May 20, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Menanam Bunga Krisan

Cara Merawat Bunga Krisan 200x112 - Cara Menanam Bunga Krisan

Bagaimana cara merawat bunga krisan? Bunga krisan tergolong sejenis tanaman hias dengan bentuk yang begitu indah. Kamu bahkan mampu membudidayakan dan merawat bunga krisan dengan mudah di halaman rumah atau di dalam pot. Bunga krisan umumnya lebih populer dengan nama seruni, dan tergolong sejenis flora pembersih udara.

Jika Kamu ingin mengetahui cara merawat bunga krisan, pastinya Kamu juga harus mengetahui karakteristik bunga krisan apalagi dulu. Agar Kamu bisa merawatnya dengan baik sesuai syarat kemajuan krisan.

Mengenal Karakteristik dan Jenis-Jenis Bunga Krisan

Bunga krisan sesungguhnya tergolong ke dalam kelompok family Asteracea dan nyaris seperti seperti tanaman kenikir, umumnya flora ini hidup liar sempurna di area padang rumput. Tanaman hias yang juga disebut selaku seruni ini mempunyai arti filosofi tersendiri bagi pada umumnya orang.

Bunga krisan memiliki jenis akar serabut, sehingga lebih membutuhkan media tanam dengan karakteristik yang subur dan gembur. Adapun jenis akar serta batang pada flora ini lebih lunak juga lurus, tetapi permukaan garang pada bunga ini mampu dijadikan selaku pembersih udara alami. Bahan usang kelamaan bentuknya semakin mengeras sama mirip kayu.

Sementara itu, bentuk pada daun bunga krisan sendiri tumbuh pada bagian tepi bergelombang, memiliki tulang daun tampak jelas melekat. Di samping itu, daun pada bunga ini ditumbuhi oleh bulu-bulu bertekstur halus yang bentuknya memanjang serta menyirip.

Tanaman bunga krisan juga memiliki beberapa jenis dan mampu Kamu temui di beberapa daerah, umumnya dibedakan berdasarkan ukuran dan warna tanamannya. Terdapat 5 jenis flora krisan yang banyak diseleksi, diantaranya yakni Krisan Maximum, Krisan Putih, Segetum, Pom-Pom, dan Carinarium. Tiap-tiap kenis tersebut memiliki karakteristik dan ciri tersendiri.

Baca Juga:   Cara Merawat Keladi

Di samping keindahannya, seruni juga terkenal sebab manfaatnya dalam menjaga kebersihan lingkungan di sekeliling . Bunga krisan memiliki fungsi pada struktur tanamannya yang dapat membersihkan udara. Selain itu, fungsi dari bunga krisan ini dikarenakan tanaman ini mempunyai kandungan vitamin C dan B yang bagus bagi kesehatan lingkungan yang ada disekitarnya.

Dengan mengenali fungsi dan jenis-jenis bunga krisan di atas, pasti Kamu bisa mulai mengikuti cara merawat bunga krisan. Jika ingin tau, pribadi saja simak pembahasannya di bawah ini!

Cara Merawat Bunga Krisan

Cara Merawat Bunga Krisan 200x112 - Cara Menanam Bunga Krisan
Merawat Bunga Krisan

Tutorial Merawat Bunga Krisan

Sda beberapa bimbingan cara merawat bunga krisan semoga tumbuh dengan baik di lingkungan tempatmu menanam flora ini. Jika Kamu termasuk pencinta kembang-kembang manis mirip krisan, jangan lewatkan bimbingan perawatannya di bawah ini :

1. Pindahkan Bunga Krisan di Tempat yang Teduh

Habitat asli tanaman krisan ialah dataran tinggi yang udaranya lebih dingin, alasannya flora hias yang satu ini tak mampu berkembang baik di tempat dataran rendah. Inilah argumentasi kenapa Kamu mampu menyesuaikan karakteristik flora dengan lingkungan daerah flora ini ditaruh. Tempatkan bunga krisan di area yang cukup tedu, namun tetap mendapatkan sedikit paparan sinar matahari.

Penempatan tersebut juga berhubungan dengan tingkat kelembaban dan suhu yang harus diperhatikan, terutama pada bunga yang Kamu tanam di dalam pot pada ruangan. Sediakan kawasan peletakan bunga krisan yang udaranya lebih sejuk biar flora hias yang satu ini tetap berkembang maksimal dan tetap memberikan kesegaran. Sebab tempat yang suhunya telalu panas bisa membuatnya gampang kering.

2. Perhatikan Jarak Antar Tanaman Bunga Krisan

Cara merawat bunga krisan berikutnya yaitu perhatikan jarak antar tanaman pada bunga krisan. Apabila Kamu menentukan untuk menanam bunga yang disebut selaku seruni ini di tanah pribadi tanpa wadah atau pot, maka Kamu mesti memperhatikan jarak dalam penanamannya. Memang bunga krisan memiliki beraneka macam warna indah, dari warna merah, putih, kuning klasik, ungu hingga jingga. Tapi untuk menanamnya bersamaan, Kamu harus tetap mengamati jarak saat menanam bunga krisan di permulaan.

Baca Juga:   Cara Mengatasi Wifi Iphone Tidak Mampu Konek/Terhubung

Dengan jarak tanam bunga yang sempurna, bisa menciptakan bunga ini tumbuh baik karena menerima sirkulasi udara dengan baik di setiap tanaman ini. Perhatikan pula jarak ketika menanam bunga ini untuk menghindari persaingan yang terjadi antara bagian akar tumbuhan untuk menyerap air.

Pada pertumbuhannya, tanaman krisan lazimnya akan makin tumbuh besar, begitupun dengan akar dan ukuran tanamannya. Terlebih lagi bunga krisan tergolong tanamna yang mudah dan cepat berkembang, jadi jarak saat menanam flora krisan yakni hal terpenting yang mesti diamati.

3. Memilih Media Tanam yang Dapat Menahan Air

Dalam cara merawat bunga krisan, juga perlu diamati pemilhan media tanamannya. Kamu harus tahu jikalau bunga krisan merupakan sejenis tanaman hibrida dari Jepang, bahkan dari Amerika dan Belanda yang telah beradaptasi dengan kondisi iklim di negara kita. Inilah kenapa kita bisa menemukan para pedagang bunga krisan yang cuma menggunakan media tanam berbentuksekam tembikar.

Agar menjadikannya tumbuh subur, Kamu dapat memindahkan bunga ini ke dalam pot berukuran besar yang media tanamnya mampu menahan air lebih. Media tanam tersbebut diharapkan, mengenang bunga ini tak dapat lebih lama hidup di lingkungan yang kering. Selain itu, memakai media tanaman tertentu yang dapat menahan air berguna juga untuk mempertahankan tingkat kelembaban pada lingkungan penanaman bunga ini.

4. Menyiram Bunga Krisan di Pagi Hari

Kamu juga jangan melalaikan cara penyiraman bunga krisan. Agar bunga krisan berkembang subur dengan baik, sebaiknya lakukan penyiraman di pagi hari saja cukup sekali sehari saja. Selain itu, Kamu juga mesti mengamati cara menyiramnya, yakni dengan memberi intensitas air yang cukup.

Walaupun bunga krisan lebih menyukai tanah dengan suhu yang lembab, tetapi bukan bermakna Kamu mesti memperlihatkan terlalu banyak air, apalagi sampai menggenang di pot. Jika hal ini dilakukan, justru mampu membuat bunga ini lebih mudah membusuk, bahkan mati jikalau dibiarkan. Kamu cukup menyiram bunga krisan dengan menyemprotkan air pada bab batang dan akarnya menggunakan botol spray biar dapat mengontrol penyiraman air.

Baca Juga:   6 Aplikasi Investasi Untuk Mahasiswa, Usulan Terbaik Dan Kondusif

5. Penyinaran yang Cukup

Walaupun bunga krisan ini sangat cocok berkembang di kawasan lingkungan yang teduh dan masbodoh, namun tanaman hias yang satu ini tetap memerlukan penyinaran matahari yang cukup. Kamu harus tahu, bahwa flora ini termasuk sejenis tanaman dengan sifat fotoperiode, ini artinya membutuhkan cahaya matahari yang penuh agar dapat berbunga dan mekar sempurna. Sehingga, Kamu mesti tetap memperhatikan kecukupan asupan penyinaran bunga krisan semoga tumbuhan ini mampu tumbuh baik.

6. Tetap Perhatikan Kelembaban dan Suhu Lingkungan di Sekitarnya

Kamu juga mesti tetap mengamati kelembaban dan suhu di sekitar penanaman bunga krisan. Sebab karakteristiknya memang lebih ideal berkembang di tempat yang condong masbodoh atau lebih sejuk. Selain itu,bunga krisan pun bisa bertahan hidup di kawasan dataran tinggi atau kawasan dingin. Sementara di daerah yang beriklim lebih hangat bisa membuat bunga krisan cukup lambat berbunganya. Biasanya pada malam hari dikala terjadi pergeseran suhu lebih hambar.

Nah, itulah 6 cara merawat bunga krisan yang bagus agar tumbuh subur dan berbunga mekar selaku pembersih udara di dalam atau di sekitar daerah penanaman bunga krisan. Bagaimana, cukup gampang kan?

close