May 22, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Menambal Ban Tubeless

Cara Menambal Ban Tubeless 200x112 - Cara Menambal Ban Tubeless

Bagaimana cara menambal ban tubeless? Masalah ban tubeless bocor kerap terjadi bagi para pengguna kendaraan bermotor. Mungkin jika bocor di lingkungan yang ramai dan bersahabat dengan jasa tambal ban, tentu saja tak bermasalah. Namun kalau ternyata ban datang-tiba bocor di lingkungan yang jauh dari hingar bingar alias daerah sepi, tentu saja membuat kita merasa panik.

Karena itu, Kamu setidaknya mesti tahu cara menambal ban tubeless. Sebab penting sekali jikalau dalam kondisi darurat, apalagi jikalau jauh dari tempat tukang tambal ban. Jika Kamu ingin menjajal menambal ban tubeless sendiri, Kami akan membagikan tutorialnya di bawah ini!

Cara Menambal Ban Tubeless

Cara Menambal Ban Tubeless 200x112 - Cara Menambal Ban Tubeless
Trik Menambal Ban Tubeless

Trik Menambal Ban Tubeless dengan Metode String

Sebenarnya menambal ban tubeless sendiri cukup gampang. Saat dalam kondisi darurat, Kamu tetap mampu melakukannya di rumah sendiri. Namun tentu saja harus menyiapkan peralatan untuk menambal. Adapun peralatannya bernama tire repair kit, Kamu mampu membelinya di toko online.

Pada perlengkapan tire repair kit, tersedia beberapa peralatan menambal ban. Diantaranya seperti pembuka lubang atau cleaning hook, tube fix glue (lem), bar patching rubber (karet penambal), dan fixing hook (pengait). Jika semua perlengkapan sudah lengkap, selanjutnya tinggal menambal ban tubeless sendiri lewat tata cara string.

Sebenarnya tekniknya cukup mudah, sederhananya dengan cara melubangi bab permukaan ban. Kemudian menyumbat ban dari luar. Selain itu, teknik menambal ban melalui tata cara string ini cocok digunakan untuk menghadapi terjadinya kebocoran tak terlalu besar di dalam crown area. Untuk Kamu yang masih belum mengetahuinya, crown area sendiri yakni bagian tengah pada ban yang langsung menapak ke permukaan jalan.

Baca Juga:   Cara Bayar Belanjaan Shopee Pakai Gopay

Untuk lebih jelasnya, berikut cara menambal ban tubeless menggunakan metode string dengan benar :

1. Cek Letak Kebocoran

Kebocoran ban tubeless memang tidak pribadi terasa dampaknya, lain halnya dengan ban tube type. Biasanya tekanan angin yang ada pada tipe ban tubeless tak akan hilang eksklusif, tetapi akan menyusut perlahan. Meskipun demikian, gejalanya akan terasa ketika kendaraanmu digunakan dikala berkendara. Seperti kendaraan terasa sukar dikendalikan dan lebih berat. Hal ini menjadi salah satu indikator supaya Kamu segera menilik kondisi ban.

Cara yang paling mudah untuk mengetahui adanya kebocoran pada ban tubeless yakni dengan cara memompa ban hingga tekanannya cukup. Lalu siram secara perlahan menggunakan air sabun. Biasanya jika benar bocor, akan terlihat gelembung udara. Jika penyebab ban yang bocor mirip kaca dan paku yang masih menempel pada ban, Kamu mampu pribadi mencabutnya.

Sebelum melanjutkan cara menambal ban tubeless, ketahui pula jenis kebocoran ban yang dapat teratasi sendiri memakai tata cara string. Misalnya saja, bab yang mengalami kebocoran mesti terletak di permukaan bannya, dan bukan di dekat pentil atau pada dinding samping. Lalu bila ada beberapa titik kebocoran, seharusnya tak boleh berdekatan.

karena bila kebocoran seperti yang dijelaskan di atas terjadi, sebaiknya ganti ban kendaraan dengan ban gres.

2. Membersihkan Ban Memakai Pembuka Lubang

Jika Kamu telah mengenali letak kebocoran, selanjutnya tinggal membersihkan lubang. Untuk melakukannya, diperlukan cleaning hook atau pembuka lubang. Biasanya alat tersebut berupa sama seperti sekrup, karena ada ulirnya.

Kamu mampu tusuk lagi letak kebocoran hingga terbuka sedikit lebar dengan memakai pembuka lubang. Silahkan putar ulirnya sampai sungguh-sungguh bisa masuk. Kemudian cabut dengan cara memutar ulir pada arah kebalikan. Tujuannya supaya lubang tersebut sungguh-sungguh terbebas dari kotoran.

Kamu mesti tahu bila tak dikerjakan proses pembersihan, maka dikhawatirkan kotoran yang ada membuat jalan keluar untuk udara, meskipun telah ditambal.

3. Memasukkan Karet Penambal Pada Pengait

Kamu juga bisa menggunakan karet penambal yang dibutuhkan dalam cara menambal ban tubeless. Dari sini Kamu tinggal mengambil satu karet dengan bentuk seperti cacing yang memanjang. Pada tire repair kit, ada 4-5 karet.

Baca Juga:   Cara Mengubah Nada Notifikasi Whatsapp Chat Dan Grup

Sesudah mengambil satu, Kamu bisa memasukkan karet hingga setengahnya ke dalam lubang pada alat pengait. Bagi yang belum mengetahui pengait, lazimnya berbentuk sama seperti jarum, namun yang berdimensi besar. Jika sudah, Kamu bisa mengoleskan lem ke dalam karet penambal. Pastikan lem dioleskan secara merata hingga ke seluruh bab permukaan karet.

4. Menusuk Titik Kebocoran Kembali

Cara menambal ban tubeless lainnya yakni jikalau seluruhnya telah siap, Kamu mesti segera menusuk titik kebocoran memakai pengait yang telah dimasukkan karet serta dilumuri lem. Silahkan tekan hingga setengah bagian karetnya masuk ke ban. Selain itu, jangan hingga semua karet tersebut masuk ke bab dalam ban atau tak terlihat lagi.

Kemudian tarik pengait segera, sampai cuma karet penambal saja yang tertinggal di ban. Selanjutnya, gunting bagian ujung karet menjuntai hingga tampakrapi.

5. Mengecek Kebocoran Sekali Lagi

Jika semua langkah cara menambal ban tubeless di atas telah dilakukan. Cara terakhir yaitu dengan menganalisa kebocoran sekali lagi. Kamu bisa memulainya dengan cara mengisi angin hingga tekanannya sesuai. Lalu, cek kebocoran ban sekali lagi memakai air sabun. Jika telah tak ada indikasi terjadinya kebocoran, ini artinya ban sudah aman digunakan untuk berkendara.

Kamu perlu tahu bahwa teknik menambal ban tubeless memakai metode string, sebaiknya dilaksanakan hanya saat darurat. Sebab teknik ini beresiko mampu menghancurkan struktur pada crown area bagian ban motor maupun kendaraan beroda empat. Namun sayangnya, di Indonesia sendiri teknik string paling terkenal.

Trik Menambal Ban Tubeless dengan Metode Tip Top

Cara menambal ban tubeless lainnya yakni dengan menggunakan sistem tip top. Dibandingkan tata cara string, tata cara tip top bahu-membahu lebih aman. hanya saja, pengerjaannya memerlukan waktu lebih lama. Namun, tak ada salahnya jika Kamu menjajal metode ini :

1. Memisahkan Ban Dengan Peleknya

Metode menambal ban ini bekerjsama sistem untuk menambal ban dari bagian dalam ban, jadi yang harus dilakukan pertama kali adalah memisahkan antara ban dan peleknya. Pemisahan tersebut bertujuan untuk meminimalkan terjadinya kerusakan pada ban.

Baca Juga:   Cara Menyembunyikan Subscriber

2. Membersihkan Area Ban yang Bocor

Sebelum menambal, bersihkan terlebih dulu area yang mengalami kebocoran dari kotoran. Tujuannya semoga lem tambal dapat merekat besar lengan berkuasa. Bersihkan pula area permukaan ban keseluruhan dari kotoran.

3. Menempelkan Rubber Patch

Langkah berikutnya, Kamu tinggal melumasi ban yang mengalami kebocoran, kemudian menempelkan rubber patch di bagian tersebut. Perlu diingat jikalau proses penempelan rubber patch harus dijalankan pada bab dalam dan bukan pada bagian luar ban.

4. Lakukan Press Ban dan Diamkan

Supaya rubber patch-nya melekat berpengaruh, Kamu dapat melakukan press menggunakan hot press. Selanjutnya diamkan sampai lem mengering. Palin tidak, Kamu perlu mendiamkannya selama 10-20 menit hingga kering.

Nah, itulah 2 metode cara menambal ban tubelesss dengan mengunakan tata cara string dan tip top. Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa sistem top top sebenarnya lebih aman dibandingkan tata cara string. Hanya saja, sistem tip top ongkosnya lebih mahal. Teknik ini juga sering kali dipakai pada kebocoran ban yang berukuran besar.

 

 

close