counter create hit

Cara Membuat dan Menjual Karya NFT, Mudah!

Bagikan:

KichanHelp.com – Cara membuat NFT ternyata sangat mudah dan sederhana. Cocok buat kamu yang ingin menjual NFT art, games, atau berkas digital lainnya menjadi passive income yang menjanjikan.

Seperti yang kamu tahu, NFT atau non-fungible token sedang viral dan banyak dibicarakan di media sosial, mengingat asetnya yang mudah dipertukarkan seperti uang dan mampu menghasilkan cuan.

Tahukah kamu, bahwa selain membeli dari beberapa NFT marketplace, kamu juga bisa membuatnya sendiri, loh! Daripada penasaran, Jaka beritahu tips dan panduan membuat NFT sendiri dari aset-aset yang kamu punya. Berikut ulasan selengkapnya!

1. Pilih Item yang Hendak Dijadikan NFT

Langkah paling pertama yang harus kamu lakukan jika ingin membuat NFT sendiri adalah mulai mencari aset-aset unik yang layak untuk dijadikan NFT.

Apa saja, sih? Bisa berasal dari lukisan bikinanmu sendiri, foto, musik, video game, bahkan hingga koleksi meme, GIF, atau bahkan tuitan.

Pastikan kamu sudah memiliki hak kekayaan intelektual atas barang-barang pribadimu sebelum mengubahnya menjadi NFT. Dengan demikian, kamu tidak akan mendapat permasalahan hukum dan legalitas yang berkaitan dengan barang tersebut.

2. Tentukan Blockchain Pilihanmu

Aset kripto seperti NFT tidak akan pernah bisa dilepaskan dari blockchain, mengingat sistem besar ini menjadi “rumah” bagi dinamika fluktuatif dunia kriptografi.

Sebagai informasi, blockchain sendiri adalah sistem penyimpanan data digital yang mendasari perkembangan mata uang kripto seperti bitcoin, ethereum, maupun bentuk aset kripto lain.

Berdasarkan penelusuran Jaka, para seniman ataupun public figure menggunakan Etherum sebagai sistem blockchain mereka karena diklaim harganya paling stabil dan didukung oleh NFT marketplace.

3. Pilih Dompet Kripto Favorit

Nah, ini yang tak kalah penting! Kamu sudah harus mulai memiliki dompet kripto. Hal ini disebabkan kamu tidak bisa langsung membeli aset NFT dengan uang konvensional, melainkan harus mengonversikannya terlebih dahulu dengan uang kripto.

Baca Juga:   Ini Tips Jitu Biar Jualan NFT Kamu Laku dan Mahal

Tak hanya itu, seluruh transaksi kriptomu hanya bisa keluar-masuk dari dompet kripto yang sama. Baru setelah itu, kamu bisa mengonversikannya ke mata uang terbaru.

Ada beberapa jenis dompet kripto yang bisa kamu gunakan, mulai dari Math Wallet, AlphaWallet, Trust Wallet, Coinbase Wallet, hingga Metamask.

4. Tentukan Pasar NFT Terbaik

Setelah kamu memiliki uang kripto dan dompet digital, saatnya memilih pasar terbaik untuk menjual NFT mu. NFT marketplace atau pasar NFT adalah sebuah platform yang didirikan khusus sebagai wadah untuk menjual aset digital NFT.

Kalau mau dideskripsikan, pasar NFT bisa dibilang tak jauh berbeda dengan situs e-commerce konvensional. Bedanya, marketplace ini hanya berfokus pada produk-produk NFT yang akan diperjualbelikan oleh para investor kripto.

Para artis NFT biasanya membuat NFT art, games, dan aset digital lainnya pada situs-situs seperti OpenSea, Axie Marketplace, hingga Larva Labs/CryptoPunk.

5. Upload Aset dan Atur Harga Jual-Beli

Sudah punya aset untuk dijual, blockchain, dompet NFT, hingga pasar NFT? Saatnya kamu mendaftar dan mengupload asetmu ke dalamnya. Nantinya, semua barang yang kamu unggah (entah itu berformat PNG, GIF, MP3, dan sebagainya) akan diubah bentuknya menjadi aset digital NFT.

Setelah mengunggah aset ke marketplace, kamu harus melakukan beberapa hal krusial yang sangat penting agar bisa cuan. Berikut uraian singkatnya.

  1. Jual dengan Harga yang Kompetitif: Atur harga yang terjangkau namun kompetitif dengan aset orang lain. Hal ini penting untuk menarik calon pembeli.

  2. Atur Batas Waktu Lelang: Dengan memberikan batas deadline waktu lelang, para calon pembeli memiliki target untuk ikut penawaran terbuka (open bidding).

  3. Mulai Lelang Tanpa Batas Waktu: Kamu juga bisa membuka pelelangan aset NFT tanpa adanya jangka waktu. Dengan demikian, kamu juga diberi kebebasan untuk menutupnya kapanpun kamu mau.

Cara Minting Aset Digital Jadi NFT

Minting NFT adalah proses mengubah aset digital menjadi koleksi kripto. Dengan kata lain, kamu menyimpan file digital di blockchain. File digital tersebut bisa berupa foto, musik, video game, koleksi meme/GIF, atau NFT Art lainnya.

Baca Juga:   Istilah Dalam NFT (Non Fungible Token), Udah Tahu Belum?

Harus diakui, ketika seseorang berhasil memasukkan NFT pertama di marketplace, tentu ingin menambahkan atau menyimpan terus-menerus atau minting, seperti viral NFT Ghozali Everyday.

Nah, jika kamu sudah membuat NFT pertamamu dan ingin menambahkan koleksinya, berikut cara minting aset digital jadi NFT.

Cara Minting NFT di OpenSea

Marketplace OpenSea bisa dibilang jadi salah satu andalan, bahkan termasuk yang populer. Disarankan, jika NFT pertama diunggah di platform ini, koleksi selanjutnya juga harus di platform ini.

Langsung saja, berikut cara mudah menambahkan NFT ke dalamnya. Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka akun OpenSea.
  2. Buka koleksi yang telah kamu buat.
  3. Klik Tambah Item Baru.
  4. Unggah NFT dan beri nama NFT tersebut.
  5. Isi detail deskripsi untuk aset digital tersebut.
  6. Klik Create.

Cara Minting NFT di Rarible

Selain OpenSea, ada platform Rarible yang juga populer. Menariknya, di platform ini ada fitur Lazy Minting yang memudahkan pengguna dalam minting NFT.

Langsung saja, berikut panduan minting aset digital jadi NFT di Rarible.

  1. Buka Rarible di URL (rarible.com)
  2. Hubungkan wallet kriptomu.
  3. Klik Create dan isi semua detail tentang NFT yang ingin disimpan.
  4. Pilih opsi Free minting.
  5. Klik Create Item dan tandatangani ceklis otorisasi dengan wallet.

Selesai! Kini kamu bisa minting aset digital jadi NFT dengan mudah. Sebagai kreator NFT, kamu juga bisa membuat jadwal royalti dari setiap penjualan berikutnya. Nantinya, royalti tersebut menjadi komisi atau keuntungan.

Nilai NFT juga bergantung pada cerita di baliknya. Semakin menarik, semakin laris dan digemari. Hal ini juga didukung dengan komunitas yang sesuai dengan market NFT Art kamu, ya.

Akhir Kata

Begitulah cara membuat NFT yang bisa kamu aplikasikan dalam art/seni, game, dan berkas digital lainnya. Tertarik? Yuk, segera bikin!


Bagikan:
close