May 19, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Menanam Anggrek

Cara Menanam Anggrek 200x112 - Cara Menanam Anggrek

Anggrek yaitu sejenis tanaman hias dengan bunga yang sangat indah. Kaprikornus tak aneh kalau banyak orang yang terpesona menanam bunga anggrek untuk dibudidayakan sendiri di rumah. Semakin banyaknya orang yang menyukai anggrek, tentu saja harganya akan makin mahal. Apalagi cara menanam anggrek maupun merawatnya membutuhkan perjuangan yang ekstra.

Bunga anggrek adalah bunga yang mempunyai keunikan tersendiri, karena bunga ini sering kita lihat menempel di pohon-pohon. Tapi bahu-membahu, bunga anggrek juga bisa ditanami di pot-pot bunga. Tentu saja tata cara menanam bunga anggrek seperti ini sangat ideal bagi Kamu yang ingin menghias halaman atau teras rumah.

Bagaimana Menanam Bunga Anggrek Supaya Cepat Berbuah?

Bunga anggrek termasuk sejenis tanaman hias yang dapat tumbuh dimana saja di aneka macam ketinggian. Tanaman anggrek mampu tumbuh pada ketinggian 0-5.000 mdpl. Jenis bunga anggrek yang dapat berkembang di area dataran rendah dengan ketinggian 0-3.000 mdpl yakni mirip Pholidota imbricata, Vanda roxburghii, Cymbidium aloifolium, dan Acampe praemorsa.

Sementara anggrek yang mampu berkembang di dataran tinggi, mulai dari ketinggian 3.500-5.000 mdpl diantaranya seperti Habenaria cumminsiana, Bulbophyllum retusiusculum, Pleione maculate, Nervlia macroglossa dan lainnya.

Tanaman anggrek memiliki morfologi yang sungguh menawan. Anggrek termasuk tumbuhan herba tahunan dan tumbuh di berbagai kondisi iklim. Ada tanaman anggrek yang mampu hidup di pohon-pohonan atau semak-semak dan biasa disebut selaku flora anggrek liar. Sementara ada pula tanaman anggrek yang bagus di tanah, lazimdisebut sebagai tumbuhan terestrial. Ada pula tumbuhan yang hidup di area bebatuan dinamakan litofit dan lainnya.

Baca Juga:   Cara Membeli Token Pln Lewat Aplikasi Linkaja Termudah

Media Tanam Bunga Anggrek

Sebelum mengenali cara menanam anggrek, Kamu harus tahu tempa tatau media menanam bunga anggrek apalagi dahulu, menyesuaikan jenis tumbuhan anggrek itu sendiri. Sebenarnya, budidaya tanaman anggrek itu sendiri tidaklah sukar untuk orang awam. Untuk menanam flora ini, bahkan Kamu tidak memerlukan pot, alasannya adalah tumbuhan ini mampu melekat di flora lain. Namun jikalau ingin lebih optimal semestinya pakai pot anggrek sendiri.

Ketinggian Pot Untuk Bunga Anggrek

Faktor penting yang lain dalam membudidayakan anggrek yakni ketinggian kawasan peletakkan pot bunga anggrek itu sendiri. Metode penanaman bunga anggrek yang selanjutnya adalah menanam anggrek menurut ketinggian daerah untuk tanam. Berikut kawasan tanam bunga anggrek berdasarkan ketinggian :

1. Ketinggian Tanam 1001 mdpl

Apabila Kamu berada di ketinggian sekitar 1001 mdpl, maka jenis bunga anggrek yang sempurna untuk ditanam ialah anggrek miltonia dan anggrek cymbidium.

2. Ketinggian Tanam 500-1000 mdpl

Untuk membudidayakan flora anggrek berjenis Cattleya, Dendrobium, atau Oncidium, maka Kamu harus meletakkan flora tersebut pada ketinggian 500 sampai 1000 mdpl.

3. Ketinggian 500 mdpl

Pada jenis ketiga sendiri, tanaman anggrek ini umumnya akan tumbuh optimal kalau ditaruh di ketinggian mencapai 500 mdpl. Adapun salah satu jenis tumbuhan anggrek yan dapat tumbuh di ketinggian tersebut ialah anggrek Vanda dan Arachnis. Di samping ketinggian media tanam, perhatikan pula sirkulasi udara pada media tanam tersebut.

Lokasi yang tepat bagi perkembangan flora anggrek adalah kawasan yang mempunyai angin sedikit. Faktor yang mesti diamati yang lain ialah kelembaban udaranya agar flora anggrek bisa berkembang dengan subur, serta mampu menciptakan tumbuhan bunga yang elok.

Cara Menanam Anggrek

Cara Menanam Anggrek 200x112 - Cara Menanam Anggrek
Panduan Menanam Bunga Anggrek

Panduan Menanam Bunga Anggrek

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa bunga anggrek mampu berkembang baik di luar maupun di dalam ruangan. Tapi ada kalanya tumbuhan ini sukar tumbuh balasan kesalahan penanaman itu sendiri. Apabila Kamu tertarik membudidayakan tanaman anggrek, maka Kamu harus mencari tahu jenis anggrek yang akan ditanam, juga cara menanam anggrek itu sendiri.

Baca Juga:   Cara Menanam Cabe Dari Biji

1. Memilih Jenis Tanaman Anggrek yang Akan Dibudidayakan

Sebenarnya ada sebanyak puluhan ribu jenis tanaman anggrek yang mampu dipilih untuk ditanam, tapi Kamu harus memilih satu spesies tanaman anggrek yang hendak ditanam. Bagi seorang pemula, alangkah baiknya memilih jenis anggrek yang lebih gampang ditanam jikalau dibandingkan dengan jenis anggrek yang lain. Contohnya saja, pada spesies paphiopedilum, phalaenopsis, dan cattley. Adapun jenis phalaenopsis yang mampu dijumpai di Indonesia dengan gampang adalah moth orchid alias anggrek bulan.

2. Mempersiapkan Media Tanam

Cara menanam anggrek yang benar selanutnya yaitu pilih media tanam yang sempurna sesuai jenis anggrek yang Kamu tanam. Beberapa orang kerap membuat kesalahan saat menanam bunga anggrek di dalam pot, sebab mereka menilai bahwa anggrek harus ditanam di media tanah layaknya tumbuhan lain.

Tapi perlu Kamu ketahui, bahwa untuk membudidayakan anggrek bahu-membahu berlainan dari cara membudidayakan tanaman bunga lainnya. Sebab Kamu mesti memperlihatkan ruang untuk bernafas pada akar anggrek. Karena itu, Kamu harus menanam anggrek memakai media tanam tertentu yang lebih berpori dan longgar. Misalnya menggunakan gabungan akar pakis dan arang yang berongga.

3. Memilih Pot dengan Benar

Untuk menanam bunga anggrek di pot, bantu-membantu penting sekali memilih pot dengan benar. Ini yaitu hal yang mesti diamati. Jika tidak memilih tempat yang tepat untuk menanam, maka tumbuhan anggrek yang ditanam mampu menguning, layu bahkan mati. Adapun jenis pot untuk menanam anggrek yang paling sempurna ialah pot dari tanah yang mempunyai sistem drainase mencukupi.

Pot dari tanah ini bisa menolong meminimalisir kadar air berlebih pada anggrek yang disebabkan oleh penyiraman berlebihan pada flora ini. Sebab pot tanah bersifat menyerap air, lain halnya dengan pot berbahan plastik yang tak bisa menyerap air.

Di samping itu, penting sekali untuk memilih ukuran yang tepat pada pot. Tanaman anggrek lazimnya hanya membutuhkan pot berskala kecil. Akan namun, jika Kamu memiliki bunga anggrek besar, maka Kamu bisa menyesuaikan pot tersebut dengan ukuran anggreknya.

Baca Juga:   Cara Menanam Bunga Mawar

5. Proses Menanam Bunga Anggrek

Jika sudah merencanakan semua keperluan menanam flora anggrek, kini tinggal menanam bunga hias anggrek yang Kamu kehendaki. Namun sebelumnya, pastikan apalagi dahulu akar anggreknya tidak bacin atau mati. Jika Kamu mendapati ada akar anggrek yang mati, pastikan untuk memotongnya lebih dahulu.

Selanjutnya tanam bunga anggrek dengan cara mengisi arang hingga potnya setengah penuh. Kemudian simpan anggrek di bagian atas arang, caranya yaitu sebarkan akar anggrek. Lalu isi sisa pada pot menggunakan akar pakis hingga penuh, bahkan sampai anggrek mampu bangun tegak. Apabila anggrek tak mampu berdiri tegak, maka Kamu bisa menyangganya menggunakan lilitan kawat pada sisi pot.

5. Merawat Tanaman Anggrek

Jika telah mengikuti cara menanam anggrek dengan benar, sekarang Kamu tinggal merawatnya saja. Sirami bunga anggrek dengan terpola, supaya mampu berkembang dengan optimal. Selain itu, tentukan tumbuhan anggrek mendapatkan kecukupan sinar matahari tanpa berlebihan.

Selain itu, Kamu juga mampu mengubah pot secara berkala. Umumnya Kamu mesti menggantinya 2 tahun sekali saat tanaman anggrek mulai membengkak.

Nah, itulah 5 tahapan cara menanam anggrek dengan benar memakai pot dengan media arang dan akar pakis!

 

close