May 19, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Menciptakan Giveaway Olshop

Cara Membuat Giftaway Olshop 200x112 - Cara Menciptakan Giveaway Olshop

Cara membuat giveaway olshop tentu saja mesti dikenali para pemilik toko online itu sendiri. Tujuannya untuk memajukan followers sekaligus sebagai seni manajemen marketing dalam mendapatkan pelanggan gres. Trend giveaway sendiri sekarang memang sedang terkenal di kelompok pengguna Instagram. Maka dari itu, tidak ada salahnya jikalau ikut menjajal musim tersebut.

Meskipun perumpamaan “giveaway” sudah familiar, namun terkadang ada saja pemilik toko online yang masih belum mengenali cara membuat giveaway olshop.

Jenis-Jenis Giveaway

Ada 2 jenis giveaway dalam pelaksanaannya yang mesti Kamu ketahui, berikut ini :

1. Self Giveaway

Maksud dari self giveaway disini yaitu giveaway yang umumnya dikerjakan dengan cara mampu berdiri diatas kaki sendiri. Dimana ketentuan, promosi dan hadiahnya, Kamu yang mengaturnya. Biasanya self giveaway ini dikerjakan oleh pebisnis yang terlatih, mempunyai banyak pembeli hingga memiliki anggaran marketing khusus.

Wajar bila jenis giveaway ini dapat diselenggarakna secara beragam. Adapun persyaratannya juga berlawanan-beda tergantung tujuannya. Seperti meminta peserta melaksanakan follow di akun sosmed atau dengan memperlihatkan challenge seperti unggahan pada akun medsos.

Untuk hadiah yang diberikannya, mampu berupa produk fisik digital  tergantung dari jenis perjuangan yang dilaksanakan.

2. Sponsor Giveaway

Sponsor giveaway yakni giveaway yang umumnya diselenggarakan pihak ketiga, dinamakan host. Semua rangkaian acara atau event giveaway, dari berita giveaway sampai pengumuman pemenang sepenuhnya diatur host. Kamu hanya perlu membayar jasanya saja.

Mengingat jenis ini biasanya diikuti beberapa merk, maka acara giveaway sendiri akan terlihat besar. Selain itu, sponsor giveaway umumnya lebih banyak ditujukan untuk membangun engagement dan memajukan merk awareness. Makara masuk akal kalau kriteria lazim jenis giveaway ini yaitu untuk mendapatkan partisipant sebanyak mungkin.

Baca Juga:   Cara Membuat Link Whatsapp

Kenapa Harus Mengadakan Giveaway?

Ada beberapa argumentasi yang harus Kamu pahami, kenapa bisnismu mesti mengadakan giveaway. Ini dia ulasannya :

1. Meningkatkan Leads

Manfaat giveaway yang pertama ialah mampu mengembangkan leads, yaitu kandidat pembeli potensial. Kamu mampu memakai kontak leads yang bermacam-macam, mulai dari email, nomor WhatsApp dan Instagram. Melalui kontak inilah, Kamu mampu mengirimkan berita terkait bisnismu. Seperti promo hingga perilisan produk yang terbaru.

2. Menjalin Engagement Lebih Dekat

Keuntungan menyelenggarakan giveaway yang lain adalah meningkatkan engagementEngagement di sini yakni komunikasi yang terjadi antara konsumen dan Kamu selaku pemilik usaha, yang terpenting ialah agar konsumenmu loyal. Melalui engagement yang terbentuk dengan baik, usahamu menjadi lebih gampang berkembang.

Engagement dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan feedback mengenai produkmu. Sehingga akan sungguh berkhasiat dalam menyebarkan produk. Di samping itu, lazimnya  engagement dapat membangun tingkat iktikad konsumen melalui value yang telah diberikan.

3. Dapat Meningkatkan Brand Awareness

Jika Kamu mempunyai konsumen berpeluang yang mempunyai banyak sobat, maka semakin banyak pula orang yang hendak diajak untuk menggunakan produkmu. Sehingga mampu meraih tujuan mengenalkan merk Kamu. Brand awareness yakni tingkat kesadaran konsumen terhadap layanan atau produkmu. Seperti logo, nama, warna, tagline dan lainnya terkait dengan brand tersebut.

Biasanya giveaway sering dimanfaatkan supaya brand awareness tercapai. Adapun alasannya yaitu alasannya adalah mampu lebih gampang menjaring pembeli baru, membentuk konsumen/konsumen yang loyal, dan membangun kepercayaan merk tersebut.

4. Promosi dari Mulut ke Mulut

Giveaway juga dapat dijadikan sebagai media penawaran khusus menguntungkan, yakni salah satunya penawaran khusus dari lisan ke verbal. Faktanya, nyaris sebanyak 90% orang berbelanja produk hasil anjuran temannya.

Dengan kian sering produk tertentu diperbincangkan, maka produk tersebut akan semakin diketahui . Hingga risikonya, hal tersebut mampu memajukan kepercayaan kepada produkmu.

Cara Membuat Giveaway Olshop

Cara Membuat Giftaway Olshop 200x112 - Cara Menciptakan Giveaway Olshop
Membuat Giveaway Olshop

Bagaimana Membuat Giveaway Olshop?

Jika Kamu telah mengetahui argumentasi pentingnya giveaway olshop, sekarang saatnya untuk mengetahui cara membuat giveaway olshop itu sendiri. Ada beberapa tahapan cara pembuatan giveaway olshop yang mampu dilakukan, diantaranya :

Baca Juga:   Cara Menciptakan Feed Instagram Nyambung

1. Menentukan Tujuan Giveaway

Untuk membuat giveaway olshop pertama yakni dengan cara menentukan tujuan giveaway. Ada beberapa tujuan diadakan giveaway yang umumnya menjadi target pemilik olshop, diantaranya memajukan followers IG hingga menciptakan engagement lebih banyak. Sehingga nantinya tujuan giveaway tersebut mampu membantumu menentukan hadiah apa yang diberikan ke pemenang.

2. Tentukan Hadiah Giveaway

Kamu juga mesti menentukan kado giveaway yang ingin diberikan dalam cara menciptakan giveaway olshop. Untuk memilih hadiah tersebut biasanya berkaitan dengan poin yang pertama, ihwal tujuan diadakannya giveaway itu sendiri.

Misalnya, kalau tujuanmu untuk membuat merk awareness, Kamu mungkin dapat menunjukkan kado yang berupa sebuah produk tertentu dari merk-mu.

Sementara bila maksudnya ingin menambah jumlah followers, maka Kamu mampu bekerja sama bareng  brand lain dan membuat kado terbatas dan unik. Dengan begitu audiens atau followers-mu menjadi makin tertark mengikuti program serta memutuskan mengikuti akunmu.

Di samping berbentuk produk, Kamu juga dapat menunjukkan kado giveaway berupa layanan. Contohnya, seperti potensi  meet and greet bersama artis terkenal, tiket gratis berlibur, dan lainnnya.

Walaupun demikian, direkomendasikan tetap menunjukkan giveaway yang tetap berkiatan dengan perjuangan yang Kamu kerjakan. Sebaiknya hindari menunjukkan giveaway yang tak ada kaitannya dengan merk kau, apalagi yang hargaanya terlalu mahal. Karena hal ini justru memiliki potensi mengurangi followers-mu ketika program giveaway yang Kamu kerjakan rampung.

3. Tentukan Syarat dan Ketentuan

Cara membuat giveaway olshop berikutnya adalah dengan memutuskan ketentuan dan syarat yang mau diberlakukan dikala mengadakan giveaway. Biasanya ada beberapa yang harus dikenali audiens terkait pelaksanaan giveaway, diantaranya :

  • Tenggat waktu, kapan program giveaway dimulai serta kapan acara giveaway akan berakhir. Ini diperlukan untuk menawarkan rasa urgensi pada diri audiens untuk ikut ikut serta pada event giveaway tersebut.
  • Tentukan wacana apa yang harus dilaksanakan audiens dengan terperinci saat mereka telah mengikuti event. Misalnya saja like artikel di akun IG, memposting foto pada story atau feed, menjawab pertanyaan dan yang lain ketika menggunakan produkmu.
  • Menetapkan waktu pengumuman para pemenang dan cara menentukan pemenangnya, baik itu berdasarkan evaluasi juri, secara acak, atau yang lainnya.
  • Jangan lupa pula untuk menginformasikan audiens ihwal kado yang didapatkan dikala menjadi pemenang.
  • Kamu juga mampu melakukan promosi kado tersebut. Buat patokan dan standar dengan terang kepada akseptor atau audiens yang ikut ikut serta.
Baca Juga:   Review Motorola Moto E4 (Spesifikasi Dan Harga) Murah Semarak!

4. Menentukan Hashtag Untuk Campaign Giveaway

Meskipun terdengar sepele, tetapi membuat hasthtag untuk kampanye giveaway penting sekali untuk mencari ebuah konten yang dipromosikan dibagikan dan melaksanakan analisis kesuksesan kampanye.

Adapun cara yang mampu Kamu lakukan untuk membuat hashtag, yaitu Kamu dapat mencoba membuat tag berhubungan dengan layanan, produk, tema, bisnis hingga kampanye yang Kamu kerjakan. Di samping itu, tentukan pula hashtag kampanye Kamu bersifat mudah dieja, pribadi serta gampang diingat audiens.

Kamu mesti tahu bahwa hashtag unik dan menawan mampu membantu menyebarkan merk awareness pada acara giveaway.

5. Coba Pertimbangkan Bekerjasama Dengan Brand Lain

Kamu juga mampu bekerjasama bersama brand lainya. Biasanya, program giveaway dikerjakan oleh beberapa merek. Faktanya justru ini menawarkan potensi kesuksesan cukup besar. Kaprikornus tak ada salahnya untuk mencobanya. Makara, coba bantu-membantu dengan brand lain yang mampu menunjukkan laba satu sama lain, entah itu ketika mengerjakan acara ataupun setelahnya.

6. Meluncurkan Giveaway

Cara menciptakan giveaway olshop terakhir yaitu luncurkan acara giveaway lewat persiapan matang. Ada 2 hal yang harus diperhitungkan saat mengadakan giveaway, diantaranya promosi dan platform. Platform medsos mirip IG ialah platform giveaway yang terbaik dan acap kali dijadikan sebagai pilihan para pengusaha online itu sendiri.

Dengan 6 tahapan cara menciptakan giveaway olshop di atas, Kamu telah dapat menyiapkan acara giveaway dengan matang.

close