May 22, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Membaca Test Pack

Cara Membaca Test Pack 200x112 - Cara Membaca Test Pack

Kehamilan menjadi hal yang paling dinantikan bagi pasangan yang baru menikah. Inilah yang menciptakan banyak pasangan baru sering bersemangat dikala memeriksa kehamilan. Alat yang umum digunakan untuk mendeteksi kehamilan ialah test pack. Nah, alat inilah yang membuat sebagian orang kebingungan saat pertama kali menggunakannya. Jika Kamu salah satunya, mungkin ingin tau dengan bagaimana cara membaca test pack dengan benar.

Sebelum membicarakan penggunaan test pack, Kamu mungkin masih belum mengerti perihal test pack dan jenis-jenisnya yang dijual di pasarna. Perlu Kamu pahami, test pack bekerja dengan mengidentifikasi keberadaan hormon kehamilan atau HCG (Human chorionic gonadotropin) di urine perempuan.

HCG dibuat oleh plasenta pada rongga rahim, yang lalu akan melekat di dinding rahim setelah terjadi pembuahan. Biasanya HCG akan makin bertambah 2 kali lipat untuk tiap 2-3 harian. Sedangkan sebagiannya lagi akan ikut terbuang dikala mengeluarkan urine.

Jenis-Jenis Test Pack

Di swalayan atau apotek lazimnya tersedia beberapa jenis test pack. Sebenarnya ada 2 jenis alat deteksi kehamilan yang bisa Kamu pilih, diantaranya :

1. Test Pack Strip atau Kertas

Meurpakan sejenis test pack dengan cara penggunaan dicelupkan ke dalam sampel urine. Sesudah 5-10 detik, biasanya simbol warna yang ada di bagian ujung test pack akan berganti warnanya jikalau didapatkan hormon HCG yang terkandung dalam urine.

2. Test Pack Plastik

Jenis test pack ini pemakaiannya mampu dicelupkan dalam wadah berisi urine, bisa juga dengan meneteskan urine ke bab ujung alat test pack ini. Jika Kamu positif hamil, biasanya smbol strip yang terdapat pada test pack menjadi berubah warnanya.

Baca Juga:   Cara Buat Link Whatsapp

Bagaimana Cara Kerja Test Pack?

Semua jenis test pack pada dasarnya memiliki prinsip kerja yang serupa, yaitu dengan cara memeriksa ada atau tidaknya HCG di dalam urine. Test pack akan mengukur kadar HCG yang terdapat pada urine. Hormon ini dibuat oleh sel tertentu yang menolong proses pembentukan plasenta.

Anggap saja, Kamu memiliki siklus mentruasi normal selama 28 hari. Kemudian, Kamu berovulasi di hari ke-14, lallu sesudah 1-2 hari lalu terjadi pembuahan pada sel telur. Embrio akan tumbuh sampai beberapa hari dan implan pada uterus serta plasenta pun akan terbentuk. Di titik inilah, hormon kehamilan mulai memasuki anutan darah kemudian disaring oleh organ ginjal. Selanjutnya HCG akan masuk ke dalam urine, lazimnya baik pada hari ke-25 maupun ke-26.

Biasanya beberapa tes akan mendeteksi kombinasi hormon kehamilan berjulukan HCG ini. HCG tersebut lalu dilepaskan selama beberapa saat sesudah terjadinya pembuahan. Selain itu, mampu dideteksi sebagai tanda kehamilan awal.

Cara Membaca Test Pack

Cara Membaca Test Pack 200x112 - Cara Membaca Test Pack
Tutorial Membaca Test Pack

Bagaimana Membaca Test Pack?

Meskipun tampakcukup mudah, namun kenyataannya masih banyak yang belum mengetahui cara membaca test pack. Tentu saja bagi Kamu yang sebelumnya memang belum pernah memakainya. Alhasil, Kamu gundah ketika menggunakan test pack untuk memutuskan keadaan kehamilan.

Hasil tes kehamilan dengan test pack biasanya terdiri atas 3 hasil, diantaranya hasil test pack negatif, aktual dan kurang jelas. Lalu, gimana sih cara pembacaan test pack dengan benar? Ini ia ulasannya!

1. Membaca Hasil Test Kehamilan Negatif

Hasil test pack yang negatif ditunjukkan oleh satu garis dalam indikator test pack untuk mendeteksi adanya kehamilan. Alat uji kehamilan test pack sendiri mempunyai 2 garis, terdiri atas garis hasil atau result line dan garis kendali. Jika hasil test pack yang Kamu lakukan negatif, maka umumnya cuma akan muncul garis kontrol saja. Sementara garis akhirnya tak akan timbul, karena tidak ditemukan hormon HCG pada urine.

Namun ada pula perkara yang menunjukkan hasil test pack yang negatif padahal Kamu terlambat haid. Apabila hal ini terjadi, silahkan coba lagi melaksanakan test pack selama 3 hari ke depan.

Baca Juga:   Cara Kerja Ipal

2. Membaca Hasil Tes Kehamilan Positif

Cara membaca test pack nyata hamil kalau dikala mencelupkan test pack pada urine, indikator di dalam alat test pack menunjukkan dua garis. Biasanya hasil test pack yang faktual ditandai oleh 2 garis. Dimana dua garis ini sebelumnya ialah garis hasil dan garis kontrol. Kehadiran garis hasil ini mengambarkan bahwa di dalam urine sudah terdapat hormon HCG atau hormon kehamilan.

Jika Kamu sudah mengenali hasil tes kehamilan konkret, eksklusif konsultasikan dengan dokter ahli kandungan semoga menentukan keadaan kehamilanmu.

3. Membaca Hasil Kehamilan Samar-Samar

Tak jarang juga lho, banyak masalah yang memberikan hasil test pack yang samar atau tidak terperinci. Apabila hal ini terjadi, maka biasana kesannya cenderung positif. Tapi ada kemungkinan pula kehamilan tak mengalami pertumbuhan.

Maka dari itu, sebaiknya pribadi periksakan diri ke mahir kandungan bila Kamu mendapati hasil kasatmata pada test pack tetapi kondisinya tak terlalu terperinci. Tujuannya biar Kamu dijalankan investigasi yang lebih lanjut.

Di samping itu, hasil samar-samar pada test pack juga dapat ditunjukkan dengan tidak adanya kedua garis, entah itu garis hasil maupun garis kotrol. Jika hal ini terjadi, bisa dikatakan bahwa hasil test pack Kamu berstatus invalid alias gagal.

Terdapat beberapa aspek penyebab, diantaranya kadar hormon HCG di dalam urine belum terlalu banyak, sehingga membuat balasannya tidak maksimal. Oleh sebab itu, seharusnya gunakan alat test pack sekitar 12-14 hari sehabis Kamu terlambat haid.

Cara Menggunakan Test Pack

Jika Kamu masih bingung menggunakan test pack untuk mendeteksi terjadinya kehamilan, untuk menyingkir dari terjadinya hasil yang samar. Di bawah ini ada beberapa bimbingan tes kehamilan dengan test pack yang harus dikuti :

  • Langkah pertama, siapkan sampel urine Kamu yang ingin diperiksa pada sebuah wadah. Untuk menerima hasil yang akurat, ambil sampel urine pada pagi hari sehabis berdiri, karena lazimnya urine di pagi hari mengandung kadar beta HCG yang tinggi.
  • Silahkan buka bungkus alat test pack, tentukan bungkus tidak kadaluwarsa, tidak rusak dan masih disegel.
  • Pegang strip dengan cara vertikal, hati-hati ketika mencelupkannya pada urine. Pastikan Kamu mencelupnya hingga di bawah tanda batas.
  • Jika sudah, angkat strip test pack sesudah 10 detik, tetapi sebelumnya baringkan strip apalagi dahulu di alas datar kering, bersih dan mempunyai permukaan non penyerap.
  • Silahkan tunggu hingga garis berwarna telrihat. Biasanya tegrantung dari konsentrasi HCG yang diperiksa dalam urine, hasil tes aktual mampu diperhatikan selama 40 detik. Tapi untuk mengkonfirmasi tes kehamilan negatif, biasanya waktu reaksi bisa ditunggu selama 5 menit. Hal ini dilaksanakan untuk menangkal hasil test yang samar.
Baca Juga:   20 Daftar Harga Hp Realme Terbaru 2020 Dan Spesifikasi Inti

Langkah Berikutnya Sesudah Mengetahui dan Membaca Hasil Test Pack

Kamu mesti tahu bahwa hasil test pack yakni hasil sementara, jadi tetap saja Kamu mesti memeriksakan diri eksklusif ke dokter kandungan. Tujuannya biar memastikan usia janin dan keadaan kehamilan.

Jika Kamu telah dinyatakan konkret, lazimnya dokter akan menganjurkan gaya hidup sehat. Selain itu, ibu yang nyata hamil mesti menghindari acara-kegiatan yang memberatkan, menjauhi frustasi dan jangan terlalu lelah.

Konsumsi masakan bergizi dan diimbangi dengan pelengkap makanan, mampu menolong keadaan kesehatan bunda dan janin yang ada di dalam kandungan. Sehingga Kamu dan calon bayimu mampu lewat kala-era kehamilan hingga trimester simpulan.

Nah, itulah cara membaca test pack dikala memakai alat tes kehamilan supaya hasilnya lebih akurat dan dapat menyingkir dari tejradinya samar. Semoga berfaedah!

close