May 17, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Meminimalisir Energi Listrik

Cara Menghemat Energi Listrik - Cara Meminimalisir Energi Listrik

Apakah kau sedang kebingungan dengan tagihan listrik yang tinggi? Bagaimana cara meminimalkan energi listrik? Artikel kali ini akan membantumu mengurangi energi listrik dengan sungguh efisien.

Sekilas Tentang Energi Listrik

Di zaman kini, energi listrik menjadi salah satu energi terpenti bagi kehidupan insan. Bagaimana tidak, hampir setiap acara manusia membutuhkan energi listrik. Mulai dari aktivitas dasar seperti memasak, mandi, mencuci hingga acara tambahan seperti berolahraga dan mencari hiburan. Berbagai acara manusia tersebut kini dipermudah dengan alat yang memanfaatkan energi listrik.

Seiring berkembangnya zaman, kebutuhan insan akn energi listrik pun makin bertambah. Hal ini disebabkan bertambah banyak diciptakannya alat atau mesin yang memerlukan energi listrik. Sayangnya, energi listrik yang kita gunakan membutuhkan ongkos untuk menggunakannya. Dalam rangka penghematan, ada baiknya kau mulai mengurangi energi listrik yang kau gunakan.

Kenapa Harus Menghemat Energi Listrik?

Ada beberapa alasan besar lengan berkuasa yang membuatmu mesti mulai meminimalisir energi listrik, yaitu:

  • Menjaga atmosfer bumi. Energi listrik yang kamu gunakan sekarang dihasilkan dari sebuah alat yang dinamakan pembangkit listrik. Alat ini bekerja sepanjang hari menawarkan listrik ke seluruh tempat. Sayangnya, dampak negatif dari penggunaan pembangkit listrik adalah pencemaran udara yang semakin tinggi. Dengan meminimalkan listrik, kau dapat mempertahankan atmosfer bumi supaya tidak semakin terkotori.
  • Menghemat pengeluaran. Biaya listrik merupakan salah satu biaya dari sekian banyak pengeluaran yang harus kamu pikirkan. Jika kamu tidak mulai mengurangi energi listrik yang kau gunakan, bukan mustahil tagihan listrik akan membesar. Hal ini akan mempunyai dampak pada keadaan keuanganmu.
  • Mengurangi beban pembangkit listrik. Betapa banyaknya penggunaan energi listrik di masyarakat menciptakan beban pembangkit listrik makin besar. Hal ini akan menjadikan berbagai hal, salah satunya yakni pemadaman listrik. Beberapa kasus pemadaman yang terjadi sungguh merugikan banyak orang. Untuk itu, mulai lah mengurangi energi listrik.
  • Mengurangi penggunaan energi fosil. Energi listrik yang terpasang di rumahmu saat ini masih mempergunakan energi dari fosil. Sayangnya, energi fosil bukanlah energi yang mampu terbarukan. Menurut prediksi para peneliti, sumber daya fosil kita akan habis pada tahun 2050. Sementara sedang dikembangkan pembangkit listrik dengan energi terbarukan, jangan lupa untuk meminimalkan energi listrik.
Baca Juga:   Samsung Galaxy Note 10 Lite Harga Dan Spesifikasi Resmi Di Indonesia Unggulkan S-Pen “Abnormal”

Cara Menghemat Energi Listrik

Cara Menghemat Energi Listrik - Cara Meminimalisir Energi Listrik
Cara Menghemat Energi Listrik

 

Menghemat energi listrik mampu kau lakukan dengan aneka macam cara. Beberapa cara yang dapat kamu lakukan guna meminimalisir energi listrik adalah sebagai berikut :

  • Menggunakan lampu LED
  • Menyalakan lampu secukupnya
  • Mengatur pemakaian alat elektro
  • Mengatur ventilasi udara

Menggunakan Lampu LED

Lampu apakah yang kamu gunakan di dalam rumah? Apakah kau telah menggunakan lampu LED? Apabila belum, kau harus menjajal untuk mengubah lampu di rumahmu dengan lampu LED. Hal ini dilaksanakan guna meminimalisir energi listrik.

Apa itu lampu LED? Lampu Light Emitting Diode atau lebih sering diketahui dengan nama lampu LED merupakan suatu inovasi dalam bidang penerangan. Lampu yang menggunakan pancaran cahaya dari susunan diode ini mempunyai usia dan efisiensi berkali lipat dibanding lampu pijar lazimmaupun lampu neon. Dikatakan penerangan sebuah lampu LED 3 Watt setara dengan lampu pijar 40 Watt. Hal ini pasti dapat mengurangi energi listrik di rumahmu.

Selain keunggulan tersebut, lampu LED juga memiliki beberapa keunggulan, adalah :

  • Tahan banting. Lampu LED mempunyai epilog dari bahan plastik. Berbeda dengan lampu bohlam atau neon yang memiliki tutup dari beling yang gampang pecah. Hal ini membuat lampu LED lebih tahan banting dibanding lampu yang lain.
  • Tahan usang. Sering menjumpai lampu bohlam yang putus? Hal ini dikarenakan untuk bisa dinyalakan, lampu bohlam membutuhkan gas tertentu yang tersimpan di dalam penutup lampu. Sedangkan lampu LED tidak membutuhkan gas apapun. Hal ini membuat lampu LED mempunyai daya tahan lebih lama 30 kali dibanding lampu pijar biasa.
  • Mudah diperbaiki. Jika kamu memiliki lampu LED yang sudah tidak mampu menyala, kamu tidak perlu membuangnya. Kamu bisa memperbaiki lampu tersebut atau membawanya ke tempat reparasi. Berbeda dengan lampu bohlam atau neon yang bila tidak bisa menyala tidak bisa diperbaiki kembali.

Sayangnya, teknologi LED yang elok ini mesti diimbangi dengan tingginya harga jual. Hal ini yang membuat beberapa orang belum berpindah ke teknologi lampu LED ini. Namun, melihat banyaknya faedah yang bisa kamu peroleh, mengganti lampu biasa dengan lampu LED dapat menjadi cara mengurangi energi listrik yang harus kamu coba.

Baca Juga:   Dua Cara Mengatasi Lupa No Virtual Account BPJS

Menyalakan Lampu Seperlunya

Jika kita mengatakan tentang alat apa yang paling banyak memakai energi listrik, tentu jawabannya ialah lampu. Alat yang berfungsi selaku alat penerangan ini memang menjadi pengguna energi listrik paling besar. Lampu menjadi opsi utama dalam hal penerangan alasannya lampu memberikan cahaya yang lebih jelas dibandingkan lilin dan lentera. Penggunaan lampu juga mampu mendukung pekerjaan yang dijalankan pada malam hari.

Namun, melihat kecilnya ukuran lampu, menciptakan beberapa orang lalai akan besarnya energi listrik yang digunakan oleh benda ini. Beberapa orang sering membiarkan lampu mereka menyala tanpa ada fungsi yang jelas. Guna mengurangi energi listrik, kau mesti menyalakan lampu pada saat-saat tertentu saja. Beberapa tindakan membuang energi listrik dengan lampu ialah :

  • Menyalakan lampu sehari penuh. Sebagai alat penerangan, sebaiknya lampu hanya menyala pada dikala gelap. Apabila tiba pagi hingga sore dimana cahaya matahari mampu menerangi ruangan, sebaiknya kamu mematikan lampumu. Hal ini mampu menolong menghemat energi listrik di rumahmu.
  • Menyalakan lampu di ruangan yang tidak dipakai. Jika suatu ruangan sedang tidak kamu gunakan, kamu tidak butuhmenyalakan lampunya.

Mengatur Pemakaian Alat Elektronik

Alat elektronika telah menjadi pendamping acara manusia dikala ini. Mulai dari mengolah makanan kuliner, mencuci baju sampai menonton hiburan semua memanfaatkan alat elektronik. Guna meminimalisir energi listrik, kau harus mengontrol pemakaian alat elektro di rumahmu. Adapun beberapa cara mengendalikan pemakaian alat elektronik yaitu:

  • Mencabut kabel yang tidak terpakai
  • Mematikan TV ketika tidak ditonton
  • Mematikan AC dan kipas angin saat tidak digunakan
  • Menggunakan mesin cuci untuk mencuci baju dalam jumlah banyak

Dengan mengikuti beberapa cara di atas, kau mampu meminimalkan energi listrik di rumahmu dengan lebih efektif dan efisien.

Mengatur Sirkulasi Udara

Pada suatu rumah, sirkulasi udara ialah suatu unsur penting yang dihentikan dilupakan. Rumah yang tidak memiliki sirkulasi udara yang baik akan menjadi panas dan membuatmu harus menyalakan kipas angin atau AC. Hal ini dapat menciptakan penggunaan energi listrik di rumahmu menjadi boros. Guna meminimalisir energi listrik di rumahmu, cobalah untuk membuka pintu dan ventilasi udara sehingga sirkulasi udara di rumahmu menjadi lebih tanpa hambatan. Dengan begitu, kau tidak butuhmenyalakan pendingin ruangan dan lebih mengurangi energi listrik di rumahmu.

Baca Juga:   Cara Mengontrol Jam Digital

Demikian yaitu postingan perihal cara meminimalisir energi listrik. Semoga bermanfaat.