May 19, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Membuat Filter Ig

Cara Membuat Filter Instagram 200x112 - Cara Membuat Filter Ig

Instagram sekarang sudah menjadi sebuah aplikasi favorit bagi banyak orang, utamanya bagi anak muda, mengingat Instagram sudah memperlihatkan banyak fitur menarik. Selain mampu melakukan upload video atau foto memakai caption IG, Kamu pun mampu memakai fitur Insta Story yang sekarang sudah digandrungi banyak orang. Pasalnya fitur ini memperlihatkan banyak filter keren-keren yang mampu menyebabkan Story di Instagrammu lebih eye-catching. Lalu, bagaimana cara menciptakan filter IG?

Cara Membuat Filter IG

Cara Membuat Filter Instagram 200x112 - Cara Membuat Filter Ig
Membuat Filter Instagram

Tutorial Membuat Filter Instagram

Jika Kamu gemar memakai imbas di platform Instagram. Kamu ternyata mampu menjajal cara menciptakan filter IG. Dengan begitu, Kamu bisa melaksanakan custom sesuka hati. Bahkan caranya juga bisa dibilang legal. Kamu dapat membuatnya memakai aplikasi yang diusung oleh Facebook, dengan nama Spark AR Studio. Kamu mampu membuat filter IG menggunakan aplikasi ini dengan gampang. Cukup memerlukan ketekunan serta ketelitian untuk melakukannya.

Apa Itu Aplikasi Spark AR Studio?

Spark AR Studio ialah acara atau aplikasi Windows untuk menolong para penggunanya menciptakan filter dan efek berupa  augmented reality atau AR. Kemudian sesudahnya dapat dibagikan ke platform media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Walaupun Kamu belum terlatih di bidang 3D modelling dan rancangan, tapi Kamu tak perlu khawatir. Sebab Spark AR Studio memppunyai template untuk memudahkanmu menciptakan filter sendiri. Aplikasi ini mempunyai performa yang memungkinkanmu mampu membayangkan bagaimana hasil finishing kreasimu di hp kebanyakan. Walaupun pemakaian aplikasi ini umumnya di laptop atau PC, tetapi Kamu tetap mampu menciptakan filter IG tanpa menggunakan PC.

Baca Juga:   Cara Login Instagram

Kamu mampu mengunduh aplikasi Smark AR Studio di App Store maupun di Play Store. Dengan begitu membuat filter di IG lewat perangkat android menjadi lebih mudah.

Tutorial Membuat Filter IG Memakai Spark AR Studio

Jika Kamu telah mengenal aplikasi Spark AR Studio, Kamu pun mesti mengenali cara memakainya supaya bisa membuat filter IG sendiri. Di bawah ini ada beberapa langkah cara membuat filter IG dengan Spark AR Studio :

1. Download Aplikasi Spark AR Studio

Kamu mampu memperoleh aplikasi Spark AR Studio dengan cara gratis melalui situs web resminya. Jadi unduh aplikasi Spark AR Studio terlebih dahulu sebelum Kamu lanjut ke tahapan berikutnya.

Jika sudah mengunduh, silahkan lanjutkan dengan instal aplikasi. Caranya cukup gampang, di sini Kamu tinggal mengikuti perintah yang telah tersedia pada aplikasi.

2. Login ke Aplikasi

Masuk ke aplikasi Spark AR Studio memakai nomor hp atau email yang dipakai untuk login ke akun FB dan inputkan password akun FB Kamu. Selanjutnya Kamu akan menjumpai beberapa sample project pada aplikasi. Silahkan buka sample project tersebut satu per satu agar Kamu bisa mengenali jenis-jenis pada filter Story IG.

Selanjutnya persiapkan objek berupa gambar topeng atau corak tanpa latar memakai format PNG. Silahkan buat lewat Adobe Ilustrator, atau Photoshop. Untuk membuat filter IG, ketuk create new pada samping kiri dan tekan blank project.

3. Tambahkan Objek Pada Filter

Cara membuat filter IG di aplikasi Spark AR Studio berikutnya yaitu sehabis mempersiapkan objek, sekarang Kamu tinggal menyertakan objek ke filter yang dibuat. Adapun caranya ketuk +Add Asset di panel Assets yang terletak di samping kiri. Kemudian tekan Animation Sequence kemudian beri nama di layer tersebut.

Ketuk Choose file di samping kanan, lalu masukkan beberapa objek yang akan ditambahkan pada PC.

4. Tambahkan Face Tracker

Face tracker berfungsi biar filter IG yang Kamu buat dapat mendeteksi pengguna yang memakainya. Caranya tinggal lik kanan di manapun di dalam panel scene dan tekan add, lalu tekan Face Tracker. Kemudian klik kanan di dalam face tracker. Selanjutnya pilih add, dan klik plane.

5. Mengatur Plane

Cara menciptakan filter IG berikutnya adalah mengatur plane. Plane di sini maksudnya yakni daerah objek yang Kamu pakai akan tampakdi tampang pengguna. Maka dari itu, Kamu harus mengatur plane supaya objek di filter IG buatanmu ada di posisi yang tepat. Ketuk pada plane tadi yang telah Kamu buat pada panel scene, kemudian ketuk tanda pause di samping kiri. Kemudian Kamu mampu menggerakkan plane di lokasi yang Kamu inginkan, misalnya di tampang, di atas kepala, atau pada pipi. Kemudian atur pula ukuran plane.

6. Tambahkan Tekstur Pada Plane

Ketuk plane yang sudah Kamu buat pada panel scene, kemudian ganti shader type pada panel samping kanan. Lalu pilih tekstur tertentu yang diharapkan. Ada pilihan standard, flatblended, face paint, atau physically based. Di panel kanan, ketuk choose file dalam pilihan Texture, lalu pilih gambar objek yang sudah dipersiapkan.

Baca Juga:   Cara Gampang Keluar Dari Group Whatsapp Tanpa Tertangkap Tangan

7. Mengekspor Filter ke IG

Langkah cara menciptakan filter IG selanjutnya yakni export filter ke dalam Instagram. Jika Kamu ingin mengexport filter ke Instagram, ketuk file di Spark AR Studio lalu pilih export. Lalu tentukan centang semua opsi yang tersedia sampai warna centangnya menjadi berwarna hijau. Tekan export dan pilih lokasi penyimpanan filter lalu berikan nama.

Setelah itu, Kamu bisa pribadi masuk ke www.facebook.com/sparkarhub lalu tentukan Kamu telah masuk ke akun FB terlebih dahulu. Tekan upload effect, lalu pilih Instagram. Selanjutnya beri nama filtermu dan tekan next. Di dalam effect icon, Kamu mampu memasukkan gambar tertentu yang merepresentasikan imbas atau filtermu, kemudian centang pada legal agreement dan pilih upload and continue.

8. Publikasikan Filter IG

Jika Kamu sudah yakin filter IG buatanmu tak membutuhkan pergantian lanjutan, Kamu pun dapat mempublikasikannya ke dalam IG. Pada halaman preview, silahkan ketuk next step lalu pilih klasifikasi sesuai filter yang dibentuk. Kemudian tekan next sampai di halaman terakhir lalu tekan submit for review. Jika tahap ini sudah simpulan, Kamu tinggal tunggu kesepakatan pihak Instagram.

Tips Sebelum Membuat Filter di IG

Selain cara membuat filter IG di atas, ada beberapa hal yang harus Kamu lakukan selaku seorang creator sebelum membuat atau menciptakan filter. Berikut diantaranya :

1. Tentukan Ide

Jika Kamu ingin menciptakan sesuati, biasanya hal yang dilaksanakan pertama kali ialah menentukan ilham. Kamu bisa melihat karya atau showcase dari orang lain, mengeksplor Youtube atau Google, menyaksikan hal yang menawan dari content creator atau influencer di IG.

2. Memikirkan Target Audiens

Kamu juga harus menimbang-nimbang bagaimana filtermu selanjutnya digunakan banyak orang. Dimana biasanya filter tersebut dibentuk untuk aktivitas selfie, tetapi beberapa filter sekarang mempunyai efek tertentu yang seru, menarik dan yang lain. Sehingga, Kamu cukup mempertimbangkan filter tersebut akan dipakai oleh siapa, bagaimana penggunana filter tersebut dan kenapa filtermu dipakai banyak orang.

3. Tentukan Branding

Kamu juga harus memilih branding. Biasanya filter yang dipakai pada Insta Story yang ideal membutuhkan keseimbangan pada kreativitas maupun branding atau merkmu.

Baca Juga:   Lupa Password Instagram, Bagaimana Mengatasinya?

4. Membuat Filter yang Dinamis

Beberapa filter umumnya dibentuk sederhana tapi dinamis. Kini ada banyak filter interaktif,unik dan seru. Seperti filter pada game, quiz dan yang lain. Mungkin sebagian akan menggemari filter jika terjadi interaksi bareng penggunanya, seperti berubah-ubah, bergerak, memiliki variasi lain pada filter dan lainnya.

Itulah beberapa tips yang mesti Kamu ketahui sebelum menciptakan filter dan bimbingan cara menciptakan filter IG yang mampu Kamu kerjakan lewat aplikasi Spark AR Studio. Bagaimana, gampang bukan?

close