counter create hit

Cara Menanggulangi Ngantuk Saat Kerja

Bagikan:

Bagaimana cara menangani ngantuk ketika kerja? Jika kau sering mengalami ngantuk saat kerja dan menghambat proses kerjamu, kau perlu melaksanakan beberapa yang mampu membuat kau konsentrasi kembali dan menghilangkan rasa ngantuk.

Jika kamu adalah pekerja kantoran yang padat akan jam kerja dan sedikit waktu untuk beristirahat, apalagi kalau kamu sudah berkeluarga maka semakin sedikit waktu istirahatmu dan bisa menciptakan kau ngantuk dikala kerja. Rasa ngantuk adalah hal yang wajar yang sering terjadi balasan tubuh kelelahan dan kurangnya istirahat.

Selain kelelahan masih banyak hal yang menjadi penyebab dasar seseorang merasakan ngantuk. Apalagi jika ngantuk saat kerja, dan akan mengusik kinerja kamu.

Apa Yang Bikin Ngantuk?

Sebagian orang akan mengalami ngantuk pada dikala kerja, dan setiap orang pastinya mengalami ngantuk dengan alasan dan penyebab yang berlawanan.

1. Insomnia

Insomnia ialah kondisi di mana seseorang memiliki kesusahan tidur, sehingga mesti berjaga atau begadang sampai dini hari atau bahkan hingga pagi. Insomnia dapat menyebabkan mengantuk dikala jam kerja karena kurang tidur.

Beberapa efek kurang tidur mirip mudah ngantuk, kesusahan mengendalikan emosi, dan respons melambat. Selain karena kurang tidur, ngantuk ketika jam kerja juga bisa disebabkan terlampau banyak tidur. Menurut sebuah observasi, orang yang tidur lebih dari 8 jam justru akan gampang merasa ngantuk pada keesokan harinya. Jam tidur wajar ialah 6-8 jam.

2. Stress atau Depresi

Tekanan seperti tertekan ataupun Depresi mampu membuat kamu kesulitan untuk tidur nyenyak pada malam hari bahkan sebagian orang tidak bisa tidur sama sekali. Jadi sebisa mungkin untuk kau menjaga kondisimu biar terhindar dari tertekan dan juga frustasi.

Baca Juga:   √ Apa Itu Pos Kilat Khusus : Syarat, Tracking & Keuntungan

3. Kurang Minum Air Putih

Sebuah penelitian memperoleh kekurangan asupan air atau dehidrasi mampu membuat badan cepat lelah dan rasa ngantuk akan timbul. Air putih berperan penting bagi kehidupan sebagai sumber mineral untuk menentukan semua sistem di tubuh bekerja dengan baik, sekaligus membantu memaksimalkan energi ketika melaksanakan acara fisik.

4. Kurang Gerak Aktif

Berdiam diri terlalu usang di depan komputer atau di balik meja akan menciptakan tubuh merasa letih dan mengantuk. Caranya, kamu perlu berolahraga ringan di sela-sela acara di kantor. Cara ini akan membuat sirkulasi darah di dalam badan akan berlangsung dengan lancar.

5. Obat-Obatan

Mengonsumsi obat-obatan mirip obat untuk menangani penyakit tertentu, seperti hipertensi, asma, atau gangguan jantung. Ngantuk juga bisa muncul akhir kondisi medis mirip anemia, diabetes mellitus, hingga malnutrisi.

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kerja

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kerja - Cara Menanggulangi Ngantuk Saat Kerja
Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kerja

Ngantuk yakni hal yang manusiawi dalam diri insan. Tetapi pernah ngga sih kau ngantuk saat kerja? Pastinya akan mengganggu konsentrasi dan kinerja kau. Lalu bagaimana cara mengatasi ngantuk ketika kerja? Ada beberapa tips dari kami yang bisa kamu coba.

1. Minum Kopi

Kandungan kafein dalam kopi mampu menunjukkan energi untuk tubuh yang sedang mengantuk atau sekedar mengalami capek. Karena sifatnya selaku stimulan, secangkir kopi bisa meningkatkan aktivitas di otak serta metode saraf sentra.

Kaprikornus kau jangan heran saat sehabis minum kopi, kau akan mencicipi konsentrasi serta kemampuan berpikir yang ikut meningkat. Dan tentukan rasa ngantuk yang kamu rasakan akan sedikit berkurang. Tetapi yang kau perlu ingat, jangan sampai berlebihan dalam mengonsumsi kafein.

2. Tidur Siang di Jam Istirahat

Jika kamu berpikir tidur siang harus selama 3 atau 4 jam, kamu salah. Kamu mampu gunakan waktu istirahat untuk tidur selama 15-30 menit saja, dan setelah terbangun kau akan mencicipi badanmu yang bisa kembali segar. Apalagi tidur siang mampu membuat kau memperbesar energi sehingga bisa lebih produktif dalam beraktivitas.

3. Perbanyak Gerak

Percaya atau tidak, banyak bergerak dapat meminimalkan rasa kantuk. Ini tandanya, hal ini mampu menjadi salah satu cara menetralisir ngantuk yang cukup ampuh. Apalagi, jika kau ialah pegawai kantoran yang harus duduk terus untuk waktu yang usang.

Baca Juga:   Cara Top Up Saldo GoPay Lewat KlikBCA dan Biayanya

Jika kamu sedang melakukan pekerjaan , cobalah untuk menggerakkan badan, berlangsung-jalan selama 10 menit, lalu kembali melakukan pekerjaan . Bahkan, kamu perlu memanfaatkan waktu seperti makan siang untuk bergerak demi menghilangkan ngantuk.

4. Teknik Pernafasan

Cara lain yang bisa menolong kau menetralisir rasa ngantuk ketika kerja terkhusus pada siang hari adalah teknik pernafasan. Teknik ini mampu menolong untuk memajukan kadar oksigen dalam badan, memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah dan memajukan pemikiran darah sehingga kamu mampu menciptakan rasa ngantuk sedikit berkurang.

Teknik pernafasan yang mampu kamu coba untuk menetralisir ngantuk dikala kerja:

  • Duduk dengan tegak di kursimu, fokuslah untuk bernapas menggunakan perut.
  • Letakkan tangan kananmu pada perut, sempurna di bawah rusuk. Kemudian, letakkan tangan kirimu pada dada.
  • Tarik napas dalam-dalam lewat hidung dan biarkan perut mendorong tangan kananmu. Jangan memmbiarkan dada kau bergerak.
  • Embuskan napas melalui bibir yang mengerucut.
  • Ulangi semua sebanyak 10 kali.

5. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik ialah salah satu cara yang bisa kamu coba untuk menetralisir ngantuk saat kerja. Sekaligus mampu menolong kamu mengusir rasa jenuh. Tergantung pada genre musik yang kamu suka, bisa kamu dengarkan selama kau melakukan pekerjaan .

6. Cuci Muka

Mencuci paras mampu menghilangkan rasa mengantuk saat jam kerja. Basuhan air dapat menciptakan tubuh kembali segar. Berdasarkan studi dalam Journal of Personality and Social Psychology, basuh muka dapat menetralisir situasi hati dan menghidupkan energi ketika merasa kerepotan.

7. Lakukan Peregangan

Melakukan stretching atau peregangan di meja kantor juga mampu menghalau rasa ngantuk. Peregangan sederhana mampu dilakukan dengan merentangkan tangan, menekuk leher ke samping kiri dan kanan, atau hanya sekadar memutar badan ke kiri dan kanan sambil duduk di atas kursi. Kamu mampu kerjakan hal tersebut disaat kau mulai mencicipi ngantuk dan disela pekerjaanmu.

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

Pastikan kau menerima tidur atau istirahat yang cukup setiap malamnya supaya kamu tidak mengantuk disaat siang hari ataupun disaat sedang melakukan pekerjaan . Karena kalau kamu kurang istirahat atau berbagai gangguan tidur lainnya memiliki potensi besar untuk membuat kamu mencicipi ngantuk.

Baca Juga:   Cara Buat Google Form

Kaprikornus, disiplinlah untuk melaksanakan istirahat yang cukup untuk menyingkir dari hal tersebut dan juga sekaligus mempertahankan kesehatan kau. Semakin kau sering begadang ataupun kurang istirahat maka bisa juga menimbulkan tata cara imun tubuh kau menurun.

9. Pastikan Ruang Kerja Terang

Jika memungkinkan, bukalah penutup jendela kantor dan biarkan sinar matahari masuk ke ruangan. Sinar matahari akan menambah energi serta mengembangkan fokus kita.

Walaupun banyak hal yang mampu dilaksanakan untuk mengusir rasa ngantuk, namun hal yang perlu kau perhatikan sekaligus cara paling ampuh untuk menangani ngantuk saat kerja ialah mempertahankan waktu istirahatmu biar kamu mampu menghindari rasa ngantuk dan juga untuk mempertahankan kondisi badan kau.


Bagikan:
close