May 19, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Menciptakan Efin Online

Cara Membuat EFIN online 200x112 - Cara Menciptakan Efin Online

Bagaimana cara menciptakan EFIN online? Bagi para wajib pajak mempunyai keharusan untuk memiliki EFIN, yang mampu digunakan untuk melakukan proses transaksi perpajakan secara digital atau elektronika. EFIN ialah kependekan dari Electronic Filing Edentification Number, ialah nomor identitas wajib pajak bagi orang langsung atau badan. Biasanya nomor EFIN dipakai untuk melakukan aktivitas perpajakan dengan cara elektro.

EFIN dibutuhkan salah satunya dikala pendaftaran akun ASP atau PJAP atau DJP online. Saat ini, Kamu mampu dengan mudah menerima EFIN online tanpa perlu mengunjungi kantor pajak. Hanya lewat komputer yang terhubung pada internet, maka cara menciptakan EFIN online bisa dikerjakan kapanpun dan dimanapun.

Cara Membuat EFIN Online

Cara Membuat EFIN online 200x112 - Cara Menciptakan Efin Online
Membuat EFIN online

Bagaimana Membuat EFIN Online Dengan Mudah?

Ada salah satu cara menciptakan EFIN online yaitu dengan memanfatkan sistem e-filling atau electronic filling pajak. Dimana metode pelaporan pajak secara online ini lazimnya dibuat menurut pertumbuhan teknologi info di masyarakat. Sehingga, penduduk tak perlu lagi mengantri untuk melaporkan pajak. Biasanya wajib pajak cukup sekali melakukan pendaftaran ke KPP (Kantor Pelayanan Pajak) untuk mendapatkan EFIN.

Sesudah itu, Kamu baru bisa memproses cara menciptakan EFIN online. Akan tetapi, Kamu perlu mengikuti batas ketentuan waktu pelaporan untuk pajak yang telah ditentukan.

Tutorial Membuat EFIN Online

Sebenarnya cara untuk menemukan nomor EFIN pajak online bahu-membahu sungguh gampang serta dapat digunakan secara pribadi, bahkan tidak hingga beberapa hari. Berikut ini, ada beberapa tahapan cara menciptakan EFIN online bagi wajib pajak :

Baca Juga:   Mencoba Top Up Go-Pay Via Mandiri Mobile

  • Silahkan masuk ke website efin.pajak.go.id, kemudian isi formulirnya jika ingin mendaftarkan akun. Lalu isi formulir untuk mengaktifkan layanan EFIN.
  • Download formulir EFINmu. Jika sudah mendaftar, Kamu akan langsung diarahkan menuju halaman EFIN berikutnya bisa mendownload formulir EFIN. Silahkan isi lalu lengkapi dan cetak. Setelah itu, bawa formulir pengisian EFIN tersebut dan beberapa dokumen yang dibutuhkan ke Kantor Pelayanan Pajak.
  • Tunjukan dokumen yang orisinil kemudian serahkan fotokopi dokumen. Untuk tubuh usaha dan individu, umumnya standar dokumen yang diperlukan akan berbeda.

Syarat Dokumen Wajib Pajak Badan Untuk Membuat EFIN Online

Untuk melanjutkan proses cara membuat EFIN online di atas, Kamu bisa menyerahkan beberapa dokumen berikut ini khusus bagi wajib pajak berupa   badan usaha :

  • Kartu Surat Keterangan Terdaftar atau Kartu NPWP Wajib Pajak Badan.
  • Kartu SKT atau NPWP dengan nama pengurus terkait.
  • KTP pengelola, mampu KITAS/KITAP untuk WNA.
  • Surat kuasa alias penugasan pengurus sebagai perwakilan wajib pajak tubuh.

Syarat Dokumen Wajib Pajak Kantor Cabang Untuk Membuat EFIN Online

Sementara untuk kriteria pengerjaan EFIN online bagi wajib pajak Kantor Cabang, ada beberapa dokumen yang diperlukan berikut ini :

  • Kartu SKT atau NPWP Wajib Pajak Kantor Cabang.
  • SKT atau NPWP dengan nama pengelola terkait.
  • KTP pengelola, baik KTP untuk WNI maupun KITAP/KITAS untuk WNA.
  • Surat yang menyatakan pengangkatan pimpinan/kepala kantor cabang.
  • Surat penugasan atau kuasa pengurus sebagai perwakilan wajib pajak cabang.

Syarat Dokumen Wajib Pajak Individu Untuk Membuat EFIN

Bagi wajib pajak individu atau perorangan, ada beberapa syarat dokumen yang diharapkan untuk pengerjaan EFIN.

  • Formulir aktivasi untuk EFIN pajak yang sudah diisi.
  • Akun email aktif.
  • Berkas orisinil dan fotokopi NPWP.
  • Berkas orisinil dan fotokopi KTP maupun KITAS/KITAP.

Jika sudah memperoleh EFIN untuk badan perjuangan atau perorangan, diperlukan Kamu untuk mempertahankan kerahasiannya agar menyingkir dari terjadinya penyalahgunaan. Berikut ulasannya :

  • Lakukan registrasi EFIN online pajak lewat langkah-langkah di bawah ini.
  • Masuk ke dalam akun pajak online.
  • Pilih perusahaan tertentu yang hendak Kamu daftarkan EFIN (untuk wajib pajak tubuh).
  • Ketuk e-filling pada opsi “Pengaturan” yang terdapat pada metode navigation kafetaria di sebelah kiri lalu ketikkan EFIN Kamu.
Baca Juga:   Apa Itu Shitcoin Dan Mengapa Dijuluki Demikian?

Pentingnya EFIN Bagi Sebuah Perusahaan

Bagi suatu badan usaha, EFIN mempunyai beberapa faedah diantaranya sebagai berikut :

1. Jaminan Keamanan

Manfaat EFIn yang pertama ialah dari jaminan keamanannya. Melalui EFIN, maka mampu menjamin kerahasiaan terkait data perusahaan Kamu yang dimasukkan dalam tata cara pajak secara online.

2. Efisiensi

Dalam hal pengelolaan bisnis, pastinya ketepatan atau efisiensi waktu maupun tenaga merupakan hal paling penting. Melalui aktivasi EFIN, maka wajib pajak mampu mengakses pajak secara online sekaligus melaporkan SPT tanpa harus antri di KPP. Sehingga Kamu tak perlu buang-buang waktu untuk mengurus pajak.

3. Pelaporan Pajak Lebih Otomatis

Untuk wajib pajak tubuh, lewat EFIN dapat membuat lebih mudah proses pelaporan pajak online, sebab data badan usaha selaku wajib pajak ini sudah terekam otomatis dalam tata cara pajak. Dengan demikian, bagi laporan pajak pada tahun selanjutnya, perusahaan atau wajib pajak tubuh tak perlu lagi mengulangi pengisian data kembali.

Hal Penting Sebelum e-Filling Dalam Cara Membuat EFIN Pajak Online

Di bawah ini, ada beberapa poin penting yang perlu Kamu pahami terkait cara membuat EFIN online :

1. Pengisian Pajak Online dan Manual Hampir Sama

Pada lazimnya proses pengisian pajak secara online dengan cara manual memiliki kesamaan. Namun dengan menggunakan e-filling pajak, maka wajib pajak bisa memberikan pemberitahuan perpanjangan terkait SPT tahunan dengan cara online melalui situs web efilling Pajak DJP Online. Selain itu juga Kamu bisa mengetahuinya melalui aplikasi yang telah ditawarkan oleh ASP (Application Service Provider) alias Penyedia Jasa Aplikasi.

2. eFilling Pajak Wajib Untuk Pengusaha Kena Pajak Pengguna e-Faktur

Mulai dari tahun 2016, tata cara e-filling Pajak bersifat wajib untuk Pengusaha Kena Pajak atau PKP yang memakai e-faktur untuk proses e-filling SPT tahunan. Dalam hal ini, e-filling pajak bisa melaporkan seluruh jenis SPT tubuh dengan CSV file, diantaranya SPT PPN, SPT Tahunan Badan dan SPT era PPh.

3. Aplikasi e-filling Bisa Diakses Gratis

Kamu bisa melaksanakan proses persiapan lapor pajak secara online melalui aplikasi e-filling. Dimana aplikasi ini bisa dipakai secara gratis. Kamu juga bisa mengamati tenggat waktu untuk pelaporan pajak tubuh secara online. Selain itu, amati pula denda keterlambatan terkait lapor SPT secara online.

Baca Juga:   Cara Menciptakan Situs Web Gratis Lewat Hp

Kebijakan ihwal cara membuat EFIN online sudah dibuat pribadi oleh pihak Direktorat Jenderal Pajak. Tujuannya demi memfasilitasi akomodasi para wajib pajak demi memenuhi kewajibannya, sehingga tidak butuhlagi mesti mengantri di kantor KPP.

Jika ingin mengetahui jumlah pajak yang wajib kamu bayarkan dengan akurat sekaligus untuk menghindari kesalahan dalam pelaporan pajak. Maka Kamu juga mesti mempunyai perkiraan pajak dengan benar.

Membayar Pajak Bisa Menunjukkan Kredibilitas Perusahaan

Perusahaan yang selalu mengeluarkan uang pajak tepat waktu, entah itu pajak bulanan ataupun pajak tahunan, tentu saja bisa memberikan nilai kredibilitas tersendiri. Dengan pembayaran pajak tepat waktu inilah, membuat perusahaan mampu memperluas jaringannya dengan mudah.

Jika sebuah perusahaan mempunyai kredibilitas baik untuk pembayaran pajak, maka artinya pengelolaan keuangan perusahaan itupun juga baik. Oleh alhasil, tidak akan sukar menerima kolega bisnis.

Nah, itulah ulasan cara menciptakan EFIN online dan pentingnya bagi perusahaan untuk mampu mengontrol pelaporan pajak. Semoga berfaedah!

close