counter create hit

Cara Memindahkan WhatsApp Tanpa Menghapus Chat dan Kontak

Bagikan:

Kamu bermaksud memindahkan WhatsApp ke HP gres? Pasti kamu tidak mau chat yang dan kontak yang telah banyak tersimpan di HP usang hilang begitu saja. Oleh sebab itu kamu perlu mencari cara bagaimana agar bisa memindahkan WhatsApp tanpa meniadakan chat dan kontak-kontak yang ada.

Untuk melakukan hal ini caranya sungguh mudah, pertama kamu mesti menciptakan backup chat dan kontak apalagi dulu gres kemudian memulai proses pemindahan WhatsApp ke akun baru.

Pada kesempatan kali ini kami akan berikan tutorialnya langkah demi langkah diikuti dengan gambar dan klarifikasi lengkap supaya lebih mudah kau ikuti.

Cara memindahkan WhatsApp ke HP gres tanpa menghapus chat dan kontak

Langkah 1: Menghubungkan aplikasi WhatsApp di HP yang lama dengan Google Drive

Agar mampu membuat backup chat dan kontak maka kita membutuhkan media penyimpanan berbasis cloud. Salah satu yang terbaik yang bisa kau gunakan ialah Google Drive. Google Drive juga ialah layanan cloud yang digunakan WhatsApp secara resmi sehingga prosesnya akan menjadi lebih gampang.

Cara menghubungkan WhatsApp ke Google Drive: Pertama buka aplikasi WhatsApp di HP lama kemudian masuk ke hidangan Settings > Chats > Chat backup > Google Account.

Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Baru 1 - Cara Memindahkan WhatsApp Tanpa Menghapus Chat dan Kontak

Selanjutnya kamu akan diminta untuk login, silakan masukkan Gmail beserta password lalu tekan Sign In. Jendela permission akan muncul > tekan pada pilihan Allow atau Izinkan.

Langkah 2: Mencadangkan atau menciptakan backup semua chat dan media yang ada di WhatsApp HP lama

Selesai melakukan langkah pertama maka WhatsApp di HP usang sudah berhasil terhubung dengan Google Drive. Sekarang kamu telah bisa mencadangkan semua chat dan media ke sana. 

Selanjutnya pada aplikasi WhatsApp kau pilih Settings > Chats > Chat Backup > tekan tombol BACK UP. Apabila ingin backup media video yang ada di dalam chat maka kau centang pada pilihan Include videos.

Tunggu sampai proses upload backup simpulan. Lamanya proses ini tergantung dari banyaknya chat dan media yang ada. Kamu hanya perlu menanti saja hingga tamat.

Baca Juga:   10+ Laptop yang Cocok untuk Anak Kedokteran

Langkah 3: Membuat backup Kontak

Setelah kau sukses mencadangkan chat dan media tahap selanjutnya ialah mencadangkan semua kontak yang ada di HP usang.

Ketika akan berubah HP kau tentunya tidak ingin kehilangan kontak-kontak usang. Solusinya adalah dengan memindahkan kontak dari HP lama ke HP baru dengan membuat backup terlebih dulu.

Saat ini telah ada beberapa aplikasi gratis yang bisa kamu gunakan untuk menciptakan backup kontak. Salah satunya mirip aplikasi Super Backup & Restore, silakan install aplikasinya dari Playstore. Setelah aplikasi terinstall di HP lama, jalankan aplikasinya > lalu pilih menu Contacts > Backup All.

Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Baru 2 - Cara Memindahkan WhatsApp Tanpa Menghapus Chat dan Kontak

Langkah 4: Mengupload Kontak ke Google Drive

Untuk membuat lebih mudah dalam memindahkan kontak WhatsApp ke HP baru nantiya, maka kau mampu memanfaatkan Google Drive selaku media penyimpanan.

Gunakan akun yang serupa dengan akun untuk backup chat tadi biar lebih mudah. Dengan cara ini maka kita bisa memindahkan kontak ke HP baru secara mudah tanpa menggunakan media eksternal seperti Sekolah Dasar Card.

Untuk mengupload kontak ke Google Drive bisa langsung dikerjakan dari aplikasi Super Backup & Restore.

Caranya > Pada aplikasi Super  Backup & Restore pilih Contacts > Send To Cloud > Pilih file backup kontak (filenya memiliki ekstensi .vcf) > pilih Send to Google Drive. Kamu akan diminta permission > pilih Allow.

Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Baru 4 - Cara Memindahkan WhatsApp Tanpa Menghapus Chat dan Kontak

Langkah 5: Menginstall aplikasi WhatsApp dan Google Drive di HP baru

Karena kau kini telah membuat backup chat dan kontak di HP lama maka sekarang sudah mampu berpindah ke HP baru. Bila kau ingin memindahkan SIM card ke HP gres juga sudah mampu dilaksanakan sekarang.

Pada HP gres install aplikasi WhatsApp dan Google Drive dari Playstore. Setelah selesai, login ke Google Drive dengan akun Gmail yang tadi dipakai. Kemudian buka aplikasi WhatsApp dan login menggunakan nomor yang kamu pakai untuk WhatsApp.

Langkah 6: Mengembalikan chat WhatsApp di HP gres

Pada dikala proses login WhatsApp di HP baru, kamu akan mendapati halaman yang berisi pilihan untuk restore file backup dari Google Drive.

Tekan tombol Restore > lalu pilih akun Gmail yang tadi digunakan. Pada jendela undangan permission pilih Allow.

Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Baru 3 - Cara Memindahkan WhatsApp Tanpa Menghapus Chat dan Kontak

Sesaat sehabis kau menekan tombol Allow maka proses restore akan secepatnya dimulai. Biasanya ini akan memakan waktu selama beberapa menit tergantung dari besarnya ukuran file backup yang di restore.

Baca Juga:   Cara mengetahui MBR atau GPT di Hardisk dan SSD

Langkah 7: Mengembalikan kontak WhatsApp di HP yang baru

Setelah sukses memulihkan chat WhatsApp di HP baru maka kau akan menyaksikan semua pesan-pesan di HP usang sudah kembali seperti semula. Namun semua nomor akan tampaktanpa nama, ini sebab kontak dari HP lama belum dipindahkan ke HP gres.

Oleh alasannya itu langkah berikutnya ialah restore kontak dari Google Drive ke Hp.

Pertama kamu buka aplikasi Google Drive kemudian temukan file kontak yang tadi telah di backup. Setelah itu tap tahan pada file lalu pilih Download.

Setelah proses download selesai > buka aplikasi File Manager > masuk ke folder Download > dapatkan file kontak dengan ekstensi .vcf > tap satu kali file tersebut untuk restore ke HP.

Selesai. Sampai tahap ini kau telah sukses memindahkan WhatsApp ke HP baru tanpa menghilangkan chat usang dan kontak-kontak yang ada.

Khusus untuk Anda yang nomor Hp nya telah mati bisa mengikuti tutorial ini:

Cara memindahkan WhatsApp tanpa verifikasi nomor HP yang sudah mati

Tips: Lakukan backup chat WhatsApp secara terencana agar saat ingin dipindahkan menjadi lebih mudah

Memindahkan WhatsApp dari HP usang ke HP gres tanpa menghapus chat dan kontak cuma mungkin dikerjakan jika kamu telah membuat backup. Apabila tidak ada file backup maka chat WhatsApp yang ada akan hilang saat kamu login di HP yang baru.

Untuk menghindari terjadinya hal semacam ini maka sungguh direkomendasikan untuk menertibkan acara backup otomatis WhatsApp biar bila sewaktu-waktu diharapkan mampu dengan gampang diakses.

Untuk menertibkan backup otomatis chat WhatsApp ke Google Drive ikuti langkah berikut ini:

Pertama kau buka aplikasi WhatsApp kemudian masuk ke Settings > pilih menu Chats > Chat Backup > Backup to Google Drive.

Akan ada tiga pilihan agenda backup otomatis yang bisa kau pilih yakni Daily (harian), Weekly (mingguan) dan Monthly (bulanan).

Pada menu Back up over kamu bisa memilih koneksi mana yang akan digunakan untuk upload file backup. Bisa memilih Wi-Fi only > artinya backup hanya akan dilakukan ketika HP terhubung ke Wi-Fi, atau Wi-Fi or cellular > artinya backup akan tetap dijalankan sesuai jadwal pada koneksi Wi-Fi maupun mobile data.

Baca Juga:   Spesifikasi dan Perkiraan Harga OnePlus 5

Solusi bila WhatsApp tidak bisa terhubung dengan Google Drive (tidak mampu restore otomatis)

Salah satu masalah yang mungkin kamu hadapi dikala memindahkan WhatsApp ke HP baru dengan metode ini adalah tidak bisa backup menggunakan Google Drive. Apabila ini dialami maka solusinya yaitu menciptakan local backup atau backup offline.

Caranya hampir sama, pertama kau buka Aplikasi WhatsApp kemudian pilih Settings > Chats > Chat backup > tekan tombol BACK UP > tunggu sampai proses backup selesai.

Setelah akhir buka File Manager > masuk ke penyimpanan Sekolah Dasar Card > pilih folder WhatsApp > Databases.

Di sana akan tampakfile dengan nama msgstore.db.crypt12 > ini yaitu file backup WhatsApp yang kau buat tadi. Ini lah nanti yang hendak dipakai untuk memindahkan chat dari HP usang ke HP gres.

Catatan: bila nama file backup terdapat tanggal di awalnya maka harus dihapus. Kamu harus memutuskan nama file yakni msgstore.db.crypt12

Angka 12 pada akhiran nama file bisa berbeda-beda seperti 10, 11, dst. Intinya dilarang ada tanggal pada permulaan nama file backup, formatnya mesti msgstore.db.crypt

Memulihkan chat di HP baru dengan local backup tanpa Google Drive

Untuk memulihkan chat pada ketika memindahkan WhatsApp ke HP gres caranya sangat gampang. Kamu cuma perlu memindahkan SD Card yang tadi digunakan untuk menyimpan file msgstore.db.crypt12 dari HP lama ke HP baru. Setelah itu login seperti biasa, nanti WhatsApp akan mendeteksi otomatis file backup tersebut dan menanyakan apakah kamu ingin memulihkannya > tekan tombol RESTORE.

Memindahkan media (foto dan video) WhatsApp di galeri HP lama ke HP baru

Khusus untuk memindahkan media WhatsApp mirip foto dan video yang tersimpan di Galeri maka akan lebih muda kalau dikerjakan secara manual.

Pada HP lama kau bisa masuk ke File Manager > Internal Storage > Android > media > com.whatsapp > WhatsApp > Media.

Di sana akan terlihat folder Video, Images, Audio, Documents, Gif, dan Notes. Silakan kamu copy folder mana saja yang ingin di backup ke SD Card. Nanti kamu tinggal copy-paste folder tersebut ke HP yang gres.

Itulah tips yang bisa kami berikan perihal memindahkan WhatsApp ke HP gres tanpa menetralisir chat dan kontak. Semoga bisa menolong.


Bagikan:
close