May 17, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Menanam Hidroponik

Cara Menanam Hidroponik 200x112 - Cara Menanam Hidroponik

Banyak petani kini yang mulai membudidayakan sayiuran hidroponik dengan mempergunakan sedikit lahan di rumah mereka. Bahkan tidak sedikit pula yang berhasil meraup rejeki dari budidaya tersebut. Jika Kamu tertarik, bahwasanya cara menanam hidroponik cukup mudah dilaksanakan. Kamu mampu menanam sayuran hidroponik dengan menggunakan lahan sedikit yang tersedia di rumahmu.

Apa Itu Hidroponik?

Sebelum mengenali cara menanam hidroponik, tentu saja Kamu mesti tahu apa itu hidroponik. Hidroponik diadaptasi dari kata Yunano, ialah Hydro dan Ponis. Hydro mempunyai arti air, sedangkan ponos berarti daya. Ketika dua kata tersebut disatukan, maka mempunyai pengertian budidaya tumbuhan dengan menggunakan media air untuk dijadikan media tanamnya.

Dapat diambil kesimpulan, bahwa hidroponik ialah sebuah tata cara bercocok tanam lewat bantuan nutrisi ke dalam tanaman memakai air tanpa tanah. Ini jugalah yang menciptakan kemajuan pada flora hidroponik menjadi lebih singkat dibandingkan flora kebanyakan.

Cara Menanam Hidroponik

Cara Menanam Hidroponik 200x112 - Cara Menanam Hidroponik
Panduan Menanam Sayuran Hidroponik

Tutorial Menanam Hidroponik

Jika Kamu ingin menanam sayuran hidroponik, bekerjsama mampu memanfaatkan perlengkapan yang sederhana, mampu juga dnegan menggunakan peralatan irigasi otomatis. Ada beberapa tahapan cara menanam hidroponik berikut ini :

1. Menyemai Benih Sayuran

Kamu mampu menanam sayuran secara hidropnik dengan cara yang sederhana atau melalui irigasi menggunakan pompa air. Untuk itu, persiapkan dulu tumbuhan yang ingin ditanam. Semai benih sayuran lebih dulu, maksudnya untuk menentukan jenis sayuran yang dapat berkembang dengan optimal. Ketika menyemai benih, kadang-kadang ada beberapa bibit yang tidak menjadi benih tumbuhan.

Dalam hal ini, persiapkan benih sayuran yang ingin ditanam, media tanam tray semai atau nampan. Biasanya petani hidroponik memanfaatkan media tanam berupa rockwool. Tapi saat ini Kamu mampu memilih produk gres, yaitu cocogrow sebagai produk dari dalam negeri.

Adapun tindakan proses menyemai benih sayuran yaitu berikut ini :

Baca Juga:   Vivo V19 Resmi Di Indonesia, Ini Harga Baru, Spesifikasi Dan Review Selengkapnya

  • Langkah pertama, silahkan potong rockwool dengan ukuran dadu sekitar 2,5 x 2,5 x 2,5 cm. Kemudian beri lubang di bagian tengah menggunakan tusuk gigi.
  • Jika Kamu memakai cocogrow, Kamu tak perlu memotong0-motongnya kembali, alasannya adalah cocogrow dapat dipakai secara eksklusif.
  • Silahkan rendam media tanam yang disiapkan dalam air sampai basah dan tiriskan. Perlu dikenang, penyemaian benih biasanya cuma memerlukan media tanam yang lembab namun tidak terlampau berair. Apabila terlalu berair, mampu membuat benih menjadi membusuk bahkan tidak mampu menjadi benih/bibit tanaman.
  • Tempatkan media tersebut di atas tray atau nampan semai.
  • Masukkan benih/biji tumbuhan satu demi satu ke media tanam.
  • Kamu bisa menggunakan tunjangan tusuk gigiatau pincet yang sudah dibasahi.
  • Tanaman sayuran berbentuksawi dan selada umumnya pecah dalam waktu 24 jam. Sementara untuk tomat, kangkung dan cabai memerlukan waktu lebih usang.
  • Siram dengan air di pagi, siang hingga sore hari ke permukaan bagian media tanam kawasan benih ditanam.
  • Apabila Kamu menggunakan nampan, Kamu mampu menambahkan genangan air sedikit saja biar kelembaban media tanamnya tetap terjaga.
  • Jika bibit sudah pecah serta sudah muncul bakal daun dan bakal akar, langsung menjemurnya segera di bawah sinar matahari. Dengan asupan sinar matahari yang bertambah banyak, maka akan kian baik karenanya dan tentu saja tumbuhan menjadi lebih cepat tumbuh.

2. Proses Pindah Tanam

Penyemaian yang baik yakni penyemaian dengan tumbuhan yang dihasilkan lebih kua serta tak mudah roboh. Kamu dapat mencoba membelai daun dari tumbuhan sayur yang mudah. Biasanya bila tanamanmu besar lengan berkuasa dan sehat, maka tanganmu akan pribadi meraskaannya. Selain itu, tumbuhan juga tak akan gampang roboh.

Supaya tanaman menjadi kuat, tentu saja pasokan sinar matahari yang didapatnya mesti banyak. Lakukan pindah tanam sesudah muncul daun sejati pada flora. Daun sejati adalah daun yang mempunyai helai daun dan tulang daun.

Ketika melaksanakan pindah tanam, persiapkan daerah tanaman yang menggantung serta tempat nutrisinya. Kamu mampu memakai media sederhana dari materi bekas di sekitarmu.

Baca Juga:   Cara Setor Tunai Mampu Berdiri Diatas Kaki Sendiri

3. Buat Media Hidroponik dari Botol Bekas

Ada beberapa langkah untuk membuat media tanam hidroponik dari botol bekas, berikut ini :

  • Persiapkan botol berukuran besar, jangan memakai yang terlalu kecil alasannya adalah bisa kuat pada kemajuan.
  • Bila ada, pakai botol berwarna hijau biar lumut tidak muncul.
  • Namun jika tidak, Kamu mampu menutup botol menggunakan cat berwarna gelap.
  • Potong botol ke dalam 2 bagian, dengan ukuran yang tak mesti sama.
  • Pada bagian bawah digunakan untuk kawasan melarutkan nutrisi. Sedangkan bab atasnya dipakai untuk media tanam.
  • Di dalam belahan atas, tambahkan beberapa lubang, agar medianya tak terlalu berair.
  • Pada tutup botol, Kamu mampu memberi sumbu pada kain flanel atau kain bekas.
  • Kamu mampu memakai media tanam yang berasal dari sabut kelapa, coco peat, pecahan watu bata, dan lainnya.
  • Tempatkan semaian flora hidroponik yang Kamu miliki ke media tanam.
  • Pastikan menerima kecukupan sinar matahari dan nutrisi.

Jika Kamu memakai media sederhana tersebut, tak perlu lagi membayar banyak. Asalkan Kamu harus bersungguh-sungguh menganalisa nutrisi pada flora satu demi satu.

4. Pemberian Nutrisi Hidroponik

Dalam cara menanam hidroponik, hal yang tak kalah penting adalah pinjaman nutrisi hidroponik. Sebenarnya nutrisi ini sama seperti pupuk, tetapi pada kemajuan hidroponik umumnya menggunakan pupuk AB Mix. Pupuk AB Mix sendiri hasil racikan petani Belanda, tapi karena balasannya memuaskan sampai karenanya menjadi salah satu nutrisi terkenal.

AB Mix sendiri tergolong sejenis pupuk beragam dan dipisahkan ke dalam 2 bab, diantaranya bab A serta bagian B, dimana pupuk ini tak dapat dicampurkan dalam kondisi pekat. Biasanya AB Mix dijual berbentuk serbuk. Jadi Kamu harus melarutkannya lebih dulu ke dalam pekatan A juga pekatan B. Kemudian Kamu dapat memanfaatkannya untuk proses pemupukan.

Tanaman memerlukan nutrisi, baik itu nutrisi mikro maupun makro. Nutrisi makro umumnya terdiri atas tembaga, boron, seng, mangan, besi, molibdenum dan klorin. Sementara nutrisi makro diantaranya mirip sulfur, silikon, kalsium, magnesium dan NPK.

5. Membuat Media Hidroponik

Jika ingin menanam sayuran dengan jumlah yang banyak, Kamu semestinya menggunakan PVC yang dilengkapi sistem irigasi dengan pinjaman pompa air. Melalui cara yang satu ini, Kamu bisa lebih meminimalisir waktu dan tenaga untuk menertibkan nutrisi flora.

Baca Juga:   Cara Menanam Anggrek

Apabila Kamu berinvestasi membuat tanaman hidroponik, ini sama saja Kamu sudah memangkas budget untuk tenaga kerja. Meskipun tata cara hidroponik ini membutuhkan biaya, namun disamping itu sangat membantu dalam hal pengerjaannya.

Sistem yang satu ini ialah tata cara sederhana. Kamu mampu menciptakan metode hidroponik di rumah dengan mempraktekkannya sendiri. Kamu bisa memakai PVC 2,5 inchi atau 3 inchi. Kemudian buat lubang dnegan holesaw yang jarak antar tiap tanamnnya dibentuk 15-20cm.

Kamu bisa buat versi pengairan zig zag. Pakai pompa air celup yang dipakai sebagai pemutar air nutrisi, lalu pakai timer digital untuk meminimalkan pemakaian listrik. Selain itu juga berfungsi dikala air mati, maka akar akan bergantian untuk mengambil oksigen.

Ketika media PVC telah disediakan, tandon sudah diisi memakai nutrisi, Kamu dapat memindhakan semaian dari sayur muda ke lubang tanam berbahan PVC tadi. Selain itu, pastikan untuk menjaga akar biar tetap lembab. Apabila akar tak sampai ke dalam permukaan anutan air pada PVC, Kamu tinggal menyertakan sumbuh pada net pot.

Ya, demikianlah 5 cara menanam hidroponik yang dapat Kamu praktekkan di rumah sendiri. Menanam dengan cara hidroponik yakni cara ideal bagi Kamu yang mempunyai sedikit lahan. Semoga berfaedah!