May 17, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Memperbarui Play Store

Cara Memperbarui Play Store 200x112 - Cara Memperbarui Play Store

Smartphone android termasuk produk yang banyak dipakai, termasuk di negara Indonesia. Adapun fitur paling penting yang umumnya terdapat di ponsel android yakni Google Play Store. Ada beberapa cara memperbarui Play Store yang bisa dipakai. Dengan memperbarui Google Play Store di perangkat hpmu, maka Kamu bisa memanfaatkannya untuk mendownload aplikasi-aplikasi di perangkat android.

Ketika Kamu tak mampu mengakses aplikasi, Google Play Store mesti di update ke dalam model modern. Karena umumnya selain mendapatkan penyegaran pada tampilannya, pembaruan tersebut umumnya disertai oleh revisi bug. Guna meminimalkan terjadinya error yang sebelumnya dialami. Biasanya dalam proses pembaruan Google Play sendiri akan berlangsung otomatis.

Hanya saja, kerap kali pilihan tersebut tak mampu melakukan pekerjaan akhir salah setting pada layanan Play Store atau terjadi error. Karena itu, mewajibkan kita melaksanakan pembaruan dengan cara manual.

Cara Memperbarui Play Store

Cara Memperbarui Play Store 200x112 - Cara Memperbarui Play Store
Memperbarui Google Play Store

Tutorial Memperbarui Play Store

Pada kenyataannya, tak siapa saja tahu cara memperbarui Play Store dengan cara manual. Maka dari itu, ada banyak orang yang menentukan tetap bertahan menggunakan Play Store usang. Hal ini tentu saja tidak disarankan. Adapun caranya ialah selaku berikut :

1. Melakukan Uninstall Pembaruan

Kamu harus ingat bahwa bukan aplikasi Google Play yang dihapus, tetapi hanya model update-nya saja. Dengan kata lain, Play Store biasanya akan kembali ke versi pertama, mirip ketika Kamu baru berbelanja hp. Adapun tujuannya adalah ketika Kamu mengembalikan Google Play Store yang lama, proses update umumnya berjalna otomatis. Sehingga menciptakan Google Play Store Kamu berubah ke dalam versi modern.

  • Pertama-tama buka “Setelan”, Kamu mampu membukanya lewat aplikasi atau melalui hidangan pada panel status kafetaria tepat di bab atas perangkat android.
  • Setelah itu, masuk ke dalam menu Aplikasi. Bisa saja berlainan tergantung dari versi yang digunakan. Namun intinya cari pengaturan yang dapat menyaksikan daftar beberapa aplikasi yang terinstal.
  • Dari sini, Kamu dapat melihat ada banyak daftar aplikasi yang terinstal. Geser layar ke bawah dan cari Google Play Store Apps.
  • Setelah iut, ketuk “Copot Pemasangan Pembaruan” alias “Uninstall updates”. Bagi versi android seperti Nougat contohnya, ketuk “Penyimpanan” dahulu, baru lalu ketuk “Copot Pemasangan pembaruan”.
  • Jika proses uninstall sudah akhir, Kamu bisa membuka PlayStore kembali. Selanjutnya Kamu akan memeriksa performa usang Play Store.
  • Sesudah itu, Kamu dapat menutup aplikasinya kembali dan biarkan Hp beberapa lama dengan internet yang menyala. Selanjutnya Play Store akan ter-update secara otomatis ke dalam versi terbarunya.
Baca Juga:   Cara Mengubah Vpn

Dalam cara memperbarui layanan Play Store ini, Kamu mesti ingat bahwa akses internet yang digunakan harus stabil dan cepat. Jika tidak, mungkin prosesnya menjadi semakin lama atau bahkan gagal.

2. Menggunakan Opsi Setelan Play Store

Dalam Google Play Store, maupun pada menu setelannya, biasanya ada opsi dimana kita dapat mengecek versi Google Play yang digunakan. Saat model yang dipakai telah kadaluarsa, maka Kamu dapat melaksanakan update ke model terbaru. Berikut langkah cara memperbarui Play Store dengan Setelan berikut ini :

  • Buka Playstore, kemudian ketuk ikon sajian pada kiri bab atas, kemudian pilih Setelan atau Settings.
  • Selanjutnya gulir ke bawah hingga Kamu menyaksikan versi Play Store atau Play Store Version.
  • Ketuk tombol versi Google Play tersebut, kemudian setelahnya, Google Play Store melakukan update dengan cara otomatis.
  • Dari sini, Kamu hanya cukup menanti dan tentukan koneksi internet yang digunakan koneksinya elok.
  • Sesudah proses unduhan final, Kamu bisa menutup aplikasi Google Play Store, dan cek versinya kembali.

Setelah simpulan, Kamu akan menerima pesan pemberitahuan “versi Play Store telah update“. Jika sudah, disarankan me-restart hp semoga tata cara mampu me-refresh pergeseran dan membuat Google Play Store-mu kembali stabil seperti sedia periode.

3. Dengan Menginstal Secara Manual

Cara memperbarui Play Store ini dapat dibilang sebagai cara paling manual, yakni dengan pembaruan Google Play Store melalui unduhan APK manualnya. Google Play Store sendiri memang termasuk aplikasi berupa APK, sama seperti aplikasi kebanyakan.

Maka dari itu, APK PlayStore tentu saja bisa dicari dan diunduh di internet, yang mana sudah tersedia model usang sampai model terbarunya. Adapun langkah-langkahnya ialah selaku berikut :

  • Pertama-tama, silahkan cari APK-nya terlebih dahulu menggunakan model terbaru.
  • Lalu buka pilihan File Manager dan instal APK Play Store yang sudah tersimpan sebelumnya.
  • Jika proses instalasi telah tamat, Google Play Store pun sudah siap digunakan.

Cara yang satu ini bantu-membantu kurang disarankan. Tapi jikalau Kamu memerlukannya, Kamu bisa mencobanya. Selain itu, Kamu mesti tahu bahwa model Google Play Store hasil install lazimnya akan menyesuaikan versi APK Play Store yang telah disimpan. Sehingga Kamu harus teliti melihat versinya.

Baca Juga:   Cara Login Play Store

Apakah Play Store mampu Diperbarui Lewat Aplikasi?

Tentu saja bisa, tapi untuk pengaturannya itu sendiri tak ditampilkan pada developer Play Store. Namun Kamu tak perlu cemas, Kamu akan mendapatkan update otomatis eksklusif dengan cara mengaktifkan jaringan internet serta memasukkan akun Play Store.

Membiarkan Google Play Store memakai versi yang lama sesungguhnya bukan hal yang baik. Kamu hanya memerlukan beberapa langkah untuk mengaktifkan pengaturan di Google Play Store semoga aplikasi dapat diperbarui secara otomatis.

Kenapa Harus Memperbarui Play Store?

Memperbarui APK Google Play Store memungkinkanmu sebagai pengguna bisa menemukan hal-hal menarik dengan mudah terutama dilihat dari segi tampilan dan keamanannya. Makara, bila Kamu tidak memperbarui Play Storemu, maka proses instalasi aplikasi perangkat android akan membutuhkan waktu yang lama.

Kaprikornus leboih baik lagikan update untuk dapat memperbarui metode security patch di Play Store.

Aktifkan dan Menonaktifkan Pembaruan Otomatis

Kamu juga mampu melakukan beberapa langkah untuk menonaktifkan atau mengaktifkan pembaruan secara otomatis di semua aplikasi. Adapun langkahnya berikut ini :

Pertama-tama buka Google Play Store Apps di perangkatmu. Silahkan klik opsi Menu di samping kiri atas pada layar. Lalu klik di bawah opsi pengaturan umum, dan ketuk “Pembaruan Otomatis”. Maka Prompt akan menunjukkan 3 opsi berikut :

  • Jangan memperbarui aplikasi otomatis. Kamu mampu mengklik opsi tersebut untuk menonaktifkan seluruh aplikasi yang telah diinstal di perangkatmu pada pembaruan otomatis. Silahkan pilih pilihan berikut bila ingin mengaktifkan pembaruan secara otomatis pada aplikasi.
  • Memperbarui aplikasi otomatis kapan saja. Ini bisa Kamu pilih kalau Kamu keberatan dengan biaya datanya. Silahkan pilih pilihan yang satu ini jika ingin mengizinkan pembaruan secara otomatis pada semua aplikasi.
  • Memperbarui aplikasi via Wifi saja secara otomatis. Kamu juga bisa memilih pilihan yang satu ini bila membolehkan aplikasi meng-update otomatis dikala terhubung pada Wifi saja.

Jika Kamu menonaktifkan update otomatis pada aplikasi Play Store. Maka setiap kali APK akan meng-update dirinya sendiri, umumnya akan terdapat ikon Play Store pada bilah notifikasi. Kamu mampu mengetuk pilihan pemberitahuan serta menyepakati pembaruan pada aplikasi dengan cara manual.

Baca Juga:   Cara Meminimalkan Ukuran Video Di Android 1 Gb Menjadi 70 Mb

Oke, itulah ulasan ihwal cara memperbarui Play Store. Kamu mampu menentukan satu dari ketiga opsi cara yang sudha dikelaskan di atas. Sebagai langkah alternatif, Kamu bisa menginstalnya memakai file APK secara manual. Hanya saja, Kami tidak menganjurkan metode ketiga tersebut.