counter create hit

Cara Menanggulangi Sim Card Tidak Terbaca

Bagikan:

Bagaima cara menanggulangi SIM card tidak terbaca? Pernah mengalami masalah ini dan galau cara mengatasinya? Kamu mampu melaksanakan beberapa hal yang mampu kamu coba untuk mengatasi dilema tersebut sebelum kau menenteng gadgetmu ke konter terdekat.

SIM Card merupakan bagian utama yang berguna sebagai fasilitas komunikasi. Ternyata sering kita jumpai bahwa SIM card yang tidak terbaca oleh gadget dan menimbulkan kegelisahan bagi penggunanya. Walaupun banyak hal yang menjadi dasar SIM card tidak terbaca, hal ini membuktikan bahwa kartu SIM kamu sudah rusak. Namun dalam beberapa perkara, dilema mirip ini masih mampu dikerjakan.

Penyebab SIM Card Tidak Terbaca

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kartu SIM kamu tidak terbaca. Entah itu dari kartu itu sendiri atau dari slot kartu atau bahkan bisa juga dari operatornya. Maka sebelum kau menangani kartu SIM tidak terbaca, ada baiknya kau mengetahui beberapa hal yang menyebabkan kartu SIM tidak terbaca.

  • Usia pakai kartu SIM telah terlalu usang
  • Kuningan SIM Card telah rusak
  • SIM Card overheat
  • Slot kartu SIM rusak
  • Masalah jaringan

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca - Cara Menanggulangi Sim Card Tidak Terbaca
Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Pernah kah kamu mengalami kejadian SIM card tidak terbaca oleh gadget? Dan bagaimana cara mengatasi SIM card tidak terbaca? Ternyata ada beberapa metode gampang yang mampu kamu coba dan terapkan untuk menangani kartu SIM yang tidak terbaca.

Restart HP

Untuk cara yang pertama yang bisa kau coba dan yang paling lazim digunakan ialah dengan cara merestart ponsel. Karena dengan melaksanakan restart pada ponsel akan mengakibatkan untuk gadget untuk melakukan booting ulang dengan keadaan yang lebih segar. Dan bila terjadi error jaringan, kemungkinan besar bisa menjadi solusi untuk menangani SIM card yang tidak terbaca.

Baca Juga:   Cara Menghapus Halaman Di Facebook

Karena sebelum kamu menjajal cara lain yang lebih sukar dan mengkonsumsi waktu, tidak ada salahnya untuk kamu mencoba restart gadgetmu dahulu. Namun bila dengan restart HP SIM card kau tetap tidak terbaca, kamu bisa memakai metode lain.

Lepas dan Pasang SIM Card Kembali

Cara kedua yang mampu kamu kerjakan ialah dengan melepas SIM card kau terlebih dulu dan memasukkannya kembali ke slot SIM yang tersedia. Cara ini mampu kamu gunakan untuk mengatasi SIM card tidak terbaca alasannya adalah mungkin disaat pemasangan kartu SIM dengan slot kurang pas dengan chipsetnya.

Dan pasti sistem ini mampu kau terapkan sekalian untuk pembersihan slot kartu SIM bila terdapat abu atau kotoran lain yang menjadi penyebab kartu SIM kau tidak terbaca dengan baik. Pastikan kartu SIM dan slotnya tidak kotor untuk menhindari kartu SIM tidak terbaca.

Coba SIM Card Lain

Dengan menggunakan cara ini kau mampu mengenali dan mendeteksi kerusakan yang ada apakah dari SIM card kau atau kerusakan berasal dari slot kartu SIM yang tersedia. Masukkan kartu SIM yang berlawanan untuk mengetahuinya. Jika kartu tersebut mampu terbaca dengan terperinci, besar kemungkinan kerusakan ada di kartu kau dan perlu penggantian kartu SIM yang gres.

Namun kalau kedua kartu yang kamu coba sama-sama tidak terbaca oleh HP kamu, bermakna ada kemungkinan bahwa yang mengalami kerusakan yaitu slot kartu memori dan kau perlu membawa gadgetmu ke konter HP terdekat untuk dilaksanakan perbaikan segera.

Pastikan SIM Card Masih Aktif

Terkadang sebagian orang lupa akan hal ini. Mereka akan lupa dengan abad aktif kartu SIM tersebut dan menyebabkan kartu menjadi tenggang atau bahkan telah terblokir dari operatornya. Dan kartu SIM yang telah tidak aktif tidak akan mampu terbaca oleh gadget kau, maka dari itu tentukan kartu kau masih aktif.

Biasanya bila belum melalui dari sebulan sesudah era aktif SIM card hangus, kamu masih mampu mengubah kartu dengan yang gres tetapi tetap dengan nomor yang sama. Tinggal kamu datangi saja cabang operator terdekat di hari kerja. Namun bila waktu jedanya sudah terlalu lama, mau tidak mau mesti membeli nomor yang baru.

Baca Juga:   Cara Membuat Akun Outlook atau Hotmail

Atur Ulang Jaringan

Selain itu bisa saja persoalan tiba dari operator selular yang memang sedang error sehingga SIM card yang digunakan tidak bisa berfungsi dengan baik. Untuk menangani problem ini, bisa dengan mengontrol ulang jaringan di HP.

Jika tidak mampu disetting secara otomatis, bisa dengan cara menertibkan ulang secara manual lewat sajian Settings > Network & Internet > Mobile network > Access Point Names. Di sini tinggal mengontrol secara manual APN yang dipakai sesuai dengan jaringan dan operator selular yang dipakai.

Coba Mode Pesawat

Jika dengan restart HP atau memasukkan kembali SIM Card tidak menyelesaikan problem, kemungkinan tidak ada yang salah dengan slot kartu SIM kamu. Dan jika kartu berfungsi pada HP yang lain, jelas juga tidak ada dilema pada SIM card. Maka bisa coba dengan beralih ke mode pesawat untuk menuntaskan dilema ini.

Caranya tarik ke bawah panel notifikasi dari layar awal dan cari menu Airplane mode. Ketuk untuk mengaktifkan fitur Airplane mode. Kemudian tunggu satu menit dan matikan kembali Airplane mode. Maka HP akan mencoba kembali mencari jaringan.

Datang ke Konter Terdekat

Cara ini ialah solusi terakhir untuk menanggulangi keadaan SIM Card yang tidak terbaca. Kalau semua sudah dilaksanakan dan tidak sukses juga, silahkan datang ke konter terdekat untuk melakukan service.

Bawalah HP ke sana dan sampaikan segala keluhan yang sudah dialami. Harga untuk memperbaiki SIM Card tidak terbaca biasanya berada di kisaran 70–120 ribuan (berlainan-beda tergantung versi, merk dan harga yang dipatok oleh tukang tersebut). Kemungkinan sebab ada penggantian hardware seperti IC untuk sinyal ada yang berurusan.

Beberapa cara menangani SIM card tidak terbaca yang bisa kami rangkum dan kau coba untuk menanggulangi dilema kau. Dan tidak menutup kemungkinan jika kamu mempunyai cara lain tersendiri untuk menanggulangi SIM card yang tidak terbaca.


Bagikan:
close