Kamu akan mebaca kas perusahaan yang sedang kosong misalnya, atau tidak mempunyai cadangan persediaan dana yang cukup.

Maka dari itu, diharapkan pengalokasian kas lebih efisien dan efektif kembali agar arus kas keuangan mampu berlangsung tanpa hambatan.

Tutorial Membaca Laporan Perubahan Ekuitas dan Catatan Atas Laporan Keuangan

Dalam laporan pergeseran modal perusahaan, pastinya ada kemungkinan yang mungkin terjadi saat Kamu membacanya, ialah untung dan rugi. Saat untung, lazimnya akan ditandai oleh naiknya nilai modal dari hasil transaksi yang sifatnya insidentil. Sementara dikala rugi, biasanya ditandai oleh menurunnya nilai ekuitas pada transaksi insidentil.

Sebenarnya kedua laporan ini seringkali diabaikan, tetapi sungguh berkhasiat bila ikut diamati. Apalagi bagi pemegang saham yang bermaksud menganalisis laporan keuangan secara mendalam.

Baca Juga:   Cara Membaca Pulse Oximeter

  • Laporan Perubahan Modal/Ekuitas

Merupakan salah satu bagian laporan keuangan perusahaan yang dibentuk dengan sengaja untuk mengevaluasi perkembangan nilai modal atau ekuitas perusahaan setiap waktu.

  • Catatan Laporan Keuangan

Pada dasarnya catatan laporan keuangan yaitu bab dari pembukuan keuangan berisi banyak sekali isu mendetail perihal laporan keuangan keseluruhan.

Itulah bimbingan cara membaca pembukuan keuangan perusahaan. Dapat ditarik kesimpulan bahwa mempelajari pembacaan pembukuan keuangan memang membutuhkan waktu. Namun jika Kamu ingin menjadi seorang penanam modal atau usahawan sukses, Kamu memerlukan kemampuan membaca laporan ini saat merintis karier atau membangun bisnismu menjadi seorang trader/penanam modal saham profesional.