May 19, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Membuat Channel Youtube

Cara Membuat Channel Youtube1 200x112 - Cara Membuat Channel Youtube

Sebagian besar pengguna internet, pastinya telah sangat mengenal platform video bernama Youtube. Bahkan tak sedikit nama-nama Youtuber terpopuler di Indonesia mirip Ria Ricis, Atta Halilintar, Arief Muhammad, Raditya Dika, dan lainnya. Orang-orang ini dapat dikatakan sebagai beberapa content creator Youtube yang mampu meraup lebih banyak laba. Namun sebetulnya, gimana sih cara menciptakan channel Youtube?

Sebelum membahas lebih jauh perihal cara pengerjaan channel Youtube, Kamu harus tahu dahulu apa yang dimaksud dengan channel Youtube itu sendiri. Channel Youtube adalah alat akun Youtube, biasanya mampu dipakai untuk beraktivitas lewat platform Youtube. Diantaranya dengan mengunggah video ke platform Youtube, mempublikaiskan konten video ke akun Youtube, lalu melaksanakan pengaturan-pengaturan lainnya.

Ini artinya syarat utama menjadi Youtuber yakni mesti mempunyai channel Youtube lebih dahulu. Apabila seorang blogger memerlukan website tertentu untuk memasukkan tulisan dan konten. Maka seorang Youtuber akan memerlukan suatu channel untuk memasukkan sekaligus mempubikasikan videomu.

Cara Membuat Channel Youtube

Cara Membuat Channel Youtube1 200x112 - Cara Membuat Channel Youtube
Membuat Channel Youtube

Persiapan Membuat Channel Youtube

Sebenarnya cara menciptakan channel Youtube sendiri sangat gampang. Karena di sini Kamu cuma memerlukan satu akun saja bila ingin membuat channel Youtube. Akan tetapi, sebelum menciptakan akun di platform Youtube Kamu wajib memiliki akun Google lebih dahulu :

1. Membuat Akun Google

Syarat dan langkah awal yang harus dilakukan ialah mendaftar akun Google terlebih dahulu. Apabila Kamu sudah mempunyai akun Google, maka Kamu mampu melewati langkah yang satu ini. Namun jikalau belum memiliki akun Google, silahkan buat akunnya terlebih dulu.

2. Membuat Akun Youtube

Mungkin banyak orang yang masih belum mampu membedakan antara channel Youtube dan akun Youtube itu sendiri. Secara sederhananya bekerjsama, akun Youtube-mu dipakia untuk mengakses platform Youtube sama mirip pada akun Google. Sedangkan channel Youtube yaitu susukan untuk menempatkan aneka macam macam konten video pada Youtube. Melalui akun dan channel Youtube, maka Kamu dapat mengunggah berbagai konten video kapanpun.

Baca Juga:   Cara Membuka File Ppt, Pdf, Excel Dan Word Di Hp Android Dan Ios

Membuat Akun Youtube

Youtube ialah situs web kawasan untuk sharing atau mengembangkan video dari google. Yang artinya, jika Kamu mempunyai akun Google, Kamu pun dapat mengakses Youutbe menggunakan akun Google. Berikut ulasannya :

  • Ketuk “Login” Youtube.
  • Silahkan masukkan Google Account milikmu.
  • Ketuk tombol berikutnya.
  • Inputkan password Google Account.
  • Klik lagi tombol berikutnya dan login akun Youtube sukses.

Mulai Pembuatan Channel Youtube

Jika Kamu sudah memiliki akun Youtube serta berhasil login ke akun Youtube, sekarang bisa masuk ke cara membuat channel Youtube. Adapun langkah-langkah pengerjaan channel Youtube itu sendiri diantaranya :

  • Klik di bagian profil pada akun Youtube, terletak di pojok kanan bagian atas.
  • Ketuk di opsi channel saya. Ketika mengklik gambar pada profil akun, maka Kamu mampu dihadapkan ke aneka macam menu. Adapun sajian-hidangan tersebut diantaranya channel aku, membership berbayar, creator studio, beralih akun, logout, dan sebagainya.
  • Setelah itu, Kamu mampu memilih opsi “Channel Saya”.
  • Lalu Kamu akan langsung dihadapkan pada kolom verifikasi untuk nama channel. Biasanya nama channel Youtube yang muncul pertama kali sesuai nama Google Account-mu. Misalnya, untuk nama akun Wigatos, sehingga nama channel Youtube yang timbul pertama kali ialah Wigatos. Selanjutnya di kolom tersebut, tinggal ganti saja nama channel Youtube-nya sesuka hati.
  • Apabila nama channel-nya telah diganti, silahkan klik “Buat Channel”.
  • Dari sini, channel Youtube-mu sudah sukses dibentuk. Akan namun, ada beberapa pengaturan yang mesti dikerjakan agar channel Youtube-mu lebih mempesona.
  • Untuk pengaturan dan melaksanakan desain channel, tinggal klik di tombol bertuliskan “sesuaikan channel”.
  • Ketuk pada pilihan “creator studio” bila ingin melihat, menyunting serta menerbitkan konten yang sudah Kamu upload.
  • Ketuk di opsi “upload” jikalau ingin mengunggah konten.

Itulah tahapan-tahapna cara membuat channel Youtube via laptop. Jika Kamu telah sukses memiliki channel Youtube, sekarang tinggal unggah konten video saja setiap harinya. Tujuannya supaya channel-mu memiliki banyak subscriber dan ramai dikunjungi viewer.

Tahapan Membuat Konten Youtube Bagi Pemula

Berikut ini ada beberapa tahapan membuat konten untuk pemula di platform Youtube. Diantaranya selaku berikut :

Baca Juga:   Cara Mengemudi Mobil Matic Xpander

1. Bisa Dibagikan

Untuk membangun channel Youtube, kesanggupan konten untuk mampu dibagikan ialah hal penting yang mesti diperhitungkan. Sebab hal tersebut terkait dengan cara bagaimana audiens membagikan videomu ke orang lain. Dengan kian tinggi tingkat shareability, maka akan bertambah banyak juga orang yang mengenal atau mengenali keberadaan channel-mu. Oleh kesannya, akan kian banyak juga penonton dan mereka pun mempunyai argumentasi kenapa videomu patut dibagikan.

2. Mengajak Penonton Untuk Berbicara

Di bagian ini berhubungan dengan bagaimana sebagai Youtuber pemula, Kamu bisa mengatakan dengan penonton channel Youtube-mu. Kita tahu bahwa Youtube yakni platform sosial, untuk memungkinkan banyak kedatangan komunitas yang dapat dibangun sekaligus membuat kedekatan bareng mereka.

3. Melibatkan Audiens

Kondisi dikala Kamu melibatkan atau mencoba terlibat dengan penontonmu pada konten videomu yaitu hal penting. Sebab penonton ialah kunci keberhasilan videomu. Di sini Kamu mampu menggali gosip secara tanpa sadar dari para penonton. Sebagai Youtuber, Kamu mampu membaca komentar masuk ke dalam channel-mu. Hal tersebut mampu membangun loyalitas sekaligus kedekatan penontonmu alasannya adalah mereka merasa “dianggap”.

4. Konsisten

Poin yang tak kalah penting dalam membangun channel Youtube adalah konsistensi. Dalam hal ini, Kamu mampu mengerti konsistensi untuk dijadikan hukum acara unggah video, ketetapan tema, hingga baju yang sering Kamu gunakan.

5. Mempersiapkan Sasaran

Jika Kamu gres memulai video bantu-membantu wajar jika ingin menemukan banyak viewer untuk tiap konten videomu. Namun lebih efektif lagi kalau Kamu memiliki target audiens yang cocok konten video tersebut. Jika ingin memperlihatkan konten masak contohnya, maka Kamu dapat menyasar para perempuan muda yang terpesona mencar ilmu mengolah masakan. Selain itu, targetmu bisa juga para ibu rumah tangga yang ingin menjajal membuat hidangan masakan baru untuk tiap minggunya.

6. Menjaga Keberlangsungan

Seorang konten kreator terkenal umumnya akan tetap mempertahankan kehadiran mereka dengan paling tidak telah mengunggah sebanyak 300 konten video tanpa jeda setiap minggunya. Ini bermaksud untuk tetap menjaga keberlangsungan pada channel video mereka agar tidak ditinggalkan penonton setianya. Dalam tahapan ini, Kamu umumnya selaku pembuat video Youtube pemula sudah mempunyai penonton setia. Mereka akan menunggu konten gres darimu setiap minggu. Maka dari itu, Kamu mesti berupaya semoga tetap mempertahankan keberlangsungan pada channel Youtube-mu.

Baca Juga:   Cara Meniadakan Video Di Youtube

7. Gampang Ditemukan

Pastikan supaya konten videomu gampang ditemukan oleh orang lain atau pengguna Youtube. Kamu bisa memastikan bahwa konten videomu sudah dilengkapi oleh meningkatkan secara optimal yang dapat menunjang “keterlihatan”. Di sini Kamu dapat mencari bagaimana cara menuliskan judul konten video secara efektif, menunjukkan deskripsi video dan derma tags yang sesuai. Ini penting sekali alasannya channel Youtubemu perlu melakukan exposure, sebab Kamu masih konten kreator pemula.

8. Gampang Diakses

Apabila ada penonton atau audiens yang baru berkunjung pertama kali ke channel-mu, ketahui apakah ia mampu melihat konten videomu dengan mudah sesuai keyword yang dicari? Hal tersebut disebabkan Kamu sudah mengunggah lebih banyak video serta keyword yang sudah dicari.

Itulah 8 cara membuat konten video biar channel-mu lebih banyak dikenal. Ini penting sekali dilaksanakan sehabis Kamu berhasil dengan cara membuat channel Youtube seperti di atas!

 

 

close