fbpx

Cara Menabung 1 Juta Per Bulan Plus Tipsnya

Bagikan:

KichanHelp.com – Banyak orang yang menganggap bila menabung ialah suatu hal yang sulit. Apalagi kalau ditarget sebesar 1 juta per bulan, niscaya akan kian sulit.

Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar tapi juga tidak sepenuhnya salah. Tidak sepenuhnya benar sebab setiap orang niscaya mampu menabung Rp 1.000.000 per bulan, tetapi tidak sepenuhnya salah karena memang jumlah pendapatan dan gaya hidup setiap orang berlawanan-beda.

Lalu bagaimana caranya? Simak di postingan ini.

Cara Menabung 1 Juta Per Bulan

Berikut hal yang bisa Anda kerjakan agar mampu menabung sebesar 1 juta per bulan:

1. Ubah mindset

Langkah yang pertama adalah dengan mengubah mindset atau pola pikir apalagi dulu. Mindset ialah hal dasar yang harus dirubah oleh seseorang jikalau orang tersebut ingin merubah sesuatu menjadi lebih baik.

Mindset yang mesti dirubah disini ialah asumsi yang berkata “tidak bisa” untuk menabung sebesar Rp 1.000.000 per bulan dan diubah menjadi “mampu”. Hal ini karena ucapan adalah perwujudan dari doa. Oleh sebab itu, terus yakinkan diri Anda kalau Anda mampu menabung hingga sebesar Rp 1.000.000 per bulan.

2. Punya catatan keuangan

Langkah yang kedua yaitu dengan memiliki catatan keuangan. Di dalam catatan ini, Anda bisa merekam berapa banyak uang yang Anda dapatkan dan keluarkan pada hari itu, minggu itu dan bulan itu.

Catatan keuangan ini sungguh penting dimiliki khususnya oleh orang yang ingin menabung dalam jumlah tertentu. Dengan catatan ini, Anda bisa tahu berapa jumlah duit yang Anda habiskan untuk keperluan sehari-hari, sedekah, pola hidup maupun cicilan.

Baca Juga:   Cara Investasi Logam Mulia

Catatan ini juga berfungsi selaku alat perekam jumlah tabungan yang Anda masukkan ke rekening setiap hari atau setiap minggunya, khususnya kalau Anda tidak mempunyai pendapatan tetap.

3. Alihkan anggaran pola hidup

Setelah memiliki catatan keuangan, hal yang mampu Anda lakukan selanjutnya untuk menerima tabungan sebesar Rp 1.000.000 per bulan yakni dengan mengalihkan budget gaya hidup menjadi simpanan.

Anggaran pola hidup ini yang mirip apa? Anggaran pola hidup ini contohnya, hangout bareng teman-sahabat, nonton bioskop, traktir pacar dan lain sebagainya. Alihkan budget tersebut untuk ditabung.

Punya tabungan sasaran sebesar 1 juta per bulan bukan memiliki arti Anda harus hidup dengan tanpa foya-foya. Hanya saja intensitas dan biaya foya-foya tersebut dikurangi. Misalnya, dari yang awalnya Rp. 150.000 untuk nonton dan makan bareng sahabat kantor menjadi Rp. 100.000 saja.

4. Potong biaya keperluan hidup bila memungkinkan

Selain bisa memotong ongkos pola hidup, Anda juga bisa memangkas biaya kebutuhan hidup bila memang memungkinkan. Misalnya, Anda biasanya membeli beras kualitas cantik yang harganya per kilo Rp 15.000 kemudian, demi menerima sasaran simpanan, Anda mampu menggantinya dengan membeli beras yang harganya Rp 10.000 per kilo.

Selain itu, Anda juga menghemat biaya beli sayur yang umumnya Anda beli melalui platform e-commerce menjadi pribadi beli sendiri ke pasar dan lain sebagainya. Terlepas dari pemotongan ongkos ini, Anda perlu ingat jikalau kebutuhan sehari-hari dan kesehatan tetap prioritas utama.

5. Cari penghasilan komplemen

Pemotongan ongkos sudah banyak dilakukan di sana sini, namun ternyata jumlah dana yang ada masih belum cukup. Maka, ini saatnya Anda untuk mencari penghasilan suplemen. Perlu Anda pahami bantu-membantu tidak semua sumber penghasilan aksesori membutuhkan modal perhiasan juga.

Ada beberapa sumber penghasilan suplemen yang tidak membutuhkan modal pelengkap seperti: menjadi penulis lepas, desainer grafis lepas, jadi driver ojek online, atau menjual barang-barang bekas melalui media umum dan platform marketplace.

Untuk melaksanakan banyak sekali perjuangan ini, yang Anda butuhkan yakni kemampuan untuk membagi waktu antara pekerjaan utama, keluarga, pekerjaan sampingan tersebut dan diri Anda sendiri. Jangan sampai karena banyak pekerjaan, Anda mengabaikan kesehatan diri maupun keluarga.

Baca Juga:   Cara Pinjam Uang Di Bank Syariah

Tips Agar Bisa Menabung Dengan Konsisten

Berikut ini beberapa kiat menabung 1 juta per bulan secara konsisten:

1. Jangan tabung di satu daerah

Bagi sebagian orang, simpanan target  1 juta per bulan bukanlah hal yang gampang bukan sebab pola hidup, melainkan karena keperluan sehari-hari yang memang sudah tidak bisa diiris lagi.

Oleh sebab itu, penulis sarankan untuk membagi uang Rp 1.000.000 per bulan ke dalam tiga kantong tabungan yang berlawanan-beda. Satu kantong untuk dana darurat yang bisa diambil di saat-waktu kalau ada kebutuhan mendesak atau ternyata kebutuhan bulan tersebut masih kurang tercukupi, kantong kedua untuk kebutuhan jangka menengah dan kantong ketiga untuk keperluan jangka panjang. Pastikan nilai kantong 1 paling kecil diantara kantong yang lain.

Kantong simpanan disini mampu beragam seperti, simpanan biasa tapi di rekening yang berlainan dari rekening yang Anda gunakan umumnya, reksa dana atau acara simpanan berjangka di bank.

2. Sisihkan tabungan apalagi dahulu dikala mendapatkan uang

Tips selanjutnya yaitu, sisihkan simpanan terlebih dulu ketika Anda mendapatkan duit entah itu dalam bentuk gaji bulanan, fee jasa freelance maupun penghasilan harian dan mingguan.

Jika Anda khawatir kalau keperluan bulan tersebut tidak tercukupi sebab sebagian duit Anda masuk ke dalam tabungan, maka Anda mesti ingat jikalau ada sebagian duit yang Anda taruh di kantong simpanan pertama di atas yang masih mampu Anda gunakan sebagai cadangan. Dengan demikian, Anda bisa menabung dengan tanpa cemas.

3. Buat penyusunan rencana keuangan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika punya simpanan sasaran 1 juta per bulan bukan mempunyai arti Anda tidak bisa senang-senang. Anda tetap mampu bahagia-senang akan tetapi nilainya perlu dibatasi. Nah, cara membatasinya ialah dengan membuat anggaran keuangan bulanan yang niscaya.

Katakanlah pendapatan Anda sebesar Rp 2.500.000 per bulan dan Anda belum berkeluarga. Rp 500.000 untuk mengeluarkan uang kost-an, Rp 800.000 untuk berbelanja keperluan sehari-hari, Rp 150.000 untuk kuota internet dan bensin sementara Rp 50.000 untuk senang-senang.

Baca Juga:   Bagaimana Cara Mengatur Gaji Supaya Tidak Boros?

Rp 1.000.000 sisanya mampu Anda tabung dengan detail Rp 100.000 untuk dana darurat, Rp 900.000 untuk simpanan jangka menengah dan panjang. Kaprikornus, nanti jikalau ada keperluan mendadak mirip motor mogok atau yang lain, Anda masih memiliki Rp 100.000  di dana darurat yang mampu Anda pakai.

4. Mindset dana darurat selaku utang

Tips menabung 1 juta per bulan adalah dengan menerapkan mindset kalau Anda menggunakan dana darurat sebesar Rp 100.000  itu sama dengan Anda meminjam kepada diri Anda sendiri di era depan sebesar Rp 100.000. Dengan demikian, entah 1 atau dua bulan ke depan, duit Rp 100.000  tetap harus dibayar walaupun itu terhadap diri Anda sendiri.

5. Pelan-pelan saja

Tips terakhir untuk bisa membuat tabungan target 1 juta per bulan adalah dengan melakukannya pelan-pelan saja dan sesuai kemampuan. Seperti sebuah pepatah jawa pernah bilang “alon-alon asal kelakon” yang bermakna secara perlahan-lahan asal tercapai. Tidak persoalan jika Anda gres bisa menabung 1 juta perbulan 1 atau 2 tahun lagi. Daripada hasil, tentu akan lebih indah jikalau Anda bisa menikmati proses pertumbuhan kemampuan Anda menabung.


Bagikan: